Laboratorium Kesehatan Daerah Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.—  Laboratorium Kesehatan Daerah Polewali Mandar  yang selanjutnya disingkat dengan LABKESDA adalah salah satu Unit Pelaksana Tehnis Penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Terbentuk sejak awal tahun 2001 saat erah desentraliasi (otonomi daerah) mulai diberlakukan. Selama 10 tahun (2001-2010) beroperasi  sebagai unit penunjang  Dinas Kesehatan selalu berada dalam satu gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang beralamat di Jalan Andi Depu nomor 2 Polewali. Mulai tahun 2012 ini Laboratorium Kesehatan Daerah Polewali Mandar telah menempati gedung tersendiri yaitu Gedung Eks Puskesmas Massenga Kecamatan Polewali.

LABKESDA Polewali Mandar  sebagai Unit Pelaksana Tehnis Penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dibangun pada tahun 2001 atas prakarsa dr. Achmad Azis M.Kes (Kadinkes 1999-2008) dengan Kepala UPTnya dijabat pertamakali oleh ibu Sumiati, SKM, telah beberapa kali  berganti kepala UPTnya misalnya Muh. Anwar SKM dan kemudian digantikan Oleh Ibu Djamilah SKM yang menjabat sampai Sekarang. Sejak  Tahun 2010, oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Ayub Ali, MM kemudian mengembangkannya dengan penambahan sarana dan prasarana yang lebih memadai serta mempunyai gedung tersendiri.

Ibu Djamilah, SKM Kepala  UPT Laboratorium Kesehatan Daerah ketika diwawancarai penulis mengatakan “Laboratorium Kesehatan ini akan selalu memberikan  pelayanan kesehatan yang terbaik kepada semua pelanggan sebagai jawaban terhadap kepercayaan yang telah diberikan oleh pasien dan pihak-pihak membutuhkan layanan laboratorium kesehatan dalam upayanya menunjang diagnose dokter maupun diagnose kesehatan masyarakat”

Laboratorium Kesehatan Daerah sebagai Unit Pelaksana Tehnis Penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar

LABKESDA Polewali Mandar ini adalah  satu-satunya laboratorium kesehatan darah  yang di Propinsi Sulawesi Barat, sehingga dalam melaksanakan kegiatannya bukan saja melayani masyarakat Polewali Mandar tapi juga masyarakat  yang berasal dari kabupaten lainnya di Sulawesi Barat. Jenis Layanan yang diberikan adalah  layanan pemeriksaan laboratorium klinik-hematologi dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan lingkungan  (terutama air dan tanah serta mikrobiologi

Motto

LABKESDA Polewali Mandar

“Benar Sejak Awal”

Sebagai suatu organisasi tehnis,  Laboratorium Kesehatan Daerah dalam memberikan pelayanan mempunyai Motto adalah Benar Sejak Awal, juga mempunyai Visi dan Misi. Terwujudnya Laboratorium Kesehatan yang berkualitas dan profesional sebagai visinya dan misinya adalah meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasaan pengguna jasa laboratorium, Meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia Kesehatan Laboratorium Dan Meningkatkan Sarana dan Prasarana Laboratorium sesuai dengan perkembangan Ilmu dan Tehnologi Kesehatan.

Sebagai Unit Pelaksana Tehnis Laboratotium Kesehatan Daerah dalam struktur Penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar`mempunyai tugas dalam penyelenggaraan pelayanan klinik kesehatan dan pemeriksaan laboratorium kesehatan, terdiri dari sub unit pelayanan kesehatan dan sub unit pemeriksaan laboratorium kesehatan

Dalam melaksanakan tugas pokok unit pelaksana tehnis laboratorium kesehatan daerah mempunyai fungsi

  1. Pelaksanaan operasional kegiatan laboratorium yang meliputi laboratorium klinik, Mikrobilogi dan Kesehatan Lingkungan
  2. Pelaksanaan kegiatan pelayanan dan pengujian kesehatan serta rujukan data klinis dan laboratorium kesehatan.
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dalam pelaksanaan tugas tehnis laboratorium kesehatan
  4. Pelaksanaan koordinasi kegiatan laboratorium kesehatan dengan sub unit kerja lainnya dalam  lingkup organisasi  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar

Berbagai masalah dalam pelaksanaan layanannya selalau didasarkan pada Kebijakan Mutu, walaupun baru akan diterapkan kebijakan mutunya, Unit Pelaksana Tehnis Penunjang Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar akan selalu memberikan pelayanan yang mengutamakan mutu dan kepuasan pengguna jasa laboratoium serta menjamin bahwa pengujian dilaksanakan secara teratur dan profesional dan tingkat ketelitian yang tinggi serta melaksanakan perekaman data yang baik.

Jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dalam unit ini terdiri dari  8 petugas  yaitu:

  1. Kepala UPTnya,
  2. Pengelola Keuangan 1 orang,
  3. Tenaga Fungsional analisis Kesehatan 3 orang
  4. Tenaga Fungsional Analisis Kimia 2 orang
  5. Operator Komputer 1 orang

Kemampuan pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah

  1. Pemeriksaan kimia lingkungan yaitu berupa fisik, kimia dan mikrobilogi.  Dalam pemeriksaan fisik dari lingkungan air dan tanah untuk menentukan bau, warna, TDS, Kekeruhan, Rasa, Suhu, dan kejernihan. Juga dapat menentukan kandungan kimia yang adalam suatu lingkungan yaitu besi (fe), Kesadahan total, Mangan, Nitrat, Nitrit, PH, Sisa Klorida, Klorida, Formalin, Borax dan Rodamin.  Dalam pemeriksaan mikrobiologi dapat menentukan MPN Koliform dan BTA TB Paru serta pemeriksaan mikrobiologi lainnya misalnya pemeriksaan tinja untuk menentukan status kecacingan.
  2. Pemeriksaan Klinik dan Hematologi yaitu  pemeriksaan urin lengkap, Darah Lengkap, Gula darah, Kolesterol Total, LDL, HDL, DDR, Widal, Ureum, Creatinin, Jumlah Leokosit, Hb, Trombosit, Eritrosit, Difcount, Protein,Reduksi Gula,Bilirubbin dan Urobilin

Cakupan pelayanannya selama tahun 2012 dari berbagai jenis pemeriksaan tersebut diatas adalah

  1. Mikrobiologi BTA Sputum sebanyak 1530 suspek
  2. Pemeriksaan Kimia Klinik 2259 pemeriksaan
  3. Hematologi (HB, Leukosit dan Eritrosit)  1217 pemeriksaan
  4. Pemeriksaan Urin Rutin sebanayk 549 pemeriksaan
  5. Pemeriksaan Coliform sebanyak 100 sampel
  6. Pemeriksaan Kimia Air sebanyak 100 sampel.
  7. Dan Toksikologi  diantaranya tes narkoba sebanyak 546 sampel dan Rodamin B dan Formalin sebanyak 200 sampel

Yang jelas Pelayanan laboratorium Kesehatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan untuk mewujudkan “ masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat”, dapat menempatkan diri pada posisi yang menentukan dalam evidence based medicine and public health  yang dapat diartikan bahwa setiap pelayanan kesehatan medic dan  kesehatan masyarakat yang diberikan harus dapat memiliki dasar yang dapat dipertanggung jawabkan dari rekomendasi-rekomendasi akan hasil-hasil pemeriksaan laboratoriumnya yaitu Laboratorium Kesehatan Daerah Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat. Selamat Semoga sukses !?

Baca juga tulisan terkait :

  1. Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  2. Program Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
  3. Dua Tahun Puskesmas Katumbangan Kec. Campalagian
  4. Mengukur Koordinat Lokasi Puskesmas
  5. Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2010
  6. Puskesmas Induk Campalagian telah menerapkan mutu pelayanan

 

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: