Di Sulbar! Melanggar Protokol Kesehatan Covid19, Siap-Siaplah Menyanyikan Lagu Daerah

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Menyanyikan lagu daerah sebagai sanksi perorangan yang melanggar protokol kesehatan covid19 itu terdapat dalam Peraturan Gubernur Nomor 40 tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19. Berlaku sejak 31 Agustus 2020.

Sebagaimana biasa membaca peraturan perundang-undangan yang berhubungan kerja-kerja saya sebagai ASN (dulu PNS). Saya membacanya mulai dari menimbang, mengingat dan penetapan keputusan peraturannya, demikian saya membaca pergub ini yang terdiri 9 Bab dan 16 pasal. Sesuai nama ketetapan pergub ini, pertama yang ingin saya tahu adalah ” Apa itu pengertian penerapan disiplin dan penegakan hukum?:. Dan juga, ” Apa itu protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19. Dan, “Apa pengertian keseluruhan judul formal ketetapan pergub ini?. Sebagaimana peraturan perundangan lainnya yang saya baca, pengertian dari judul formal ketetapannya saya selalu mengajukan pertanyaan demikian, biasa ditemukan pada bagian dari ketentuan umum. Saya tidak menemukan, “Apa itu pengertian dari penerapan disiplin dan penegakan hukum?. Saya cuma menemukan pengertian protokol kesehatan covid19 yaitu disebutkan bahwa protokol kesehatan covid 19 adalah rangkaian kegiatan dalam rangka pencegahan penularan covid19 yang antara lain menjaga jarak, menggunakan masker saat berada diluar rumah dan mencuci tangan memakai sabun pada air yang mengalir.

Saya baca dan nyimak tujuan pergub ini sebagaimana yang disebutkan pasal 3 bertujuan untuk 1) meningkatkan penerapan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan covid 19. 2) memberikan perlindungan dari penyebaran dan penularan covid 19 dan 3) meningkatkan peran serta masyarakat dalam menekan penyebaran covid 19.

Dan Ruang lingkup peraturan gubernur ini membahas 1) protokol kesehatan 2) partisipasi masyarakat 3) monitoring dan evaluasi 4) pembinaan dan pengawasan 5) penerapan sanksi 6) sosialisasi dan partisipasi dan 7) pendanaan.

Saya baca terus pasal-pasalnya yang berjumlah 16. Dan yang menarik dan mengelitik adalah saya baca pasal Sanksi pelanggaran penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid19. Disebutkan pada pada pada pasal 13 ayat 2. “Bagi pelaku usaha, pengelola penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum. Akan dikenakan sanksi teguran lisan dan tertulis, kerja sosial denda administrasi berupa uang paling Rp 1.000.000 (bc. Satu juta) dan paling banyak Rp. 5.000.000.(bc. Lima juta). Tapi bagi sanksi perorangan disebutkan pada pasal 2.a.1.c. “Menyanyikan lagu Daerah”. Yaa. siap-siaplah menyanyikan lagu daerah bagi perorangan yang melanggar penerapan protokol kesehatan. Saya bayangkan orang-orang luar Sulbar yang melintas diwilayah peraturan ini kedapatan melanggar protokol kesehatan covid19 dikenakan sanksi menyanyikan lagu daerah Sulbar, “Adoo.. Saya tidak tahu pakk!? nyanyikan lagu daerah Sulbar”. Ungkap pelanggar.

Membaca secara keseluruhan dari pergub ini terasa hanya untuk menindak lanjuti kewajiban dari adanya instruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19. Masih perlu penerapan secara operasional agar peningkatan kasus corona 19 yang terus meningkat di wilayah Sulawesi Barat dapat ditekan sampai pada titik aman yang dinyatakan bukan lagi sebagai masalah kesehatan masyarakat dengan potensi mewabah. Sasarannya adalah mereka yang beresiko tertular covid19 dan mereka yang dapat menularkan Covid19, mereka mempunyai kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19, bila melanggar mereka mendapat sanksi dari peraturan Gubernur ini, namun demikian mereka yang beresiko juga mempunyai hak untuk diberikan perlindungan tertular maupun menularkan covid19.

***

Peraturan Gubernur Nomor 40 tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disiase 19. Silakan unduh

 –

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: