Citra Pelayanan Prima Puskesmas Wonomulyo

puskesmas-wonomulyo Polewali Mandar.– Antara kebijakan Pemerintah Daerah Polewali Mandar Propinsi Sulawei Barat yang mengratiskan pelayanan kesehatan dasar dengan pasien yang berduit yang mau membayar. Hanya dengan profesionalisme yang didasari etika profesi  setiap petugas kesehatan dan dengan memperhatikan kepuasan setiap pasien yang dilayani, citra pelayanan prima akhirnya di dapat oleh Puskesmas keperawatan Wonomulyo Kecamatan Wonomulya Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat yang dikomandai oleh  ibu Syamsiah, dokter sekaligus sebagai kepala UPT Puskesmas.

Dari 19 Puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar, Puskesmas Wonomulyolah yang mempunyai ciri khas yang asli sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar dan juga sebagai pusat kesehatan masyarakat di wilayahnya. Puskesmas ini berada ditengah-tengah wilayah kabupaten Polewali Mandar serta berada di tengah-tengah penduduk yang beragam etnik ( Jawa, Bugis, Mandar, Makassar, Toraja), yang juga merupakan pusat perdagangan dan perekonomian diwilayah Polewali Mandar.

Jarak ke Ibukota Kabupaten 18 km mempunyai luas wilayah kerja 26,176 km2. Jumlah Kelurahan / Desa sebanyak 9 Desa /Kelurahan, dengan jumlah penduduk : 30.279 Jiwa yang terdiri dari laki – laki 14.873 Jiwa dan perempuan l5.405 Jiwa serta kepadatan Penduduk 1.156 Jiwa/km2.

Sarana prasarana yang memiliki terdiri dari Gedung Puskesmas 1 Unit, Gedung Perawatan 1 Unit, Puskesmas Pembantu 1 Unit, Polindes /poskesdes 3 Unit, Posyandu 39 Unit, Kendaraan Roda Empat 1 Unit dan kendaraan Roda dua 6 Unit. Ketenagaan yang dimiliki terdiri dari Dokter Umum 3 orang, Dokter Gigi 1 Orang, D3. Keperawatan 4 Orang,Gizi 2 Orang, Pembatu Perawat 12 Orang, Perawat Gigi 2 Orang, Bidan 8 Orang, Sanitarian 1 Orang, Pekarya 1 Orang dan Sopir 1 Orang.

Puskesmas ini mempunyai Visi mewujudkan Masyarakat Kecamatan Wonomulyo Yang Berperilaku Sehat Berdasarkan Nilai Agama dan Budaya. Dari visi ini, dr Syamsiah dan stafnya serta masyarakat Wonomulyo melayani setiap orang yang sakit dan sehat dengan misi 1). Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan sesuai ajaran dan nilai agama. 2). Meningkatkan derajat kesehatan perorangan, keluarga dan masyarakat dengan lingkungan sehat. 3). Mendorong pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat. Dan 4). Melaksanakan Pelayanan Kesehatan yang merata dan terjangkau.

Misi ini diadopsi dari tujuan adanya puskesmas yang telah ditetapkan oleh Depkes RI yaitu

  1. Penggerak pembangunan berwawasan kesehatan di tingkat kecamatan
  2. Pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan
  3. Pelaksanan Pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi Pelayanan kesehatan masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dengan pendekatan kelompok. Dan Pelayanan medik dasar yang bersifat kuratif dan rehabilitatif dengan pendekatan individu dan keluarga
  4. Dan Pelaksanaan tugas lain dalam penyelenggaraan tehnis operasional puskesmas dan jaringannya yang diberikan pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi.

 

save-comunity-wonoDengan misi ini oleh Depatemen Kesehatan mengharapkan setiap puskesmas yang notabenenya terdapat disetiap kecamatan dapat mewujudkan Kecamatan Sehat dengan pencapaian indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan sebagai targetnya. Kecamatan sehat dapat terwujud bila minimal 80 % desa/kelurahannya telah dikategorikan sebagai desa/kelurahan sehat, dimana setiap desa masyarakatnya hidup dalam lingkungan yang sehat, mempunyai perilaku hidup bersih dan sehat serta mempunyai akses yang mudah terhadap pelayanan kesehatan. Puskesmas Wonomulyo tidak mengambil Kecamatan Sehat sebagai Visinya, tidak juga lingkungan yang bersih dan sehat atau memberikan pelayanan kesehatan yang prima tapi yang diambil adalah Manusianya dengan harapan terwujudnya perilaku hidup sehat. Kenapa tidak perilaku hidup bersih, karena perilaku hidup bersih adalah misi untuk mencapai perilaku hidup sehat. Disinilah Puskesmas Wonomulyo mengambil makna visinya yaitu masyarakat terlihat hidup dalam Perilaku Hidup Sehat, inilah keinginan dan kesadaran kedepan yang harus menjadi visi setiap petugas ( dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, nutrisi, sanitasi, pekarya dan staf lainnya) dalam memberikan setiap pelayanan kesehatan di Puskesmas Wonomulyo dan jaringannya (pustu, polindes/poskesdes, posyandu dan puskesmas keliling) baik di dalam gedung maupun di luar gedung pada 8 desa/kelurahan. Pelayanan-Pelayanan tersebut adalah :

  1. Pemeriksaan fisik dan Konsultasi Medik serta Penyuluhan Kesehatan
  2. Pemeriksaan Ibu Hamil, Nifas, Busui, Bayi dan Balita termasuk Pemberian Imunisasi Dasar dengan Standar PONED (Pelayanan Obstetrik Neonatal Emergenci Dasar )
  3. Pelayanan KB dan Penyembuhan efek samping
  4. Tindakan Medis kecil
  5. Laboratorium sederhana (sentinel)
  6. Pemeriksaan dan Pengobatan Gigi
  7. Klinik Sanitarian.
  8. Pelayanan rawat Inap 10 TT.
  9. Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam
  10. Pendampingan dan pemberdayaan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bidang Kesehatan
  11. Dan kegiatan-kegiatan masyarakat dalam mendukung pelayanan kesehatan Puskesmas Wonomulyo

Perilaku hidup sehat juga sebagai suatu keadaan sehat dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang diwilayah puskesmas Wonomulyo dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomi

UU no 23 tahun 1992 ( pasal 2) tentang Kesehatan yang telah menjadi untaian harapan dalam pembangunan kesehatan yaitu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkin setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis”

Untuk mendapatkan Citra Pelayanan Prima tidaklah semudah membalikan tangan karena Puskesmas Wonomulyo dalam memberikan pelayanan kadang sedikit bertentangan ”melawan” kebijakan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar. Dimana satu pihak Pemerintah Kabupaten menjamin masyarakatnya dalam pelayanan kesehatan dasar gratis anggaran dan penggunaan sarana dan prasarannya yang hanya mampu memberikan standar pelayanan minimal. Dipihak lain tuntutan masyaraakat diwilayahnya untuk mendapat pelayanan prima yang dibuktikan dengan pembayaran (uang) secara sukarelah setelah mereka mendapat pelayanan kesehatan. Untuk menghindari pelanggaran kebijakan, puskesmas menggunakan dana ini untuk tambahan beberapa layanan dari standar pelayanan minimal yang puskesmas telah capai.

Alhasil terlihat bahwa puskesmas bekerja secara profesional dengan tetap memperhatikan kode titik profesi tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Wonomulyo dan setiap pasien dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan mendapatkan kepuasan. Dan inilah sebenarnya pelayanan prima atau Citra Pelayanan Prima dari Puskesmas Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yang membedakan dengan unit pelayanan publik (kesehatan) lainnya diwilayah Propinsi Sulawesi Barat.

Sangatlah tepat jika Tim Penilai dari Pusat (Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara ) dan Tim Gubernur Propinsi Sulawesi Barat memberikan penilaian yang baik untuk Puskesmas Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar mengalahkan unit-unit pelayanan publik (khususnya Kesehatan) lainnya dan mewakili Propinsi Sulawesi Barat untuk mendapat pengharggaan Citra Pelayanan Prima Unit Pelayanan Public tahun 2008, Jakarta 31 Oktober 2008 dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Selamat untuk dr. Syamsiah dan Puskesmas Wonomulyo dengan predikat terbaru yang disandangnya PUSKESMAS WONOMULYO CITRA PELAYANAN PRIMA, tidak ada lagi yang bisa disansikan, yang selama ini selalu dijuluki puskesmas yang selalu “melawan” kebijakan Pemerintah Kabupaten.

Baca juga ” Peningkatan Pelayanan di Puskesmas dalam sudut Pandang Sistem

—————————————————————————–

Blogger @arali2008.

Opini dari Fakta Empiris
seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat
@2008
Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

6 Responses to Citra Pelayanan Prima Puskesmas Wonomulyo

  1. rinamanurung says:

    Semoga saya bisa melakukan hal yang sama di puskesmas tempat saya bekerja

    @arali2008 Menjawab
    Semoga sukses

  2. Wagiyo says:

    Salam,

    Ketika sedang mencari informasi tentang profil penerima Citra Pelayanan Publik, saya menemukan tulisan Puskesmas Wonomulyo di Blog ini. Jika berkenan, saya ingin meminjam data dan foto yang tertera dalam blog ini sebagai bahan tulisan di Buletin Lesung yang diterbitkan Forum Pengembangan Partisipasi Masyarakat (FPPM), dan tentu saja dengan mencantumkan sumbernya.

    Terima Kasih,
    Wagiyo
    Reporter Buletin Lesung

    @arali2008 menjawab

    Dengan senang hati, silakan menggunakan apa yang ada pada blog @arali2008, tentunya Anda lebih tahu bagaimana mencari data, tentunya ada sumber datanya

    terima kasih

  3. arali2008 says:

    Yach? yang baiknya pasti ok

  4. arali2008 says:

    Terima kasih atas perhatiannya

  5. Selamat mengabdikan ilmunya

  6. suklowor says:

    tulisanmu bagus Arali..

    semoga pelayanan puskesmas itu, bisa menular ke instansi lainnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: