Mengetuai, Memproses dan Menetapkan Pemenang Pengadaan Obat

Logo @arali2008@arali2008, Polewali Mandar Sulawesi Barat. Salah satu pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penulis adalah mengetuai suatu pekerjaan yang membutuhkan keahlian, yaitu memproses pekerjaan dan menetapkan pemenang  penunjukkan langsung pengadaan barang dan Jasa yaitu Paket Pekerjaan Pengadaan Obat, Bahan  dan Alat Kesehatan Habis Pakai  tahun 2011. Lokasi Kabupaten Polewali Mandar Proyek Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2011, dengan nilai pekerjaan Rp.  2.525.710.000. Baca atau Terbilang: Dua Milyar Dua Ratus Dua Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Sepuluh Ribu Rupiah.

Penulis bekerja sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (Bpk. dr. H. Ayub Ali, MM) tentang penetapan panitia pengadaan (Barang dan Jasa) Obat, Bahan dan Alat Kesehatan Habis Pakai yang menunjuk penulis sebagai ketua dengan anggota, atau susunan kepanitiaan adalah

  1. Ketua  : Arsad Rahim Ali (red: penulis)
  2. Sekretaris  : Wahida Mandawari, Apt.M.Si
  3. Anggota (1) Darwis, S.Si. M.Kes, (2) Hj Mudra, S.KM, M.Kes dan (3)  Djamila, S.KM
  4. Aanwijzer : (1) Ummy Qalsum, Apt. (2) Hj. Samsiah, S.Sos. M.Kes

Dasar hukum yang digunakan dalam pengadaan ini adalah

  1. Dasar Dokumen pengadaan barang dan jasa ini  berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010  tentang Pengadaan Barang dan jasa Pemerintah sebagai pengganti dari keputusan presiden nomor 80 tahun 2003, yang dinyatakan tidak berlaku lagi. dan
  2. Berdasarkan peraturan lain yang mendukung peraturan presiden nomor 54 tahun 2010 terutama Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang penetapan harga obat generik sebagai dasar hukum untuk penggunaan metode pemilihan dengan penunjukkan langsung
  3. Termasuk juga Dukumen Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS) pengadaan obat, bahan, alat kesehatan habis pakai yang dibuat oleh panitia.

Kegiatan pengadaan dimulai dari persuratan kepada rekanan (calon penyedia) yang  berisi tentang Penunjukkan langsung kepada rekanan (calon-calon penyedia) secara terpisah agar dapat mengirimkan format kualifikasi  yang telah disisi (bermaterei) dan fakta integritas pada sekretariat Panitia Pengadaan untuk dilakukan penilaian (evaluasi) dan layak untuk ditunjuk langsung dan ditetapkan oleh panitia sebagai pemenang pemilihan pengadaan, dan oleh SKPD dapat menetapkannya sebagai penyedia barang/jasa.  Tahapanya kegiatannya dilakukan  atau dijadwalkan selama 12 hari kerja  yaitu

  1. Persuratan/ undangan Kepada Rekanan
  2. Pemasukan Peminatan dan Dokumen Kualifikasi,
  3. Evaluasi dokumen kualifikasi
  4. Undangan kepada penyedia  untuk Pengambilan Dokumen  Lelang dan penjelasan Pekerjaan (aanwijzing).
  5. Pemasukan Dokumen  Penawaran.
  6. Penetapan Pemenang
  7. Penetapan Penyedia
  8. Penandatangan Kontrak

Secara keseluruhan tahapan kegiatannya  sebagai berikut :

Persuratan-Undangan Kepada Rekanan.

Melakukan persuratan atau undangan dan pengecekan kepada rekanan atau perusahaan  dalam bidang pengadaan obat, bahan dan alat kesehatan habis pakai. Walaupun menggunakan metode pemilihan dengan penunjukkan langsung, penulis (sebagai ketua) bersama anggota sepakat untuk melakukan pengecekan (mengundang) pada tiga perusahan yang masing-masing dilakukan penilaian secara terpisah.

Pemasukan Peminatan dan Dokumen Kualifikasi, serta Evaluasi dokumen kualifikasi.

Dua hari setelah persuratan/pemberitahuan. Kemudian  rekanan memasukan peminatan dan dokumen kualifikasi, dari tiga perusahaan  yang dicoba untuk konfirmasi hanya satu yang memasukan peminatan dan dokumen kualifikasinya, dua perusahaan lainnya tidak memasukan peminatan dan mereka menyadari mempunyai permasalahan dalam penyediaan barang dan jasa sejenis yang  belum diselesaikan pada pemerintah Kabupaten Polewali Mandar pada tahun sebelumnya.

Evaluasi kualifikasi ini kemudian dilanjutkan dengan Penyusunan Berita Acara Evaluasi pemenuhan syarat untuk penunjukkan langsung yang berisi : Proses penilaian atas kualifikasi,  yang dilakukan dengan pembuktian kualifikasi terhadap penyedia barang/jasa yang ditunjuk langsung, dilakukan verifikasi terhadap  semua data dan informasi yang ada dalam formulir isian kualifikasi dengan meminta rekanan atau asli dokumen yang sah dan juga beberapa keterangan  yang diperlukan dengan konfirmasi  instansi terkait.

Intinya dalam berita cara ini berbunyi. Setelah mempelajari keberadaan dan kemampuan  3 ( tiga )  peserta rekanan, Panita melakukan penilaian efektifitas dan efisiensi  dan selanjutnya menunjuk Calon Pengadaan Obat, bahan dan Alat Habis Pakai, dengan pertimbangan pertimbangan

  1. Berminat, dan  data-data administasi perusahan, izin usaha, kepengurusan, data keuangan dan lainnya telah menunjukan data perusahan yang layak.
  2. Badan usaha masih aktif dan tidak termasuk dalam daftar hitam, tidak dalam pengawasan pengadilan, dan tidak pailit atau kegiatan usahanya tidak sedang dihentikan

Undangan kepada penyedia  untuk Pengambilan Dokumen  Lelang dan penjelasan Pekerjaan (aanwijzing).

Sehari evaluasi dokumen kualifikasi kemudian langsung melakukan pemberitahuan (Pengumuman) kualifikasi kepada rekanan, sekaligus undangan kepada rekanan (colon penyedia)  untuk Pengambilan Dokumen  Lelang dan penjelasan Pekerjaan (aanwijzing) yang dilanjutkan dengan Penyusunan Berita Acara (BA) Penjelasan Dokumen Lelang dan Perubahannya. Dalam penjelasan pekerjaan ini  ada beberapa komponen yang harus diperhatikan adalah

  1. Penentuan harga tetap berdasarkan pada Surat Keputusan  Menteri Kesehatan RI tentang penentuan harga obat generik.
  2. Semua persyarakatan administrasi, tehnis dan harga dimasukan dalam penawaran untuk dievaluasi dan selanjutnya digunakan sebagai  bahan untuk  klarifikasi dan negosiasi.
  3. Disediakan tiga hari kepada rekanan untuk menyiapkan dokumen penawaran.

Pemasukan Dokumen  Penawaran.

Pemasukan Dokumen  Penawaran dan dilanjutkan dengan pertemuan klarifikasi administrasi, tehnis dan negosisasi harga (volume) antara panitia dengan rekanan (calon penyedia). Beberapa hal  penting menjadi klarifikasi adalah harga dan satuan, surat dukungan dan sertifikasi CPOB (Cara Produksi Obat Yang Baik) serta beberapa rencana tehnis pengiriman obat, bahan dan alat kesehatan habis pakai yang mendesak digunakan oleh unit-unit pelayanan kesehatan Polewali Mandar——- Puskesmas dan jaringannya——— Acara kemudian dilanjutkan dengan Penyusunan Berita Acara (BA)nya.

Penetapan Pemenang

Satu hari setelah pertemuan klarifikasi dan negosiasi, Panitia kemudian melakukan rapat untuk menetapkan pemenang penunjukkan langsung yang dibuat dalam Surat Penetaapan Pemenang  yang ditanda tangani oleh Ketua Panitia (Penulis), yang berisi penetapan rekanan yang ditunjuk langsung telah memenuhi syarat penunjukkan langsung untuk ditetapkan sebagai pemenang  dalam Pengadaan Obat, Bahan dan Alat  Kesehatan Habis Pakai Dinas Kesehatan Kab. Polewali Mandar tahun 2011.  Sampai dengan penetapan pemenang ini, dengan tidak harus lagi menjadwalkan masa sangga  karena penunjukkan langsung tidak mempersyaratkan, maka  semua pekerjaan panitia dinyatakan selesai. Panitia yang menetapkan pemenang  bukan lagi PPK atau Kepala SKPD.

Dan selanjutnya semua berkas tahapan metode pemlihan dengan penunjukkan langsung mulai dari mengundang rekanan (colon penyedia) sampai dengan penetapan pemenang oleh Panitia ———Panitia yang menetapkan Pemenang———-menyerahkan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam hal ini Ka. Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar sekaligus juga sebagai laporan untuk dibuatkan secara resmi Surat Penetapan Penyedia Barang/Jasa,——-SKPD yang menetapkan Penyedia——– dibuatkan Surat Perintah Kerja (SPK) dan tentunya Penandatanganan Perjanjian kontrak  pengadaan Pengadaan Obat, Bahan dan Alat Kesehatan Habis Pakai Proyek/paket Dana DAK  tahun 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar kepada penyedia yang ditunjuk.

Selamat bekerja………

Baca juga tulisan terkait

  1. Dibalik Pengadaan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  2. Pengelolaan Obat, Alat dan Bahan Habis Pakai Puskesmas
  3. Menghitung Kebutuhan Obat dan Bahan Habis Pakai Puskesmas
  4. Standart Harga Alat Kesehatan Puskesmas tahun 2009
  5. Dari Pertemuan Jamkesmas 2008. ke Survai Harga Alat Kesehatan untuk HPS

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: