4 Tahun @arali2008 : Ber “Opini dari Fakta Empiris”

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Tidak terasa situs my blog @arali2008 telah berumur 4 tahun, tepatnya sesuai dengan data wordpress.com terdaftar  sebagai anggota pada tanggal 29 Februari 2008.

Tahun 2008 merupakan salah satu alasan dicantumkannya 2008 pada sub domain @arali2008 di wordpress.com.   Nama pemilik dan penulis blog situs ini adalah Arsad Rahim Ali (saya sendiri) dan kemudian di kemas dalam bentuk domain, diringkas menjadi “arali”, maka kemudian jadilah  my blog situs @arali2008.

opini dari fakta empiris

Opini dari Fakta Empiris adalah tagline dari my blog @arali2008. Terdiri dari kata-kata OPINI, FAKTA, EMPIRIS dan FAKTA EMPIRIS. Penulis mengambil istilah-istilah ini  karena beberapa alasan :

  1. Saya ingin ber”OPINI” (Bahasa Inggris =Opinion), beropini berarti saya mempunyai pemikiran —– pendapat, ide——- tersendiri untuk menggambarkan sesuatu yang saya lakukan ataupun sesuatu yang dilakukan oleh orang lain tetapi masih berhubungan dengan saya. Pendapat, Ide ataupun  pemikiran saya ini tidak bersifat spekulatif (tampa dasar) tapi berhubungan langsung dengan kegiatan yang sementara saya lakukan.
  2. Saya selalu berpikir berdasarkan  suatu peristiwa (fakta) yang kemudian saya mencoba melakukan  pengamatan (Observasi), penelusuran (investigasi) dan  beberapa hal yang kadang saya harus uji cobakan (eksperiment) yang kemudian menimbulkan kesan-kesan, ada penjelasan didalamnya, mencoba mengartikan, memberi pengertian dan akhirnya menjadi informasi (pengeTAHUan), lalu dirangkai dalam pemikiran ——-pendapat dan Ide—–yang sistematik dalam sebuah tulisan, sebagaimana yang ada dalam tulisan pada my blog situs @arali2008.
  3. Kata “EMPIRIS” Saya gunakan (Bahasa Yunani =Empeiria yang artinya pengalaman atau mencoba-coba) karena saya adalah seorang epidemiolog dibidang kesehatan——-setidaknya saya sedang belajar epidemiologi kesehatan——–seorang pegawai negeri pemerintah (PNS) yang bekerja sebagai seorang fungsional epidemiologi gizi dan kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Pengalaman dalam bekerja ditulis, diurai dalam bentuk kata-demi kata menjadi satu-dua-tiga  pernyataan hingga menjadi  sumber pengetahuan

Tulisan pertama saya adalah Hasil penyelidikan kasus JUMINO (Neurovibromatosis) ———-Baca Tulisan ini “Hasil penyelidikan Kasus JUMINO, Neurofibromatosis di Polewali Mandar” ———— sebagai awal dari penulis beropini berdasarkan fakta empiris bahwa di Polewali Mandar telah terjadi kasus neurovibromatosis bukan hanya seorang Jumino yang diberitakan besar-besar oleh harian “FAJAR” tetapi ada beberapa kasus lainnya  yang dapat mengindikasikan bahwa  ada induvidu-induvidu tertentu diwilayah Polewali Mandar telah terpapar zat  yang mengobrak-abrik kromoson 17 dan 22 penyebab Neurovibromatosis, “Zat apakah itu ?  hanya sebuah kalimat pertanyaan hipotesis, yang jelas sampai sekarang belum terjawab.

——————-Setelah satu tahun pasca operasi Bapak Jumino di RSU Regional Wahiddin Sudirohusodo  Makassar (seperti yang tertulis diatas). Bapak Jumino karena asmanya kambuh (selalu sesak napas) serta beberapa penyakit bawaannya mulai bermunculan, juga ada beberapa sisa infeksi  operasi (abses) terutama bagian perut,  akhirnya Bapak Jumino dipanggil Yang Maha Kuasa (meninggal dunia) pada tanggal 18 Juni 2009. Innalillahi Waiinnalillahi Rajiun. Selamat jalan semoga Yang Maha Kuasa membukakkan ampunannya dan kebahagian diakhirat. Almarhum pergi telah meninggal sejarah terbitnya blog ini. Sekali lagi semoga lapang dialam kubur dan bahagia di alam sana———————–

Sampai dengan tanggal 29 Februari  2012, Penulis  telah menerbitkan  215 tulisan dengan tulisan terakhir  sebelum ulang tahun ke my blog @arali2008 “mengundurkan diri” dari pengelolaan Jamkesmas-BOK, ——————Baca Tulisan ini “Mengundurkan diri” dari Pengelolaan Jamkesmas-BOK tahun 2012“—————–Suatu Fakta Empiris yang harus kuakui bahwa tiga alasan saya ungkapkan bila masih tetap digunakan sebagai tim pengelola JAMKESMAS-BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, dinyatakan sebagai pernyataan mengundurkan diri oleh tim penyusun SK Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar  tentang Tim Pengelola JAMKESMAS-BOK tahun 2012.

————-Sebagaimana tahun sebelumnya (2011) penulis penjabat sebagai  Koordinator verifikasi dan klaim  kegiatan Jamkesmas, Jampersal dan Bantuan Operasional Kesehatan. Pada tahun 2012 ini tidak dilibatkan lagi dalam kegiatan tersebut yang menurut alasan mereka penulis telah meminta mengundurkan diri (red: Bukan saya yang meminta) tapi penulis cuman menyarankan tiga alasan yang bila dapat dipenuhi jabatan itu siap untuk menerimanya kembali di tahun 2012. Namun ketiga Alasan tersebut yang membuat mereka mengatakan saya telah mengundurkan diri.—————-

Logo @arali2008

My Tag Line Blog Situs @arali2008 : Opini dari Fakta Empiris, Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia, sebagaimana dalam halaman depan (Home) my blog situs @arali2008, ditulis untuk dapat memberikan gambaran pembangunan kesehatan masyarakat di Kabupaten Polewali Mandar, juga ada beberapa tulisan yang dapat menjadi pedoman dalam menyelenggarakan program pembangunan kesehatan di tingkat layanan, penyelenggara maupun pengambilan kebijakan Kesehatan di kabupaten Polewali Mandar.

Logo @arali2008 memberikan pengertian tiga kata  yang berasal dari kata epidemiologi yaitu ”epi” kemudian ”demio” dan yang terakhir adalah kata ” logos” Epi dalam bahasa Yunani artinya “tentang” demikian juga kata demio dalam bahasa Yunani artinya “demos” atau masyarakat, sedang logos artinya ilmu.

Jadi keseluruhan arti kata epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat atau dalam skala kecil kelompok masyarakat. Gambar dua bekas kaki menunjukkan bahwa  secara simbolis gambar tersebut menunjukkan tugas utama seorang epidemiologi adalah mencari penyebab, dan yang namanya penyebab selalu meninggalkan bekas yang dapat ditelusuri secara empiris. Latar belakang hitam menunjukkan tantangan dalam mencari penyebab, namun selalu saja ada titik-titik terang membentuk sebuah garis terang untuk mendapatkan menjelaskan sebab-musebab dari bekas kaki tersebut.

Yang jelas tujuan pemilik dan penulis blog situs ini dalam menulis, hanya ingin mendokumentasikan apa yang telah kerjakan sebagai seorang PNS, sebagai seorang fungsional epidemiologi gizi dan kesehatan yang bekerja secara mandiri, menjadi bagian dari perjalanan hidup seorang Suami dari Istri (Andi Wiwiriani) dan Ayah dari 4 anak (Aflah Syafi Rahmatullah, Muhammada Qalby Al Arsad, Atifah Putri Dalle dan Husnul Khatimah)  yang terungkap dalam tulisan “KELUARGA PENULIS”.

Bahkan dari my blog situs @arali2008 ini juga, saya dapat merangkai sepenggal catatan-catatan kecil yang nyaris hilang tentang Silsilah Keluarga menjadi jelas dari mana asal-muasal nenek moyong keluarga,  yang ternyata keberadaan saya di Sulawesi Selatan (Sebelum berpisah dengan Sulawesi Barat) dapat mengungkap hubungan penulis dengan sang istri tercinta, bisa dibaca pada tulisan “SILSILAH KELUARGA”

Blog @arali2008 disusun untuk memberikan gambaran pembangunan kesehatan di kabupaten Polewali Mandar propinsi Sulawesi Barat dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan atau tepatnya  OPINI DARI FAKTA EMPERIS SEPUTAR MASALAH EPIDEMIOLOGI GIZI DAN KESEHATAN yang merupakan refleksi dari pekerjaan penulis sebagai seorang fungsional epidemiologi kesehatan ahli yang bekerja secara MANDIRI dalam lingkup pemerintahan (cq. Dinas Kesehatan) Kabupaten  Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia,  tugas dan fungsi baca di. Tugas Pokok dan Fungsi Seorang Epidemiologi Kesehatan Ahli baca juga Pengetahuan dan Skill Seorang Epidemiolog.

Terima kasih kalau ada yang terinspirasi dengan tulisan-tulisan pada my blog situs @arali2008, baik yang terungkap maupun yang tidak terungkap. Mohon maaf juga jikalau ada dalam tulisan saya memunculkan anti pati atau merasa terganggu, karena sekali lagi ini hanya sebuah catatan dari perjalanan hidup seorang yang bekerja sebagai seorang fungsional epidemiologi yang bukan hanya mengungkap yang baik tetapi yang kurang baik juga terungkap tapi masih dalam batas-batas etika sosial yang dapat dipertanggung jawabkan.

Demikian dari  Blog situs @arali2008.  yang sudah  berusia 4 tahun semoga Anda mendapatkan pencerahan, dan apabila tidak mendapat pencerahan dari weblog ini,  kritik dan saran anda bisa ajukan pada setiap bagian komentar tulisan  yang ada dalam blog ini termasuk juga komentar dalam tulisan dibawah ini.

Hormat kami

BLOGGER @arali2008

Salam untuk semua,  terima kasih.

Identitas penulis baca di :

Autobiografi Penulis. Penulis Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971,  oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali.

Keluarga Penulis. AFI,ABI,IFA dan NUNU serta Istriku Tercinta adalah keluargaku, sengaja  ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga.

Kantor Penulis. DINAS KESEHATAN KAB. POLEWALI MANDAR PROPINSI SULWESI BARAT Alamat Jalan Andi Depu Nomor 2 Polewali Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998 Email : dinkespolewali@gmail.com

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: