Menjawab Survei Kapasitas Organisasi

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Telah saya jawab survei kapasitas organisasi tempat saya bekerja. Dengan Sasaran survei ini adalah pejabat dalam oranisasi tempatnya bekerja. Saya jawab survei sebagai pejabat kepala sub bidang pengendalian monitoring dan evaluasi pada Bidang Perencanaan dan Pengendalian program Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Pembangunan (Balitbangren) Kabupaten Polewali Mandar.

Survei ini dilakukan oleh Kementerian PANRB untuk menilai kapasitas organisasi dengan melihat tingkat pemahaman pegawai atas jabatan dan kinerja yang diharapkan dari jabatan tersebut. Survei dilakukan secara elektronik online dengan tiga pertanyaan survei yaitu

  1. Kinerja yang diharapkan dengan pertanyaan, “Sebutkan dan jelaskan kinerja yang diharaapkan dari jabatan Anda saat ini?”
  2. Ukuran Keberhasilan dengan pertanyaan, “Sebutkan dan jelaskan indiktor yang digunakan dalam mengukur kinerja yang diharapkan dari jabatan anda saat ini?”
  3. Kontribusi terhadap kinerja organisasi dengan pertanyaan, “Jelaskan keterkaitan capaian kinerja jabatan anda dengan pencapaian kinerja organisasi”

***

INTRUSKI SURVEI INTERNAL KAPASITAS ORGANISASI – Sulawesi Barat

Dalam rangka peningkatan Integritas Aparatur dan Organisasi pemerintah daerah, saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan survei internal kapasitas organisasi di Pemerintah Daerah.

Diharapkan kesediaan Bapak/Ibu/Saudara agar dapat berperan aktif dalam memberikan informasi terkait kinerja pelayanan di Pemerintah Daerah ini. Kuesioner ini disusun sebagai media penyempaian informasi dari Bapak/Ibu/Saudara.

Mohon setiap pertanyaan agar dipahami dan dijawab dengan terbuka dan jujur. Kami akan memastikan kerahasiaan Identitas Anda sehingga jawaban Anda tidak akan dikaitkan dengan Anda. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, diucapkan terima kasih.

***

Kinerja yang Diharapkan,

“Sebutkan dan jelaskan kinerja yang diharapkan dari jabatan anda saat ini?” Jawaban saya adalah :

  1. Melakukan monitoring dan evaluasi RKPD yaitu melakukan evaluasi dan monitoing pembangunan terhadap target capaian kinerja dan target keuangan yang ditetapkan  pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah (DPA-PD) telah sesuai “konsisten” dengan Dokumen RKPD
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi RPJMD yaitu evaluasi dan monitoring pembangunan terhadap target capaian tujuan dan sasaran pembangunan serta keuangan Tahunan RPJMD dapat berjalans esuai dengan arah dan kebijakan capaian akhir RPJMD.

Ukuran Keberhasilan,

“Sebutkan dan jelaskan indikator yang digunakan dalam mengukur kinerja yang diharapkan dari jabatan anda saat ini?” Jawaban saya adalah :

Mampu melakukan Monitoring dan Evaluasi RKPD  dengan indikator :

  1. Mampu menyediakan dokumen laporan hasil monitoring dan evaluasi capaian kinerja output kegiatan terhadap jumlah seluruh target output kegiatan yang ditetapkan dapat tercapai 100%
  2. Mampu menyediakan dokumen laporan hasil monitoring dan evaluasi capaian kinerja  outcome program  terhadap jumlah seluruh target outcome program yang ditetapkan dapat tercapai 100%

Mampu melakukan Indikator Monitoringdan Evaluasi RPJMD dengan indikator:

  1. Mampu menyediakan dokumen laporan hasil monitoring dan evaluasi capaian kinerja tujuan pembangunan terhadap jumlah seluruh target tujuan pembangunan yang ditetapkan dapat tercapai 100%
  2. Mampu menyediakan dokumen laporan hasil monitoring dan evaluasi capaian kinerja sasaran pembangunan terhadap jumlah seluruh target sasaran pembangunan yang ditetapkan  dapat tercapai 100%

Kontribusi Terhadap Kinerja Organisasi,

“Jelaskan keterkaitan capaian kinerja jabatan anda dengan pencapaian kinerja organisasi?” Jawaban saya adalah :

  1. Tersedianya dokumen laporan monitoring dan evaluasi RKPD sebagai hasil kinerja jabatan secara organisasi akan dipergunakan dalam penyusunan Perubahan RKPD tahun berjalan dan RKPD tahun berikutnya.
  2. Tersedianya dokumen laporan monitoring dan evaluasi RPJMD sebagai hasil kinerja jabatan secara organisasi akan dipergunakan sebagai  evaluasi pengambilan keputusan strategi dan kebijakan capaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan pada RPJMD.

***

Demikian jawaban saya terhadap survei kapasitas organisasi saya bekerja Balitbagren Kabupaten Polewali Mandar sebagai Pejabat Kepala Sub Bidang Pengendalian Program pada Bidang Perencanaan dan Pengendalian Program Pembangunan.

 –

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: