Memaknai Kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia dan Investasi

Polewali Mandar Sulawesi Barat.Kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia. Seseorang  yang dulu  sebagai  manusia yang sehat badannya, sehat, jiwa dan  kehidupan socialnya, dapat bekerja secara produktif, namun tiba-tiba didepan kita, ia hanya bisa bicara  satu dua kata, berjalan  tertatih-tatih, bergerak  dengan menahan kesakitan, bernapas seakan terasa mati segan hidup tak mau.

Dan ketika si anak kecil (balita) terlihat begitu kurus,  tulang hanya dibungkus kulit, muka  seperti orang tua, tak berdaya diatas ranjang  yang hanya beralaskan tikar kusut.  Fisik jasmani dan mentalnya benar-benar lumpuh, namun dia masih punya rohani dan orang-orang yang dicintai dan mencintainya. Karena matipun tak kunjung tiba, hidup terus berjalan, ia akan terus bertahan dan berusaha bangkit kembali.

Demikian juga seorang dewasa yang sakit mental dan rohaninya, ia terlihat kacau, hingga akhirnya juga terkapar, Namun ia masih punya fisik dan jasmani yang kuat dan orang-orang yang mencintainya. Karena matipun tak kunjung tiba, hidup terus berjalan, ia akan terus bertahan dan berusaha bangkit kembali.

Berusaha untuk bangkit kembali dari kesakitan, akan terlihat begitu meng”haru”kan, perasaan “ KE – MANUSIA- AN  “ akan begitu terasa. Mereka berhak untuk hidup, karena Yang Kuasa belum memanggilnya. Hak untuk terus hidup adalah HAK ASASI MANUSIA, sama dengan orang sehat yang ingin hidup seribu tahun lagi, karena mereka telah memahami kesehatan adalah investasi.

Kesehatan  sebagai Investasi. Ketika seseorang sehat kembali setelah  terbangun dari kesakitan. Dalam hati ia akan berkata, “ Aku tidak boleh sakit lagi, aku harus tetap sehat dan harus lebih sehat dari keadaan sebelumnya.”. Ia mulai menata hidup, berolah raga secara teratur, makan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup, dan menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyakit. Ia selalu mengingat ketika ia sakit, Yang Kuasa belum menjemputnya, ia begitu menderita. Dan sekarang  ia sehat. “Aku harus selalu  sehat” pintahnya dalam hati. “Kalau aku sakit dan terus menuju ke liang lahat, no problem!?” untuk itu, sekali lagi, Aku harus selalu sehat, dan ingin hidup seribu tahun lagi,  selalu sehat adalah modal untuk tidak sakit. “Kesehatan adalah investasi!“ lanjutnya dalan hati. Berbahagialah orang yang sehat dan selalu hidup sehat.

——————————————————————————————-

NB. Ditulis untuk memaknai kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia dan Kesehatan adalah Investasi. sebagai trasnformasi dari visi bangsa Indonesia tentang kesehatan ” Terwujudnya  keadaan sehat badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang dapat hidup  produktif secara sosial dan ekonomis” yang tertuang dalam UU Kesehatan no 23 tahun 1992.

________________________________________________

Artikel lain yang perlu ANDA TAHU

  1. Bedah Konsep Strategi RPJPM 2007-2012 Propinsi Sulawesi Barat
  2. Tampa Arah Kunjungan Pertama Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat di Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  3. Di Balik Layar Kepemimpinan dan Mutasi Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  4. Perdebatan Angka Kematian Ibu
  5. Selamat Jalan BKKBN Polewali Mandari
  6. Peran Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Penyediaan Air Bersih Pedesaan

——————————————————————————————————-

Kenal lebih jauh Blog ini

Logo @arali2008Blog-situs dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di tingkat kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan Gambaran Hasil Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia.

Adalah pengantar dari DAFTAR ISI blog @arali2008 atau dalam bahasa WEBnya adalah SITEMAP — peta situs —- adalah daftar tulisan (post) dan halaman (page) yang ada pada blog @arali2008. Daftar Tulisan (post) dan halaman (page) tersebut dapat ditunjukkan dibawah ini.

——————————–——————————————————–———————–—————————-

HOME

Home adalah halaman yang berisikan berbagai artikel atau tulisan yang baru diterbitkan atau yang telah terbit pada hari-hari sebelumnya, halaman Home ini juga menunjukkan sejauhmana blog @arali2008 terupdate, bisa per hari, per minggu atau perbulannya atau sama sekali tidak ter update. Halaman HOME ini terdistribusi pada kategori dan tag seperti yang terlihat pada sidebar. baca selengkapnya…….

PENGANTAR BLOG

Pengantar blog ditulis untuk memudahkan pengunjung mengerti tentang maksud dan tujuan penulisan artikel-artikel atau tulisan-tulisan yang ada dalam blog @arali2008 blog seorang profesional epidemiologi gizi dan kesehatan. ——Kata profesional disini ditujukkan hanya semata-mata ingin menyajikan yang terbaik kepada setiap pengunjung,——— baca selengkapnya …….

@arali2008

Arali2008 adalah Arsad Rahim Ali, Pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Ditahun 2008 —– tepatnya tanggal 29 Februari 2008——- mencoba bergabung dengan para Blogger WordPress.com. Seorang pemerhati Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia Bagian Tengah, Berupa Opini dari Fakta Empiris. Baca selengkapnya….

NARASI dari @arali2008

Narasi dari arali2008 adalah tulisan yang disusun secara kronologis, suatu cerita non fiksi —-berdasarkan data dan fakta empiris terhadap tulisan atau -artikel dari arali2008 selama setahun — merupakan refleksi pekerjaan penulis (saya) sebagai seorang yang bekerja secara MANDIRI sebagai seorang fungsional (Pemerhati) masalah epidemiologi gizi dan kesehatan ahli, baca Selengkapnya di halaman NARASI2008 dan NARASI2009

DOWNLOAD

Download di siapkan khusus bagi anda yang ingin membaca atau menggunakan beberapa hasil kajian penulis, pedoman-pedoman umum dari Depatemen Kesehatan RI, Hasil penelitian yang pernah penulis lakukan dan beberapa analisis lainnya yang sengaja kami ambil dari berbagai sumber. Baca selengkapnya……

Ke POLEWALI MANDAR

Karena banyak orang yang kesulitan untuk ke Polewali Mandar. Anda juga mungkin mau atau kesulitan ke Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat, Anda juga kesulitan dalam hal transportasi, berikut ini data-data yang Anda bisa ambil untuk memperlancar perjalanan Anda. Baca selengkapnya…….

My Award

My Award atau Award for @arali2008 adalah penghargaan, yang diberikan oleh orang-orang atau kelompok orang atau institusi kepada Blog @arali2008 yang menurut penilaian (review) blog dinilai layak sebagai alternatif dari media konvensional ataupun media online journalisme profesional, semua ada pada blog @arali2008. Baca Selengkapnya……

Autobiografi Penulis

Autobiografi Penulis adalah Riwayat Hidup Penulis yang Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971, oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali. Dan beberapa riwayat lainnya misalnya saja tentang silsilah keluarga @arali2008, dan keterangan lainnya tentang pendidikan formal dan non formal Baca Selengkapnya…….

Keluarga Penulis

Keluarga penulis adalah AFI,ABI, IFA dan NUNU serta Istriku Tercinta adalah halaman keluargaku, sengaja ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga. Baca Selengkapnya…….

Kantor Penulis

Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Dengan Alamat Kantor Jalan Haji Andi Depu Nomor 2 Polewali. Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998, kodepos 91313 Baca Selengkapnya………..

opini dari fakta empiris

———————–————————-———–————-——–

@arali2008
Opini dari Fakta Empiris
Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat
Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: