Fasilitasi Penyusunan Penyempurnaan Renstra Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo

Polewali Mandar Sulasi Barat @arali2008.– Ditulis hasil fasilitasi penyusunan Rencana Strategis Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo  Tahun 2021-2025. Ditulis untuk penyempurnaan penyusunan yang tertunda ditahun 2021 sebagaimana yang dipersyatkan SN-DIKTI.  Setidaknya minimal yang harus diperhatikan dalam penyusunan Renccana Strategis (Renstra) suatu organsiasi, Pertama; adanya permasalahan yang harus diselesaikam, Kedua; rencana pengembangan dan adanya staregis dan arah kebijakan yang kemudian diuarakan dalam program dan kegiatan, Ketiga; Adanya ukuran kinerja yang akan dilakukan dalam periode renstra dan Kempat; adanya rencana keuangan.

Hasil fasilitasi penulis terhadap Renstra Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo sebagai salah satu sarana kesehatan bidang pendidikan kesehatan, Penjelasannya penulis  dalam  sistimasika penulisan, sebagai berikut;

BAB 1 : PENDAHULUAN. Menjelaskan latar belakang, maksud dan tujuan penyusunan dokumen Rencana Strategis Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo periode tahun 2021-2025 dan penjelasan tentang sistematika penulisan.

Disebutkan maksud penyusunan renstra ini adalah menerapkan rencana strategis penyelenggaran Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo kedalam penyusunan dokumen renstra guna menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengendalian serta evaluasi penyelenggaraan Akademi Keperawatan di pada setiap tahun anggaran selama 5 (lima) tahun.

Tujuannya adalah Sebagai Road Map dalam mengarahkan kebijakan alokasi sumber daya Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo untuk pencapaian visi dan misi organisasi melalui penetapan tujuan dan sasaran, startegis dan kebijakan dalam pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan target indikator kinerja utama dan tambahan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang merupakan satuan standar yang meliputi standar nasional pendidikan, ditambah dengan standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat.selama periode lima tahun.

BAB 2 : KINERJA, PERMASALAHAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN. Menjelaskan hasil pencapaian kinerja berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT), yang telah tercapai dan yang belum tercapai. Permasalahan kinerja yang belum tercapai akan menjadi rencana pengembangan layanan dalam periode lima tahun 2021-2025.

Kinerja Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo dilakukan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) merupakan satuan standar yang meliputi standar nasional pendidikan, ditambah dengan standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat.

BAB 3 : VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN. Menjelaskan Visi Menjadikan Program Studi Keperawatan Unggul dibidang Keperawatan Anak tahun 2025 Akademi Keperawatan YPP Wonomuyo yang disusun dengan kriteria imaginable, desirable, feasible, focus, flexibel, and time specific. Penjabaran Visi melalui pernyataan Misi dengan tujuan dan sasaran sebagaimana rencana pengembangan yang akan dilakukan selama periode tahun 2021-2025.

BAB 4 : ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS. Analisis Lingkungan Strategis Akademik Keperawatan YPPP Wonomulyo dilakukan dengan pendekatan Analisis SWOT  (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), dilakukan sebagai kerangka kerja untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi. Analisis dilakukan dengan melihat lingkungan internal dan eksternal dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelangsungan keputusan dalam pencapaian Indikator Kerja Utama dan Indikator Kinerja Tambahan. Hasilnya dijadikan dasar dalam penetapan strategi arah kebijakan dan rencana pengembangan  Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo periode tahun 2021-2025.

BAB 5 : RENCANA PROGRAM DAN INDIKATOR SASARAN KINERJA. Menjelaskan penetapan kebijikan program dan kegiatan berdasarkan tujuan dan sasaran visi dan misi yang telah ditetapkan. Rencana pencapaian sasaran Indikator Kinerja Utama  (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) berdasarkan SN-Dikti melalui penyusunan rencana program kegiatan Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo periode  Tahun 2021-2025

BAB 6 : RENCANA KEUANGAN. Menjelaskan estimasi pendapatan dan pengeluaran serta rencana pengembangan Akademi Keperawatan YPP Wonomulyo periode   Renstra  tahun 2021-2025 berdaarkan kemampuan penganggaran yang diperelah pertahunnya.

Rencana Keuangan dilakukan untuk menjawab beberapa Indikator penggunaan keuangan Akademi Keperawatan YPPP Wonomulyo diantaranya (1) Persentase perolehan dana yang bersumber dari mahasiswa terhadap total perolehan dana perguruan tinggi. (2) Persentase perolehan dana perguruan tinggi yang bersumber selain dari mahasiswa dan kementerian/lembaga terhadap total perolehan dana perguruan tinggi. (3) Rata-rata dana operasional proses pembelajaran/ mahasiswa/ tahun. (4) Rata-rata dana penelitian dosen/ tahun dan Rata-rata dana PkM dosen/ tahun.  (5) Persentase penggunaan dana penelitian terhadap total dana perguruan tinggi dan (6) Persentase penggunaan dana PkM terhadap total dana perguruan tinggi.

Demikian Program kerja Akademi keperawatan YPPP Wonomulyo yang digambarkan di dalam Rencana Strategis ini selanjutnya akan dijadikan acuan dalam penyusunan program  kerja tahunan oleh Direktur dan para Pembantu Direktur, Ketua Program Studi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) dan bagian-bagian lainnya. Selain sebagai acuan bagi penyusunan program tahunan, program kerja ini juga akan digunakan sebagai acuan monitoring dan evaluasi kegiatan secara berkala untuk menyelaraskan dengan perkembangan aktual sehingga akan tetap relevan dengan kebutuhan riil.

 ***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang Nutritionist, Epidemiolog Kesehatan, Perencana Pembangunan Kesehatan (Daerah), Citizen Jurnalist Blog, Pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan (Daerah) di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Negara Republik Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: