Strategi dan Selamat Bekerja Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Sulawesi Barat 2017-2022

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.— Membaca Koran local (radar sulbar, Senin 15/05/2017), sebagian besar  halamannya berisi ucapan selamat  atas pelantikan  gubernur dan wakil wakil gubernur terpilih periode 2017-2022, ya hari Jumat (12/05/2017) dan hari senin (15/05/2017), masyarakat Sulawesi Barat, yang tersebar di 6 kabupaten mengfokuskan proses pelantikan dan serah terima (lepas sambut) jabatan gubernur terpilih ini, setelah proses pemilihan gubernur yang berakhir dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), yang membatalkan gugatan pasangan calon nomor 2 (SDK-Kalma) terhadap tuduhan tidak profesionalnya KPUD Sulbar dalam penyelenggaraan pilgub Sulbar.

Penulis tidak mau ketinggalan, ingin juga meramaikan  ucapan selamat, dan ingin coret-coret blog penulis karena adanya keinginan memahami kemungkinan-kemungkinan strategis yang akan dikembangkan oleh gubernur terpilih ini, yang telah menyatakan akan melanjutkan pembangunan periode sebelumnya. Yaa.. karena sang istri Gubernur sebelumnya — sekarang telah menjadi pasangan gubernur terpilih —- sebagai wakil gubernur, bukan merupakan hal aneh, kalau gubernur terpilih secara politik, ingin melanjutkan program sebelumnya.

Slide2

SELAMAT BEKERJA Gubernur Drs. H. Ali Baal Masdar, M.Si dan Wakil Gubernur Hj. Enny Anggraeni Anwar, provinsi Sulawesi Barat periode 2017-2022. Hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 di lantik oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, di Istana Negara Republik Indonesia Di Jakarta. Pada hari ini senin, 15 Mei 2017 di Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dilakukan serah terima dari Pejabat Gubernur Bpk. Irjenpol Drs. Carlo B. Tewu M.H, kepada Gubernur Terpilih. Penulis blog@arali008 mengucapkan selamat  bekerja sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Barat periode 2017-2022, SEMOGA BERKAH DAN MALAQBIQ.

Sebagaimana biasa pada pemilihan pimpinan  kepala daerah  baik itu kabupaten/kota maupun provinsi, tugas pertama yang dilakukan adalah konsolidasi, menyusun  dan menyiapkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang terjabarkan dalam 2-3 tahunan dan  jabaran pertahunnya, sebagai pedoman gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk bekerja selama  satu periode  5 tahun.

Penyusunan  RPJMD sudah dapat terlihat ketika  proses pemilihan gubernur, yang biasakan di tampilkan dalam dialog penyampaian visi dan misi.

Untuk Visi dan Misi Gubernur Drs. H. Ali Baal Masdar, M.Si dan Wakil Gubernurnya Hj. Enny Anggraeni Anwar telah tertulis sebagai berikut :

Visi  : Sulawesi Barat Maju dan Malaqbiq

Misi :

  1. Membangun sumber daya manusia berkualitas berkepribadian dan berbudaya.
  2. Mewujudkan pemerintahan bersih, modern dan terpercaya.
  3. Membangun dan menguatkan konektivitas antar wilayah berbasis unggulan strategis.
  4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inovatif dan berdaya saing.
  5. Mengarus utamakan lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan.

Visi Misi ini akan dituangkan dalam RPJMD, yang kemudian oleh TIM Penyusun RPJMD akan menjabarkannya dalam bentuk sasaran, tujuan dan strategi pencapaiannya yang tertuang dalam kebijakan dan terurai pada program dan kegiatan. Ada program Rutin dan ada Program Prioritas.

Tim 9 yang akan di bentuk oleh Gubernur terpilih berisikan para ahli, akademisi, praktisi akan berkolaborasi dengan Tim penyusun dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam penyusunan RPJMD ini, Begitulah yang tersaji dalam Koran Lokal Radar Sulbar Hari ini (Senin, 15/05/2017).

Proses penyusunan dari Visi-Misi sampai penjabarannya dalam bentuk program dan kegiatannya telah tertuang dalam pedoman penyusunan RPJMD yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Hal yang perlu dicermati dalam kerja-kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih ini adalah penjelasan dari visi dan misi serta penjelasan strategis yang terkonsep dan tersistem, sangat beda dengan penyusunan sasaran dan tujuan serta kebijakan  yang tertuang dalam bentuk program dan kegiatan, yang sudah jelas rumusannya, konsepnya, aturan yang mendukung, masalah yang sering muncul yang diatasi dalam outcome program dan output kegiatan yang tersajikan, sudah merupakan kegiatan rutin dari aparat penyelenggara pemerintah. Sangat beda dengan Penjelasan misi dan misi serta strategis sangat ditentukan oleh gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Visi dan Misi sudah jelas tertulis, ketika para gubernur dan wakilnya mencalonkan diri, namun ketika terpilih sangat dibutuhkan penjelasannya yang akan di singkronkan dengan Strategis pencapaiannya, pertanyaannya adalah, “Apa strategis  RPJMD gubernur dan wakil Gubernur terpilih?”

Satu hal yang menjadi alasan penulis menulis tulisan ini, disamping ingin mengucapkan selamat bekerja untuk gubernur dan wakil gubernur terpilih adalah ingin mencermati lebih jauh tentang visi dan misi serta strategis yang akan dikembangkan dalam RPJMD Sulawesi Barat 2017-2022, ini penting, karena berdasarkan data penulis yang bersumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Regional Makassar, hasil uji, “Kepatuhan dan Kelayakan,” biasanya pejabat pada pemerintahan terutama propinsi Sulawesi Barat sebagian besar pejabat ternyata tidak memahami visi pemerintahan yang diemban oleh Gubernur dan wakil gubernur yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RJPMD) Provinsinya. Setidaknya penulis ingin memahami, mengerti dan tahu, dasar dari pembangunan yang akan dilaksanakan selama 5 tahun kedepan, sebagai bagian dari Aparat Sipil Negara yang bekerja di salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, “ Polewali Mandar”.

Memahami visi misi gubernur dan wakil gubernur terpilih ini, sebenarnya sangat sederhana bahwa yang perlu difahami adalah SULBAR INI HARUS TERUS MAJU DAN MALAQBIQ dengan memperhatikan SDMnya, Pemerintahannya, hubungan yang baik antar 6 kabupaten, ekonomi warganya dan perhatian pada lingkungan hidup untuk diwariskan pada anak cucu. Setidaknya itu yang tersurat dan tersirat dalam visi-misi gubernur-wakil gubernur terpilih ini.

Pada periode pembangunan Gubernur sebelumnya H. Anwar Adnan Shaleh, strategis yang digunakan adalah konsep strategis yang melibatkan 3 unsur atau 3 piliar yaitu PEMERINTAH, MASYARAKAT dan SWASTA (dunia usaha). Fakta menunjukkan bahwa guberbur dan wakil terpilih tahun 2017 ini, mengaku bahwa Pembangunan yang akan dilaksanakan adalah melanjutkan program pembangunan periode sebelumnya.

Sehingga strategis yang akan dilaksanakan adalah mengembangkan strategis pembangunan sebelumnya, dengan membaca misi  Gubernur terpilih terutama misi 3 dan 4 yaitu misi 3 Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inovatif dan berdaya saing. Dan Misi 4 Mengarus utamakan lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan. Misi 3 dan 4  agar mempunyai daya ungkit yang besar untuk mencapai tujuan-tujuannya maka pilar “KEMAMPUAN KELUARGA” perlu ditambahkan sebagai bagian dari system yang tidak terpisahkan dengan 3 pilar lainnya. “PEMERINTAH, MASYARAKAT, dan SWASTA (dunia usaha), serta KEMAMPUAN KELUARGA”

strategis pembangunan sulbar

Mengapa perlu tambahan komponen kemampuan keluarga? Karena hal ini untuk memperjelas penjabaran strong point tiga, empat visi dan misi pemerintahan Sulawesi Barat yaitu disamping terus mempertahankan penurunan sasaran pengentasan keluarga miskin dan kemampuan keluarga lainnya dibidang ekonomi (misalnya isu program sewaktu kampanye “one village one product) siap dijabarkan, demikian yang terpenting program pendidikan dan kesehatan. Ketiga sasaran misi yang lainya telah tertampung dalam komponen subsistem pemerintah, masyarakat dan swasta (dunia usaha).

Sepertinya inilah konsep strategi pembangunan pada pemerintahan provinsi Sulawesi Barat  yang paling ideal, kelanjutan dari program pembangunan gubernur sebelumnya, tetapi ini cuman coret-coret dari sang penulis @arali2008, sekedar ingin mengupdate my blog, agar selalu tampil dalam 10 besar mesin mencari Google, khususnya menyangkut perkembangan pembangunan di provinsi Sulawesi Barat. Terima kasih, semoga MAJU dan MALAQBIQ.

 —

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: