Meliput Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar Masa Jabatan 2019-2024

Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008.– Ingin sekali meliput Pelantikan Bupati (bp. H. Andi Ibrahim Masdar) dan Wakil Bupati Terpilih (Bp. Drs. HM. Natsir Rahmat, MM) Kabupaten Polewali Mandar periode massa Jabatan 2019-2024, ya… hanya ingin meliput pelantikannya selasa 8 Januari 2019 di Mamuju, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Saya pergi karena senang dan ingin tahu bagaimana prosesnya dan mencatatnya di lembar-lembar blog @arali2008, agar selalu ter update, mula kerja untuk masa kerja kedua di wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

Dengan mengendarai kendaraan pribadi plus ditemani sopir kantor (sdr. Ciwang) dan juga turut serta Kabag Humas sdr. Sahrullah dan Kabag Umum sdr. Talibuddin, kami meluncur dari Polewali jam 15.00 wita. Singgah sholat ashar di Mapilli dan terus meluncur hingga Azan Magribpun menghentikan kami, di Malunda Majene singgah shalat magrib berjamaah lanjut sholat insya majmuman kasra. Dan kemudian terus melanjutkan perjalanan tiba di Mamuju jam 20.00 wita. Perjalanan ditempuh 5 jam. Di Mamuju, istirahat dipenginapan yang dekat dengan mesjid Kota Mamuju “Mesjid Raya Sa’ada” dan inap di Penginapan trendy mamuju.

Hari Selasa, 8 Januari 2010. Dikantor Gubernur, diluar ruangan oval tempat pelantikan, para undangan mulai berdatangan, sebelum masuk mereka mendatangani buku tamu, di pintu masuk dilakukan pemeriksaan oleh polisi pamong praja dengan detektor dan memastikan setiap undangan mempunyai tempat duduk. Ada beberapa pengikut (bc. Pendamping) undangan tidak bisa masuk, “maaf pak kami mendahulukan undangan dan ketersediaan tempat duduk”, ungkap penjaga pintu masuk. Saya sendiri masuk pendamping  anggota dewan DPRD Polewali Mandar Bp. Raden Mulyo, mencatat buku tamu dan dipersilakan masuk. Tercatat dalam undangan ke kantor saya Sekretariat DPRD Kabupaten Polewali Mandar, sebanyak 45 undangan anggota dewan dan satu Undangan untuk Sekretaris DPRD. sebagaimana biasa bila ada anggota dewan yang berangkat selalu didampingi staf sekretariat dewan, 5 anggota dewan satu pendampingnya.

Ruang Oval Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, terlihat para undangan telah menduduki sebagian besar kursi yang disiapkan

Jam tanganku, sudah menunjukan pukul 09.15. wita, para undangan sudah menduduki sebagian besar kursi ruangan pelantikan dengan layar depan tertulis, “Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati dan wakil bupati Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat masa jabatan 2019-2024.”

Para wartawan dan para juru foto pemerintah OPD mulai mengabadikan beberapa momen para undangan pejabat teras pemda Polman, kabupaten lainnya serta pejabat pemprov yang menduduki kursi deretan terdepan dan suasana yang terjadi di dalam ruangan diantara mereka demikian juga para undangan lainnya yang menduduki deretan bagian belakang.

Jam 10.25. Bupati  (H. Andi Ibrahim Masdar) dan Wakil Bupati (Drs. HM. Natsir Rahmat, MM) terpilih, masuk ruang menyapa undangan, wartawan mengabadikan foto dan kemudian duduk ditempat yang telah disediakan. Beberapa menit kemudian terdengar suara protokol, “gubernur provinsi sulawesi barat memasuki ruangan”, dan menujuh di podium tempat duduk yang telah disediakan. oleh protokol diberi kesempatan kepada wartawan foto untuk melakukan foto.

20190109_121200

Bupati (H. Andi Ibrahim Masdar) dan Wakil Bupati (Drs. Natsir Rahmat, MM) Terpilih beserta istri

Tidak lama kemudian acara dimulai dengan pembacaan protokol, “bismillahir rahmanir rahim, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati dan wakil bupati Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat masa jabatan 2019-2024, segera dimulai.”

“Hadirin di mohon berdiri,” perintah protokol dan selanjutnya, memberitahukan, “menyanyikan lagi indonesia raya”, gemuru lagu kebangsaan mengena diruang oval auditorium Gubernur sampai selesai.” … Hiduplah Indonesia Raya”, Kemudian protokol mempersilakan para hadirin untuk duduk kembali, “Hadir disilakan duduk kembali”. Beberapa saat kemudian, protokol kembali bersuara, “Agar acara lebih hikmah, dilakukan pembacaan doa.”

………………………
Qulillahumma malikal mulki tu’til mulka man tasyau wa tanzi’ul mulka mimman tasyau, wa tu’izzu man tasyau wa tudzillu man tasyau, biyadikal khayru innaka ‘ala kulli syay-in qadir.

….”Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”, …..

adalah salah satu bait doa yang dibacakan yang dikutip dari QS. Al-imron, ayat 26.

Suasana pengambilan Sumpah dan Janji  Bupati (H. Andi Ibrahim Masdar) dan Wakil Bupati  (Drs. HM. Natsir Rahmat, MM) Terpilih Kabupaten Polewali Mandar masa jabatan 2019-2024 Oleh H. Ali Baal Masdar Gubernur Prov. Sulawesi Barat. 8 Januari 2019

Setelah pembacaan doa yang penuh dengan hikmah kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan surat keputusan 132.76/ 781-1/2018 tentang pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati. Disertai ucapkan terima kasih atas pengabdiannya dan jasa jasanya selama memangku jabatan sampai tanggal 7 januari 2019, demikian juga untuk wakil bupati.

Dibacakan juga surat keputusan 132-76/7813./2019. Tentang pengangkatan BUPATI terhitung 8 januari 2019. Demikian juga untuk wakil bupati.

Acara pelantikan dimulai dengan Persiapan pelantikan dan penyumpahan, dan rohaniawan, bupati dan wakil menuju tempat yang baru disiapkan. Dan kemudian dimulai acara Pengambilan sumpah oleh Gubernur Sulawesi Barat H. Ali Baal Masdat, atas nama Menteri Dalam Negeri. dengan cara islam.

……. “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Bupati —- untuk bupati — sebagai wakil bupati — untuk wakil bupati— dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa”……..

 

Setelah pembacaan sumpah dilanjutkan dengan penandatangan berita acara sumpah dan janji. Pemasangan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan SK menteri dalam negeri. dan dilanjutkan dengan Pernyataan pelantikan oleh Gubernur sebagai pernyataan resmi gubernur mewakili mentri dalam negeri. Setelah selesai Bupati dan Wakil Bupati kembali ditempat duduk dan gubernur kembali ke tempat podium yang menghadap bupati dan wakil bupati dan para undangan.

“Sambutan gubernur”, terdengar suara protokol, penulis mencatat, point utama gubernur yang disampaikan diluar dari konsep yang disiapkan, “Pembelajaran untuk NETRALITAS, apalagi dalam Pilpres nanti. Jangan diskriminatif yang mendukung dan yang tidak mendukung saudara.” Ungkap gubernur yang ditujukan kepada bupati dan wakil bupati dan didengar para undangan.

“Pesan kepada saudara”, ungkap Bp Ali Basi Masdar, sesuai dengan naskah pidato yang dibacakan :

  1. Bekerja lebih keras lagi siang dan malam, ciptakan kesejahteraan dan kemakmuran dan senangtiasa dekat dengan masyarakat
  2. Amanat itu berat, — terlihat dan terdengar gubernur merasa rasa haru dan mengusap air mata dengan tissue— harus lebih fokus pada pengentasan kemiskinan dan kasus stunting (bc. Masalah gizi pada anak dengan indikasi pendek dan kurus)
  3. Diminta untuk selalu koordinasi dengan pemerintah diatasnya, yaitu pemerintah provinsi dan pusat melalui gubernur sebagai perpanjangan pemerintah pusat.
  4. Kewenangan yang dimiliki jangan digunakan sebagai alat politisasi dan penggalangan kekuatan, tetapi bekerja sesuai peraturan perundang undangan dan memelihara keutuhan NKRI
  5. Berusaha mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta bebas KKN

Setelah selesai menyampaikan amanatnya, Gubernur kembali ke tempat duduknya, gubernur yang didampingi oleh istri ditempat podium mencium kening istrinya. Para undangan memberikan tepuk tangan.

Istirahat kurang lebih 15 menit kemudian acara dilanjutkan dengan pelantikan ketua Tim Penggerak PKK POLMAN oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi dengan berbagai tahapan protokoler acara kemudian ditutup secara keseluruhan dengan pembacaan Doa. Selesai dan kemudian ucapan selamat secara bergiliran dari para undangan.

img-20190108-wa0012

Ucapan Selamat dari Sekretariat DPRD Polewali Mandar

SELAMAT DAN SUKSES ATAS PELANTIKAN. H. Andi Ibrahim Masdar sebagai Bupati Kabupaten Polewali Mandar periode 2019-2014. Dan Drs. HM. Natsir Rahmat, MM Wakil Bupati Kabupaten Polewali Mandar, periode 2019-2024. Oleh H. Ali Baal Masdar, Gubernur Sulawesi Barat di Mamuju, Selasa 8 Januari 2019.

Setelah sholat zohor dan makan siang, Kamipun kembali ke Polewali dengan waktu tempuh 5 jam sudah termasuk singgah istirahat dan minum kelapa muda.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: