Menilai Deville Kontingen Pekan Olah Raga dan Seni HKN ke 47

Penyerahan Selendang HKN ke 47 tahun 2011. Polewali Mandar Cinta Sehat dari Perwakilan Puskesmas Pambusuang Kecamatan Balanipa kepada Bpk Natsir Rahmat, Sekda Kab. Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat. @arali2008.– Indonesia CINTA Sehat ——– dan sudah seharusnya juga Polewali Mandar CINTA Sehat ——– adalah tema Hari Kesehatan Nasional ke 47 tahun ini, tepatnya jatuh tanggal 12 November 2011, seluruh aparat kesehatan di Indonesia mulai dari Kementerian Kesehatan sampai dengan Puskesmas dan jaringannya akan merayakannya tak kecuali Kabupaten Polewali Mandar. “Ini hari besar kita, kenapa tidak, kita harus merayakannya” kata seorang petugas kesehatan di Polewali Mandar yang telah bekerja selama 20 tahun di Puskesmas.

Di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Peringatan Hari Kesehatan Nasional sebelum tanggal jadinya 12 November 2011, terlebih dahulu dimulai dengan penyelenggaraan Pekan Olah Raga dan Seni yang diikuti oleh para tenaga kesehatan pada unit-unit pelayanan kesehatan yang ada di Polewali Mandar.

Tanggal 4 November 2011 tepat pukul 15.00 wita dimulai acara pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke 47. Di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar Bapak Natsir Rahmat, didamping oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Ayub Ali, MM beserta undangan lainnya,  bertempat di lapangan Pancasila yang sekarang menjadi halaman gedung serba guna  Polewali Mandar, dihadiri oleh para pejabat Pemda Polewali Mandar dan peserta  dari berbagai unit pelayanan kesehatan. Acara di mulai dengan deville kontingen, pembacaan sumpah-janji wasit dan juri, sambutan dan pembukaan yang disertai dengan pelepasan balon dan ditutupi dengan pembacaan doa.

Acara Pekan Olah Raga dan Seni Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar cq. Dinas Kesehatan ini dimulai tanggal 4 s/d 13 November 2011.  Olah Raga dan Seni yang akan di lombakan  diantaranya :

  1. Bolla Volly,
  2. Tenis meja
  3. Sepak Takraw
  4. Domino
  5. Kebersihan  dan Keindahan Unit-unit Pelayanan Kesehatan
  6. Kader berpretasi
  7. Puskesmas dengan kinerja terbaik
  8. Drama dari kisah nyata  pada unit-unit Pelayanan kesehatan
  9. Penilaian deville Kontingen pada acara pembukaan HKN

Salah satu kandidat pemenang Deville Peserta dari Deville Kontingen Puskesmas Tinambung Kecamatan Tinambung, pada cara pembukaan 4 November 2011 Pekan Olah Raga dan Seni, Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 47 tahun 2011 di Polewali Mandar

Para acara penilaian deville kontingen  pembukaan  Hari Kesehatan Nasional (HKN), penulis ditugaskan sebagai salah satu jurinya dari 4 juri yang menilai.  Unsur-unsur yang dinilai  dalam deville ini adalah jumlah dan kelengkapan deville, kerapihan dan keindahan, semangat kontingen dan yel-yel yang menyertai deville, nilainya berkisar antara  0-100, nilai 100 menunjukkan nilai sempurna, ——–sebagaimana kriteria yang diberikan panitia kepada penulis tampa ada petunjuk operasionalnya———- bagi penulis unsur-unsur yang dinilai ini mempunyai penjelasan operasional sebagai berikut.

  1. Jumlah dan kelengkapan peserta deville,  Penilaian ini tidak menunjukkan besar-kecilnya peserta yang ikut deville tetapi menunjukkan jumlah yang lengkap dalam satu kesatuan barisan, pimpinan dan komandan, identitas dan unsur-unsur lainnya yang menunjukkan jumlah dan kelengkapan suatu deville kontingen.
  2. Kerapihan dan keindahan deville, Penilaian ini menunjukkan kerapihan dan keindahan dalam baris-berbaris, kesesuian kostum (topi, kaos dan celana dan essesoris lainnya)
  3. Semangat  dan yel-yel yang menyertai deville, Penilaian ini menunjukkan semangat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional, berupa nyanyi-nyanyian dan yel-yel kesehatan selama atau dalam setiap langka deville kontingen.

Peserta Deville Kontingen Puskesmas Matanga Kecamatan Matanga, pada cara pembukaan 4 November 2011 Pekan Olah Raga dan Seni, Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 47 tahun 2011 di Polewali Mandar

Jumlah Peserta yang ikut dalam deville ini  sebanyak 25 Kontingen, berasal dari unit-unit pelayanan kesehatan diwilayah Kabupaten Polewali Mandar, ke 25 deville kontingen tersebut adalah

  1. Puskesmas Binuang Kecamatan Binuang
  2. Puskesmas Polewali Kecamatan Binuang
  3. Puskesmas Massenga Kecamatan Polewali
  4. Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali
  5. Puskesmas Matakali Kecamatan Matakali
  6. Puskesmas Anreapi Kecamatan Anreapi
  7. Puskesmas Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo
  8. Puskesmas Kebunsari Kecamatan Wonomulyo
  9. Puskesmas Pelitakan Kecamatan Tapango
  10. Puskesmas Mapilli Kecamatan Mapilli
  11. Puskesmas Campalagian Kecamatan Campalagian
  12. Puskesmas Katumbangan Kecamatan Campalagian
  13. Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo
  14. Puskesmas Pambusuang Kecamatan Balanipa
  15. Puskesmas Tinambung Kecamatan Tinambung
  16. Puskesmas Limboro Kecamatan Limboro
  17. Puskesmas Tutallu Kecamatan Allu
  18. Puskesmas Tubbi  Taramanu Kecamatan Tubbi Taramanu
  19. Puskesmas Bulo Kecamatan Bulo
  20. Puskesmas Matanga Kecamatan Matanga
  21. RSUD Polewali Mandar
  22. PT. ASKES Polewali Mandar
  23. Unit Transfusi Darah  (UTD) Polewali Mandar
  24. Klinik Bayangkara Polewali Mandar
  25. Klinik TNI Polewali Mandar (red. lebih dikenal dengan sebutan Rumah Sakit Tentera)

Hasil penilain deville kontingen akan digabungkan dengan 3 penilai lainnya, penulis belum bisa menyajikannya dalam tulisan ini, Perkiraan penulis ———– berdasarkan penilaian penulis————- kandidat pemenangnya adalah deville kontingen Puskesmas Pambusuang Kecamatan Balanipa, Puskesmas Matanga Kecamatan Matanga dan Puskesmas Tinambung Kecamatan Tinambung.

Tema HKN Ke 47 tahun 2011

Yang terpenting dari Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 47 tahun 2011 sesuai dengan temanya Indonesia CINTA Sehat adalah dijabarkannya Kabupaten Polewali Mandar  sebagai Polewali Mandar CINTA Sehat dengan tiga pilar Berperilaku Sehat, Menjaga Lingkungan yang sehat, dan Pelayanan  Kesehatan yang berkualitas, adil dan merata pada seluruh masyarakat Polewali Mandar, dengan pesan pendukung sebagai berikut :

  1. Cinta Sehat, Perilaku pasti bersih dan sehat.
  2. Cinta Sehat, Lingkungan pasti bersih  dan sehat
  3. Cinta Sehat, Manfaatkan fasilitas kesehatan untuk tetap sehat.
  4. Gerakan Polewali Mandar untuk hidup bersih  dan sehat.
  5. Gerakan Polewali Mandar  untuk lingkungan bersih dan sehat.
  6. Gerakan Polewali Mandar  untuk pemerataan pelayanan kesehatan
  7. Gerakan Polewali Mandar untuk mencapai Polewali Mandar Sehat
Maksud dari pesan ini adalah cintailah kesehatan karena dengan mencintai kesehatan akan terwujud perilaku dan lingkungan yang bersih dan sehat, disamping itu juga semua orang mempunyai kesadaran menggunakan fasilitas kesehatan  yang diberikan oleh pelayan kesehatan  dengan pelayanan berkualitas, adil dan merata. Namun, semua ini tidak bisa terwujud tampa suatu gerakan dari semua stakeholder yang terkait dalam pembangunan kesehatan yang ada Kabupaten Polewali Mandar.

Selamat merayakan Hari Kesehatan Nasional ke 47, 12 November 2011 semoga kita semua INDONESIA —— termasuk Polewali Mandar——- semakin CINTA AKAN KESEHATAN.

————————————————-
Baca juga tulisan terkait :

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: