My Book “Bekerja Dengan Sistem Puskesmas”

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.-– Alhamdulillah, terima kasih kepada Yang Maha Kuasa, yang telah mengilhami saya untuk menulis buku ini. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini “Bekerja Dengan Sistem Puskesmas Catatan Dari Seorang Praktisi Kesehatan Masyarakat” Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat bersama seluruh pimpinan dan stafnya, sebagai tempat saya bekerja, telah banyak menginspirasi saya untuk mencatat setiap kegiatan yang berhubungan dengan Puskesmas, baik itu kegiatan langsung program puskesmas maupun kegiatan dalam bentuk pertemuan, pendidikan dan pelatihan kesehatan tingkat puskesmas dan kabupaten,  merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk dapat melihat Puskesmas secara utuh sebagai dasar untuk bekerja dengan sistem puskesmas.

Terima kasih juga kepada wordpress.com  yang telah menyediakan sub domain gratis, penting sekali bagi saya untuk membuat dan menulis berbagai laporan kegiatan program yang saya ikuti, dikemas dalam bentuk tulisan yang kemudian dituangkan dalam blog.wordpress.com atau website pribadi  dengan nama www.arali2008.wordpress.com, dengan tagline Opini dari Fakta Empiris seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Website yang sekaligus juga sebagai sumber pustaka dari sebagian tulisan di buku ini, catatan dari seorang yang pekerja kesehatan masyarakat.

Istri saya, Wiwiriani, yang telah memberikan kesempatan dan dukungan kepada saya, saat menjelang tidur malam untuk menulis buku ini, bukan hanya kesempatan tetapi juga dukungan untuk menulis apa yang harus ditulis,  menjadikannya sebuah buku, yang bukan saja menjadi kenangan perjalanan pribadi sebagai seorang yang bekerja dalam bidang kesehatan masyarakat, tetapi juga bisa menjadi bahan bacaan bagi orang yang membutuhkannya.

Terima kasih kepada semua pihak yang tidak sempat saya sebutkan disini, diantaranya dosen-dosen saya di Universitas Hasanuddin Makassar diantarannya Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes, mereka telah mengajari saya tentang sistem pelayanan kesehatan dan berbagai permasalahannya.

Terima kasih juga kepada Unicef  yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat kurang lebih selama 10 tahun (2000-2011) mengarahkan saya bekerja dengan menggunakan model sistem (Input-Proses-Output).  Kepada Yayasan Indonesia Sejahtera (YIS) yang telah bekerja sama secara three party (tiga pihak) dengan Dinas Kesehatan  tempat saya bekerja dan masyarakat dilokasi program Kesehatan Masyarakat. Bersama Volunternya Sdri Petra Wisse yang berkebangsaan Belanda dan juga Sdra Nugroho pendamping Lapangan, membentuk tim Kesehatan Masyarakat dan Kelompok Swadaya Masyarakat bidang Kesehatan masyarakat, yang dalam pelaksanaan program lebih menekankan proses daripada hasil.

Terakhir kepada tim @nulisbuku.com terima kasih atas kesediaannya memfasilitasi dan menerbitkan buku ini “Bekerja Dengan Sistem Puskesmas Catatan Dari Seorang Praktisi Kesehatan Masyarakat”. Terima kasih kepada teman-teman sekantor, istri tercinta, tim wordpress.com, unicef, YIS dan pihak yang tidak sempat saya sebutkan. Semoga buku ini  dapat bermanfaat.

————–

SAYA memberi judul buku ini, “BEKERJA DENGAN SISTEM PUSKESMAS Catatan Dari Seorang Praktisi Kesehatan Masyarakat”. Dalam bahasa sistem merupakan INPUT (pintu masuk) bahkan OUTPUT (pintu keluar) dari berbagai permasalahan Puskesmas. Pintu masuk (INPUT) dalam pengertian bahwa, Puskesmas dengan berbagai macam permasalahannya hanya dapat diselesaikan dengan masuk pintu INPUT yang benar dan dengan bekal penguasaan materi tulisan lainnya yang bersifat tehnis dari luar buku ini, maka puskesmas  yang dipandang sebagai suatu sistem akan mudah dikelola dengan PROSES yang baik

Sementara itu, membaca buku ini sebagai pintu keluar (OUTPUT) artinya berbagai macam laporan OUTPUT kegiatan dan program puskesmas  yang wajar maupun yang tidak wajar akibat dari cara mengelola puskesmas  diluar dari model sistem, maka Puskesmas  yang dipandang sebagai suatu sistem, dan dengan bekal penguasaan materi tulisan lainnya yang bersifat tehnis dari luar buku ini, akan dengan mudah dikelola kembali dengan PROSES yang baik.

Dengan Input-Proses-Ouput itulah saya bekerja, sederhana memang !?, tapi dikemas dalam sistem puskesmas belumlah semua tenaga kesehatan memahaminya. Saya mempunyai cukup pengalaman sebagai sumber dalam penulisan buku ini, beberapa catatan saya dari berbagai kegiatan dan pertemuan, pendidikan dan pelatihan yang membahas tentang kegiatan dan program puskesmas, baik ketika saya bekerja di Puskesmas dan bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten, tercatat dalam web situs blog  www.arali2008.wordpress.com, merupakan sumber pustakanya, karena sekali lagi, hanya bersumber dari pengalaman dan catatan yang terdapat pada websitus blog tersebut. Dan semua aktifitas yang berhubungan dengan tulisan  buku ini dapat dilihat pada bagian akhir tulisan ini yaitu tentang penulis.

Buku ini sesuai dengan judulnya “Bekerja Dengan Sistem Puskesmas Catatan Dari Seorang Praktisi Kesehatan Masyarakat” pada dasarnya dibagi dalam tiga bagian besar.  Bagian pertama secara sistematik diurai sistem puskesmas, namun sebelum disajikan tulisan tentang membaca Undang-Undang Kesehatan terbaru nomor 36 tahun 2009 sebagai pengganti undang-undang kesehatan nomor 23 tahun 1992, kemudian tulisan tentang Kesehatan Masyarakat sebagai jawaban ketiadaan pengertian kesehatan masyarakat dalam undang-undang kesehatan terbaru. Dan terakhir sebelum membaca bagian kedua buku ini, disajikan  tulisan tentang maksud dan tujuan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyediakan Puskesmas bagi masyarakat.

Bagian kedua dari buku ini adalah penjelasan tentang sistem puskesmas dan analisis yang dapat dilakukan terhadap  Sistem Puskesmas, merupakan bagian yang sangat penting untuk mengelola Puskesmas guna mencapai  tujuannya, yaitu mutu pelayanan puskesmas yang seoptimal mungkin guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagaimana yang terdapat dalam pengertian kesehatan yang terdapat dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009, yaitu kesehatan adalah keadaan sehat fisik, mental dan spritual serta sosial yang memungkinkan setiap orang dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis.  Semakin lengkap  pada bagian keduanya ini, sistem dan analisis  yang dilakukan terhadap Sistem Puskesmas dikemas dalam satu pemikiran secara utuh, dengan menggunakan pendekatan BERPIKIR SISTEM, yaitu melihat suatu kegiatan program, kapan harus dipercepat penyelesaiannya, dan kapan suatu kegiatan harus diperlambat guna mencapai tujuan yang baik dan benar sesuai dengan yang telah direncanakan. Dan terakhir dari bagian kedua adalah point-point penting dalam membuat laporan puskesmas atau laporan Kabupaten sebagai  laporan hasil pembangunan bidang kesehatan, merupakan tanggung jawab para petugas kesehatan yang bekerja di puskesmas maupun di tingkat kabupaten/kota, guna menjamin  status kelangsungan hidup bayi dan balita agar dapat berlangsung dengan baik, menjamin orang yang sakit dari orang sehat agar cepat ditangani,  dan juga merupakan tanggung jawab para petugas kesehatan, untuk memelihara dan berusaha meningkatkan cakupan pelayanan kesehatannya, guna mendorong  secara optimal pencapaian kelangsungan hidup dan meminimalkan orang-orang yang sakit.

Selanjutnya pada bagian ketiga dari buku ini, berisi tulisan pentingnya memahami stakeholder dalam pelaksanaan program kesehatan. Ditulis juga tentang keterampilan fasilitasi bagi petugas kesehatan masyarakat. Perhatian akan jabatan kesehatan dan kenaikan pangkat pejabat fungsional kesehatan yang bekerja di Puskesmas adalah penting diketahui oleh petugas.

Terakhir pada bagain buku ini adalah,  catatan pembelajaran dari berbagai catatan ketika saya bekerja dan kemudian memberikan opini. Misalnya tentang keberhasilan dan kegagalan “pendekatan medis” dalam pelayanan kesehatan masyarakat, serta berbebagai catatan tentang keikut sertaan dalam kegiatan kesehatan masyarakat sebagai suatu catatan pembelajaran.

Secara keseluruhan, saya menulis buku ini, sebagaimana saya sebut diatas, buku ini hanya sebagai pintu masuk dan pintu  keluar, ketika saya bekerja  di puskesmas, dan ketika saya bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten.  Saya masih membutuhkan buku lain selain dari buku ini, sama halnya ketika Anda membaca buku ini,  buku tersebut adalah buku tentang materi tehnis fungsional yang tidak mungkin dikuasai oleh seorang diri, tetapi oleh masing-masing profesi kesehatan ditingkat Puskesmas, dokter umum untuk pelayanan medis dasar, dokter gigi untuk pelayanan medis gigi dan mulut, apoteker untuk pelayanan obat, perawat untuk pelayanan keperawatan, bidan untuk pelayanan kebidanan, nutritionist untuk pelayanan perbaikan gizi, sanitarian untuk pelayanan kesehatan lingkungan dan profesi kesehatan lainnya, bahkan seorang ahli administrasi kesehatan sekalipun yang telah menguasai sistem kesehatan ia masih membutuhkan buku lainnya  untuk bisa masuk dalam ruang kerja puskesmas. Sebuah catatan dari seorang praktisi kesehatan masyarakat, belumlah sempurna untuk semua petugas fungsional kesehatan, atau kepada mereka yang ingin mempelajari sistem pada suatu unit organisasi setingkat Puskemas, tetapi dibuat sederhana untuk disempurnakan, dibuat sedikit kurang, untuk dibuat baik oleh pembacanya, dibuat oleh seorang petugas kesehatan masyarakat setingkat kabupaten, memberikan gambaran petugas kesehatan untuk bekerja sesuai dengan sistem puskesmas.

Buku ini saya buat dengan bahasa bacaan sehari-hari, untuk difahami dan dikembangkan oleh petugas kesehatan sesuai profesi fungsional kesehatan yang bekerja di Puskesmas, atau mereka yang peduli akan pelayanan yang optimal ditingkat Puskesmas dalam mewujudkan setiap orang agar sehat secara fisik, mental, spritual dan sosial untuk hidup produktif  secara sosial dan ekonomis, sebagai tujuan akhir dari pembangunan kesehatan disuatu wilayah. YANG PASTI BAGI PETUGAS KESEHATAN YANG BEKERJA DI PUSKESMAS DAN DINAS KESEHATAN SETINGKAT KABUPATEN/KOTA  ANDA LAYAK MEMILIKINYA.

Semoga bermanfaat

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

4 Responses to My Book “Bekerja Dengan Sistem Puskesmas”

  1. Physio Ishak mengatakan:

    Salut…atas tulisan-tulisannya diblog…dan Buku yang menarik kayaknya., tp dimana bisa dapatkan bukunya yah?..

  2. rincealfia mengatakan:

    Selamat pak…Trims atas tulisan-tulisan bapak di Blogger

  3. Arsad Rahim Ali mengatakan:

    trims atas dukungannya

  4. akhmad taufiq mengatakan:

    sukses bang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: