Pembangunan Kesehatan di Polewali Mandar Selama tahun 2008.

Polewali Mandar.–Telah ditulis narasi 2008 dari blog @arali2008 yang bertujuan memberikan gambaran kegiatan pembangunan kesehatan di kabupaten Polewali Mandar dari sudut pandang staf yang termuat dalam  30 an tulisan penulis selama tahun 2008, menghubungkannya dengan pengertian kesehatan yaitu keadaan sehat badan, jiwa dan sosial yang memungkin setiap orang dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Metode yang digunakan dalam bentuk narasi yaitu uraian atau penjelasan secara kronologis tentang alasan-alasan terbitnya tulisan-tulisan pada blog @arali2008, juga tentang hasil pembangunan kesehatan yang dimulai dari pelayanan kesehatan yang diberikan, keadaan orang-orang yang sehat dan yang sakit, serta keadaan pertumbuhan dan kelangsungan hidup setiap orang terutama ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, dan balita di Polewali Mandar.

Dari tulisan-tulisan penulis disimpulkan bahwa pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar yang dikomandai oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (dr. H. Achmad Azis. M.Kes) pada tahun 2008 adalah ada keberhasilan dan ada juga kegagalan yang didapat dalam proses pembangunan di Kabupaten Polewali Mandar. Keberhasilan dapat dilihat dari penghargaan-penghargaan yang diterima yaitu Manggala Karya Bakti Husada Kabupaten, Manggala Karya Kencana Kabupaten, Citra Pelayanan Prima Puskesmas Wonomulyo dan beberapa keberhasilan lainnya hasil dari kerja sama dengan Organisasi lokal, Nasional dan internasional. Sementara kegagalan adalah timbulnya kasus-kasus KLB rabies, KLB campak dalam skala kecil, KLB Diare, adanya gab antara Kabupaten dengan propinsi, tidak terpenuhinya sebagian hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan beberapa kegiatan yang sekedar dilaksanakan serta beberapa kegiatan tampa menggunakan atau keluar dari pedoman/petunjuk pelaksanaan.

Suatu pengalaman yang sangat berharga, hanya dengan perencanaan yang baik pada setiap program kesehatan maka 50 % keberhasilan telah dicapai, dan bila dilaksanakan sesuai dengan perencanaan maka sisa 50 % dapat tercapai, dan apabila sisanya hanya 25 % tercapai maka yang 25% dapat ditindak lanjuti sebagaimana rencana tindak lanjut yang dibuat ketika perencanaan kesehatan disusun atau ketika suatu kegiatan kesehatan telah dilaksanakan sehingga hasilnya 100 dapat mewujudkan keadaan sehat badan, jiwa dan sosial yang memungkin setiap orang di Polewali Mandar dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Bila hal tersebut tidak dilakukan maka hanya kegagalan yang ditemukan.

Baca selengkapnya Narasi 2008 : Kejadian, Peristiwa dan Masalah Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2008.

———————————————————————

Daftar Tulisan yang terbit selama tahun 2008

——————————————————————————————

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatandi Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Pembangunan Kesehatan di Polewali Mandar Selama tahun 2008.

  1. Haris Istanto mengatakan:

    Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Wisata kepulau Bali”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan tolong dikomentarin yaaa. Makasiiih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: