Draf Kelembagaan Baru Sekretariat DPRD Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008.— Ketika saya bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, saya ditugaskan oleh pimpinan untuk membuat draf Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, 9 tahun (bc. tahun 2008) struktur organisasi tersebut diberlakukan dan di tahun 2016 ini sesuai dengan amanat perundangan-undangan terbaru, di wajibkan kembali untuk merekonstruksi organisasi kelembagaan. Kali ini bukan struktur kelembagaan Dinas Kesehatan yang saya harus buat,  tetapi  ditunjuk bersama sekretaris DPRD dan staf dalam suatu tim kecil untuk menyusun draf struktur  kelembagaan Sekretariat DPRD Polewali Mandar.

Sekretariat DPRD adalah satu satu perangkat pemerintah daerah  merupakan unsur pelayanan administrasi dan pemberian dukungan terhadap tugas dan fungsi DPRD kabupaten/kota. DPRD itu sendiri adalah  lembaga perwakilan rakyat Daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah.  Demikian yang di penjelasan dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan penjabarannya dalam PP no 16 tahun 2016 tentang organisasi perangkat daerah, bagian sekretariat  DPRD Kabupaten/kota.

Sebagai unsur  pelayanan administrasi dan dukungan terhadap tugas dan fungsi DPRD, maka selayaknya struktur organisasi yang dibentuk dapat menggambarkan unsur tersebut. Struktur Organisasi yang sekarang perlu dirombak, dan disesuaikan dengan peraturan perundangan yang terbaru dan juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap kabupaten.

Struktur organisasi  sekretariat DPRD Polewali yang lama  terdiri dari 4 bagian dan masing-masing bagian terdiri dari dua sub bagian, dengan nama-nama bagian dan sub bagian belum mengambarkan secara maksimal fungsi pelayanan administrasi dan dukungan terhadap fungsi DPRD Polewali Mandar. Dibentuklah  Tim kecil  Sekretariat DPRD Polewali Mandar, untuk merancang susunan Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Polewali Mandar yang baru.

Dengan hasil validasi kesesuaian data dalam system informasi pemetaan urusan pemerintah dengan data dukung pemerintah daerah, Kementerian Dalam Negeri Repubilik Indonesia yang dilihat dari dua faktor yaitu

  1. faktor umum berisi indictor jumlah penduduk (513, 653 jiwa)  luas wilayah ( 2.022 km2) dan jumlah APBD (Rp. 1.315.81.708.924) yang ditunjang dengan data dukung Data Kependudukan tahun 2015, Polewali Dalam Angka bagian luas wilayah dan PERDA no 8 APBD Polewali Mandar Tahun 2015
  2. dan faktor tehnis yang berisi indicator jumlah anggota DPRD (45 anggota ) dan jumlah Fraksi DPRD ( 8 fraksi) dengan data dukung SK tentang pengankatan 45 angga DPRD dan SK penetapan Fraksi DPRD.

Hasil verifikasi data yang dilakukan maka skor urusan pemerintahan setelah dikalikan dengan factor kesulitan geografis di dapat skor 900,  dan tercatat masuk kategori type A.  dengan susunan organisasi  type Dinas  dengan 4 bagian dan masing-masing 3 seksi atau sub bagian.

Setidaknya ada tiga dasar utama dalam menyusun nama-nama struktur organisasi kelembagaan yaitu 1). tugas dan fungsi suatu lembaga, 2). ketersediaan sumber daya manusia dan 3). program dan kegiatan yang akan dilaksanakan serta 4) Penyediaan anggaran untuk setiap bagian dan sub bagiannya.

Hasil dari kerja tim kecil Sekretariat DPRD Polewali Mandar penjabaran dari type Dinas  dengan 4 bagian dan masing-masing 3 seksi atau sub bagian  sebagai berikutr

  1. Pimpinan dengan nama Sekretaris Dewan
  2. Bagian- Bagian
    • Bagian Umum dengan 3 sub bagian yaitu
      • Sub bagian Tata Usaha
      • Sub Bagian Humas dan Dokumentasi
      • Sub Bagian Protokol
    • Bagian Risalah dan Persidangan dengan 3 sub bagian yaitu
      • Sub Bagian risalah dan persidangan
      • Sub Bagian Hukum dan Perundang-undangan (Perda)
      • Sub Bagian Perpustakaan
    • Bagian Keuangan dengan 3 sub bagian yaitu
      • Sub Bagian Perencanaan program dan Anggaran
      • Sub Bagian Perbendaharaan
      • Sub Bagian Verifikasi, akuntasi dan pelaporan
    • Bagian reses, aspirasi dan Perlengkapan
      • Sub Bagian Reses
      • Sub Bagian Aspirasi
      • Sub Bagian Perlengkapan dan asset
  3. Jabatan Fungsional

Gambaran tugas dan fungsi dari struktur organisasi sekretariat DPRD Polewali Mandar adalah Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, dan menyediakan serta mengkoordinasikan, perangkat daerah dan  tenaga ahli yang di perlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah untuk melaksanakan fungsinya.

Dalam RKA/DPA Sekretariat DPRD hanya ada satu program yang dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Polewali Mandat yaitu Program peningkatan Kapasitas Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah satu-satunya ini di jabarkan dalam 6 Kegiatan  yang secara singkat dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Kegiatan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah. Kajian akademik dan naskah akademik serta kunjungan pansus ke luar daerah termasuk penggunakan tenaga ahli untuk pembahasan rancangan Peraturan Daerah adalah uraian-uraian  dalam kegiatan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah ini, Output dari kegiatan ini adalah draf Rancangan Peraturan Daerah.
  2. Kegiatan Rapat-Rapat Alat Kelengkapan Dewan. Kegiatan rapat-rapat Alat Kelengkapan Dewan, dilakukan di luar daerah diantaranya luar wilayah Sulawesi selatan, Sulawesi Barat dan luar wilayah Sulawesi selatan dan Barat. Rapat-rapat yang dilakukan dalam daerah adalah rapat-rapat yang dilakukan di kecamatan  atau desa sehubungan dengan  keterlibatan tidak langsung Tokoh-tokoh Masyarakat  dalam masalah –masalah yang ada disetiap kelengkapan dewan, meliputi : 1) Badan Musyawarah 2) Badan Anggaran 3) Badan Legislasi 4) Badan Kehormatan Dan 5) Komisi-komisi
  3. Kegiatan Rapat-Rapat Paripurna. Adalah kegiatan rapat paripurna penetapan peraturan daerah yang telah dibahas pada kelengkapan dewan yang melibatkan eksekutif, yudikatif dan  stakeholder lainnya.
  4. Kegiatan Reses.  Reses atau Masa Reses adalah masa di mana DPRD melakukan kegiatan di luar masa sidang terutama di luar gedung DPRD. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok.
  5. Kegiatan kunjungan kerja  DPRD dalam Daerah. Kegiatan kunjungan kerja dilakukan oleh pimpinan dan anggota Dewan dalam hubungan dengan program-program yang dilaksanakan oleh SKPD (bc. Eksekutif) di kecamatan dan Desa yang secara politik berhubungan dengan fungsi DPRD sebagai Fungsi Pengawasan, Fungsi Membuat Perda dan Fungsi Anggaran.
  6. Kegiatan peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD. Kegiatan peningkatan kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD  adalah kegiatan  Kaji Banding atau konsultansi luar daerah dan kegiatan-kegiatan kursus, pelatihan, sosialisasi dan Bimbingan Tehnis, agar pimpinan dan setiap anggota DPRD dapat memiliki kapasitas yang memadai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya  selama masa periode jabatannya sebagai Anggota DPRD.

Pada struktur organisasi sekretraiat DPRD Polewali Mandar ini, bagian Umum diarahkan untuk melaksanakan fungsi pelayanan keadministrasian Sekretariat DPRD, Bagian Risalah dan Persidangan diarahkan untuk mendukung pelaksanaan fungsi Membuat Peraturan Daerah. Bagian Keuangan diarahkan mendukung pelaksanaan fungsi anggaran.  Bagian reses, aspirasi dan Perlengkapan diarahkan untuk mendukung pelaksanaan fungsi pengawasan.

Itulah draf terbaru struktur kelembagaan organisasi Sekretariat DPRD Polewali Mandar, salah satu kontribusi saya terhadap lembaga yang saya tempati sekarang, semoga draf struktur organisasi kelembagaan Sekretariat DPRD Polewali Mandar dapat juga dijalankan sebagai Draf Struktur Organisasi Kelembagaan Dinas Kesehatan Polewali Mandar yang penulis buat di tahun 2008, telah diberlaku selama 9 tahun.

Informasi Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Polewali Mandar yang lama.

Sedikit informasi draf Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang saya buat di tahun 2008, hanya satu unit yang tidak di fungsikan yaitu UPT penunjang Dinas Data dan Sistem Informasi Kesehatan, sempat diberlakukan satu tahun, karena pejabat yang dilantik sebagai Kepala UPTnya, enggan melaksanakan tugas dengan alasan bukan keahliannya (bc. seorang camat yang dimutasi untuk jabatan ini).

Dasar pembuatan struktur organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tersebut  adalah  penjabaran  Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah. Kemudian berdasarkan keputusan menteri kesehatan nomor 267 tahun 2008 tentang pedoman tehnis pengorganisasian dinas kesehatan daerah.

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bersama DPRD Polewali Mandar mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2008 tentang Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kesehatan. Dalam Peraturan daerah ini terdapat Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Data dan Sistem Informasi Kesehatan, sebagai UPT Dinas Kesehatan. Namun disayangkan pada tahun 2010. UPT data dan SIK Dinas Kesehatan Polewali Mandar, dibekukan sendiri oleh Pemerintah Daerah Polewali Mandar dengan alasan, ketersediaan  sumber daya yang belum memadai untuk mengembangkan Sistem Informasi Kesehatannya dan belum dianggap penting oleh pengambil kebijakan  pemerintah kabupaten Polewali Mandar, padahal fungsi utama UPT ini adalah mengendalikan proses pembangunan kesehatan melalui data dan sistem informasi kesehatan yang dikembangkan, agar selalu berada dalam Sistem Pembangunan Kesehatan Nasional.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: