Puskesmas Bulo Kabupaten Polewali Mandar

Lokasi wilayah Kecamatan Bulo pada Peta Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat

@arali2008. Polewali Mandar Sulawesi Barat.— Bpk. Ahmad. S.Kep.NS kepala Puskesmas Bulo Kecamatan Bulo Kabupaten Polewali Mandar ini, yang sudah menjabat tahun kedua dalam wawancara dengan penulis mengungkapkan “mengingat puskesmas Bulo merupakan ujung tombak  satu-satunya pelayanan kesehatan di Kecamatan Bulo, masih perlu  penambahan tenaga kesehatan dan fasilitas lainnya yang mendukung terlaksananya  program  puskesmas dalam puskesmas (lintas program) maupun luar puskesmas (lintas sektoral kecamatan)” Yach ! puskesmas Bulo ini memang harus mendapat perhatian yang lebih, terutama desa-desanya sebagaimana yang diharapkan warganya melalui Surat Dari Habib Imran Perihal Desa Lenggo Kec. Bulo Untuk Bupati Polewali Mandar Karena desa-desanya yang masih sulit di akses dengan alat transportasi  kendaraan roda dua maupun roda empat.

Puskesmas Bulo  terletak  atau berkedudukan di  ibu kota kecamatan Bulo yaitu Kelurahan  Bulo berjarak 50 km dari ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, secara geografis  Puskesmas Bulo yang merupakan  satu-satunya puskesmas di Kecamatan Bulo mempunyai batas wilayah kerja :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Mambi Kabupaten Mamasa
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Matangnga Kabupaten Polewali Mandar
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar

Wilayah kerja Puskesmas Bulo tersebar diwilayah pegunungan Kabupaten Polewali Mandar  dan dikategorikan salah satu dari 4 puskesmas —— Puskesmas Matangnga, Puskesmas Tubbi Taramanu  dan Puskesmas Tutallu——-di Kabupaten Polewali Mandar sebagai puskesmas dengan wilayah sangat terpencil, terdiri atas  terdiri dari 1 kelurahan dan 6 Desa, diakhir tahun 2010 terjadi  pemekaran  2 desa, sehingga jumlah keseluruhan   wilayah kerjanya 1 Kelurahan dan 8 Desa.

  1. Kelurahan Bulo
  2. Desa Pulliwa
  3. Desa Daala Timur
  4. Desa Karombang
  5. Desa Ihing
  6. Desa Sabura
  7. Desa Seppongraki
  8. Desa Patambanua
  9. Desa Lenggo

Wilayah kerja puskesmas Bulo ini yang juga meruoakan wilayah kerja Kecanatannya (Bulo), masih sangat sulit untuk diaskes transportasi.

Dilihat dari keadaan Demografisnya  yaitu jumlah penduduk Kecamatan Bulo Berdasarkan data BPS Polewali Mandar hasil sensus  2010 berjumlah 8.633 jiwa. Terdiri dari laki-laki 4.311  jiwa dan perempuan  4.322 jiwa (rasio jenis kelamin 99,75). Dari piramida penduduk kecamatan Bulo Rasio beban Tanggungan didapat  72.01  % artinya dari 100 orang dewasa usia 15-64 tahun menanggung 72  jiwa. Dengan Luas kecamatan Luyo  229.15 km2 dan jumlah penduduk 8.633 jiwa mempunyai kepadatan penduduknya 37.67 km2 menunjukkan wilayah masih banayak yang belum di huni oleh penduduknya.

Wilayah Kerja Puskesmas Bulo Kecamatan Bulo Kabupaten Polewali Mandar yang sebgaian besar masih sulit diakses oleh transportasi

Puskesmas Bulo Kecamatan Bulo ini merupakan pemekaran dari  Puskesmas Mapilli Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar.  Diresmikan  dan di fungsikan secara maksimal pada tahun 2009 dengan type Puskesmas  dengan rawat jalan (non keperawatan).  Beralamat di Jalan Poros Matangnga Kelurahan Bulo Kecamatan Bulo, memiliki satu gedung Puskesmas dengan  2 perumahan medisnya,  dengan jaringan Puskesmas yaitu 8 Puskesmas Pembantunya, 1 kendraan roda empat dan 6 kendaraan roda dua. Untuk UKBM  (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat)  hanya terdapat  22  posyandu dengan status pratama (belum ada posyandu dengan status madya purnama dan mandiri), dengan jumlah kader posyandu 110 namun yang aktif hanya 36 kader posyandu.

Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatannya baik  pelayanan kesehatan perorangan maupun pelayanan kesehatan masyarakat   dilayani oleh  30  petugas  medis maupun non medis. Ke 30 petugas tersebut adalah :

  • 1 dokter umum
  • 2 sarjana kesehatan masyarakat
  • 15 Tenaga perawat D3
  • 7 bidan desa (kontrak)
  • 1 tenaga farmasi D3
  • 1 tenaga analisis kesehatan D3
  • 1 tenaga sanitarian
  • Dan 2 tenaga suka rela.

Penyakit yang terbanyak dalam kunjungan rawat jalan pada Puskesmas Bulo ditahun 2010, seperti halnya di tahun-tahun sebelum —-masih bergabung dengan puskesmas Mapilli—— adalah Penyakit Infeksi Aku pada saluran pernapasan bagian atas, rata-rata setiap bulannya sekitar 125 penderita rawat jalan. Penyakit lainnya   yang masih terlihat banyak  adalah penyakit kulit alergi, sekitar 100 penderita ditemukan dan dilayani pada Puskesmas Bulo dan jaringannya. Disamping kedua penyakit ini penyakit lainnya yang cukup menonjol  secara berturut-turut adalah  penyakit pada sistem otot dan jaringan  rata-rata 60an perharinya, tekanan darah tinggi, kecelakaan dan rudapaksa  serta diare termasuk tersangka kolera masing-masing rata-rata perharinya 45an penderita, masih juga ditemukan cukup banyak terutama pada anak-anak adalah penyakit cacingan.

Kematian bayi  diwilayah kerja Puskesmas Bulo selama tahun 2010 juga masih ditemukan yaitu sebanyak 4 dari 153 kelahiran hidup, dan kematian anak balita sebanyak  4 kematian

Dalam pelayanan Kesehatan, Puskesmas yang dipimpin oleh Ahmad. S.Kep.NS ini mempunyai beberapa masalah, sebagaimana diungkapnyannya ketika penulis mewawancainya diantaranya :

  1. Masalah terbesar di wilayah kerja Puskesmas Bulo adalah  masih rendahnya  kepemilikan sarana sanitasi yang memenuhi syarakat kesehatan seperti jamban keluarga, pengelolaan limbah rumah tangga  dan pembuangan sampah rumah tangga, yang semuanya berhubungan dengan angka kejadian kecacingan  dan diare.
  2. Hanya Ada sekitar 874 rumah yang  yang diperiksa dari 1749 Rumah  yang ada di Kecamatan Bulo hanya 425 (48%) yang memenuhi persyaratan, tidak mengherankan kalau Penyakit Infeksi Aku pada saluran pernapasan bagian atas, rata-rata setiap bulannya sekitar 125 penderita rawat jalan harus dilayani di Puskesmas dan jaringannya.
  3. Masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan UKBM ( Usaha Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat) misalnya kegiatan 22 posyandu dengan status pratama, masih kurang member dampak pada peningkatan status pertumbuhan berat badan balita ideal
  4. Dan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup  bersih dan sehat.

Bpk. Ahmad. S.Kep.NS kepala Puskesmas yang sudah menjabat tahun kedua dalam wawancara dengan penulis mengharapkan “mengingat puskesmas Bulo merupakan ujung tombak  satu-satunya pelayanan kesehatan di Kecamatan Bulo, masih perlu  penambahan tenaga kesehatan dan fasilitas lainnya yang mendukung terlaksananya  program  puskesmas dalam puskesmas (lintas program) maupun luar puskesmas (lintas sektoral kecamatan)”  Yach! semoga dapat diwujudkan oleh Pemerintah Kabupaten Polewali mandar cq Dinas Kesehatan.

Baca tulisan lainnya sekitar puskesmas di Polewali Mandar

  1. Surat Dari Habib Imran Perihal Desa Lenggo Kec. Bulo Untuk Bupati Polewali Mandar
  2. Pusat Kesehatan Masyarakat Tutallu Polewali Mandar
  3. Puskesmas Polewali
  4. Up Date Puskesmas Binuang
  5. Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali
  6. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar tahun 2009
  7. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  8. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar
  9. RUMAH SAKIT KIA ”IBU AGUNG” SIAP BEROPERASI
  10. Ke Polewali Mandar
  11. Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Puskesmas Bulo Kabupaten Polewali Mandar

  1. herna nengsi mengatakan:

    trima ksih,.. ctatan bpk sgt bermnfaat tuk penyusunan KTI sya,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: