Puskesmas Induk Campalagian telah menerapkan mutu pelayanan

Bagian Belakang Puskesmas Induk Campalagian

Polewali Mandar Sulawesi Barat. @arali2008.— Puskesmas Induk Campalagian  adalah salah satu dari 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat. Puskesmas ini merupalan Puskesmas Induk dari 2 Puskesmas yang berada di WIlayah Kecamatan Campalagian  yaitu Puskesmas Campalagian (Induk) dan Puskesmas Katumbangan sebagai Puskesmas pengembangannya.  Puskesmas Induk Campalagian merupakan puskesmas perawatan, mempunyai jumlah desa/kelurahan sebanyak 13, jumlah penduduknya sebanyak 38.914 jiwa, terletak di Ibu kota Kecamatan Campalagian dengan letak geografis rawai, pantai, daratan rendah dan berbukit.

Puskesmas Induk Campalagian beralamat di jalan poros Majene Kecamatan Campalagian berbatasan dengan Kecamatan Luyo bagian Utara dan Timur.  Dan Kecamatan Balanipa pada bagian Barat Sementara bagian selatannya telut Mandar selat Makassar.

Kondisi gedung Puskesmas pada tahun 2009 telah direhabilitasi dan ditambah satu gedung  menjadi  Puskesmas dengan dua lantai kondisinya masih dalam keadaan baik, secara keseluruhan terdiri dari tiga gedung yaitu gedung perawatan,  gedung pelayanan rawat jalan dan konsultasi kesehatan serta gedung  pelaksanaan program kesehatan.

Jumlah tenaga kesehatan sebanyak 42 petugas termasuk bidan PTT dan bidan desa serta petugas yang dibekerja di Puskesmas pembantunya

Puskesmas Induk Campalagian  memiliki 2 Kendaraan Roda empat yang satu mobil Ambulance dan Satu Mobil  Puskesmas Keliling, keadaan dua mobil ini dalam keadaan rusak ringan. Selain kendaraan roda empat Puskesmas ini juga memiliki  beberapa kendaraan operasional roda dua sebanyak 14 satu diantaranya telah rusak berat. Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakatnya  terdiri dari  3 Poskesdes dan 32 Posyandu ( dengan strata 10 Pratama, 13 Madya dan 9 Purnama).

Puskesmas Induk Campalagian sejak akhir tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 ini telah menerapkan manajemen dan mtu pelayananan kesehatan Puskesmas dan telah menjadi percontohan bagi 19 Puskesmas lainnya di Kabupaten Polewali Mandar dan beberapa Puskesmas dari luar Kabupaten Polewali Mandar.

Puskesmas yang dipimpin oleh H. Mahmuddin, SKM ini sejak tahun 2009 lalu, telah di programkan menjadi Puskesmas dengan  menerapkan  manajemen dan mutu pelayanan Puskesmas bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar  Makassar Sulawesi Selatan. Dimana Puskesmas Campalagian mempunyai kewajiban menjaga dan meningkatkan  mutu pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Puskesmasnya terutama pelayanan  kunjungan pasien di dalam gedungnya. Tujuan utamanya adalah agar setiap kunjungan pasien mulai dari ketika masuk ke dalam puskesmas, mendapatkan pelayanan dan pulang, mendapatkan kepuasan dari setiap pelayanan  yang didapatkannya atau sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang telah ditentukan ditambah dengan beberapa layanan agar setiap kunjungan pasien dapat dengan mudah mendapatkan kepuasan.

Bagian Depan Puskesmas Induk Campalagian

Kunjungan pasein pada puskesmas Campalagian di tahun 2011 dari laporan SP2TP (Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas) kurang lebih sebanyak sebanyak  34.602 kunjungan   atau rata-rata  120-150 kunjungan pasien per harinya.  Penyakit terbesar dalam kunjungan  tersebut adalah

  1. Infeksi Akut pada saluran Pernapasan Bagian Atas sebanyak  7.082 kunjungan atau kurang lebih 25-30  pasien per harinya di diagnosa sebagai Infeksi Akut pada saluran Pernapasan Bagian Atas
  2. Penyakit kulit Alergi sebanyak 5.093 kunjungan atau rata-rata perharinya antar 15-20 kunjungan pasien dengan dignosa penyakit kulit alergi.
  3. Penyakit pada sistem otot dan jaringan sebanyak 4.509 kunjungan atau rata 15 kunjungan perharinya.
  4. Penyakit yang berhubungan dengan susunan syaraf sebanyak 3.605 kunjungan atau rata 12 kunjungan perharinya
  5. Penyakit  rekanan darah tinggi sebnayka 1.217 kunjungan  atau rata-rata 4-5 kunjungan perharinya
  6. Penyakit Karies gigi  sebanyak 1.107 kunjungan atau rata 4 kunjungan perharinya
  7. Diare termasuk tersangka Kolore sebnayka 1.078 kunjungan atau rata-rata 3-4 kunjungan perharinya
  8. Kecelakaan dan Rudah Paksa sebanyak  906 kunjungan atau  kurang lebih 3-4 pasien  perharinya  didiognosa sebagai kecelakaaan dan rudah paksa.
  9. Dan Penyakit-penyakit lainnya  dengan kunjungan rata-rata 1-2 pasien perharinya  yaitu penyakit yang berhubungan dengan mata sebanyak 604 kunjungan,  penyakit Asma dan penyakit kulit infeksi masing-masing sebanyak  593 dan 417 kunjungan

H. Mahmuddin, SKM kepala Puskesmas Campalagian

H. Mahmuddin, SKM kepala Puskesmas Campalagian yang baru menjabat 10 bulan mutasi dari kepala Puskesmas Luyo ketika penulis berkunjung dalam rangka koreksi data pelayanan kesehatan mengatakan ; “dalam melayani setiap pasien seluruh staf puskesmas  selalu menerapkan 5 S yaitu SAPA, SENYUM, SALAM, SANTUN dan SOPAN, sebagai tambahan dari standar pelayanan  yang telah ada.Hasilnya dari kotak tingkat kepuasan yang disiapkan  yaitu kotak PUAS dan TIDAK PUAS ditahun 2011 baru 1 pasien yang mengatakan TIDAK PUAS akan pelayanan yang diberikan yaitu pada unit pelayanan apotik, setelah ditelusuri waktu menunggu untuk menerimaan obat terlalu lama.”

Tidaklah salah kalau Puskesmas Induk Campalagian telah menjadi contoh bagi 19 Puskesmas lainnya di Kabupaten Polewali Mandar dalam menerapkan manajemen dan mutu pelayanan kesehatan dasar puskesmas. Semoga tujuan dari kesehatan yaitu mewujudkan keadaan sehat fisik-jasmani, rohani-spritual dan sosial  bagi setiap masyarakat Campalagian  dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis dapat dioptimalkan.

Baca juga tulisan terkait

  1. Program Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
  2. Dua Tahun Puskesmas Katumbangan Kec. Campalagian
  3. Mengukur Koordinat Lokasi Puskesmas
  4. Profil Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2010
  5. Positif Demam Chikungunya di Katumbangan Polewali Mandar
  6. Bagian Pertama : Puskesmas dengan Wilayah Pantai di Polewali Mandar
  7. Bagian Kedua : Nama, Alamat dan wilayah kerja Puskesmas Se-Polewali Mandar

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Puskesmas Induk Campalagian telah menerapkan mutu pelayanan

  1. herna nengsi says:

    slamat buat ka PKM CAMPALAGIAN bserta NAKES yg bergelut,.. krna PKM campalagian bsa mnjadi contoh tuk PKM2 lain yg ada di POLEWALI MANDAR yg tlah mnerapkn manajemen dan mtu pelayananan kesehatan Puskesmas,..
    semoga pasien puas dgn plyanan yg dbrikan,..
    AMIN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: