Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni HKN ke 46 Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat.– Jumat tanggal 5 November 2010. Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar melakukan pembukaan Pekan Olah Raga dan seni Hari Kesehatan Nasional  (HKN) yang ke 46 tahun 2010 di Lapangan Pancasila Polewali.

Pembukaan Pekan Hari Hari Kesehatan ini dilakukan oleh Bupati Polewali Mandar Bapak Ali Baal Masdar di lapangan Pancasila Polewali, yang dihadiri  peserta Pekan Olah Raga dan Seni  juga di hadiri undangan dari berbagai stakeholder kesehatan.

Pada acara ini dilakukan devile 25 kontingen  yang berpartisipasi pada Pekan Olah Raga dan seni HKN ke 46 ini. Ke 25 Kontingan tersebut adalah Dinas Kesehatan Polewali Mandar, 20 Puskesmas se Kabupaten Polewali Mandar, RSUD Polewali, Rumah Sakit TNI Polewali, Klinik dan Rumah Sakit Bayangkara serta STIKES Bina Generasi Polewali.

Pada saat pembukaan acara, Bapak Bupati Polewali Mandar sebagaimana mengutip tema HKN ke 46 ini mengatakan bahwa “Melalui Hari kesehatan Nasional (HKN) yang selalu diperingati pada tanggal 12 November  menjadi momentum untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata pembangunan kesehatan yang harus terus di perjuangan  oleh seluruh komponen yang terkait” Tema HKN ke 46 tahun 2010 ini adalah Keluarga Sehat, Investasi Bangsa”Tema ini sesuai dengan pedoman Hari Kesehatan Nasional (HKN)  ke 46 tahun 2010 yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia, telah disesuaikan dengan target pencapaian MDGs dan program kerja Kementerian Kesehatan antara lain : Kesehatan Ibu dan Anak, Penanggulangan HIV/AIDS, TB dan Malaria serta kemitraan global dalam Pembangunan. Disebutkan dalam Pedoman HKN ini, bahwa “Keluarga merupakan elemen organisasi terkecil dalam membentuk bangsa. Di dalam keluarga, interaksi komunikasi dari Ayah, Ibu dan anak menjadi pendidikan pertama yang penting. Oleh karena itu, keluarga menjadi investasi bangsa bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis”

 

Adapun pesan pendukung tema sesuai dengan target pencapaian MDG’s dan RPJMN 2010 -2014 adalah :

  1. Kesehatan harus dimulai dari rumah
  2. Gizi baik, anak tumbuh sehat dan cerdas
  3. Jadilah keluarga Sadar Gizi
  4. Ibu sehat, mampu memenuhi tugas dalam keluarga dan masyarakat
  5. Lindungi keluarga dari Narkoba dan HIV-AIDS
  6. Berperilaku sehat, cegah penyakit
  7. Bersama kita jaga kesehatan diri, rumah dan lingkungan
  8. Tetaplah sehat, jika sakit segera berobat
  9. Keluarga sehat, lebih produktif dan berprestasi
  10. Kutanam, Kupelihara Pohon, Lestari Alamku

Pekan HKN ke 46  tahun 2010 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar akan melakukan beberapa kegiatan diantaranya Perlombaan dan pertandingan olah raga dan seni, Upacara  HKN ke 46 pada tangga 12 November 2010, kegiatan bakti social kesehatan dan beberapa kegiatan seminar internal tentang strategi percepatan penurunan kematian ibu dan bayi di Kabupaten Polewali Mandar, salah satunya adalah di canangkannya Persalinan Gratis di Polewali Mandar yang akan  diberlakukan pada bulan Januari tahun 2011.

Berikutnya beberapa foto pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni  Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 46  yang dilaksanakan di lapangan Pancasila Polewali Mandar.

Gambar diatas adalah Bapak Bupati Ali Baal Masdar  yang memimpin upacara dan tamu Undangan saat Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni HKN ke 46   tanggal 5 November 2010 di Lapangan pancasila Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat

 

Salah kontingen  yang berasal dar  Puskesmas Mapilli Kecamatan Mapilli, Pada setiap devile kontingen peserta menyajikan yel-yel tentang semangat pengabdian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.  Misalnya saja Yel-Yel dari Dinas Kesehatan Polewali Mandar

“Dinkes ! Seehat! Sulbar! Aa Bee Emm”

 

Sumpah dan janji juri dalam Pekan Olah Raga dan Seni Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 46 tahun 2010 Polewali Mandar, yang didampingi oleh perwakilan 25 kontigen peserta di lapangan Pancasila Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Tampa ada Yel-yel “Dinkes! Sehat! Sulbar! Aa Bee Em” hihiehmm

 

Salah satu spanduk untuk memeriyahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN)  ke 46  tahun 2010 yang ikut dipasang di sekitar Lapangan Pancasila Polewali

Dari @arali2008, selamat mengikuti Pekan Olah Raga dan Seni Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 46 tahun 2010. Selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2010. Semoga tema pada tahun ini “Keluarga Sehat, Investasi Bangsa”, dapat mengispirasi setiap orang, kelompok masyarakat dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya Polewali Mandar tak terkecuali Propinsi Sulawesi Barat, untuk membantu keluarga-keluarga yang belum sehat terutama keluarga miskin ataupun keluarga-keluarga yang tidak miskin tetapi tidak mengerti keluarga yang sehat, agar mereka mempunyai kemampuan, kemauan dan mampu mewujudkan keadaan anggota keluarganya sehat fisik, mental, rohani, spritual dan keadaan sosial yang baik  untuk dapat produktif secara sosial dan mandiri. Anak-anaknya mempunyai tumbuh kembang yang baik, karena mereka adalah generasi penerus cita-cita bangsa, yang harus dijaga tidak kurang gizi, tidak sakit apalagi sampai menimbulkan kematian. Itu semua jangan terjadi, karena mereka adalah investasi bangsa, status kelangsungan hidup dan matinya bangsa ini Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keluarga harus hidup dirumah yang sehat, berperilaku  hidup secara bersih dan sehat sehari-harinya, jika sakit dapat mengakses pelayanan kesehatan secara adil dan merata serta bermutu——– di posyandu, poskesdes, puskesmas pembantu (pustu), puskesmas dan rumah sakit——- anak-anaknya mempunyai status kelangsungan hidup yang baik, ——- tidak banyak yang kurang gizi, mempunyai kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi  dan yang penting tidak “mati” karena gangguan kesehatan (penyakit), agar nanti mereka mempunyai kesanggupan untuk menerima tongkat estafet penerus cita-cita bangsa  dari generasi tuanya,  ——– yang tua harus peduli——–karena sekali lagi anak adalah investasi keluarga, investasi bangsa.  Insya Allah.  Selamat Mengikuti Pekan Olah Raga dan Seni Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 46 tahun 2010.

——————————————————

 

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia.

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: