Rencana Strategi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2014-2019

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008. Telah disusun Renstra Dinas Kesehatan sebagai pedoman dalam penyusunan Renja, RKA/DPA dan sebagai penuntun di dalam pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar untuk jangka waktu lima tahun 2014-2019.

Ini Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kesehatan Yang saya dan Teman-teman buat dalam satu Tim dengan nama Tim Penyusun Rencana Strategis DInas Kesehatan Tahun 2014-2019. Secara garis besarnya, Saya sebagai ketua tim, akan mengawal pelaksanaannya  sampai dengan 5 tahun kedepan. Setidaknya apa yang direncanakan tidak keluar menyimpang dari tujuan akhir yang ingin dicapai, meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat Polewali Mandar yang setinggi-tingginya. Yach ! yang setinggi-tingginya, berikut penggalan-penggalan paragraf dari Renstra yang kami buat.

Pengantar

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yanga Maha Esa, karena atas perkenaanNya, Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar dapat menyelesaikan dokumen Rencana Strategi (Renstra) Kesehatan walaupun dengan punuh keterbatasan dan kekurangan namun dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Perundang-Undangan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Rencana Pembangunan Daerah. Khususnya Pembuatan RPJMD Bupati dan wakil Bupati Terpilih 2014-2019 yang ditindak lanjuti dengan penyusunan dokumen Renstra. Maka Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar salah satu dari yang ada di Pemerintahan Kabupaten Polewali Mandar terutama yang terkait dengan urusan pembangunan bidang kesehatan, wajib membuat dokumen Renstra Dinas Kesehatan tahun 2014-2019. Dibuat sebagai pedoman dalam penyusunan Renja, RKA/DPA setiap tahunnya dan sebagai penuntun pencapaian kinerja di dalam pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar untuk jangka waktu lima tahun 2014-2019.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam penyusunan dokumen renstra ini dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk serta memberikan kekuatan kepada kita semua dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar, Amin.

Prinsip Dasar

Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar diartikan sebagai dokumen perencanaan lima tahunan yang memuat visi, misi, tujuan dan sasaran, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan. Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar ini disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar serta berpedoman kepada RPJMD Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2014-2019 dan bersifat indikatif.

Urgensi atau pentingnya Renstra Dinas Kesehatan disusun sebagai dasar dalam pembuatan Rencana Kerja (Renja) Program dan kegiatan Kesehatan yang disesuaikan dengan Rencana Kerja Jangka Pendek Daerah (RKPD) Kabupaten Polewali Mandar. Outputnya berupa Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang diusulkan untuk mendapatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya selama tahun 2014-2019.

Subtansi Muatan Renstra Dinas Kesehatan adalah program dan kegiatan yang harus dicapai selama lima tahun (2014-2019) sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Polewali Mandar, oleh karenanya disusun dengan orientasi “Apa yang mau dicapai” (Output and outcome based).

Proses penyusunan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dimulai persiapan penyusunan rancangan Renstra, Penyusunan rancangan renstra, Penyusunan rancangan akhir Renstra dan penetapan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2014-2019. Dalam proses penyusunannya bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dibawah Koordinasi Bappeda Polewali Mandar.

Di susun dengan berpedoman pada Peraturan Perundang-Undangan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Rencana Pembangunan Daerah.

Maksud dan Tujuan

Renstra Dinas Kesehatan tahun 2014-2019 disusun dengan maksud untuk menjabarkan RPJMD Polewali Mandar Tahun 2014-2019 terutama yang terkait dengan urusan pembangunan bidang kesehatan.

Tujuan penyusunan Renstra Dinas Kesehatan adalah sebagai pedoman dalam penyusunan Renja , RKA/DPA dan sebagai penuntun di dalam pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar untuk jangka waktu lima tahun 2014-2019.

Secara keseluruhan Maksud dan tujuan penyusunan renstra Dinas Kesehatan adalah satu kesatuan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 20 tahun, Perencanaan Jangka Menengah (RJM) 5 tahun berupa RPJMD dan Renstra, serta Perencanaan Jangka Pendek (PJP) berupa RKPD dan Renja SKPD, serta penggunaan Anggaran APBD setiap tahunnya selama tahun 2014-2019.

Visi lama yang yang sudah bertahan 15 tahun harus dirombak dengan visi yang terbaru yaitu : Terwujudnya Masyarakat Polewali Mandar yang sehat, mandiri dan berkeadilan

Arti dan makna Visi ini dapat dijelaskan sebagai berikut

Sehat diartikan sebagai manivestasi dari pengertian kesehatan yang terdapat dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 sebagai visi nasional sekaligus juga sebagai upaya —motto —dari setiap petugas kesehatan untuk selalu berusaha mewujudkannya yaitu mewujudkan keadaan sehat fisik-jasmani, mental-spiritual serta sosial yang memungkinkan setiap orang dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis

Mandiri diartikan bahwa untuk mewujudkan keadaan sehat, pembangunan kesehatan masyarakat hanya dapat diwujudkan dengan adanya kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat.

Berkeadilan diartikan bahwa untuk mewujudkan keadaan sehat dan mandiri diperlukan keadilan dalam pelayanan kesehatan terhadap jenis kelamin, suku, ras, golongan, status sosial, wilayah dan kemampuan yang berbeda, baik dari aspek akses, partisipasi, pengawasan maupun manfaat.

Prinsip Kerja

Prinsip Kerja yang termuat dalam Rencana Strategi DInas Kesehatan tahun 2014-2018, terurai dalam gambar dibawah ini

pencapaian kinerja dalam renstra

Gambar 3 menunjukan Prinsip Kerja dan Hubungan antara Pencapaian Kinerja dengan Penetapan Target dalam Renstra Dinas Kesehatan tahun 2014-2015. Jelas, terukur, spesifik, terstruktur, sistematik dan masif.

Dalam Konsep perencanaan rencana strategis dimulai dari penyusunan visi, misi, pencapaian tujuan dan sasaran, sampai dengan dengan penetapan out kegiatan rentra DInas Kesehatan, Namun dalam pelaksanaan kegiatan dan program lebih diarahkan pada pencapaian kinerja Kesehatan yang harus dicapai selama tahunb 2014-2019.

Kepala Dinas sebagai penanggung jawab

Kepala Dinas Kesehatan sebagai penanggung jawab pelaksanaan Renstra ini, oleh karenanya disusun berdasarkan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan yang terbagi dalam empat bidang dengan tiga seksi dan satu skretariat dengan 3 sub bagian dalam lingkup organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dan jaringan unit pelaksana tehnisnya. Kepala Dinas Kesehatan bersama BAPPEDA akan melakukan pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan Rencana Strategis Dinas Kesehatan terhadap indicator kinerja utama (IKU) dan Rencana Anggaran dan Kegiatan Prioritas, indictor kinerja, kelompok sasaran dan pendanaan indikatif.

Keterlibatan stakeholder pembangunan kesehatan dalam pelaksanaan Renstra-Dinas Kesehatan sangat perlukan sebagaimana dalam Proses penyusunannya telah dimulai dari beberapa tahapan diantara pengumpulan data dan informasi, workshop penyusunan Renstra Dinas Kesehatan, dan diskusi-diskusi secara internal organisasi Dinas Kesehatan terutama penetapan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan. Disesuaikan dengan tugas dan fungsi organisasi, pimpinan organisasi mulai eselon II, III dan IV serta pelaksana program dan pejabat fungsional kesehatan pada jaringan Unit-Unit Pelaksanan Tehnisnya. Masing-masing mempunyai indicator kinerja dan keuangan yang harus dilaksanakan dan dicapai selama tahun 2014-2019.

Renstra Dinas Kesehatan tahun 2014-2019 yang telah selesai disusun ini semoga dapat menjabarkan RPJMD Polewali Mandar Tahun 2014-2019 terutama yang terkait dengan urusan pembangunan bidang kesehatan. Dan yang terpenting dapat mencapai tujuan dan sasaran akhir dari dibuatnya Rencana Strategis Kesehatan sebagaimana yang telah di visikan terwujudnya kesehatan masyarakat Polewali Mandar, sehat, mandiri dan berkeadilan.

Selengkapnya saya simpan dalam blogku ini, dalam bentuk mirosoft word, silakan download disini :RENSTRA Dinkes Kab. Polewali Mandar 2014-2019

————————

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: