Menerima Laporan Evaluasi Pelaksanaan RKPD Triwulan II Tahun 2022 Kab. Polewali Mandar

Status Pembangunan suatu daerah, dapat dilihat dari  dokumen Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan, dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran dari Setiap Perangkat Daerah, serta bagaimana kedua dokumen tersebut di monitoring dan dievaluasi dalam format pengendalian program Pembangunan. Hasilnya dapat memperlihatkan status pembangunan, yaitu kinerja kegiatannya dan realisasi anggarannya, mendorong keberhasilan atau justru menghambat kinerja Pembangunan yang telah direncanakan dan dilaksanakan.

opini dari fakta empiris

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017, tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Dan berdasarkan waktu pelaksanaan pembangunan Daerah Kabupaten Polewali Mandar telah memasuki triwulan kedua tahun 2022, maka kemudian saya membuat surat penyampaian kepada setiap Perangkat Daerah dapat melakukan monitoring dan evaluasi Pembangunan Triwulan Kedua Pelaksanaan RKPD Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2022, Surat Penyampaian tersebut di tandatangani oleh Bupati Kabupaten Polewali Mandar Bp. Andi Ibrahim Masdar dengan perihal Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Triwulan II Tahun Anggaran 2022, waktu pelaksanan pelaksanana 1 minggu yaitu diminggu pertama Juli 2022.

Laporan hasil pembangunan ini akan digunakan oleh tim kerja Balitbangen Kabupaten Polewali Mandar sebagai bahan rapat-rapat monev pembangunan triwulan kedua dan bahan  Rencana Perubahan RKPD tahun 2022.

Secara garis besarnya laporan monev triwulan kedua pembangunan daerah kabupaten Polewali Mandar ini hanya untuk melihat  kinerja dari output Sub Kegiatan dan kinerja hasil penggunaan anggaran.  Hasil rekaptulasi 45 Perangkat Daerah yang ada di Pemerintahan Daerah realisasi kinerja sub kegiatan rata-rata tercapai 52,17 %, hasil ini menunjukkan indikator-indikator kinerja dari target kinerja yang dicapai  dengan pelaksanaan anggaran ada sub kegiatan, telah sesuai dengan yang diharapkan yaitu target diatas 50%.

Sementara  realisasi anggaran terhadap pelaksanaan sub kegiatan sampai dengan triwulan II tahun 2022 baru terealisasi sebesar 37,82%, cakupan ini masih sangat rendah dengan target realisasi triwulan II sebesar 50%.

Waktu pemasukan hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pembangunan triwulan II terlaporkan. Ada OPD yang dapat melakukan sesuai dengan waktu yang telah di tentukan, bahkan lebih awal hari pertama minggu pertama dan ada OPD yang telat memasukan laporan sampai pada akhir minggu kedua, di bulan Juli 2022.

Waktu pemasukan laporan hasil Pelaksanaan pembangunan ini sangat di pengaruhi faktor pendorong keberhasilan kinerja dan factor penghambat pencapaian kinerja yang bersumber catatan kaki Laporan Monitoring dan Evaluasi Pembangunan pada Perangkat Daerah.

Secara garis besar Faktor Pendorong Keberhasilan Kinerja Pembangunan Daerah Kabupaten Polewali Mandar diantaranya :

  1. Adanya kepatuhan dan komitmen serta keterlibatan seluruh Perangkat Daerah, stakeholder dan masyarakat yang terlibat dalam penyusunan dokumen perencanaan
  2. Adanya Regulasi terkait tahapan/jadwal perencanaan sampai penganggaran sehingga setiap aktivitas jelas dan terukur
  3. Sumber Daya Manusia yang handal dalam pelaksanaan TUPOKSI setiap unit kerja.
  4. Terbangunnya komitmen yang kuat perangkat Daerah dalam Pencapaian target yang tertuang dalam Perjanjian Kinerja

Faktor Penghambat Pencapaian Kinerja adalah

  1. Rendahnya realisasi kinerja keuangan disebabkan oleh penerapan aplikasi SIPD penatausahaan di tahun pertama yang masih tahap pengembangan dan masih tahap penyesuaian oleh setiap perangkat daerah.
  2. Rendahnya realisasi output kinerja karena realisasi kinerja output sub kegiata dan kegiatan baru dapat dihitung setelah diakhir tahun atau triwulan IV sehingga belum terlihat capain realisasi output kinerja di triwulan II
  3. Beberapa pekerjaan fisik terhambat dikarenakan terhambatnya proses pencairan dana masing-masing sub. Kegiatan bidang akibat penggunaan dua aplikasi Penatausahaan keuangan (SIMDA dan SIPD)
  4. Pengelolaan penatausahaan keuangan yang kurang efektif yaitu adanya 2 (dua) aplikasi perencanaan dan keuangan yang berjalan paralel, sehingga menyulitkan pencairan anggaran
  5. Adanya pergantian pengelola laporan, sehingga petugas mengalami kesulitan dalam melakukan pengisian format evaluasi pembangunan
  6. Dan beberapa sub kegiatan dan kegiatan, pada sebagian besar Perangkat Daerah baru dapat dilaksanakan pada Triwulan II tahun 2022.

Akhir semua pelaksanaan laporan hasil pembanguna daerah kabupaten Polewali Manadar,  update bahwa 45 OPD (100%) telah melakukan monev pembangunan triwulan II tahun 2022 dan hasilnya telah dikirimkan kepada kami untuk direkapitulasi menjadi Monev tinkat kabupaten dan akan dijadikan bahan evaluasi Pelaksanaan RKPD-DPA-APBD dalam penyusunan dokumen Perubahan RKPD Tahun 2022.

Jadwal Tahapan Monev Pembangunan Daerah

Berbagai catatan faktor pendukung dan faktor penghambat capaian target keuangan dan kinerja output sub kegiatan yang tertulis pada catatan kaki tabel dan juga pengisian format laporan akan menjadi catatan rencana tindak lanjut untuk monev pembangunan triwulan III berikutnya. Atas partisipasinya dan kerja sama Yang baik, untuk suksesnya pelaksanaan pembangunan Kab Polewali Mandar, Kami ucapkan terima kasih.

 –

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang Nutritionist, Epidemiolog Kesehatan, Perencana Pembangunan Daerah, Citizen Jurnalist Blog, Pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Negara Republik Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: