“Mengundurkan diri” dari Pengelolaan Jamkesmas-BOK tahun 2012

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.—Tiba-tiba salah seorang Tim Penyusun SK Kepala  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tentang Pengelolaan Jamkemas-BOK tahun 2012 mengatakan kepada saya “ Pak Arsad (Penulis : Arsad RahimAli) tidak lagi dilibatkan dalam Tim Pengelolaan Jamkesmas-BOK tahun 2012 karena telah mengundurkan diri”. Saya sedikit kaget, karena saya (penulis) sama sekali tidak perna mengatakan mengundurkan diri dalam pengelolan Jamkesmas-BOK, penulis cuman mengajukan tiga alasan jika masih dilibatkan dalam Tim Pengelolaan Jamkesmas-BOK ditahun 2012, rupanya mereka mengartikan itu sebagai pengunduran diri.

Sebagaimana tahun sebelumnya (2011) penulis penjabat sebagai  Koordinator verifikasi dan klaim  kegiatan Jamkesmas, Jampersal dan Bantuan Operasional Kesehatan. Pada tahun 2012 ini tidak dilibatkan lagi dalam kegiatan tersebut yang menurut alasan mereka penulis telah meminta mengundurkan diri (red: Bukan saya yang meminta) tapi penulis cuman menyarankan tiga alasan yang bila dapat dipenuhi jabatan itu siap untuk menerimanya kembali di tahun 2012. Namun ketiga Alasan tersebut yang membuat mereka mengatakan saya telah mengundurkan diri.

Dalam pengorganisasian  program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin), Jampersal (Jaminan Persalinan) dan BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) tahun 2011 (tahun lalu) yang diorganisasikan dalam satu kesatuan, tugas penulis sebagai Koordinator verifikasi dan klaim  adalah

  1. Memverifikasi administrasi perencanaan (rencana usulan, rencana kegiatan dan rencana pelaksana) program kegiatan dan memverifikasi surat-surat pertanggung jawaban kegiatan yang telah dilaksanakan
  2. Melakukan bimbingan tehnis administrasi kegiatan program dan bentuk-bentuk surat-surat pertanggung jawaban kegiatan yang telah dilaksanakan
  3. Membuat laporan verifikasi dan klaim kegiatan jamkesmas, jampersal dan  bantuan operasional Kesehatan (BOK) yang dilaksanakan puskesmas.
  4. Dan melaksanakan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan verifikasi dan klaim Jamkesmas, Jampersal dan BOK.

Hasil dari kegiatan Jamkesmas-Jampersal-BOK di tahun 2011 sangatlah kurang memuaskan, terutama dalam hubungannya dengan pencapaian hasil-hasil kegiatan berdasarkan SPM (Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan tahun 2008, —–Daya serap dana sangat baik tetapi hasil cakupan kegiatan berdasarkan pencapaian SPM-Kesehatan sangat kurang—– dapat diartikan kegiatan hanya diarahkan pada pelaksanaan kegiatan untuk menghabiskan uang tetapi tidak diarahkan untuk melaksanakan kegiatan yang baik dan benar.

Di Tahun 2012 penulis tidak lagi dilibatkan dalam kegiatan ini,  yang dalam tahun 2012 dibagi dalam dua pengorganisasian yaitu Bagian Jamkesmas dan bagian Bantuan Operasional BOK, Ada tiga alasan “mengapa saya mengundur diri? (menurut mereka tim penyusun SK) dalam pengorganisasian program Jamkesmas, Jampersal dan BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2012,  yang penulis dapat  jelaskan  sebagai berikut :

Tiga Alasan Penulis dikatakan telah Mengundurkan diri.

Saya bisa dilibatkan dalam Tim Pengelolaan Jamkesmas-BOK tahun 2012 jika dapat memperbaiki : Pertama; kecenderungan kegiatan yang fiktif, Kedua ; Rapat dan Pelatihan tidak dilibatkan  dan Ketiga : Kegiatan yang keluar dari sistem yang baik dan benar.

Alasan pertama : Laporan Cenderung Fiktif…..

Laporan yang mengatakan kegiatan-kegiatan yang telah dipertanggung jawabkan  sebagai bahan untuk klaim dana ke KPKN Majene yang berisi,  kegiatan yang dilaksanakan, jumlah dananya, nomor kwitansi, penerima dana dan tanggal penerimaan dana, jangan dilakukan sebelum kegiatan-kegiatan tersebut benar-benar telah dilaksanakan. Perlu ditahui bahwa untuk mengklaim dana ke KPPN Majene dengan laporan kegiatan yang telah dilakukan adalah belum memiliki surat-surat pertanggung jawaban kegiatan dan keuangannya (kwitansi dan lampirannya). Oleh penulis ini harus mendapat perhatian, karena laporan Kegiatan cenderung fiktif, jikalau penulis masih lagi dilibat ditahun 2012.

Alasan kedua : Rapat dan Pelatihan tidak dilibatkan…….

Dalam pengelolaan pengoorganisasian kegiatan Jamkesmas, Jampersal dan Bantuan Operasional Kesehatan, penulis mempunyai tiga anggota yang masing-masing mengelola kegiatan Jamkesmas, Jampersal dan Bantuan Operasional Kesehatan, mempunyai kegiatan pertemuan dan koordinasi baik secara internal maupun secara eksternal misalnya rapat yang melibat semua tim pengelola selain dari bagian yang dikelola oleh penulis, tidak perna dilakukan. Contoh lainnya pelatihan dan koordinasi  yang seharus diikuti oleh penulis dan ke tiga anggota penulis, diambil alih petugas petugas lainnya yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pengelolaan kegiatan jamkesmas, jampersal dan BOK. Secara profesional sebenarnya penulis telah menguasai kegiatan karena telah ada petunjuk operasional yang dikeluarkan oleh pengelola dari Kementerian kesehatan RI dan juga bentuk-bentuk pertanggung jawaban, masalahnya adalah yang ikut pertemuan dan pelatihannya adalah petugas lainnya, yang oleh penulis menyarankan, bila hal tersebut tidak diperbaiki, sebaiknya penulis jangan lagi diikutkan dalam pengorganisasian kegiatan Jamkesmas dan BOK di tahun 2012.

Alasan ketiga : Kegiatan Keluar Dari Sistem yang baik dan benar…..

Kegiatan untuk memverifikasi administrasi perencanaan program kegiatan dan memverifikasi surat-surat pertanggung jawaban kegiatan yang telah dilaksanakan tidak merupakan persyaratan utama untuk mengklain dananya, karena Dana-Dana yang telah di keluarkan dari KPKN Majene dan kemudian diberikan ke Puskesmas  hanya berdasarkan lembaran kegiatan yang telah dipertanggung jawabkan sementara pertanggung jawaban tersebut masih dalam proses dan kegiatan di operasional di puskesmas sementara dilaksanakan (bahkan ada yang tidak dilaksanakan karena sudah merupakan kegiatan rutin). Tidak ada kebebasan Tim Verikasi dan Klaim untuk mengarahkan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Ini sangat jelas telah keluar dari sistem yang dibuat bersama, yang oleh penulis menyarankan sebaiknya jangan lagi dilakukan dan apabila ini tidak diperbaiki janglah penulis kembali dilibatkan lagi  di tahun 2012.

Informasi tentang BOK tahun 2012 klik Gambar

Ketiga alasan tersebut diatas oleh penulis telah disampaikan kepada penanggung jawab terutama tim penyusun Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tentang Tim Pengelolaan Jamkesmas-BOK tahun 2012, dengan harapan di tahun 2012 dapat dilakukan perbaikan-perbaikan agar kualitas kegiatan sesuai dengan tujuannya dapat mempercepat pencapaian SPM (standar Pelayanan Minimal Kesehatan) dan juga pencapaian Target-Target MDGs  Bidang Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar di tahun 2014. Sepertinya ini diartikan bahwa Penulis meminta mengundurkan diri dalam pengorganisian kegiatan Jamkesmas dan BOK di tahun 2012.  Dan kemudian dalam Surat Keputuan Tim Pengelola Jamkesmas-BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tidak lagi terdapat nama penulis alias tidak masuk lagi dalam Tim, yang oleh mereka yang menyusun Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Tersebut telah mengundurkan diri.

Selamat yach!…

Saya harus akui bahwa saya telah mengundurkan diri. Semoga Suskes dengan Tim Yang Baru Terbentuk. Tim Pengelolaan Jamkesmas-BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2012.

Baca juga tulisan terkait

  1. Dari Catatan Pelaksanaan Program BOK-JAMKESMAS-JAMPERSAL
  2. Membijaksanai Program Jaminan Persalinan Tahun 2011
  3. Tata Cara dan Syarat Pengajuan Dana BOK tahun 2011
  4. Capaian SPM Bidang Kesehatan Polewali Mandar Tahun 2010
  5. Ada apa dengan Manajemen Kepesertaan Jamkesmas?
  6. Memaknai Kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia dan Investasi
  7. “Siap Di Fungsikan” Anggaran Jamkesmas Puskesmas di Polewali Mandar
  8. Anggaran JAMKESMAS adalah Uangnya Orang Miskin
  9. Kemiskinan dan Perasaan Kemanusiaan

——————————————————————

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

3 Responses to “Mengundurkan diri” dari Pengelolaan Jamkesmas-BOK tahun 2012

  1. Puskesmas Sungai Ayak mengatakan:

    Kalau bapak telah dinyatakan mengundurkan diri, maka kami dari Puskesmas Sei Ayak, Kalbar, telah menyatakan secara tertulis kepada Kadinkes, tidak memanfaatkan/mengambil dana bok tahun 2012 dikarenakan urusannya terlalu ribet. Petugas lebih banyak disibukkan dengan membuat SPJ ketimbang pelaksanaan kegiatan.

  2. muhyasir mengatakan:

    Selamat pak.. Anda memilih jalan yang benar, walaupun diartikan lain oleh teman sekantor.. Yang idealis memang selalu tersingkir, semoga tidak tersungkur

    arali2008 menjawab
    terima kasih… yang jelas tidak tersungkur hahahaha

  3. saktiawan hafid mengatakan:

    tindakan bapak adalah sebuah bukti untuk perbaikan kedepan dan sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem/aturan yang sesuai dgn petunjuk teknis yang ada…………. saya pun akan berbuat sama bila kedepan melihat ada keganjalan terjadi bahkan saya siap mundur bila pelaksanaannya tidak sesuai dgn aturan yang berlaku……selamat berjuang senior semoga kita bisa bersama membangun polman menuju polman yang sehat dan bermartabat….amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: