Daftar Isi

Inilah seluruh tulisan yang ada pada web blog @arali2008. Opini dari fakta empiris seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Dapat memberikan gambaran pembangunan kesehatan pada masa lalu, sekarang maupun pembangunan kesehatan 1-5 tahun kedepan. Tulisan-tulisannya akan terus bertambah secara otomatis seiring dengan tulisan-tulisan lainnya yang akan diterbitkan.

opini dari fakta empiris

4 Tahun @arali2008 : Ber “Opini dari Fakta Empiris”

Tidak terasa saya sduah 4 tahun saya beropini, tepatnya mulai tanggal 29 Februari 2008 – 29 Februari 2012. Opini dari Fakta Empiris adalah tagline dari my blog @arali2008. Terdiri dari kata-kata OPINI, FAKTA, EMPIRIS dan FAKTA EMPIRIS.Penulis mengambil istilah-istilah ini  karena beberapa alasan :

  1. Saya ingin ber”OPINI” (Bahasa Inggris =Opinion), beropini berarti saya mempunyai pemikiran —– pendapat, ide——- tersendiri untuk menggambarkan sesuatu yang saya lakukan ataupun sesuatu yang dilakukan oleh orang lain tetapi masih berhubungan dengan saya. Pendapat, Ide ataupun  pemikiran saya ini tidak bersifat spekulatif (tampa dasar) tapi berhubungan langsung dengan kegiatan yang sementara saya lakukan.
  2. Saya selalu berpikir berdasarkan  suatu peristiwa (fakta) yang kemudian saya mencoba melakukan  pengamatan (Observasi), penelusuran (investigasi) dan  beberapa hal yang kadang saya harus uji cobakan (eksperiment) yang kemudian menimbulkan kesan-kesan, ada penjelasan didalamnya, mencoba mengartikan, memberi pengertian dan akhirnya menjadi informasi (pengeTAHUan), lalu dirangkai dalam pemikiran ——-pendapat dan Ide—–yang sistematik dalam sebuah tulisan, sebagaimana yang ada dalam tulisan pada my blog situs @arali2008.
  3. Kata “EMPIRIS” Saya gunakan (Bahasa Yunani =Empeiria yang artinya pengalaman atau mencoba-coba) karena saya adalah seorang epidemiolog dibidang kesehatan——-setidaknya saya sedang belajar epidemiologi kesehatan——–seorang pegawai negeri pemerintah (PNS) yang bekerja sebagai seorang fungsional epidemiologi gizi dan kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Pengalaman dalam bekerja ditulis, diurai dalam bentuk kata-demi kata menjadi satu-dua-tiga  pernyataan hingga menjadi  sumber pengetahuan

Logo Blog @arali2008

Logo @arali2008Gambar disamping adalah Logo Blog-situs dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di tingkat kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan Gambaran Hasil Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia.

Logo @arali2008 memberikan pengertian tiga kata  yang berasal dari kata epidemiologi yaitu ”epi” kemudian ”demio” dan yang terakhir adalah kata ” logos” Epi dalam bahasa Yunani artinya “tentang” demikian juga kata demio dalam bahasa Yunani artinya “demos” atau masyarakat, sedang logos artinya ilmu.

Jadi keseluruhan arti kata epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat atau dalam skala kecil kelompok masyarakat. Gambar dua bekas kaki menunjukkan bahwa  secara simbolis gambar tersebut menunjukkan tugas utama seorang epidemiologi adalah mencari penyebab, dan yang namanya penyebab selalu meninggalkan bekas yang dapat ditelusuri secara empiris. Latar belakang hitam menunjukkan tantangan dalam mencari penyebab, namun selalu saja ada titik-titik terang membentuk sebuah garis terang untuk mendapatkan menjelaskan sebab-musebab dari bekas kaki tersebut.

Terpopuler 2010

Membaca Undang-Undang RI No. 36 th 2009 tentang Kesehatan adalah tulisan terpopuler 2010. ———– Hanya saja Undang-Undang Kesehatan yang baru ini (no. 36 tahun 2009) tidak memuat konsep yang jelas tentang “kesehatan masyarakat” —— mungkin karena undang-undang ini hanya menyangkut tentang kesehatan saja——

HOME

Home adalah halaman yang berisikan berbagai artikel atau tulisan yang baru diterbitkan atau yang telah terbit pada hari-hari sebelumnya, halaman Home ini juga menunjukkan sejauhmana blog @arali2008 terupdate, bisa per hari, per minggu atau perbulannya atau sama sekali tidak ter update. Halaman HOME ini terdistribusi pada kategori dan tag seperti yang terlihat pada sidebar. baca selengkapnya…….

PENGANTAR BLOG

Pengantar blog ditulis untuk memudahkan pengunjung mengerti tentang maksud dan tujuan penulisan artikel-artikel atau tulisan-tulisan yang ada dalam blog @arali2008blog seorang profesional epidemiologi gizi dan kesehatan. ——Kata profesional disini ditujukkan hanya semata-mata ingin menyajikan yang terbaik kepada setiap pengunjung,——— baca selengkapnya …….

@arali2008

Arali2008 adalah Arsad Rahim Ali, Pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Ditahun 2008 ———– tepatnya tanggal 29 Februari 2008 ————— mencoba bergabung dengan para Blogger WordPress.com. Seorang pemerhati Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia Bagian Tengah, Berupa Opini dari Fakta Empiris. Baca selengkapnya….

NARASI dari @arali2008

Narasi dari arali2008 adalah tulisan yang disusun secara kronologis, suatu cerita non fiksi —-berdasarkan data dan fakta empiris terhadap tulisan atau -artikel dari arali2008 selama setahun — merupakan refleksi pekerjaan penulis (saya) sebagai seorang yang bekerja secara MANDIRI sebagai seorang fungsional (Pemerhati) masalah epidemiologi gizi dan kesehatan ahli, baca Selengkapnya di halaman NARASI2008 dan NARASI2009 serta NARASI ditahun 2010

DOWNLOAD

Download di siapkan khusus bagi anda yang ingin membaca atau menggunakan beberapa hasil kajian penulis, pedoman-pedoman umum dari Depatemen Kesehatan RI, Hasil penelitian yang pernah penulis lakukan dan beberapa analisis lainnya yang sengaja kami ambil dari berbagai sumber. Baca selengkapnya……

Ke POLEWALI MANDAR

Karena banyak orang yang kesulitan ke Polewali Mandar. Anda juga mungkin mau atau kesulitan ke Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat, Anda juga kesulitan dalam hal transportasi, berikut ini data-data yang Anda bisa ambil untuk memperlancar perjalanan Anda. Baca selengkapnya.

My Award

My Award atau Award for @arali2008 adalah penghargaan, yang diberikan oleh orang-orang atau kelompok orang atau institusi kepada Blog @arali2008 yang menurut penilaian (review) blog dinilai layak sebagai alternatif dari media konvensional ataupun media online journalisme profesional, semua ada pada blog @arali2008. Baca Selengkapnya……

Autobiografi Penulis

Autobiografi Penulis adalah Riwayat Hidup Penulis yang Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971, oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali. Dan beberapa riwayat lainnya misalnya saja tentang silsilah keluarga @arali2008, dan keterangan lainnya tentang pendidikan formal dan non formal Baca Selengkapnya…….

Keluarga Penulis

Keluarga penulis adalah AFI,ABI, IFA dan NUNU serta Istriku Tercinta adalah halaman keluargaku, sengaja ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga. Baca Selengkapnya…….

Kantor Penulis

Berisi sejarah perjalanan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Beralamat di Jalan Haji Andi Depu Nomor 2 Polewali. Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998,  kodepos 91313 Baca Selengkapnya………..

Gambar-Gambar dari My Blog

Anda ingin langsung  ke TKP untuk melihat keseluruhan gambar dan grafik serta foto-foto dari Penulis (Arsad Rahim Ali) yang menjelaskan Opini dan Fakta Empiris langsung saja tekan gambar dibawah ini.

Commentar Pilihan

Dari Bpk Purwanta Iskandar Perwakilan Unicef  wilayah Sulawesi Selatan,Sulawesi Barat, Gorontalo dan Maluku Utara, mengatakan “Sukses dengan blog nya ya!. Terus menulis jangan pernah berhenti”.

Dari Bpk Endang Kusmana dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di BogorKomentar bapak untuk blog dik Arsad, visi dan misi serta kemana arah blog adik sangat jelas. Identitas diri dan keluarga jelas. Tempat bekerja jelas. Bagus… itulah blogger sejati… transparan dengan jati diri…. tidak bersembunyi di balik nama samaran. Ok. sukses buat di Arsad, semoga misi adik dalam menjabarkan visi bidang kesehatan berhasil dan sukses. Tempat bekerja Bp sekarang di IPB”

Dari Internet sehat“Satu lagi blog yang menjadi bukti bahwa setiap orang bisa mengambil peranan sebagai pewarta informasi adalah blog arali2008.wordpress.com. Blog yang disetir oleh Arsad Rahim Ali ini menyajikan gambaran pembangunan kesehatan di kabupaten Polewali Mandar propinsi Sulawesi Barat dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemilogi gizi dan kesehatan. Selama ini informasi tentang gizi dan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar, bahkan di Propinsi Sulawesi Barat, sangat minim di internet. Ini disebabkan karena ketiadaan situs kesehatan di instansi pemerintahan khususnya kesehatan di Sulawesi Barat. Kehadiran blog ini tentunya dapat memberi ‘pencerahan’ bagi para pengunjung yang ingin mengetahui kondisi kesehatan masyarakat di wilayah tersebut. Berbagai info yang erat kaitannya dengan kondisi masyarakat tersusun secara sistematis dan gamblang dalam blog ini. Misalnya tentang status gizi anak balita di Polewali Mandar tahun 2006-2008, cara praktis mendeteksi gizi buruk dengan berat badan ideal anak balita, kantong penularan penyakit kusta di Polewali Mandar. Untuk memperjelas tulisannya, pegawai di Dinas Kesehatan Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini juga menyertakan grafik, seperti grafik tentang jumlah penderita diare di RSUD Polewali 2004-2008, status gizi balita Polewali Mandar tahun 2006-2008.”

Seseorang dari Luar Negeri Berkomentar :

“No one who cannot rejoice in the discovery of his own mistakes. You deserves to be called a scholar. Artinya Tidak seorangpun yang tidak dapat bersukacita dalam penemuan kesalahan sendiri. Anda  layak untuk disebut cendekiawan”

Seserong dari luar negeri bernama Onitsuka mengatakan :

Could I simply say nice to read a relief to discover person who actually realizes exactly what they’re sharing on your blog. You definitely know how to take a difficulty to light and enable it to be important. Even more people require to read this and understand it all section of the story. I cannot believe if you are not very popular because you obviously have the gift. Artinya Bisakah saya hanya mengatakan  bagus untuk membaca bantuan untuk menemukan orang yang benar-benar menyadari apa yang mereka sedang berbagai di blog Anda. Anda pasti tahu bagaimana mengambil kesulitan terhadap cahaya dan mampu menjadi penting. Bahkan orang lebih perlu membaca ini dan memahami semua bagian cerita. Aku tidak percaya jika Anda tidak terlalu popular karena Anda jelas memiliki karunia.

Susan seorang Blogger berkomentar

Setelah saya berkeliling di blog ini saya merasa ciut melihat posting Anda yang penyampaiannya begitu lugas dan enak dibaca, kiranya blog Anda ini sangat cocok dijadikan referensi untuk blog saya yang masih kecil.

Komenter Gubernur Sulawesi Barat (Bpk Anwar Adnan Saleh) dalam Suatu Pertemuan :

Anwar Adnan Saleh

Bpk Anwar Adnan Saleh

Pembangunan di Sulawesi Barat dimulai dari kilometer O (baca: NOL), Gebernur menyadari bahwa pembangunan kesehatan dan juga pendidikan merupakan salah satu strong point super-super prioritas pembangunan di Sulawei Barat, namun sampai  saat ini  masih ditemukan masalah yang kita harus segera perbaiki, dengan merancang grand desain yang benar-benar focus — jangan parsial—–, konprehensif, terukur dan tertarget, jangan ada dikotomi antar kabupaten dengan kabupaten lain di Sulawesi Barat, semua harus sama di mata Pemerintah Propinsi, kepentingan masyarakat  merupakan hal yang utama, pemerintah propinsi akan siap membantu terutama wilayah-wilayah pegunungan dan terpencil, dan juga kita harus sadari bahwa Sulawesi Barat merupakan bagian dari Bangsa Indonesia yang harus juga perlu mendapat diperhatikan agar dapat sejajar dengan propinsi lain di Indonesia. Terima Kasih Pa’Arsad atas pemerhatinya terhadap pembangunan di Sulawesi Barat”

Sepenggal Catatan dari Penulis :

Mereka bekerja begitu cepat, disiplin dan menghasilkan yang terbaik, mereka bekerja tidak mengejar jabatan, apalagi yang namanya ”uang”, kadang mereka dimarahi, disalahkan karena terlambat beberapa menit saja menyelesaikan pekerjaannya, tetapi mereka bangga ketika pekerjaan mereka berhasil diemban oleh pimpinan. (oleh arali2008).

 

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Kembali Ke Atas Ke Home
Iklan
%d blogger menyukai ini: