Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2010

Ingin download Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2010 tekan saja GAMBAR

Polewali Mandar Sulawesi Barat.@arali2008.—Dalam hal pembangunan kesehatan, pemerintah cq Dinas Kesehatan Polewali Mandar selalu berupaya  meningkatkan  derajat kesehatan masyarakatnya  yang setinggi-tingginya yaitu berupaya mewujudkan keadaan sehat, fisik-jasmani, mental, dan rohani-spiritual serta social bagi setiap orang masyarakat Polewali Mandar agar dapat hidup produktif secara social dan ekonomi, setidaknya itu menurut pengertian kesehatan dalam undang-undang kesehatan nomor 36 tahun 2009.  Keadaan ini —— pembangunan kesehatan sebagai bagian dari pembangunan daerah ——sangat berkontibusi besar terhadap tujuan akhir dari pembangunan  daerah Polewali Mandar yaitu terwujudnya kesejahtaraan masyarakatnya yang menurut Indeks Pembangunan Manusi (IPM) dilihat dari  tingkat pendidikan dan baca tulis masyarakat, usia harapan hidup ——-Indeks Pembangunan Kesehatan masyarakat (IPKM)-—— dan income perkapita.

Salah satu sarana yang dapat dipergunakan untuk melihat  hasil pembangunan kesehatan Polewali Mandar adalah  adanya profil kesehatan yang berisi berbagai data atau informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi  kesehatan masyarakat, sekaligus juga sebagai  laporan pemantauan dan evaluasi  terhadap pencapaian indikator-indikator pembangunan kesehatan termasuk kinerja dari penyelenggaraan pelayanan minimal  dibidang kesehatan di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu.

Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar adalah profil yang yang memberikan gambaran hasil pembangunan kesehatan di kabupaten Polewali Mandar tahun 2010 dan beberapa capaian tahun-tahun sebelumnya. Gambaran Pembangunan kesehatan ini merupakan satu kesatuan dari gambaran pembangunan secara keseluruhan  Kabupaten Polewali Mandar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat  sebagai dampak akhir dari upaya-upaya kesehatan yang telah dilakukan selama tahun 2010.

Secara internal Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2010 pada dasarnya dapat memberikan gambaran dari pembangunan kesehatan Kebupaten Polewali Mandar. Merupakan satu kesatuan dari profil kesehatan tingkat propinsi Sulawesi Barat  yang isinya berisi :

  1. Gambaran Umum Polewali Mandar  berisi (1) keadaan geografis (letak, luas, topografis, iklim dan administrasi pemerintahan, (2) kependudukan (pertumbuhan penduduk, kepadatan penduduk dan struktur penduduk dan sex ratio, (3) social ekonomi berupa tingkat pendidikan dan pendapatan perkapita.
  2. Gambaran tentang Status Derajat Kesehatan yang berisi tentang (1) informasi tentang Angka kematian (Bayi, Balita dan Ibu Maternal), (2) Angka Kesakitan  berupa informasi tentang pola penyakit rawat jalan di Puskesmas, Pola penyakit rawat inap di Rumah Sakit Umum Polewali dan informasi menganai data penyakit menular. (3) Status Gizi yang berisi tentang status gizi balita, anemia dan Bayi dengan berat Badan lahir Rendah.
  3. Gambaran tentang Situasi Upaya Kesehatan yang berisi  tentang (1) Upaya pelayanan Kesehatan ibu dan Anak, (2) Upaya perbaikan gizi masyarakat, (3) Keluarga Berencana, (4) Imunisasi, (5) Lingkungan Fisik dan Biologis, (6) Peran serta Masyarakat dan (7) Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas
  4. Secara keseluruhan dari gambaran profil kesehatan kabupaten Polewali Mandar tahun 2010 ini disajikan dalam bentuk 80 tabel terlampir berisi satu tabel resume profil kesehatan gambaran tingkat Kabupaten dan 79 tabel profil kesehatan gambaran per 16 kecamatan dan per 20 puskesmas di Polewali Mandar

Data yang ada dalam profil kesehatan 2010 ini dihimpun dari dari berbagai sumber data, baik di kesehatan maupun diluar kesehatan serta lintas program. Baik secara primer maupun sekunder. Dalam penyusunan banyak ditemui kendala, ———–terutama data-data yang berhubungan dengan pemisahan jenis kelamin (berbasis jender)——– namun Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (penulis sebagai ketua penyusun) selalu  berupaya untuk menyelesaikannya, yaitu dengan tetap berpedoman  pada sistem pencatatan dan pelaporan secara berjenjang (vertical dan horizontal) yang telah ada pada program dan lintas program Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2009-2010.

Tujuannya, dengan di susunnya Profil  Kesehatan 2010  ini disamping untuk menyediakan informasi kesehatan tahunan, juga dapat dapat menjadi bahan pertimbangan pengambil keputusan dalam pembuatan kebijakan pembangunan kesehatan, baik dalam  perencanaan kesehatan maupun dalam pelaksanaan setiap kegiatan/program kesehatan di Polewali Mandar.

Data-data yang ada dalam profil kesehatan ini masih bisa di sederhanakan sesuai kepentingannya misalnya Misalnya dapat dijabarkan dalam bentuk  Standar Pelayanan Minimal sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 741/Menkes/Per/VII/2008, yaitu dengan membuat tersendiri untuk tingkat kabupaten maupun tingkat Kecamatan di Kabupaten Polewali Mandar. Atau profil kesehatan ini juga dapat dibuat dalam struktur Informasi Pembangunan Kesehatan  sebagai bagian dari pembangunan daerah  khususnya pembangunan kesehatan yang dilihat dari tiga komponen utama  yaitu :

  1. Status Kelangsungan Hidup yang dapat memberikan gambaran kelangsuangan hidup generasi muda cita-cita penerus bangsa khususnya Kabupaten Polewali Mandar dengan indikator Angka Kematian Ibu Maternal, Angka Kematian Bayi dan Balita, Status Gizi dan Status Kekebalan (Imunisasi)  bayi.
  2. Status Sakit dan Sehat (status kesehatan/kesakitan) yang dapat memberikan gambaran banyak masyarakat yang sehat dan yang sakit dalam periode satu tahun dan pengaruhnya terhadap produktifitas secara social dan ekonomis terhadap peningkatan income perkapita.
  3. Status Pelayanan Kesehatan, yang dapat memberikan gambaran cakupan pelayanan  program dan kegiatan kesehatan dan ketersediaan Sumber Daya Manusia  Kesehatan (SDM-Kes) serta ketersediaan sarana-prasarana kesehatan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

Intinya dengan adanya profil kesehatan Kabupaten Polewali Mandar ini setidaknya dapat menyediakan 3 hal. Pertama; menyediakan data tahunan informasi pembangunan kesehatan daerah Polewali Mandar. Kedua; merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Profil Kesehatan Tingkat Propinsi Sulawesi Barat. Ketiga ; menyediakan sumber rujukan informasi kesehatan tahunan  yang disesuikan dengan kebutuhan akan informasi kesehatan  misalnya Standar Pelayanan Minimal Kesehatan, Data MDGs berbasis data sektoral tahunan dan lain-lain

Catatan : Download Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2010 dan profil tahun-tahun sebelumnya serta beberapa laporan dan pedoman, serta kajian  tentang epidemiologi, gizi dan kesehatan TEKAN DISINI

Baca Tulisan terkait :

  1. Bed Occupancy Rate (BOR) dan Pengembangan Rumah Sakit Di Sulawesi Barat.
  2. Review Program Surveilans Epidemiologi
  3. Capaian SPM Bidang Kesehatan Polewali Mandar Tahun 2010
  4. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  5. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar
  6. Dari Drama HKN’46 : Keadaan Sosial Budaya Kesehatan Polewali Mandar
  7. Jumlah Penduduk Polewali Mandar diantara Penduduk Sulawesi Barat
  8. Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat
  9. Bedah Konsep Strategi RPJPM 2007-2012 Propinsi Sulawesi Barat
  10. Musrembang antara Kebutuhan, Keinginan dan Proses Perencanaan Program SKPD

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: