Membuat Sambutan Bupati, “Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2023”.

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.—Ini adalah isi Sambutan Bupati Polewali Mandar yang dibuat Penulis untuk disampaikan oleh Bupati Polewali Mandar (Bp. Andi Ibrahim Masdar) dalam acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD tahun 2023 Kabupaten Polewali Mandar.

Diselenggarakan oleh Balitbangren Polewali Mandar pada hari Senin, 7 Februari 2022 Jam 08.30 wita – selesai Dengan Metode tatap muka dan virtual. Berdasarkan Dasar Surat P-072/Balitbangren /005/01/2022 tgl 31 Januari 2022 tentang Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Polewali Mandar tahun 2023.

foto bupatiPenyelenggaraan Forum Konsultasi Publik RKPD merupakan tahapan penyusunan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah  Kabupaten Polewali Mandar tahun 2023. sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Pasal 179 dalam Permendagri ini, disebutkan bahwa Forum Konsultasi Publik dilaksanakan oleh Bappeda (bc. Balitbangren Polewali Mandar) serta diikuti oleh anggota DPRD dan pemangku kepentingan pembangunan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah

Visi pemerintah kabupaten Polewali Mandar sebagaimana tertuang dalam RPJMD tahun 2019-2024 dan menjadi visi bersama semua Perangkat Daerah adalah, Polewali Mandar Maju, Rakyat Sejahtera“. Untuk mewujudkan visi bersama ini, telah ditetapkan 4 (empat) misi yang menjadi dasar gerakan kita semua, yaitu :

  1. mewujudkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan sumber daya manusia yang berkualitas dan religius;
  2. memperkuat kemandirian ekonomi berbasis potensi unggulan wilayah;
  3. mengembangkan infrastruktur berkualitas yang terintegrasi serta berwawasan lingkungan;
  4. memantapkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan modern;

Kinerja pembangun Polewali Mandar ditahun 2021 pada dasarnya sudah menunjukan pola pegendalian program pembangunan yang membaik dengan keputusan dan kebijakan pembangunan yang membaik pula,  diantaranya:

  1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) telah menunjukkan pola trend yang membaik. dari tahun 2020 sebesar 63.84% menjadi 64.23 % ditahun 2021. artinya dimensi pembentuknya yaitu dimensi kesehatan, selalu sehat dan panjang umur sedikit membaik. Dimensi pendidikan, lama sekolah dan harapan lama sekolah sedikit mulai bergerak dari sebagian murid sekolah hanya tamat SD mulai pada tamat SMP. Demikian dengan pendapatan perkapita sedikit mulai membaik.
  2. Indeks infrastruktur terus membaik dari tahun 2020 sebesar 82.51 % menjadi 87.63% ditahun 2021. Menunjukkan membaiknya akses transportasi dari pusat-pusat produksi pertanian dan perkebunan ke tingkat pasar lokal, permukiman dan tingkat rumah tangga.

Namun demikian ada beberapa capaian yang menjadi perhatian utama perbaikan. Melalui forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2023. saya sampaikan bahwa kinerja perbaikan persentase penduduk miskin di Polewali Mandar yang dikeluarkan BPS Polewali Mandar periode Maret 2021 sebesar 15.68%.

Angka kemiskinan ini naik dari periode september 2020 bahkan naik lebih besar dari periode Maret tahun 2020. Padahal periode lima tahun sebelumnya telah menunjukkan pola penurunan yang membaik dengan keputusan dan kebijakan-kebijakan yang baik pula.

Angka Kemiskinan ini tidak seharusnya naik, karena berbagai bantuan ekonomi dan sosial terhadap dampak covid-19, telah diberikan kepada mereka yang rentan miskin agar tidak jatuh  dibawah garis kemiskinan. “Apakah mereka yang rentan miskin tidak mendapat bantuan ekonomi dan sosial sehingga jatuh miskin?” kalau memang demikian, saya ingatkan, jangan sampai masyarakat kita dimiskinkan, saya sangat mengharapkan prioritas pembangunan daerah ditahun 2023 fokus pada penurunan kemiskinan.

Saya ingin menggaris bawahi dan menegaskan :

  1. kepada seluruh peserta Forum Konsultasi Publik RKPD, agar memanfaatkan pertemuan hari ini memberikan partisipasinya yang positif untuk penyempurnaan rancangan awal  RKPD kabupaten Polewali Mandar tahun 2023.
  2. kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, kami ingatkan agar berbagai aspirasi dan harapan dari berbagai pihak dapat dihimpun untuk mempertajam sasaran populasi program, kegiatan dan sub kegiatan beserta indikatornya yang mengacu pada dokumen RKPD tahun 2023.

Demikian bahan isi sambutan Bupati Polewali Mandar yang dibuat Penulis untuk keperluan sambutan dan pembukaan acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 Kabupaten Polewali Mandar.

 –

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: