Mempromosikan Pelatihan APN di Polewali Mandar

Direktur P2KP Polewali Mandar dr. Annas Budi Sp.OG. MARS

Polewali Mandar Sulawesi Barat. @arali2008. Pusat Pelatihan Klinik Primer (P2KP) Polewali Mandar dibentuk untuk menyelenggarakan pelatihan klinik  Kesehatan Reproduksi. Dibentuk  ditahun 2008 Atas Kerja Sama Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dengan unicef. Rekomendasi awal yang diberikan  kepada P2KP Polewali Mandar adalah menyelenggarakan Pelatihan Kesehatan Reproduksi yaitu Pelatihan Asuhan Persalinan Normal.  Pelatihan pelatih dan penyediakan paket peralatan Pelatihan Asuhan Persalinan Normal di sediakan oleh Unicef, sementara  pengelolaan, tempat pelatihan dan kelanjutannya diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dan Pendamping adalah P2KS Makassar.

Memasuki tahun 2011 P2KP Polewali Mandar, setelah sukses menyelenggarakan 4 Angkatan Pelatihan Asuhan Persalinan Normal yang diselenggarakan secara mandiri dengan alumni 55 bidan-bidan PNS dan Swasta yang bekerja di kabupaten Mamuju, Polewali Mandar dan Majene, kini mulai mempromosikan diri untuk menyelenggarakan pelatihan APN.  Lembar Promosinya sebagai berikut :

Pusat Pelatihan Klinik Primer

 Polewali Mandar

Pusat Pelatihan Klinik Primer (P2KP) Polewali Mandar  adalah salah satu Jaringan Nasional Pelatihan Klinik Kesehatan Reproduksi (JNPK-KR), berkedudukan di Kabupaten Polewali Mandar dan bertanggung jawab terhadap pelatihan-pelatihan kesehatan reproduksi, salah satunya adalah Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN). Telah membuka Pelatihan Asuhan Persalinan bagi tenaga kebidanan (D1, D3 dan D4).

Kesakitan dan Kematian ibu  yang seharusnya dapat di cegah masih sering terjadi, salah satu penyebabnya adalah keterampilan penolong persalinan tenaga kesehatan dalam menerapkan asuhan persalinan normal yang masih sangat kurang (+60%). Kematian ibu sering terjadi menjelang 7 hari sebelum persalinan dan 7 hari setelah persalinan. Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi masalah ini adalah melatih penolong persalinan tenaga kesehatan dengan asuhan persalinan normal.

Ruang dan fasilitas P2KP Polewali Mandar dalam Pelatihan Asuhan Persalinan Normal di Bagian Ginekologi dan Obstetrik RSUD Polewa Mandar

Pelatihan Klinik APN Oleh P2KP Polewali Mandar: Bertempat di Ruang Konsultasi bagian Obstetrik Ginekologi RSUD Polewali Mandar.

Jadwal  pelatihan : akan ditentukan setelah jumlah peserta memenuhi 10-15 orang, Disediakan tempat inap (wajib membawa ganti). Diperuntukkan untuk Peserta: Bidan-bidan PNS maupun Swasta.

Lahan Praktek : RSUD Polewali, Puskesmas Rawat Inap Persalinan Massenga dan Puskesmas Rawat Inap Wonomulyo.

Biaya : Rp. 4.000.000,-. Per peserta sudah termasuk paket penginapan

Materi Pelatihan:   Prinsip materi Pelatihan APN adalah  Pelatihan klinik berbasis kompetensi, baik in-service dan pre-service. Materi lengkap dalam format sederhana. Akuisisi (mahir) pada model yang berlanjut pada kompetensi pada klien (praktek pada pasien). Ketat dalam menerapkan standar tetapi luwes dalam proses. Fokus pada 5 benang merah Persalinan Normal, dengan materi Pencegahan Infeksi, Kala I-IV Persalinan termasuk penggunaan partograf, posisi dan pimpinan meneran, manajemen aktif kala III persalinan, Asuhan Bayi Baru Lahir  dan Pengenalan Dini dan Penanganan Awal Komplikasi Persalinan.

Pelatih dan Pengelola : Pelatih pada Pusat Pelatihan Klinik Primer Kesehatan Reproduksi (P2KP-KR) Polewali Mandar ini terdiri dari  Dokter Spesialis, dokter umum dan Pelaksana Kebidanan (Bidan) Profesional yang telah berpengalaman  dan terlatih dalam Asuhan Persalinan Normal.  P2KP juga dikelola oleh tenaga profesional dalam penyelenggaran pelatihan yang baik dan benar.

Hasil Yang diharapkan : Petugas pelaksana yang terampil, profesionalisme yang tinggi dan berperilaku baik (contoh bagi sejawat). Membangun partisipasi dan sahabat masyarakat

Persyaratan untuk mengikuti APN:

  • Pendidikan Kebidanan (D1, D3 dan D4)
  • Pas Foto 3×4 warna (1 lembar), dibawa pada saat hari H pelatihan.

Cara Pendaftaran untuk mengikuti APN: SMS Nama lengkap,Telpon, Alamat, Ke Pengelola P2KP Polewali Mandar  nomor 085 255 859 213  Sdri Hj. Mudra, SKM

Cara Pembayaran Pelatihan APN : Pembayaran dapat dilakukan pada saat pelatihan dengan syarat telah melakukan pendaftaran Via SMS kepada pengelola.

Sekretraiat P2KP Polewali Mandar

Bagian Obstetrik Ginekologi RSUD Polewali Mandar
Kabupaten Polewali Mandar Propinsi SUlawesi Barat Indonesia

———–—————————————–—-—————-—————-

Direktur

Dr. Annas Budi, Sp.OG, MARS

Dokter Spesialis Kandungan pada RSUD Polewali

Pelatih

Dr. Annas Budi, Sp.OG, MARS

Dr. Mardihiyah, SPOG. M.Kes

Dr. Anita

Fasilitator

Bidan Jusma, SST

Bidan Fatmawati, STT

Pengelola

Arsad Rahim Ali, SKM, M.Kes

Hj. Mudra, SKM, M.Kes

H. Kamariah Muhammad

H. Ramlah

—–———————————-———-

opini dari fakta empiris

Baca tulisan terkait

  1. Laporan Dari Pembukaan Pelatihan Asuhan Persalinan Normal
  2. Pelatihan Asuhan Persalinan Normal II, P2KP Polewali Mandar
  3. P2KP Polewali Mandar dan Pelatihan Asuhan Persalinan Normal
  4. Bakal Calon Wadah P2KP Polewali Mandar Telah Mati Sebelum Berkembang.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: