Analisis Asumsi dan Resiko Terhadap Hasil Akhir Pelaksanaan RPJMD Tahun Kedua (2020) Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Telah dilakukan analisis asumsi dan resiko tercapai dan tidak tercapainya jumlah indikator pembangunan terhadap pengaruh dampak pandemi covid19 di Kabupaten Polewali Mandar.

Tujuan analisis ini adalah mengetahui gambaran akhir pencapaian target indikator propram dan pengaruhnya terhadap capaian target indikator sasaran dan tujuan pembangunan kabupaten Polewali Mandar tahun anggaran 2020.

Analisis dilakukan dari hasil pengumpulan data monitoring dan evaluasi pembangunan semester pertama tahun 2020 dari para pelaksana program pada 45 Perangkat Daerah lingkup pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Format yang digunakan adalah Asumsi dan Resiko capaian target tahun kedua Pelaksanaan RPJMD Kabupaten yaitu tahun kedua 2020 periode 2019-2024. Adalah menghitung jumlah 219 indikator program yang diasumsikan tercapai atau tidak tercapai jumlah.

Tanggung jawab Perangkat Daerah dalam mendukung capaian jumlah 6 indikator Tujuan (Goal) dan capaian jumlah 27 indikator Sasaran (Objetives).  Mewujudkan MISI dan capai VISI : POLEWALI MANDAR MAJU DAN RAKYAT SEJAHTERA sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019-2020. (Berdasarkan Tabel 6.3.2 RPJMD 2019-2024).

Asumsi dan Resiko yang disajikan akan menjadi dasar dalam penyesuaian capain target pada perubahan RKPD-APBD Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2020 dan RKPD tahun 2021 :

Hasilnya analisis asumsi atau perkiraan capai akhir tahun 2020 adalah

  1. Asumsi (Perkiraan Capain akhir tahun) terhadap 6 indikator target Tujuan  Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar yang harus dicapai tahun 2020 dapat diperlihatkan hanya sebesar 33.33 %  atau hanya 2 Indikator tujuan yang dicapai.
  2. Asumsi (Perkiraan Capain akhir tahun) terhadap 27 indikator target Sasaran Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar yang harus dicapai tahun 2020 dapat diperlihatkan hanya sebesar 48.15 %  atau hanya 13 Indikator sasaran yang dicapai.
  3. Asumsi (Perkiraan Capain akhir tahun) terhadap 219 indikator target program dengan Capaian indikator program Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar yang harus dicapai tahun 2020 dapat diperlihatkan hanya sebesar 63.47% atau 139 Indikator tujuan yang dicapai.

Asumsi dan Resiko Capaian Pembangunan olman 2020

Disimpulkan Hasil analisis sederhana terhadap data yang terkumpul dari 45 Perangkat Daerah menunjukan penurunan capaian sampai dengan sepertiganya jumlah indikator program. Hampir setengahnya pada jumlah indikator sasaran dan dua pertiganya pada jumlah indikator tujuan.

Pola dan kecendengan data hubungan capaian akhir dari capaian target program terhadap capaian sasaran dan tujuan pembangunan kabupaten Polewali Mandar tahun 2020 memberikan gambaran bahwa asumsi capaian program yang tidak tercapai berdampak pada capaian sasaran dan tujuan pembangunan target RPJMD tahun 2020.

Asumsi 2

Beberapa permasalasan yang terungkap dalam catatan asumsi dan resiko capaian indikator pembangunan sampai dengan akhir tahun 2020 adalah

  1. Adanya pembatalan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK)  berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-247/MK.07/2020 Tahun 2020 tentang PENGHENTIAN PROSES PENGADAAN BARANG/JASA DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) FISIK TA 2020, mengakibatkan target kinerja outcome program dan ouput kegiatan serta target keuangan Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar tidak dapat direalisasikan.
  2. Adanya Intruksi Menteri Dlaam Negeri Nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 Di Lingkungan Pemerintah Daerah. Dan Keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 177/KMK.07/2020. Pandemi covid19 yang mengakibatkan arah kebijakan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan  tidak lagi relevan.  Tidak dalam koridor prioritas yang telah ditetapkan. Demikian juga adanya kebijakan refocusing yaitu penundaan atau pembatalan  beberapa program dan kegiatan, dalam penanganan pandemic yang terjadi di Kabupaten Polewali Mandar.

Resiko (Dampak akhir tidak tercapai target akhir tahun). Bahwa kebijakan pembatalan alokasi dana DAK dan refocusing keuangan dalam pelaksanan program dan kegiatan. Berdampak pada pencapaian tujuan dan sasaran Pelaksanaan RKPD tahun 2020  yang secara garis besar berdampak pada :

  • Terhambatnya capaian dengan peningkatkan Taraf Hidup yang ditandai dengan kemungkinan penurunan IPM. Dan Penurunan Kualitas Sumber Daya Manusia yang ditandai dengan kemungkinan kenaikan angka kemiskinan
  • Turunnya Daya Saing Ekonomi dalam pemerataan dan kualitas yang ditandai dengan kemungkinan penurunan Presentase pertumbuhan Ekonomi
  • Penurunan kualitas Pembangunan Infrastruktur yang memungkinkan adanya penurunan indeks Infrastruktur

Demikian gambaran  hasil analisis asumsi dan resiko capaian akhir tahun. Dari target program terhadap capai target sasaran dan tujuan pembangunan Kabupaten Polewali Mandat. Dapat dimanfaatkan para pengambil kebijakan dalam merespon dampak pandemi covid19. Masih perlu kajian lebih lanjut pada tatanan operasional dampak covid19 pada masyarakat.

 ***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: