Bisakah Rumah Sakit Swasta dibangun dan berkembang di Polewali Mandar ?

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.  Teman saya yang sudah senior melalui utusannya, yang berencana membangun Rumah Sakit Swasta di Polewali Mandar bertanya “Bisakah Rumah Sakit Swasta dibangun dan berkembang di Polewali Mandar?” saya jawab bisa, saya bukan sekedar menjawab,  kemarin ada tulisan saya di website Dinas Kesehatan Polewali Mandar dapat sedikit memberikan penjelasan dari sudut pandang pelayanan yang ada di RSUD Polewali sebagai ALASAN PERTAMA  dan DUA ALASAN lainnya dapat saya jelaskan sebagai berikut

RSUD Polewali lebih menekankan efisiensi daripada mutu. setidaknya di dapat dari hasil analisis  Hubungan  Pemanfaatan Tempat Tidur (BOR), Rerata Perawatan (ALOS) dan Interval tempat tidur yg tidak digunakan (TOI). 

Hubungan ini menunjukan bahwa RSU Polewali tidak mampu memaksimalkan pemanfaatan/penggunaan tempat tidur (BOR rendah) untuk pelayanan perawatan (waktu perawatan kurang) tidak menggangu interval penggunaan tempat tidur, disimpulkan RSUD Polewali lebih menekankan efisensi dari pada mutu Artinya sebagaimana yang diamanatkan UU Rumah Sakit nomor 44 tahun 2009.  RSU Polewali  belum dapat memberikan Pelayanan Rumah Sakit secara paripurna (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) bagi setiap pasiennya yang membutuhkan rawat inap.

Dari 66 % penggunaan tempat tidur, hanya digunakan untuk perawatan selama kurang lebih 4 hari,  dan penggunaannya (tempat tidur) hanya dengan interval 2 hari. Ini semua dapat diartikan bahwa 34 % tempat tidur tidak digunakan, seharusnya yang dengan target BOR 60-85% hanya maksimal tidak digunakan hanya 15 %, berarti tempat tidur tidak digunakan secara efisien dengan lama perawatan 6-9 hari (standar)   walaupun  interval tempat tidurnya telah berada selama 1-3 hari, tetap saja upaya pelayanan rehabilitatif boleh dikatakan tidak dilakukan.

Dapat saya artikan bawah pelayanan RSUD  Polewali pada dasarnya sudah kewalahan dalam menangani setiap pasien yang ingin rawat inap, sehingga efisiensi pelayanan lebih diutamakan daripada mutu pelayanan.

ALASAN  KEDUA  perlu adanya rumah sakit swasta di Polewali adalah alur rujukan ke rumah sakit type A yang ada di Makassar dapat dijelaskan sebagai berikut

Di Sulawesi Barat, fakta menunjukkan bahwa Kabupaten Polewali Mandar merupakan pusat rujukan untuk daerah disekitarnya  ——-gambar peta Sulawesi Barat dan jarak antar Kabupaten ———- Jarak dari Kabupaten lain di Sulawesi Barat Ke Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar, 3 (tiga) Kabupaten lainnya di Propinsi Sulawesi Barat dan Kabupaten-kabupaten lain di Sulawesi  Selatan wilayah barat semua muda diakses ke Ibu kota  Kabupaten Polewali Mandar,  kecuali Kabupaten Mamuju Utara yang lebih muda mengakses ke Kota Palu Propinsi Sulawsei Tengah. Dengan kata lain masyarakat mulai dari Kota Mamuju ibu Kota Propinsi Sulawesi Barat, cenderung bergerak ke wilayah selatan menujuh Kota Metropolitan Makassar  ada RS Wahidin Sudirahusodo diharuskan melewati  Kabupaten Polewali Mandar.

Dari alasan kedua ini dapat saya artikan bahwa ketika pasien-pasien rujukan tiba di  Polewali Mandar mereka mempunyai dua pilihan di Rawat di RSUD Polewali dan lanjut ke Rumah Sakit Wahidin Sudirahusodo Makassar yang masih membutuhkan waktu 4-6 jam lagi. Dengan adanya Rumah Sakit Swasta yang lebih menekankan pada mutu layanan maka alternatif ke Makassar dapat terwakilkan dengan Rumah Sakit Swasta ini.

ALASAN KETIGA Kabupaten Polewali Mandar ini juga jika dilihat dari jumlah penduduk  merupakan Kabupaten dengan Jumlah pemduduk terbesar yaitu 396.253 jiwa, Kabupaten lainnya  misalnya Mamuju hanya 336.879 jiwa, dari jumlah penduduk Propinsi Sulawesi Barat  1.158.336 jiwa berdasarkan jenis Kelamin hasil sensus tahun 2010 yang di kutip dari BPS Propinsi Sulawesi Barat.

Data rumah tangga miskin yang digunakan dalam program Jamkesmas Kabupaten Polewali Mandar yang juga masih harus mendapat  perhatian karena jumlah yang terbesar  yaitu 33.977 rumah tangga miskin dari kabupaten lainnya dari total Propinsi Sulawesi Barat 111.902 rumah tangga tahun 2010.

Dari Alasan ketiga ini dapat saya artikan bawah dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk tidaklah bijak kalau hanya satu Rumah Sakit saja yang harus dikembangkan dan diperluas, tetapi perlu tambahan Rumah sakit lainnya semisal rumah sakit swasta  dengan fungsi sosialnya melayani  pertumbuhan penduduk yang semakin banyak.

Ketiga alasan tersebut diatas sebenarnya sudah cukup alasan untuk membangun Rumah Sakit Swasta di Polewali Mandar bahkan sangat strategis dan mendesak untuk memenuhi layanan rumah sakit yang bermutu yang tidak mampu disiapkan RSUD Polewali.

Memang diakui masih dibutuhkan bahan kajian lainnya untuk membangun suatu rumah sakit misalnya kajian AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), badan Usaha sebagai payung penyelenggaraan rumah sakit dan yang terpenting adalah  Analisis Ketersediaan SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan)  dan pembiayaan serta beberapa kajian lainnya. Namun demikian ketiga alasan tersebut diatas sudah cukup menjadi dasar untuk membangun rumah sakit swasta di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat.

Setidaknya dalam Undang-undang Rumah Sakit nomor 44 tahun 2009 pasal 9  mengatakan “Hasil kajian  kebutuhan penyelenggaran Rumah Sakit harus didasarkan pada study kelayakan dengan menggunakan prinsip pemerataan pelayanan, efesiensi dan efektifitas serta demografi “

Konsep secara sederhana rencana rumah sakit swasta yang akan dibangun sesuai dengan Permenkes RI tahun 2010, Rumah Sakit dapat dibangun oleh pemerintah maupun oleh swasta  dengan perbandingan dengan luas tanah dengan luas lantai bangunan adalah 1,5 : 1,  untuk bangunan tidak bertingkat.

Lokasi rumah sakit yang akan dikembangkan  akan menempati lokasi  yang ada saat ini telah tersedia dan berada di ibu kota Polewali Mandar  yaitu Kelurahan Madatte Kecamatan Polewali dengan luas 2.200 M2  dengan pertimbangan  untuk tetap  menyediakan  ruang terbuka hijau serta untuk meningkatkan kenyamanan ruang maka pengembangan juga diarahkan secara vertikal.

Nama Rumah Sakit Swastanya adalah Rumah Sakit Swasta MANDING  Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat. Dengan  Design Concept Rumah Sakit Swasta Manding dengan Pelayanan Paripurna 50 Tempat Tidur Kab. Polewali Mandar   Propinsi Sulawesi Barat

Perkiraan Penduduk yang dilayani di rumah sakit swasta Manding

  • Jumlah Penduduk  Polewali mandar dan sekitarnya = + 400.000 jiwa
  • Jumlah perkiraan penduduk yang sakit
–     15 % x 400.000 = 60.000 penderita
  • Jumlah perkiraan penderita yang dirujuk
–     12% x 60.000 penderita = 7.200 penderita
  • Jumlah perkiraan penderita rawat Inap
–     35 % x 7.200 penderita = 2.530 penderita dalam satu tahun.

Sebagai Pembanding RSU Polewali ditahun 2011 merawat penderita rawat Inap sebesar 9.095 penderita dapat membantu 30% dengan layanan yang paripurna. Dari analisis perkiraan jumlah penduduk yang dilayani ini dapat dilakukan taksiran pendapatan dan pengeluaran serta rencana pembangunan rumah sakit sebagai berikut

Taksiran pendapatan dan pengeluaran serta rencana pembangunan rumah sakit swasta Manding Polewali Mandar
No
Uraian
Pendapatan
Pengeluaran
1
Pasien rawat inap satu tahun
         1,260,000,000.00
 
2.520 ps @Rp.500.000.-
2
Health Services cost (40%)
 
              504,000,000.00
2
Labour Cost satu tahun (10%)
 
              126,000,000.00
3
Over Head Cost 1 Tahun (5%)
 
                63,000,000.00
 
JUMLAH
1,260,000,000.00
693,000,000.00
 
 
4
Profit Bruto satu tahun (45%)
             567,000,000.00
 
 
(Pendapatan -Pengeluaran)
 
 
5
Biaya perbaikan /pemeliharaan
               67,000,000.00
 
6
Profit NETTO  Satu Tahun
             500,000,000.00
 
Taksiran Profit NETTO dan Angguran Pembangunan Rumah Sakit Swasta Manding
Profit NETTO  Satu Tahun = Rp. 500.000.000.-
Angsuran Pembangunan = Rp. 500.000.000.- x 10 Tahun = Rp. 5.000.000.000.-

Semoga sukses dan tulisan ini dapat membantu……..

Baca juga tulisan terkait

  1. Ringkasan Rencana RSUD Polewali Ke Type B
  2. RUMAH SAKIT KIA ”IBU AGUNG” SIAP BEROPERASI
  3. Citra Pelayanan Prima Puskesmas Wonomulyo
  4. Status Pelayanan RSUD Polewali Mandar.
  5. Identifikasi Kematian Ibu Karena Pendarahan di Polewali Mandar
  6. Proyeksi dan Prediksi Kebijakan Kesehatan Polewali Mandar.

———————————————————-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: