Pengantar Blog

Logo @arali2008Polewali Mandar Sulawesi Barat.–Untuk memudahkan pengunjung mengerti tentang maksud dan tujuan penulisan artikel-artikel  yang ada dalam blog  @arali2008, Opini dari fakta empiris, blog seorang profesional epidemiologi gizi dan kesehatan. ——–Kata profesional disini  ditujukan hanya semata-mata ingin menyajikan yang terbaik kepada setiap pengunjung, dan yang dimaksud “OPINI disini adalah memberikan inteprestasi dan nilai dari pemikiran penulis berdasarkan fakta empiris———— Berikut ini penulis memberikan alur atau sistimatika  penulisan blog yang sedang anda baca ini.

Blog @arali2008 disusun untuk memberikan gambaran pembangunan kesehatan di kabupaten Polewali Mandar propinsi Sulawesi Barat dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan atau tepatnya  OPINI DARI FAKTA EMPERIS SEPUTAR MASALAH EPIDEMIOLOGI GIZI DAN KESEHATAN yang merupakan refleksi dari pekerjaan penulis sebagai seorang fungsional epidemiologi kesehatan ahli yang bekerja secara MANDIRI dalam lingkup pemerintahan (cq. Dinas Kesehatan) Kabupaten  Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia,  tugas dan fungsi baca di. Tugas Pokok dan Fungsi Seorang Epidemiologi Kesehatan Ahli baca juga Pengetahuan dan Skill Seorang Epidemiolog.

Satu alasan penting juga dalam pembuatan blog ini adalah informasi tentang epidemiologi gizi dan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar bahkan di Propinsi Sulawesi Barat Indonesia, sangat  sulit di dapat melalui jaringan internet, karena instansi pemerintah khususnya kesehatan di wilayah Sulawesi Barat   yang terdiri dari lima kabupaten  sama sekali belum memiliki website kesehatan. Setidaknya dengan blog ini dapat membantu setiap pengunjung yang ingin mengetahui gambaran pembangunan kesehatan secara lengkap di Kabupaten Polewali Mandar bahkan Propinsi Sulawesi Barat Indonesia.

opini dari fakta empiris

Alur atau Sistimatika blog @arali2008 seperti terlihat dalam  kategori sidebar blog ini adalah alur atau sistimatika  yang dapat memberikan gambaran pembangunan kesehatan  secara kualitatif maupun kuantitatif,  gambaran tersebut  diuraikan  sebagai berikut :

Kategori Status Kelangsungan Hidup :

Berisikan tentang artikel yang menjelaskan ditribusi, frekwensi dan faktor-faktor penentu  tentang capaian Indikator-indikator atau pedoman status kelangsungan hidup ini selama 1-5 tahun terakhir, yang kesemuanya dapat memberikan gambaran keberhasilan pembangunan kesehatan 1-5 tahun kedepan terhadap kelangsungan hidup anak atau generasi yang akan datang  (generasi penerus bangsa) di suatu wilayah.

Indiktor-indikator itu adalah

  1. Angka Kematian Bayi dan balita yaitu jumlah kematian bayi dan balita yang dinyatakan per 1.000 kelahiran hidup
  2. Angka kematian Maternal yaitu kematian ibu hamil, bersalin dan nifas per 100.000 kelahiran hidup, dengan catatan propinsi atau kabupaten yang mempunyai jumlah kelahiran hidup tidak sampai dengan 100.000 tidak perlu (tidak bisa, sekali lagi tidak bisa) menggunakan angka 100.000 kelahiran hidup tetapi yang digunakan adalah jumlah tetapi dicantumkan juga jumlah kelahiran hidupnya realnya.
  3. Status Gizi biasanya yang digunakan adalah status gizi buruk dan kurang

Status kelangsungan hidup lainnya adalah status imunisasi biasa yang disajikan adalah status imunisasi lengkap bayi  yang dapat memberikan derajat kekebalan bayi dan anak terhadap berbagai serangan penyakit menular.

Kategori Status Kesehatan

Berisikan tentang artikel yang menjelaskan frekwensi, distribusi dan faktor-faktor yang menentukan  tentang capaian Indikator dan pedoman status kesehatan, dapat memberikan gambaran kualitas fisik (jasmani) dan mental (rohani) masyarakat. Dapat menjelaskan banyaknya waktu seseorang yang terpakai/terbuang untuk berproduksi secara sosial dan ekonomis untuk memaksimalkan peningkatkan kwalitas hidup masyarakat disuatu wilayah
Indikator-indikator itu adalah

  1. Jumlah penduduk yang sakit dari yang sehat, baik penyakit infeksi atau non infeksi, menular misalnya penyakit menular TBC, Kusta, Diare ISPA dan lain-lain. Pentakit tidak menular misalnya kardiovaskuler, Diabetes Militus, stroke, kejiawaan dan lain-lainya )
  2. Data-data lainnya misalnya rata-rata lama hari sakit dan lain-lain

Kategori Status Pelayanan Kesehatan diantaranya :

Berisikan tentang artikel yang menjelaskan tentang capaian Indikator dan pedoman status pelayanan kesehatan ini, akan memberikan gambaran Jangkauan dan Pemerataan pelayanan kesehatan dan yang mempunyai daya ungkit terhadap status kesehatan dan kelangsungan hidup yang disebutkan diatas.
Indikator itu adalah

  1. Presesentase pencapaian (standar) pelayanan minimal Tujuh Program Pokok Puskesmas kecamatan yaitu
  • Program Perbaikan  Gizi Masyarakat,
  • Kesehatan Ibu dan Anak (KIA),
  • Kesehatan Lingkungan (Kesling),
  • Promosi Kesehatan,
  • Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2M),
  • Pengobatan,
  • Dan Program pengembangan spesifik lokal
  1. Banyaknya penduduk per Puskesmas yang digolongkan perkelompok umur, mulai dari bayi, balita, anak sekolah, pendnduk dewasa (laki-laki-perempuan), WUS, Usila, kelompok kerja dan lain-lain.
  2. Banyaknya tenaga kesehatan atau dokter per 10.000 penduduk dan tenaga non kesehatan lainnya.
  3. Banyaknya sarana kesehatan per jumlah penduduk dan lain-lain

Indikator dan pedoman yang dijelaskan berdasarkan frekwensi, distribusi dan faktor-faktor yang menentukan  dapat  memberikan gambaran pembangunan kesehatan  Kabupaten Polewali Mandar yang ada dalam blog ini. Dalam satu tahun akan menjadi suatu NARASI KEBERHASILAN dan KEGAGALAN pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar (coba Baca Halaman NARASI dari @arali2008 ) nantinya dapat digunakan bahan evaluasi untuk kabupaten Polewali Mandar dan Propinsi Sulawesi Barat yang sementara giat-giatnya membangunan.  Narasi ini juga dapat menunjukkan perjalanan hidup seorang yang berkecimpung dalam bidang epidemiologi gizi dan kesehatan. Pengunjung juga dapat  melihat beberapa hasil kajian dan beberapa pedoman dalam halaman  DOWNLOAD. Harapan blogger @arali2008 apa yang menjadi visi dan misi pembangunan kesehatan Nasional (Indonesia Sehat) dan dijabarkan oleh propinsi dan ditindaklanjuti oleh kabupaten akan dengan mudah diwujudkan.

Keterangan lainnya

Ada beberapa topik yang juga ada pada sedebar (Halaman samping kiri) misalnya TULISAN DENGAN KLIK TERBANYAK, maksudnya adalah judul-judul artikel yang paling banyak diakses pada 24 jam terakhir. Kemudian ada juga  ARSIP ARTIKEL PERBULANNYA, Anda bisa melihat dan mengkliknya pada bulan-bulan dimana artikel tersebut diterbitkan, atau lebih jelasnya Anda bisa membaca pada isitilah TAG disitu tertulis kata-kata kunci dari KATEGORI seperti yang dijelaskan diatas, Anda bisa langsung mengkliknya sesuai dengan kata kunci yang Anda cari.

Sementara itu OPINI DARI FAKTA EMPERIS SEPUTAR MASALAH EPIDEMIOLOGI GIZI DAN KESEHATAN DI POLEWALI MANDAR, yang tertulis disampinng dengan sub bagiannya merupakan judul-judul artikel yang baru saja diterbit ( dalam 2-4 harinya sebelumnya).

Disamping keterangan-keterangan tersebut pada halaman samping dan bagian bawah, juga Anda bisa melihat gambar-gambar yang merupakan pernik-pernik untuk mempercantik blog @arali2008. Pernik-pernik itu misalnya  ONLINE PENGUNJUNG, yang merupakan keterangan yang menunjukkan jumlah pengunjung yang sementara melihat, membaca atau mencopy beberapa artikel pada blog @arali2008. Atau kalau Anda seorang blogger dari WordPress.com anda bisa klik forum WP. Dan beberapa pernik-pernik lainnya yang menunjukkan posisi dan keberadaan blog ini pada saat Ada mengaksesnya.

Demikian pengantar Blog@arali2008. semoga Anda mendapatkan pencerahan, dan apabila tidak mendapat pencerahan dari weblog ini,  kritik dan saran anda bisa ajukan pada komentar dibawah ini.

Hormat kami

BLOGGER @arali2008

Salam untuk semua,  terima kasih.

Identitas penulis baca di :

Autobiografi Penulis. Penulis Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971,  oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali.

Keluarga Penulis. AFI,ABI,IFA dan NUNU serta Istriku Tercinta adalah keluargaku, sengaja  ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga.

Kantor Penulis. DINAS KESEHATAN KAB. POLEWALI MANDAR PROPINSI SULWESI BARAT Alamat Jalan Andi Depu Nomor 2 Polewali Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998 Email : dinkespolewali@gmail.com

Iklan

14 Responses to Pengantar Blog

  1. Irfan Handi says:

    Komentarnya sampai 200 ribuan bang. Gila nih. 😀
    Sukses terus ya Om. 😉

  2. Red says:

    itu yg komentar dalam bhs inggris adalah spam, dibuat dari spam bot yg secara otomatis akan menyasar semua blog. jadi lebih baik dihapus aja

  3. Ping-balik: HCG Levels in Early Pregnancy

  4. Achmad Fauzi says:

    Wah menarik juga bisa mampir kesini, kunjungan balik 😀

    Salam

  5. hot short hairstyles 2011 for men says:

    Skill without imagination is craftsmanship and gives us many useful objects such as wickerwork picnic baskets. Imagination without skill gives us modern art.

  6. This was a truly extremely great publish. In theory I’d like to create like this also – getting time and actual effort to make a good piece of writing… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to obtain a thing done.

  7. mylitleusagi says:

    thank you y udah berkunjung…
    salam kenal…

  8. Assalamualaikum Wr.Wb
    Salam kenal.
    Blog yang menarik. Ingin sekali rasanya mampir ke Polewali Mandar.
    Semoga sukses dalam menginformasikan daerah yang indah ini.
    (Saya hanya sempat ke Buton, Ujung Pandang dan Kendari pada 1992).
    Jazakumullah Khairan Katsiran
    Wassalamualaikum Wr.Wb

  9. Scopion says:

    How you find ideas for articles, I am always lack of new ideas for articles. Some tips would be great

    arali2008 answer
    I’ve always found the idea of an empirical fact, then tried to describe it in a few variables, describing and linking these variables in a series of words and sentences, then there was a
    article

  10. nas says:

    salam kenal by nas, webnya sangat memberi informasi thx. sekaligus permisi saya download datanya

    @arali2008 menjawab
    salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya, silakan download, disajikan untuk saling berbagi

  11. dismas070492 says:

    keren.. blog nya memang bagus.. peringkat 47 lagi.. selamat aja bro..

    @arali2008 menjawab
    thank you friend my bro……..

  12. Ahmad Farisi says:

    Assalamu ‘alaykum…
    apa kabar shobat? kunjungan perdanaku… mg bisa bolak balik nantinya 😀
    slm kenal aja n met berpuasa.
    semangat yuk..! tukeran link juga

    @arali2008 menjawab
    dengan senang hati

  13. terima kasih telah mampir ke blog saya di http://artvisualizer.wordpress.com/

    untuk itu, saya memberikan 3 award kepada blog anda, silahkan cek di postingan saya di :
    http://artvisualizer.wordpress.com/2009/07/03/triple-award-for-me-and-you/

    sukses selalu ya

    @arali2008 menjawab
    ok saya akan berkunjungan untuk mengambil awardku………Hebat silaturahmi tercipta. trims

  14. Salam kenal,
    Bapak senang dik Arsad telah berkunjung ke blog bapak. Mari kita jalin persahabatan lewat blog. Bapak ngeblog di WP baru 13 hari, ….biasa ngeblog di blogspot.
    Komentar bapak untuk blog dik Arsad, visi dan misi serta kemana arah blog adik sangat jelas. Identitas diri dan keluarga jelas. Tempat bekerja jelas. Bagus… itulah blogger sejati… transparan dengan jati diri…. tidak bersembunyi di balik nama samaran. Ok. sukses buat di Arsad, semoga misi adik dalam menjabarkan visi bidang kesehatan berhasil dan sukses. Tempat bekerja Bp sekarang di IPB.

    Kalau adik mau kontak bapak jangan link nama (lagi erorr) ke sini saja…
    Sampai ketemu di kunjungan berikutnya…

    arali2008 menjawab
    salam kembali, terima kasih atas review singkatnya, ok nanti saya (adik arali) akan selalu berkunjung. trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: