Catatan Review Musrembang Kec. Tubbi Taramanu

petunjuk jalan

Petunjuk Jalan ke 5 desa dari persimpangan kelurahan Taramanu ibu kota kecamatan Tubbi Taramanu

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.—dr. Nurlina Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang ditugaskan untuk mengfasilitasi Musrembang Kecamatan Tubbi Taramanu tiba-tiba berhalangan, beliaupun menghubungiku, di ruang kerjaku, mantan Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Polewali juga matang Kepala Puskesmas Binuang Kec. Binuang,  mengatakan “Pak Arsad! saya berhalangan, gantikan saya fasilitasi musrembang Kecamatan Tubbi Taramanu,” ungkapnya, akupun meng “iya”kan.

Musrembang singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan, kali ini penulis menggantikan  Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, mengikuti Musrembang Kecamatan Tubbi Taramanu. Pagi Kamis tanggal 27 Februari 2014, tepat pukul 09.00 pagi, dengan menggunakan kendaraan dinas roda dua, dari Polewali  menuju Keluruhan Taramanu Kecamatan Tubbi Taramanu. Jalur jalannya adalah jalan poros Polewali Wonomulyo- Luyo dan terus ke wilayah kecamatan Tubbi Taramanu, 2 jam tiba di kelurahan Taramanu ibu kota kecamatannya tepatnya pukul 11.00 menjelang siang.

Pelaksanaan Musrembang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kecamatan, ketika tiba, acaranya baru saja dimulai yaitu acara-acara seremoni, pembacaan protocol acara, sambutan camat dan sambutan sekaligus pembukaan oleh Bupati Polewali Mandar dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan. Acara inti dumulai dengan presentase perengkinan program PNPM-Desa (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Desa) dan kemudian dilanjutkan dengan presentase hasil musrembang desa/kelurahan  yang akan menjadi usulan musrembang kecamatan Tubbi Taramanu ke Forum SKPD pada tingkat Kabupaten. Presentase Musrembang Kecamatan dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu kelompok Sosial dan Budaya, Kelompok Ekonomi dan Kelompok Pembangunan Fisik Sarana dan Prasarana Wilayah. Penulis berada dalam kelompok Sosial Budaya.

Puskesmas Tubbi Tararamanu. Puskesmas ini bernama Puskesmas Tubbi Taramanu, merupakan nama gabungan dari Desa Tubbi dan Kelurahan Taramanu, beralamat di jalan  Poros Padang Mawalle Kelurahan Taramanu Kecamatan Tubbi Taramanu, berbatasan dengan dengan Kabupaten Mamasa dan Majene, Wilayah geografisnya 100% adalah Pegunungan, merupakan pemekaran dari Puskesmas Tutallu, Dibangun dengan menggunakan dana DAK/DAU pada tahun 2006.  Desanya berjumlah 13 desa yaitu (1) Kel. Taramanu (2) Desa Taramanu Tua (3) Desa Poda. (4) Desa Ambopadang (5) Desa Peburru (6) Desa Arabua. (7) Desa Tubbi (8) Desa Taloba (9) Desa Pollewani (10) Desa Ratte. (11) Desa Besoangin (12) Desa Besoangin Utara (13) Desa Piriang Tapiko.

Usulan-usulan prioritas desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Tubbi Taramanu khususnya yang berhubungan dengan pembangunan kesehatan adalah

  1. Pembangunan Poskesdes
  2. Perbaikan Pustu
  3. Insentif Kader Posyandu
  4. Pelayanan kesehatan pada kepesertaan Jamkesmas yang telah berubah menjadi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Hanya ada 4 usulan yang terecam dalam musrembang kecamatan, pasca acara musrembang, penulis  kemudian bersama kepala Puskesmas Tubbi Taramanu Bpk Mukhlis Ruang Kerja Kantor Puskesmasnya, melakukan diskusi (interview) lebih jauh tentang upaya-upaya kesehatan dan permasalahan serta solusinya  yang harus direncanakan di tahun 2014-2015

Catatan Hasil diskusi dengan Kepala Puskesmas

Puskesmas Tubbi Taramanu yang selanjutnya di singkat Puskesmas Tutar adalah Puskesmas Rawat Inap. Hanya saja Gedung rawat Inapnya dengan Gedung Puskesmas berpisah sekitar 7 km. Gedung Puskesmas berada di Keluruhan Taramanu, sementara gedung rawat inapnya berada di Desa Ambopadang yaitu Gedung Puskesmas Ambopdang yang dialih fungsikan menajdi Gedung Rawat Inap.  Mungkin ini satu-satu di Indonesia gedung  Puskesmas berpisah dengan gedung perawatannya.  Upaya ini dilakukan karena akses gedung induk Puskesmas hanya mampu melayani satu kelurahan dan 3 desa disekitarnya, sementara 9 desa lainnya melewati jalur Pustu Ambopadang atau Gedung Perawatannya.

Lokasi Puskesmas di Polewali Mandar

Letak Puskesmas Tubbi Taramanu diantara 20 Puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.

Bpk Muklis kepala Puskesmas Tubbi Taramanu yang sebelum menjabat Wasor Kusta Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar menjelaskan, “ada dua dokter, satu dokter bertugas di gedung induk puskesmas, dan satunya bertugas di gedung perawatan”. Beberapa usulan upaya-upaya kesehatan untuk melengkapi hasil musrembang kecamatan dari penjelasan dan uraian Kepala Puskesmas sebagai berikut :

  1. Gedung induk puskesmas ini tidak mempunyai pagar ia mengusulkan : pagar depan tembok 50 meter, pagar samping kiri-kanang dan belakang 50 m x 50 m x 50 m dengan pagar berduri. Demikian juga dengan gedung rawat inapnya  yang berada di desa Ambopadang dapat dibuatkan pagar kawat berduri.
  2. Semua Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Poskesdes tidak mempunyai meja kerja dan kursinya, kirahnya ini bisa dipenuhi.
  3. Obat-obatan dan alat kesehatan merupakan hal yang vital perlu juga mendapat perhatian.
  4. Sebentar lagi Jaringan listrik akan sampai di Puskesmas, perlu sekali pengadaan Instalasi listrik plus kilo meternya pada puskesmas Induk dan rumah dinasnya.
  5. Rehabilitasi Pustu Ambopdang karena telah berubah menjadi Gedung Rawat Inap Puskesmas Tubbi Taramanu dan oleh karenanya Pembangunan Perumahan Bidan atau medis bisa digantikan.
  6. Keperluan listrik selama ini diperoleh melalui tenaga surya, jika tidak ada sinar matahari maka fungsi AKI tidak berfungsi, fungsi AKI untuk menyimpang daya listrik tidak berfungsi lagi oleh karenanya perlu penggantian AKI 100 Amper sebanyak 3 buah yang terdiri 2 puskesmas dan 1  Pustu Ambopdang( Rawat Inap),
  7. Air yang selalu sulit diperoleh, perlu sekali biaya perbaikan mesin pompanya. “Disini sulit sekali mendapatkan Air”.
  8. Mengenai kendaraan dinas Puskesmas ini mempunyai 2 kendaraan dinas roda empat, satu unit dipergunakan untuk operasional kunjungan puskesmas keliling dan satu lagi dipergunakan untuk rujukan pasien. Kendaraan Dinas roda dua hanya 5 unit perlu tambahan satu unit lagi type besar.

Puskesmas Tubbi Taramanu Harus mendapat Perhatian

Selesai melakukan wawancara atau diskusi dengan Kepala Puskesmas Tubbi Taramanu (Bpk Mukhlis) dengan 8 point catatan di tambah dengan 4 point hasil musrembang kecamatan, Penulis yang sekarang di tempatkan di Bagian Perencanaan  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar mengatakan kepada Bapak Mukhlis, “Pada prinsipnya 8 point catatan usulan di tambah dengan 4 point hasil musrembang kecamatan Tubbi Taramanu dapat di Penuhi, Insya Allah akan direalisasikan ditahun 2014-215 sumber dana APBD Kabupaten Polewali Mandar”. Ungkapku kepadanya.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) pada dasarnya adalah perencanaan yang bersifar Botton Up Planning, perencanaan yang bersumber dari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Karena sifatnya yang Botton Up tentunya masyarakat adalah  Subjek (bukan Objek) pembangunan. Sementara itu perencanaan pembangunan pemerintah dari SKPD-SKPD merupakan perencanaan yang bersifat Top Down Planning untuk melayani masyarakat  melalui kebijakan yang dibuatnya berdasarkan Undang-Undang, Peraturan Pemerintah dan Peraturan lainnya untuk mengatasi masalah kemasyarakatan yang selalu berulang dengan tujuan  meningkatkan pelayanan kemasyarakatan.

Setelah bincang-bincang ringan, penulispun pamit pulang, pukul 14.00 menjelang sore, dari  Puskesmas Taramanu menyelusuri jalan-jalan rambat beton hasil upaya PNPM yang masih baik maupun yang sudah mulai rusak dan beberapa bagian masih berupa pengerasan, tiba di rumah Polewali pukul 14.30 sore hari.

Baca juga tulisan terkait

  1. Musrembang antara Kebutuhan, Keinginan dan Proses Perencanaan Program SKPD
  2. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar
  3. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  4. Musrenbang Kecamatan Kab. Polewali Mandar Th. 2010
  5. Catatanku : Musrembang Kecamatan Integrasi PNPM Mandiri Pedesaan.
  6. Mengukur Koordinat Lokasi Puskesmas

——————————————————————-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: