Paket Bakar Ikan Bandeng di Wisata Pantai Mampie Desa Galeso Kec. Wonomulyo

image

Sewa Gazebo Rp. 15.000 per 3 Jam, di Pantai Wisata Mampie Kab. Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008.— Di Mampie Desa Galeso, kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar, mengamati bakar ikan bandeng, ternyata di tempat wisata lokal ini, daerah yang sementara dikembangkan sebagai tempat wisata pantai, ada ditawarkan “paket bakar ikan bandeng” sebagai salah satu pendukung tempat wisata ini, satu paketnya dengan harga Rp.150.000.- menyediakan 30-40 ekor ikan bandeng plus bahan bakar dari sabut kelapa tua, kita dapat belajar singkat cara membakarnya, ternyata ada cara membakarnya untuk mendapatkan cita rasa ikan bandeng bakar untuk nikmati …. dimakan…. kala berekreasi-wisata ditempat ini.

Di Mampie ini, sebenarnya, saya mengikuti pertemuan evaluasi akhir pelaksanaan BOK tahun 2013, Rabu tanggal 18 Desember 2013, yang hadiri pengelola BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dan pengelola BOK 20 puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar. Turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan ….drg. Hj. Nurwan Katta, MARS….dan para Kepala Bidang lingkup Dinas Kesehatan. Selama proses pertemuan berlangsung, sekitar 50 meter dari tempat pertemuan terlihat puluhan ikan bandeng yang sementara dibakar. Ikan-ikan bandeng yang dibakar ini merupakan bagian dari paket makan siang peserta pertemuan yang kami lakukan.

Oh yach!? Saya tulis dulu perjalananku dari Polewali sampai ke Mampie, siapa tahu ada dari Pembaca, yang belum kesana, atau bisa jadi Anda dari teman-teman dari SKPD Pemda Polewali Mandar punya rencana mengadakan pertemuan seperti yang Kami lakukan, sedikit catatan ini bisa membantu.

image

Poskesdes Desa Siaga Tumpiling Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar

Dari Polewali, kalau Anda warga Polewali dan sekitarnya, atau tamu-tamu dari luar daerah yang sementara tinggal di hotel, misalnya Hotel Ratih Polewali, pergi ke Mampie, berjarak kurang lebih 25 km, dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat selama 20-25 menit, dari Polewali jalan poros propinsi ke Wonomulyo, ketika melewati Desa Tumpiling, belok kiri,…… kalau jurusan sebaliknya belok kanan…… disitu ada gapura yang bertuliskan, “selamat datang di Desa Tumpiling” masuk ke dalam, sekitar 100 meter, saya singgah sebentar mengambil gambar Poskesdes Tumpiling, sebagai bagian dari gambar dokumentasi sarana kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar keadaan tahun 2013.

image

Tugu Ikan Bandeng merupakan Pintu Masuk Ke Wilayah Desa Galeso Wonomulyo Sentra produksi ikan bandeng di kabupaten Polewali Mandar.

Perjalanan diteruskan dan kemudian, ketika mulai memasuki daerah persawahan, ada dua jalan, diantara dua jalan itu ada tugu dengan patung ikan, …….menggambarkan diwilayah yang Anda masuki akan Anda temukan lokasi perikanan tambak sangat luas …ratusan hektar….sebagian lokasinya, saya ambil gambarnya, merupakan sentra produksi ikan bandeng di kabupaten Polewali Mandar.

image

Tambak. Galeso, wilayah sentra produksi ikan bandeng di kabupaten Polewali Mandar.

Pada tugu ini terlihat digambar, jangan ambil jalan yang sebelah kiri tapi yang sebelah kanan …..ingat! bukan sebelah kanan dari gambar, tapi sebelah kanan dari Anda………terus lanjutkan perjalanan masuk ke wilayah Galeso “Desa Galeso” desa dengan sebagian besar adalah wilayah dengan perikanan tambak, sepanjang mata jauh memandang yang terlihat hanyalah tambak-tambak yang luas, sempat juga penulis mengambil fotonya. Dalam perjalanan ini, kalau ada kesulitan sebaiknya Anda tanya pada warga yang tinggal disepanjang jalan Tumpiling-Galeso-Mampie. Mereka akan menjawab dan menjelaskan dengan ramah dan sangat familiar, jadi Anda tidak usah segan, bersikaplah juga familiar kepada mereka, karena dengan begitu Anda akan menikmati perjalanan wisata-rekreasi pantai Mampie.

image

di Pantai Wisata Mampie, Pertemuan Evaluasi Akhir BOK tahun 2013 DInkes Polewali Mandar

Tiba di Mampie, daerah dengan pasir pantainya sepanjang 3 km, masih alami, layak untuk tempat wisata (rekreasi), disini saya dan sesama pengelola dana BOK Dinas Kesehatan dan 20 Puskesmas mengadakan pertemuan evaluasi akhir pelaksanaan BOK tahun 2013, foto kegiatan diskusinya, terlihat ketua pengelola BOK sekaligus juga sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, Bpk. Suaib Nawawi, sementara memimpin diskusi capaian cakupan program SPM dan MDG’s indikator kesehatan.

image

Paket Bakat Ikan Bandeng Hanya Rp. 150.000.- per 30-40 Ekor, lengkap dengan Bahan Bakarnya Sabuk Kelapa Tua. Tersedia di Pantai Wisata Mampie Wonomulyo Kab. Polewali Mandar.

Dan terakhir setelah acara selesai, dilanjutkan dengan makan siang dengan menu spesial, “ikan bakar bandeng”, saya mencoba mengamati cara bakarnya, berbincang-bincang sama pemandunya dan mengambil foto cara bakar ikannya,

Cara bakar ikannya dilakukan dengan dua tahap, kata sang pemandu bakar ikannya, “pertama; ikan-ikan bandeng dikeringkan terlebih dahulu kadar airnya, dengan cara kayu tusukan ditancapkan didekat bara api yang berasal dari sabuk kelapa, …..lihat gambar diatas…….., Kedua; setelah kadar airnya hilang atau keluar dari tubuh ikan, kemudian dilanjutkan dengan membakar badan ikan secara keseluruhan dengan cara dibolak-balik setiap saat sampai mencapai kematangan yang standar, siap untuk dimakan.” Sang pemandu menjelaskan.

“Enaaaak……!, dimakan dengan bumbu yang telah disiapkan, tentunya bersama, sayur, nasi atau penggantinya ubi rebus dan juga bisa loka anjoroi (sejenis pisang mentah di rebus dengan santan kelapa), yang bisa Anda bawa atau beli secara terpisah ditempat ini. Satu paket bakar ikan bandeng, harga Rp. 150.000,- sebanyak 30-40 ekor, bisa dinikmati rombongan rekreasi, atau satu keluarga anda, kalau tidak habis, Anda bisa membawa pulang”. Ungkap sang pembakar ikan.

Dalam paket ini, dua ekor dibungkuskan panitia untuk saya nikmati di rumah. Jika Anda tertarik ke wilayah Mampie ini, …… wisata pantai Mampie……., dan berminat menikmati paket bakar ikan bandeng bersama keluarga atau rombongan Anda, sebaiknya sehari sebelumnya sudah menghubungi para penyedia layanan di sana, karena kalau tidak, paketnya telah habis dipesan oleh para pelancong yang lebih dahulu memesannya.

Anda berminat…!?

—————————–

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Paket Bakar Ikan Bandeng di Wisata Pantai Mampie Desa Galeso Kec. Wonomulyo

  1. Ghali mengatakan:

    Wonomulyo emang heeeeboh,makan ikan bakar mania,,….. mntaaap!!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: