Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat!

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.— You can empower people with disabilities! yang artinya Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat! adalah Judul surat elektronik  kiriman dari Mr. Jason Teitelman seorang  blogger  yang terhimpun dalam Bloggers Unite http://www.bloggersunite.org/event/people-first-empowering-people-with-disabilities ditujukkan untuk  blog penulis  arali2008,wordpress.com via email ucang (at) yahoo.com sebagai  anggota dari BLOGGERS UNITE yang berisi ikut berpartisipasi dalam bentuk tulisan tentang orang-orang cacat dalam  kegiatan  peduli pemberdayaan orang-orang cacat sedunia, yang dilaksanakan  pada tanggal 24 Juli 2010 di Amerika Serikat.

Sebagai seorang blogger opini dari fakta empiris pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia,  tentunya sangat-sangat merespon ajakan ini. Saya mulai dengan sebuah ajakan :

Sangat dibutuhkan bantuan Dunia pada Adik Dodi (7 tahun) yang telah mengalami gejala yang sama  pada DODI (14 tahun), —-penderita cacat yang disebabkan gangguan pertumbuhan tulang —— Mungkinkah Adik Dodi bisa diselamatkan?  Semua tergantung pada orang-orang sehat, bukan Cuma orang-orang Indonesia yang sehat tetapi juga orang-orang didunia yang sehat, Dodi dan Adiknya hanya ingin  kehidupan yang  bahagia dan tidak berprasangka buruk terhadap dirinya. Semua tergantung pada Anda! karena anda bisa memberdayakan orang cacat, walaupun itu hanya sebuah doa untuk Dodi dan Adiknya.

Isi suratnya elektronik  kiriman dari Mr. Jason Teitelman seorang  blogger  yang terhimpun dalam Bloggers Unite adalah sebagai berikut :

You can empower people with disabilities!


Dear Fellow Blogger,

As bloggers, you and I have the unprecedented ability to raise awareness about important issues by simply posting about them. When we act on behalf of a cause and then write about it, we dramatically increase the positive impact we can have on the world.

Today, I am asking you to take action on behalf of all the people around the world living with a disability. Just like those of us who are able-bodied, they simply want to live a happy and productive life. Help us eliminate the barriers to participation and the prejudices they face every day by taking a simple action. You can donate to an organization that supports people with disabilities, sign an online petition asking for equal access, make your blog 100% accessible. Then write about it. Tell others how important it is to make all the opportunities our world has to offer accessible to everyone. Tell them how easy it is to get involved and how good it feels to help others.

On July 24, 2010, BloggersUnite is asking bloggers from all around the world to unite in support of people with disabilities. Please join us! http://www.bloggersunite.org/event/people-first-empowering-people-with-disabilities

Thanks for reading. Have a great day.

Sincerely,
Jason Teitelman

arti bebasnya (dalam bahasa Indonesia) adalah

Anda dapat memberdayakan orang-orang cacat!
——————————————————————————————————————
Yang terhormat sesama Blogger,

Sebagai blogger, Anda dan saya memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting hanya dengan posting (tulisan) tentang orang-orang yang mengalami kecatatan. Ketika kita bertindak atas nama mereka  yang cacat dan kemudian mencoba  menulis tentang  kehidupan orang-orang yang cacat, kita secara dramatis meningkatkan dampak positif  keberadaan orang-orang cacat  yang ada dan hidup di dunia ini.

Hari ini, saya meminta Anda untuk mengambil tindakan atas nama semua orang di seluruh dunia yang hidup dengan kecacatan. Sama seperti orang-orang dari kita yang berbadan sehat, mereka hanya ingin menjalani kehidupan yang bahagia dan produktif. Bantu kami menghapuskan hambatan-hambatan terhadap partisipasi dan prasangka yang mereka hadapi setiap hari dengan mengambil tindakan sederhana. Anda dapat menyumbang ke sebuah organisasi yang mendukung para penyandang cacat, menandatangani petisi online, meminta akses yang sama, membuat blog Anda 100% diakses. Lalu tulis semua tentang hal tersebut. Beritahu orang lain betapa pentingnya untuk membuat semua peluang dunia kita, untuk menawarkan bahwa kepedulain kita pada orang-orang cacat dapat diakses oleh semua orang. Katakan kepada mereka betapa mudahnya untuk terlibat dan bagaimana rasanya untuk membantu orang lain.

Pada tanggal 24 Juli 2010, Bloggers Unite meminta blogger dari seluruh dunia untuk bersatu dalam mendukung para penyandang cacat. Silakan bergabung dengan kami! http://www.bloggersunite.org/event/people-first-empowering-people-with-disabilities

Terima kasih untuk membaca. Have a great day.

Hormat kami,
Jason Teitelman

Seketika saya teringat beberapa bulan yang lalu, ketika terakhir kalinya saya bersentuhan dengan  seorang anak yang berusia 14 tahun, Sebut saja Namanya Dodi, yang mengalami  kecatatan karena  gangguan gen pertumbuhan tulangnya.

Dodi mempunyai keluarga sederhana yang masih lengkap, punya ayah, ibu dan seorang adik yang berusia 7 tahun, Tinggal di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Sepertinya, adik sang penderita cacat akan mengusulnya karena mulai terlihat gejala yang sama seperti Dodi ketika berusia 7 tahun.

Waktu ketika Dodi dilahirkan, belum ada masalah pada Dodi, ibunya sangat bahagia, karena mendapatkan bayi yang lahir normal dan sehat, masa balitanya Dodi tumbuh dan berkembang secara normal, aktif dan sangat kreatif, seperti anak-anak balita sebayanya, sampai kemudian Dodi Masuk kelas satu Sekolah Dasar (SD), di kelas satu SD yang sangat berbakat dan pintar, ketika kenaikan kelas Dodi mendapat rangking satu, dari semua teman-teman sekelasnya, Dodi kemudian belajar di kelas dua Sekolah Dasar (SD), ibunya mulai kaget ketika Dodi selalu ditemukan kewalahan ketika  berdiri dari duduk melantainya, Dodi tidak bisa berdiri langsung, tangannya harus menopang sesuatu, agar bisa berdiri tegak, Dodi masih bisa berjalan, tetapi dari hari kehari  Dodi mengalami kewalahan ketika berdiri dari duduknya, Ibu dan Ayah Dodi mencoba memeriksa ke Dokter Puskesmas  (Puskesmas Tinambung Kabupaten Polewai Mandar), dokter menyimpulkan “terlihat gejala pengecilan pada tulang kakinya Dodi” sang dokter puskesmas hanya memberikan beberapa vitamin untuk dikonsumsi, dan membuat rujukan untuk di periksa ke dokter yang lebih ahli (dokter anak). Proses pemeriksaan rujukan terus dilanjutkan kedua orang tua Dodi, sampai terakhir melakukan pemeriksaan  dan konsultasi dokter spesialis tulang, Disimpulakn “Dodi mengalami kelainan genetic pertumbuhan tulang” artinya Dodi sedikit-demi sedikit akan mengalami kecacatan seumur hidupnya. Dan memang benar Dodi, hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun berganti tahun  tulang kaki dan tangan terus mengalami kekakuan dan tulang belakangnya mengalami pembengkokkan sampai dengan usia 14 tahun.

Ketika saya untuk pertama kalinya melihat dan menyentuhnya, Ibunya menangis, meneteskan air mata membasahi pipinya, ketika saya mencoba melihat dan memegang kaki Dodi yang sudah mengecil, melihat tulang belakangnya  yang tidak lurus lagi, Dodi hanya terbaring, tidak bisa duduk lagi, apalagi berdiri, berjalan dan berlari, tangannya sulit sekali digerakan, Dodi tidak bisa lagi mengurus dirinya sendiri, makan harus disuapin, buang hajat dan mandi harus dipapa (dibantu), berpakain harus kenakan (dipakaikan).

Adik Dodi yang berusia 7 tahun seperti akan mengusul lagi, menderita cacat genetic kelainan pertumbuhan tulang belakang, seperti yang diderita Dodi, karena gejala yang terlihat, menunjukkan hal yang sama seperti Dodi ketika berusia 7 tahun, Ibu dan ayah Dodi hanya pasrah menghadapi kelainan pada Anak-Anaknya.

Hanya Doa dan harapan yang bisa mereka tunjukkan ketika saya mencoba pamitan pulang pada Dodi dan kedua orang tuanya. Doa agar mereka bisa kuat menghadapi cobaan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, dan harapan agar kehidupan Dodi dan Adiknya dapat hidup bahagia, secara social, mungkin secara fisik tidak bisa disembuhkan lagi, tetapi dukungan mental dan social sangat diharapan bagi orang yang melihat Dodi, mungkin Dodi tidak produktif lagi, tetapi  Ia punya hak untuk hidup walaupun ia tidak berdaya dengan kecacatannya, Dodi tidak  mengerti  mengapa hari, demi hari, bulan demi bulan dan tahun berganti tahun, yang tadinya masa balitanya yang ceria, dimasa remajanya hanya bisa terbaring kaku, entah bagimana ketika dewasa, apakah Dodi akan terus terbaring kaku bersama Adiknya yang akan mengusulnya,. Hanya Tuhan Yang Kuasa Yang Tahu? Wallauhu A’lam

Catatan Kepdulian :

Sangat dibutuhkan bantuan Dunia pada Adik Dodi yang telah mengalami gejala yang sama  pada DODI, Mungkikah Adik Dodi bisa diselamatkan?  Semua tergantung pada orang-orang sehat, bukan cuma orang-orang Indonesia Yang sehat tetapi juga orang-orang didunia yang sehat, Dodi dan Adiknya hanya ingin  kehidupan yang bahagia dan tidak berprasangka buruk terhadap dirinya. Semua tergantung pada Anda karena anda bisa memberdayakan orang cacat, walaupun itu hanya sebuah doa untuk Dodi dan Adiknya

Di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia, sama halnya daerah-daerah yang lain di Indonesia maupun didunia, orang-orang cacat masih sering ditemukan, mereka mungkin cacat karena kelainan bawaan lahir, bisa juga karena kelainan pertumbuhan gen pada tubuhnya——– seperti kehiduapan Dodi diatas——–, mereka cacat bisa juga karena mengalami kecelakaan dan masih banyak lagi  penyebab mengapa mereka cacat baik secara fisik, mental, maupun sosial.

Orang-orang cacat ini  hidup di antara orang-orang sehat. Bila mereka masih mempunyai keluarga, kehidupannya ditanggung oleh keluarga, tapi bila mereka tidak lagi mempunyai keluarga, tidaklah bijak, orang-orang sehat didunia ini tidak mempunyai RASA untuk  peduli akan kehidupannya, tidak bijak dan manusiawi bila kehidupannya dibiarkan tak berarti diantara orang-orang yang sehat, mungkin bisa saja  kita ada karena mereka atau mereka ada karena kita.——–Orang-orang yang hidup sehat———–  mengelolah kehidupan  dengan tidak wajar. Kalau sudah demikian wajarkah? Kita tidak pedulih kepada mareka?!

sekali lagi!

WAJARKAH KITA TIDAK PEDULI KEPADA MEREKA YANG CACAT DALAM HIDUPNYA ?

—————————————————————

Baca juga tulisan terkait :

  1. Memaknai Kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia dan Investasi Ketika seseorang sakit sampai tidak berdaya tinggal menunggu maut menjemputnya, tetapi maut tak jua datang, maka tidak ada cara lain, ia mempunyai untuk terus hidup.
  2. Anak dan Hak Anak Memperoleh Pelayanan Kesehatan.  Anak adalah penerus Cita-Cita Bangsa, oleh karenanya anak harus hidup dalam lingkungan yang sehat, Hak mereka untuk hidup dalam lingkungan yang sehat, anak mempunyai hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan.
  3. Perlindungan Anak Kab. Pol-Man (KPA, FPA dan Forum AKH). Masih banyak ditemukan anak tidak diperlakukan dengan wajar, anak harus dilingdungi, harus ada wadah untuk melindunginya.
  4. Hasil penyelidikan Kasus JUMINO, Neurofibromatosis di Polewali Mandar. Kasus kecacatan karena kelainan jaringan kulit, masih cukup banyak di Polewali Mandar, salah satunya adalah Jumino (almarhum) dikenal manusia dengan 1000 (baca : seribu) tumor.
  5. Tragedi Kemanusiaan Kambacong dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan. Kisah Kambacong (almarhum) seorang dari keluarga miskin yang meninggal karena tidak efisiensinya pelayanan kesehatan di Polewali Mandar.
  6. Kemiskinan dan Perasaan Kemanusiaan. Satu peristiwa kematian  dari suatu kesakitan  yang dialami oleh  keluarga miskin dan kemudian mencoba memicu perasaan kemanusiaan pada setiap orang ke orang lainya yang sama-sama adalah manusia.

—————————————————————————–

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

 

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

4 Responses to Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat!

  1. plh25 mengatakan:

    sangat terharu, semoga semakin banyak orang yang peduli dengan orang lain yang mempunyai kekurangan

  2. I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was wondering what all is required to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very web smart so I’m not 100% sure. Any tips or advice would be greatly appreciated. Kudos

  3. Armanda Lotto mengatakan:

    Bookmarked your website. Thank you for sharing. Definitely worth the time away from my workload.

  4. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this post. I am hoping the same best work from you in the future as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to start my own BlogEngine blog now.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: