Isu Pembangunan Kesehatan dalam Renja Kesehatan Kab. Polewali Mandar Tahun 2016.

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.-– Ada beberapa Issu penting dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat dalam tahun 2015, hingga tahun 2016 tahun. Issu ini dbuat sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahun 2016. Issu tersebut, adalah  1) Pelayanan Penerima Bantuan Iuran PBI) bantuan Pemerintah Daerah Polewali Mandar dan Provinsi Sulwesi Barat. 2). Penyesuaian pelayanan kesehatan sesuai dengan aturan premenkes terbaru no 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. 3) Pelaksanaan Kinerja DInas Kesehatan dan beberapa issu lainnya, dapat diuraikan pada tulisan ini.:

Rencana kerja ( Renja) Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2016 merupakan Pelaksanaan Tahun Ke dua dari Renstra 2014 – 2019 Kabupaten Polewali Mandar dan merupakan alat untuk mewujudkan Tujuan dan sasaran kebijakan pembangunan yang telah di sepakati dalam Renstra dan di jadikan acuan oleh Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah cq Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan urutan dan skala prioritas setiap program khususnya Tahun 2016, dimana dalam penyusunan Renja ini tetap mengacu kepada 4 agenda utama pembangunan dalam RPJMD Polewali Mandar yaitu :

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan berdasarkan pada nilai-nilai agama dan budaya.
  2. Mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.
  3. Meningkatkan infrastruktur guna mendorong daya saing daerah.
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik danbersih serta menyediakan pelayanan public yang berkualitas.

Salah satu bagian yang penting dalam penyusuan renja adalah isu yaitu perkiraan kejadian atau tidak terjadi hal-hal yang berhubungan dengan kinerja dinas kesehatan kabupaten polewali mandar yang dapat mempengaruhi  capai kinerja organisasi dalam mewujudkan visi dan misinya.

berikut beberapa isunya.

PERTAMA ; Pelayanan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Daerah dalam Program JKN.

Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional atau disingkat JKN yang memasuki tahun kedua pelaksanaannnya. Setelah tahun lalu 1 Januari 2014, serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. berbagai kekurangan dan kelembihan yang dirasakan oleh para peserta JKN, telah menjadi isu penting dalam pelaksanaannnya. Issu penting tersebut adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) Bantuan Daerah (Baca ; Jamkesda) belum dapat memenuhi masyarakat miskin Polewali yang tidak tertampung dalam PBI Pusat.

Masih ditemukan beberapa kasus pelayanan kepersertaan pelayanan JKN bantuan Pemda Ini, diantaranya adalah pelayanan administrasi kepesertaan yang melibatkan lintas sektoral mulai dari tingkat keluarga, desa, kecamatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BPJS.

Isu pelayanan JKN ini akan mendapat perhatian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dalam penyusunan Rencana Kerjanya dan penjabarannya diantaranya adalah penentuan mereka yang yang memenuhi syarat untuk mendapat Jaminan Kesehatan, Dinas Kesehatan Tidak dapat langsung menerima jika Prasyarat-prasayarat yang di keluarkan Desa, Kecamatan dan Dinas Sosial belum bisa di Penuhi, oleh karenanya perlu kerja sama yang baik untuk dapat memberikan pelayanan kepada mereka yang sangat membutuhkan akan jaminan kesehatan yang ditanggung pemda Polewali Mandar.

KEDUA : Penyesuaian pelayanan Kesehatan sesuai peraturan terbaru

logo Puskesmas

Logo Baru Puskesmas sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan no 75 tahun 2014, tentang Puskesmas

Adalah ; Perubahan Kebijakan pusat dalam hal ini tentang Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Puskesmas sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama, dalam peraturan menteri kesehatan tersebut disebutkan dalam pertimbangannya adalah Puskesmas Purlu ditata ulang untuk meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta menyuseskan program jaminan social nasional yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Beberapa persyaratan harus segera di penuhi untuk dapat dinyatakan sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang terstandarisasi atau terkareditasi untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan. Puskesmas yang tidak terkareditasi atau puskesmas yang tidak memenuhi standar, diantaranya Ketenagaan, Sarana-prasrana, Manajemen-Administrasi serta Standar pelayanan. Tidak akan diberikan kewenangan dalam pelayanan Jaminan Kesehatan Naisonal (JKN) ditahun 2017. Tentunya ini akan merugikan masyarakat peserta JKN dan juga pemberi pelayanan. Upaya-upaya pembenahan Puskesmas ini akan menjadi prioritas Dinas Kesehatan dan Puskesmas, enam bulan kedepan dan tahun 2016.

KETIGA : Pelaksanaan Kinerja Dinas Kesehatan tahun 2015.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang harus dicapai selama tahun 2014-2019. Dimana dari 33 indikator kinerja, ada dua indicator yang sudah dipastikan tidak dapat di capai yaitu

  1. Peningkatan jumlah Kematian Ibu sampai dengan Bulan Juli telah terjadi sebanyak 12 Ibu yang meninggal Dunia. Jumlah Kemtaian ini sudah melebihi Jumlah Kematian tahun 2014 yaitu sebanyak 5 ibu hamil. Ini artinya kejadian kematian sudah TIDAK WAJAR. Upaya Pencegahannya telah dilakukan dengan membentuk tim investigasi dan intervensi agar selama 6 bulan kedepan, diharapkan tidak terjadi kematian ibu lagi.
  2. Peningkatan Kesakitan dan kematian penyakit DBD yang sudah dikategorikan sebagai KEJADIAN LUAR BIASA., Intervensi perkembangan penyakit DBD ini akan dilakukan pengasapan secara masal tentunya juga dengan bantuan peran serta masyarakat dihimbau untuk membersihan pekarangannya dari tempat perindukan nyamuk demam berdarah DBD.
  3. Indikator Kinerja DInas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar ini juga dihadapkan pada perubahan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan, yang akan diganti dengan SPM Kesehatan terbaru, yang akan terkonsentrasi pada penguatan pelayanan kesehatan promotif dan preventif.

KEEMPAT : Isu lain yang berkembang melalui musrembang kesehatan

musrembang

Lembar Usulan Kegiatan tahun 2015 berdasarkan musrembang tahun 2015 bidang kesehatan Kabupaten Polewali Mandar

Yang di maksud musrembang kesehatan Adalah musrembang reguler tahun 2015 untuk perencanaan program dan kegiatan tahun 2016 yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dibawah koordinasi Bappeda, Musrembang ini dimulai dari tingkat Desa/kelurahan ( 144 Desa dan 23 Kelurahan), dilanjutnya dengan musrembang kecamatan, dan Kabupaten. Salah satu bidang pembangunan yang di musrembangkan adalah program dan kegiatan Kesehata dengan fasilitasi penulis.

Beberapa kegiatan yang muncul dalam kegiatan musrembang di tahun 2015 untuk perencanaan kegiatan tahun 2016 adalah

  1. Peningkatan pemberdayaan masyarakat akan hidup sehat misalnya pendampingan keluarga miskin (tidak mampu), peningkatan insentif kader posyandu,
  2. Penurunan kasus-kasus kesehatan yang dapat ditanggung secara sosial budaya dengan pendekatan kearifan lokal.
  3. Pembangunan bapar untuk Pustu dan Poskesdes
  4. Pengadaan kendaraan roda dua untuk petugas tingkat desa atau Poskesdes.
  5. Perlobaan Posyandu dan balita sehat

Ya.. itulah beberapa isu singkat yang mencul dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar selama tahun 2015 dan kemungkinan kejadiannya masih terus berlangsung di tahun 2016.

Baca Tulisan Terkait

  1. Membeda KUA-PPAS tahun 2015 Provinsi Sulawesi Barat Urusan Kesehatan.
  2. Status Daerah Tertinggal dan Kewenangan di Musrembang Provinsi Sulawesi Barat

—————————————-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: