Penulis Online

Polwali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.–  Tulislah hal-hal yang mendatangkan kebaikan, manfaat dan sebagai ilmu pengetahuan. “Nuun.. wal qolami wa maa yasthuruun”. — Huruf Nuun. Demi pena — dalam pengertian Qalam — dan apa yang mereka tuliskan—- (qs. Al Qalam, ayat 1). Agar pembaca dapat memperoleh kebaikan, manfaat dan ilmu pengetahuan.

Pada penulis konvensional, ide, pikiran dan perasaan serta pengalaman mereka dituangkan dalam media kertas atau media lainnya melalui perantaraan penah atau apapun namanya yang dapat digunakan untuk menulis. Menulis huruf, angka dan disimbol dirangkai menjadi lembaran karya tulis, dibukukan tertulis nama mereka sebagai penulis.

Dok baru 2020-10-07_1Penulis mesin ketik, menulis menulis dengan perantaraan tuts huruf, angka dan simbol. Karya tulis dalam bentuk buku tertulis juga nama mereka sebagai penulis.

Di zaman adanya elektronik notebook atau computer, menuangkan ide, pikiran dan gagasan serta perasaannya tertuang melalui perantaraan keyboard huruf, angka dan simbol tertekan atau tersentuh dalam bentuk digital, tercetak menjadi buku tetap tertulis nama mereka sebagai penulis.

Penulis secara umum diartikan sebagai orang yang menuangkan ide, pikiran dan perasaan dalam media kertas dan atau digital atau media lainnya. Ditulis melalui perantaraan pena atau mesin ketik atau keyboard atau apa saja yang dapat dipakai menulis. Bahkan sepotong ranting dipakai untuk menulis diatas media pasir. Ditulis dalam bentuk huruf, angka dan disimbol dirangkai menjadi lembaran karya tulis. Karyanya dapat dilihat dalam bentuk artikel atau buku atau elektronik book tertulis namanya sebagai penulis.

***

Demikian dengan tulis menulis online yaitu menulis dengan sarana internet –dunia maya– hasil karya tulis onlinenya tetap disebut nama mereka sebagai penulis. Mereka mempunyai web site, web blog atau e-book dan media online lainnya sebagai sarana menuangkan ide, pikiran dan perasaan serta pengalaman menjadi lembaran tulisan digital. Penulisnya disebut dengan penulis online.

Yang namanya penulis dapat dipastikan karya-karya tulisannya akan menjadi sumber rujukan pembaca. Seseorang tidak bisa disebut penulis bila belum ada karya tulisannya menjadi rujukan pembaca.

Penulis online, seperti saya telah memiliki berbagai tulisan artikel ilmiah populer yang menjadi rujukan para pencari ilmu. Misalnya para mahasiswa yang merupakan salah satu sasaran dari tulisan-tulisan saya, Di kutib dan dijadikan bahan dalam penyusunan skripsinya. Itu bisa dilihat dari sumber-sumber pustaka deskripsi mereka. Tertulis nama, “Arsad Rahim Ali”.

Akhirnya menerima tantangan dari penulis senior dengan menulis tiap hari satu artikel selesai juga. Dapat sertifikat sebagai bukti pengakuan punya keahlian baru sebagai penulis online non fiksi.

Sekarang gelar saya di dunia maya bertambah lagi yaitu sebagai PENULIS ONLINE

Sebelumnya ditahun 2009 oleh tim Internet Sehat Blog Award (ISBA) 2009 memberikan penghargaan dan atau gelar:

20200924_123252“CITIZEN JOURNALISM BLOG”. Pemilik web blog @arali2008 sebagai pewarta informasi yang dapat menyajikan gambaran pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Memiliki sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar bahkan di provinsi Sulawesi Barat.” Ungkap tim internet sehat yang diinformasikan melalui inet.detik.com

Jadi sekarang didunia maya dan juga didunia nyata dalam dunia tulis menulis memiliki tambahan identitas baru sebagai :

ARSAD RAHIM ALI
Citizen Journalism
Penulis Online
Blogger

Terima kasih Pak Cahyadi Takariawan sebagai pembimbing dan narasumber yang telah membagikan ilmunya. Dan juga terima kasih kepada penyelenggara atas fasilitasinya pada kelas menulis online. Semoga sukses selalu. Tersimpan Sertifikat Kelas Menulis Online Arsad Rahim Ali. S.KM., MM.Kes B33

***

Demikian Allah Ta’ala mengajarkan huruf “Nuun” sebagai salah satu huruf dalam bahasa Arab lainnya. Menterjemahkan sumpah Allah Ta’ala, “Demi Qalam”, dan untuk menjawab pertanyaanNya, “Dan apa yang mereka tulis?”. sebagaimana disebutkan dalam ayat pertama surat Al Qalam pada Al Quran Yang Penuh Keagungan.

***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: