Pengadaan Konstruksi Bangunan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar Tahun 2016.

Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008Sebelum saya tinggalkan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, ada beberapa Perencanaan dan penganggaran program pembangunan dan rehabilitasi pengadaan konstruksi bangunan kesehatan yang saya buat dan siap untuk dilaksanakan (Bc. Eksekusi) di tahun 2016, dalam konsep dan prinsip  perencanaan —- Kesehatan —- yang baik dan benar dapat dikatakan bahwa pekerjaan tersebut telah selesai 50% (bc. Lima Puluh Persen). selebihnya para eksekutorlah yang menentukan.

Perencanaan dan penganggaran program pembangunan dan rehabilitasi pengadaan sarana konstruksi Bangunan Kesehatan ini menyerap dana miliyaran Rupiah (Rp. 45.029.062.000-). dengan situasi dan kondisi kebijakan Pusat tentang penggunaaan Anggaran Daerah, anggaran sebesar ini sudah cukup untuk menyelesaikan permasalahan besar pembangunan dan rehabilitasi pengadaan konstruksi sarana bangunan kesehatan dalam Lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar.  Tahun 2017 nanti ataupun tahun 2018, diperkirakan alokasi anggaran pembangunan dan rehabilitasi sarana konstruksi bangunan kesehatan tidak sebesar yang dianggarkan di tahun 2016.

rs

Tercatat bahwa tahun 2016 adalah tahun ke tiga kepemimpinan Bupati Polewali Mandar (Bpk.  Andi Ibrahim Masdar), sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD 2014-2018),  salah satu program yang tertuang dalam RPJMD dan terjabarkan dalam Renstra Dinas Kesehatan serta terurai dalam RKPD bidang Kesehatan adalah Pelaksanaan Program Kesehatan. Salah satu prioritas utama dalam pelaksanaan program kesehatan adalah  pembangunan dan rehabilitasi sarana konstruksi bangunan kesehatan.

Nilai pengadaan Konstruksi bangunan tahun 2016, tercatat dalam perencanaan dan penganggaran tahun anggaran 2016  sebesar Rp. 45.029.062.000- belum termasuk paket konsultansi perencanaan dan pengawasannya, juga paket pengadaan langsung yang nilai dibawah Rp., 200.000.000.- (bc. Dua ratus juta). Sumber anggaran dari pengadaan  konstruksi bangunan ini terdiri dari DAK Kesehatan (Bc. Pelayanan Kesehatan Dasar dan Pelayanan Farmasi), DAK Tambahan kuncuran tahun 2015 dan DAU (APBD) Polewali Mandar Tahun 2016. Anggaran Pembangunan Kesehatan Konstruksi ini telah tertuang dalam DPA Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2016.

Pengalaman membuktikan penyusunan perencanaan dan penganggaran  suatu program dan kegiatan yang baik dan benar dalam suatu institusi pemerintah (bc. SKPD) dapat menjadi dasar bahwa pekerjaan program dan kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan 50%, sisanya dapat dieksekusi pihak swasta, semisal perencanaan dan penganggaran pengadaan konstruksi bangunan kesehatan, 50 %nya dapat diselesaikan pihak kontraktor (bc. swasta).

Uraian pembangunan  dan rehabilitasi pengadaan  konstruksi bangunan kesehatan tahun 2016 lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. DAK Pelayanan Kesehatan Dasar dengan Nilai Rp 18.715.190.000.-. Yang mendasari dari pembangunan Konstruksi  sarana bangunan kesehatan adalah hasil pencatatan inventaris sarana dan prasarana kesehatan berupa 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar, 16 puskesmas adalah Puskesmas Rawat Inap dan 4 adalah puskesmas non rawat Inap.  Dari 20 Puskesmas tersebut ada beberapa gedung Puskesmas yang telah berusia diatas 25 tahun, dimana bentuk dan keadaan fisiknya sudah tidak sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan no 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Rincian paket pekerjaan konstruksi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
    • Gedung Lama Puskesmas Pelitakan Kecamatan Tapango dengan alamat Jalan Poros Wonomulyo – Tapango Kelurahan Pelitakan Kecamatan Tapango
    • Gedung Lama Puskesmas Tinambung Kecamatan Tinambung dengan alamat Jalan Poros Polewali Majene Keluruhan Tinambung Kecamatan Tinambung
    • Gedung Lama Pustu /Puskesmas Anreapi Kecamatan Anreapi dengan alamat Jalan Poros Polewali Mamasa Kelurahan Anreapi Kecamatan Anreapi
    • Gedung Lama Puskesmas Polewali Kecamatan Binuang dengan alamat Jalan Poros Pinrang Polewali Kecamatan Binuang
    • Gedung Lama Puskesmas Campalagian Kecamatan Campalagian dengan alamat Jalan Poros Polewali Majene Kecamatan Campalagian
  2. Gedung Lama Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dengan alamat Polewali, Kabupaten Polewali Mandar sumber anggaran DAK Pelayanan Farmasi dengan Nilai Rp. 9.279.980.000.- sudah termasuk pengadaan non konstruksinya dan obat. Dasarnya adalah Gedung lama yang sudah tidak representative dan perlu adanya gedung baru, dan pengadaan kebutuhan obat untuk 18 bulan.
  3. Pembangunan Rumah Sakit (Baru) dengan sumber anggaran kuncuran DAK Tambahan tahunb 2015 dengan nilai Rp, 15.575.892.000.-, —— dikuncurkan karena di tahun 2015, masa waktu pelaksanaannya habis.—— dengan nilai kontruksi Rp. 11,042.000.000.- sisanya adalah Pengadaan alat kesehatan, SPAL dan IPAL. Dasar pembangunan  adalah penyediaan Rumah Sakit Baru sebagai pengganti Rumah Sakit Polewali Mandar akan ditingkatnya status dari Type C ke Type B perlu dilakukan kajian dan  dukungan administrasi dan sumber daya pembangunan dan pengembangan Rumah Sakit Type D Pratama di Kabupaten Polewali Mandar.
  4. Pembangunan Gedung Puskesmas Tubbi Taramanu Yang bersumber anggaran DAU Polewali Mandar dengan Nilai Rp. 1.458.000.000.- dasar pembangunan Gedung Puskesmas Tubbi Taramanu adalah adanya rencana penambahan kecamatan baru, dan juga posisi puskesmas Taramanu yang berada di wilayah kecamatan Tubbi Taramanu yang tidak dapat mengakses secara keseluruhan wilayahnya yang sangat luas.

Beberapa catatan perencanaan dan penganggaran pembangunan dan rehabilitasi pengadaan konstruksi sarana bangunan kesehatan lingkup Dinas Kesehatan  Kabupaten Polewali Mandar tahun 2016 ini telah dibuat, agar dapat dijadikan pedoman pelaksanaannya dalam satu dokumen perencanaan dan penganggaran yang telah mendapat persetujuaan Kementerian kesehatan, PU Polewali Mandar, dan tentunya Bupati Polewali Mandar, secara garis besarnya  dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Sesuai dengan rencana manfaatnya adalah SDM Kesehatan yang ada pada Puskesmas, dapat mengaplikaiskan pengetahuan dan keterampilan kesehatan  medik keperawatan dan kesehatan masyarakat juga pelayanan kefarmasian. Pembangunan Sarana konstruksi bangunan kesehatan dalam lingkup kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar ini akan dapat  mengembangkan system pelayanan kesehatan kabupaten, mulai dari tingkat Desa ( pelayanan Pustu, Poskesdes dan Puskesl), Pelayanan Puskesmas ( Rawat jalan dan Rawat Inap) dan Sistem Rujukan baik antara Puskesmas maupun ke Rumah Sakit Kabupaten. Secara Khusus Sasaran populasi adalah Pasien kunjungan rawat jalan yang didiagnose perlu rawat inap, terutama masyarakat miskin dan jauh dari jangkauan  rujukan ke  RSUD Polewali Mandar dan Rumah sakit baru yang akan dibangun.
  2. Pembangunan/rehabilitasi gedung pelayanan kesehatan ini dilakukan dengan Pelelangan konstruksi melalui pelelangan dan  menggunakan Kontrak dan SPK. Pencairannya dana didasarkan  pada ketentuan Penggunaan Anggaran Negara dan Perjanjian Kontrak-SPK. Metode Pembangunanan didasarkan pada pemenang konsultansi Perencanaan dan pemenang lelang konstruksi yang diawasi oleh pemenang konsultansi pengawasan pembangunan konstruksi
  3. Tahapan dan waktu pelaksanaan. Persiapan : Rapat persiapan yang berisi  penentuan besaran alokasi yang masing-masing  pembangunan/rehabilitasi gedung pelayanan kesehatan dan ditetapkan  dengan Surat Keputusan  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Pelaksanaan :  Dilaksanakan oleh pemenang lelang Pembangunan Kontruksi Gedung Pelayanan Kesehatan dengan pengawasan jasa konsultansi pengawasan. Pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi gedung pelayanan Kesehatan. Evaluasi : Laporan  Realisasi pembangunan fisik dan keuangan Gedung oleh Pelaksanan pembangunan dan pelaksanan jasa konsultansi pengawasan.

Tidak ada alasan yang cukup mendasar bila perencanaan dan penganggaran pembangunann sarana konstruksi bangunan kesehatan yang telah tersedia  di tahun 2016 ini, tidak dapat dieksekusi dengan baik dan tuntas, dokumen perencanaan dan penganggaran telah tersedia dalam DPA SKPD Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2016, proses selanjutnya melalui proses lelang dan oleh pemenangnya dapat menuntaskan pekerjaan konstruksi ini.

Kutinggalkan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tertanggal 28 Maret 2016, kuserahkan dokumen perencanaan dan penganggaran Proyek-proyek Besar ini kepejabat baru melalui Berita Acara Serah Terima Jabatan, tembusan Kepala Dinas Kesehatan dan sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar.  Kutinggalkan dengan secerca harapan Pembangunan Kesehatan Di Kabupaten Polewali Mandar akan lebih baik dan dinikmati oleh masyarakat Polewali Mandar sebagai penerima layanan dan SDM Kesehatan sebagai pemberi pelayanan. Insya Allah!?

—-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: