Hasil Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019

Polewali Mandar Sulawesi Barat  @arali2008.– Hasil Monitoring dan Evaluasi Pembangunan kabupaten Polewali Mandar sampai dengan Triwulan IV dan atau Tahun 2019 dengan uji Pearson product moment correlation didapatkan coefficient r = 0.21 disimpukan bahwa realisasi keuangan terhadap pencapaian target output pada Rencana kerja  kegiatan program perangkat daerah kabupaten Polewali Mandar “sangat kurang kuat” diarahkan untuk pencapaian kinerja output kegiatan program pembangunan.

Pengantar

Monitoring dan Evaluasi terhadap Hasil Rencana Kerja (Renja) yang tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar Periode Pelaksanaan Kegiatan Program Pembangunan Triwulan IVtahun 2019 dan atau tahun 2019, dilakukan dengan maksud dan tujuan :

Maksud :

  1. Sebagai bahan evaluasi terhadap hasil dari Penyusunan Dokumen Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Periode Pelaksanaan kegiatan dan Program Pembangunan Daerah sampai dengan triwulan IV tahun 2019 Kabupaten Polewali Mandar,
  2. Sebagai data dasar dalam penyusunan RKPD dan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar tahun 2021,
  3. Sebagai bahan laporan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri,

Tujuan :

  1. Mengetahui jumlah program dan kegiatan yang dilaksanakan pada Dokunen Pelaksanaan Anggaran terhadap Jumlah Program dan Kegiatan yang direncanakan pada Dokumen Renja Perangkat Daerah tahun 2019.
  2. Mengetahui capaian kinerja out put kegiatan program yang dilaksanakan pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) terhadap target kegiatan program yang telah ditetapkan pada Dukumen Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah tahun 2019.
  3. Mengetahui realisasi anggaran terhadap pelaksanaan dokumen Anggaran (DPA) tahun 2019
  4. Mengetahui realisasi Keuangan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) terhadap Dokumen Renja Perangkat Daerah tahun 2019.

METODELOGI :

Dilakukan dengan cara merekapitulasi 45 Laporan Perangkat Daerah dan berdasarkan Formulir  E 81 : Evaluasi terhadap Hasil Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Periode Pelaksanaan Program dan Kegiatan serta memberikan skala nilai peringkat kinerja, berdasarkanTabel T-E-1 Pemendagri no 86 tahun 2017.

Mekanisme Monitoring dan Evaluasi hasil renja Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar tahun 2019 dilakukan dengan dengan tahapan sebagaimana kerangka kerja sebagai berikut :

HASIL MONITORING DAN EVALUASI:

  • Dari 428 Program dan 1.763 Kegiatan pada Dokumen Renja 45 Perangkat daerah, tertuang dalam 45 Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perangkat Daerah sebanyak 376 Program (87.85 %)  dan 1553 Kegiatan (88.09%), artinya Ada program dan kegiatan yang direncanakan pada dokumen renja perangkat daerah ada yang tidak terealisasi dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perangkat Daerah.
  • Kinerja Output Kegiatan dari keseluruhan Total Item Kinerja Output Kegiatan 45 Perangkat Daerah yaitu 447.180 item tercapai sebanyak 418.682 (93.6%) item kinerja output kegiatan, berdasarkan skala nilai peringkat kinerja, dikriteriakan dengan penilaian realiasi kinerja dikategorikan dengan status“ SANGAT TINGGI” denganrincian 45 Perangkat daerah sebagai berikut

  • Realisasi Keuangan Terhadap Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah (DPA-PD) secara keseluruhan dari 45 Perangkat Daerah hanya terealisasi sebesar 733.402.957.454.- (94.11%) dariTotal anggaran 45 Perangkat yaitu sebesar Rp.779.276.045.427.-, masih tersisa anggaran sebesar Rp. 45.873.087.973.—
  • Realiasasi Keuangan terhadap Dokumen Renja Perangkat Daerah tercapai sebesar 102.11% yaitu dari Rp. 718.270.0915.045,- yang direncanakan tercapai sebesar Rp733.402.957.454.- dengan predikat penilaian kinerja dikategorikan dengan status “SANGAT TINGGI”, dengan rincian 45 Perangkat Daerah Sebagai Berikut

  • Hasil uji korelasi nilai “r” antara capaian kinerja output kegiatan program renana kerja Perangkat daerah sebagai variable “y” dan dengan realisasi Keuangan terhadap Anggaran pada Dokumen Renja Perangkat daerah sebagai variable “x” diperoleh nilai r = 0.21 artinya realisasi keuangan terhadap pencapaian target output kegiatan program rencana kerja perangkat daerah “sangat kurang kuat” diarahkan untuk pencapaian kinerja output kegiatan program pembangunan.

DISKUSI

Monitoring dan Evaluasi Pembangunan sampai dengan triwulan IV tahun 2019 pada dasarnya untuk melihat keterkaitan antara Dokumen Renja Perangkat Daerah dan atau Dokumen RKPD terhadap Hasil Renja berupa Realisasi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD tahun 2019, Beberapa catatan rencana dari tindak lanjut dari laporan Monitoring dan Evaluasi pembangunan triwulan IV dan atau tahun 2019 diantaranya adalah

  1. Masih perlu diworkshopkan Formulir E 81 : Evaluasi terhadap Hasil Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Periode Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pembangunan tahun 2019 sebagaimana diamanatkan Pemendagri no 86 tahun 2017, tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara PerubahanRencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.
  2. Masih perlu rencana tindaklanjut pendalaman dan penjabaran dari pernyataan indicator kinerja, target dan realisasi disertai bukti verifikasi kinerja Kegiatan Program Pembangunan Daerah sebagaimana yang tertuang dalam Renja Perangkat Daerah dan hasilnya pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) sebagai instrument pengendalian pelaksanaan kegiatan program dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi pembangunan daerah selama periode 2019-2024 Kabupaten Polewali Mandar.

PENUTUP

Terima kasih kepada 45 Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar yang telah mengirimkan laporan evaluasi sesuai Formulir  E 81 : Evaluasi terhadap Hasil Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Periode Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pembangunan tahun 2019 sebagaiamana diamanatkan Pemendagri no 86 tahun 2017,

Bagi penulis kegunaan Hasil monitoring dan evaluasi pembangunan tahun 2019 Kabupaten Polewali Mandar adalah sebagai data dasar — entri point— yang ditugaskan oleh Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar di Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangan, sebagai pelaksana pengendalian kegiatan program pembangunan.

Download dalam tampilan microsoft Office Word Hasil Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019″

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: