Gambaran Kesehatan Calon Haji Polewali Mandar Tahun 2009.

60,9% Jamaah Calon Haji 2009  Polewali Mandar Menderita SakitPolewali Mandar Sulawesi Barat,– Gambaran Kesehatan Calon Haji Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2009 ditulis dengan tujuan untuk mengetahui  gambaran kesehatan calon haji atau tepatnya status kesehatan calon haji Polewali Mandar yang akan  menunaikan Ibadah Haji di Arab Saudi, juga ditulis dengan maksud  sebagai bahan kajian  untuk pengelolaan program kesehatan haji  yang sementara menunaikan  ibadah haji dan upaya pelaksanaan  peningkatan kesehatan haji Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar ditahun-tahun mendatang.

Metode  yang dilakukan dengan cara analisis frekwensi dan distribusi  dari 501 calon haji Polewali Mandar yang telah diperiksa kesehatanya oleh tim Kesehatan Haji Kabupaten Polewali  Mandar yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan tahap akhir atau pemeriksaan tindak lanjut yang telah dilakukan oleh Puskesmas dimana calon jamaah haji berdomisili, sebelum jamaah calon haji berangkat menunaikan ibadah haji.

Analisis dilakukan terhadap Jenis Kelamin (laki-laki dan perempuan),  Golongan Umur yang dimulai dari usia terendah  sampai dengan  usia tertinggi yang digolongkan  dalam empat  kategori yaitu golongan 18- 30 tahun, golongan umur  31-39 tahun, golongan umur 40-64 tahun dan golongan umur 65 tahun keatas. Dan analisis frekwensi yang terakhir adalah status kesehatan yang dikategori  mempunyai penyakit dan tidak mempunyai penyakit (dalam keadaan sehat).  Calon jamaah haji yang  menderita penyakit dinyatakan juga sebagai jamaah dengan resiko tinggi (resti)  yang dapat menggangu ibadah haji.

Presentase Jenis Kelamin Jamaah Haji Polewali Mandar Tahun 2009Hasil analisis frekwensi jenis kelamin menunjukkan calon jamaah haji perempuan lebih banyak daripada calon jamaah haji laki-laki yaitu dari 501 Calon Haji Kabupaten Polewali Mandar,sebesar 72,1% atau 361 orang adalah Calon Haji Perempuan dan hanya 27,9 % atau 140 orang adalah Calon Haji laki-laki. Kebiasaan masyarakat Polewali Mandar yang mendahulukan wanita  daripada laki-laki untuk menunaikan haji adalah salah satu factor utama perbedaan ini.

Untuk Golongan Umur dari 501 Calon Haji Polewali Mandar  61,7% atau 309 orang  berada pada golongan umur 40-64 tahun. Ada 9,8 % atau 49 orang berada pada golongan umur diatas 65 tahun.  Dengan usia terendah adalah 18 tahun sebanyak 1 orang dan usia tertinggi adalah 83 tahun yaitu sebanyak 2 orang. Dari distribusi  golongan umur ini, dapat menunjukkan masyarakat Polewali  Mandar bahwa usia 40-64 tahun merupakan usia yang  dianggap  ideal untuk menunaikan ibadah haji, walaupun sedikit mulai terlihat ada 20 %  berada pada golongan usia 31-39 tahun, namun tidak terlalu besar pengaruhnya terhadap usia yang ideal (40-64 tahun)  untuk menunaikan ibadah haji.

Dan selanjutnya untuk status kesehatan, dimana calon haji yang mempunyai penyakit pada  2-4 minggu sebelum Slide2berangkat ditemukan ada 60,9 % atau  305 calon haji mempunyai Penyakit, hanya 39,1% (196 orang) tidak mempunyai penyakit  (dalam keadaan sehat) atau secara fisik  siap melaksanakan kegiatan ibadah haji hingga kembali ke Polewali Mandar.  Secara tidak langsung jamaah haji yang sehat ini menanggung beban terhadap jamaah yang lain yang menderita penyakit yaitu satu jamaah menanggung beban dua jamaah yang menderita penyakit. Dari 305 calon haji, penyakit  hipertensi (tekanan darah tinggi) berada pada urutan pertama yaitu sebesar 44,9 %  atau diderita sebanyak  137 calon haji kabupaten Polewali Mandar, Dan selanjutnya secara berturut-turut ditemukan penyakit pada calon haji yaitu Dyspepsia (gangguan mkan/pencernaan), Diabetes Millitus (DM=kadar gula darah tinggi), Hipotensi (Tekanan Darah Rendah), senility (Lemah karena Usia Uzur), hiperkolesterol (Kadar Kolesterol darah yang tinggi), gastric (peradangan pada lambung), semuanya  ada 21 penyakit terdistribusi pada 305 jamaah calon haji  yang menderita penyakit (lihat gambar).

Tingginya penyakit hipertensi dikarena calon jamaah haji  sebagian besar berada pada usia 40 tahun keatas, artinya tekanan darah umumnya meningkat seiring dengan meningkatnya usia, karena calon jamaah  yang menderita penyakit dinyatakan sebagai resiko tinggi yang dapat mengganggu ibadah haji maka penderita hipertensi  harusnya dapat ditangani dengan serius karena  berkaitan erat dengan  terjadinya penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal  yang secara keseluruhan tentunya  dapat mengganggu ibadah haji. Secara umum nilai normal tekanan darah bagi orang dewasa adalah 120/80 mm Hg, apabila seseorang tekanan darahnya telah melebih 140/90 mm Hg, maka orang tersebut telah menderita hipertensi.

Penyakit Yang diderita Jamaah Haji Polewali Mandar tahun 2009Dyspepsia (gangguan makan/pencernaan), Diabetes Millitus (DM=kadar gula darah tinggi), Hipotensi (Tekanan Darah Rendah), senility (Lemah karena Usia Uzur), hiperkolesterol (Kadar Kolesterol darah yang tinggi), gastric (peradangan pada lambung) adalah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan  status gizi (masalah gizi atau penyakit degeneratif) terutama kebiasaan dan pola makan yang tidak seimbang. Konsumsi makanan yang kurang dan lebih dari kebutuhan merupakan kebiasaan dan pola makan yang tidak seimbang semua berkontribusi terhadap penyakit-penyakit pada calon haji Polewali Mandar tersebut.

Ibadah haji merupakan ibadah dalam rangka memenuhi rukun islam yang kelima yang pada hakekatnya adalah ibadah fisik spiritual yang terencana dan terprogram, oleh karena itu dalam melaksanakan  ibadah haji diperlukan kesiapan fisik, mental, social sejak ditanah air, diperjalanan, saat melaksanakan kegiatan ibadah hingga kembali ketanah air.

Ibadah fisik selama perjalanan spiritual ini merupakan factor yang memperberat badan jasmani sehingga dapat menimbulkan stress dan keadaan ini semakin berat bagi mereka yang kondisi fisik sudah menurun atau sakit (menderita penyakit). Dengan status gizi dan kesehatan yang baik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan adaptasi jamaah calon haji   dalam menghadapi stress selama  menunaikan ibadah haji.

Sepertinya jamaah calon haji belum menyadari pentingnya mempersiapakan status gizi dan kesehatan yang baik, sejak jamaah haji berniat untuk menunaikan ibadah haji. Gambaran kesehatan calon haji atau tepatnya status penyakit bawaan yang akan menyertai calon haji  Kabupaten Polewali Mandar dalam menunaikan Ibadah Haji di Arab Saudi, bukan saja akan  mengganggu calon jamaah dalam menunaikan ibadah tetapi juga memberikan gambaran bahwa calon jemaah haji yang akan berangkat kurang memperhatikan gizi dan kesehatannya, andaikan setiap calon haji sebulan atau dua bulan sebelum berangkat melakukan persiapan-persiapan  peningkatan kesehatan, penyakit hipertensi, dyspepsia dan penyakit lainnya yang bukan kronis dapat dicegah, paling tidak dapat ditekan. Namun demikian semoga penyakit-penyakit ini tidak menggangu calon haji dalam menunaikan ibadah, sebagaimana jamaah calon haji yang secara fisik dinyatakan sehat (tidak menderita penyakit) siap untuk menunaikan haji tahun 2009 ini.

Sebagai tindak lanjut bahan kajian  untuk pengelolaan program kesehatan haji  yang sementara menunaikan  ibadah haji dan upaya pelaksanaan  peningkatan kesehatan haji Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar ditahun-tahun mendatang. Maka disini yang paling berperan adalah disamping dokter  dan perawat untuk mengobati dan merawat  penyakit yang diderita tentunya juga adalah petugas gizi harus mulai merencanakan kebiasaan dan pola makan yang baik  setiap calon jamaah haji  yang telah berangkat maupun yang akan berangkat dalam menunaikan ibadah haji.

—————————————————

Baca Juga tulisan terkait

  1. Selamat Datang Para Haji Baru Polewali Mandar tahun 2010
  2. Pemeriksaan Kesehatan Calon Haji Langgar Aturan Menkes.
  3. Status Pelayanan RSUD Polewali Mandar.
  4. Mitos dan Kesehatan Masyarakat di Polewali Mandar
  5. Kemiskinan dan Perasaan Kemanusiaan
  6. Penyebab Penyakit Jiwa di Polewali Mandar
  7. Penyakit Mata di Polewali Mandar
  8. Bed Occupancy Rate (BOR) dan Pengembangan Rumah Sakit Di Propinsi Sulawesi Barat.
  9. Pelayanan Prima Mengutamakan Kebutuhan Klien

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

4 Responses to Gambaran Kesehatan Calon Haji Polewali Mandar Tahun 2009.

  1. Patti Hasper mengatakan:

    Dude, gimme more!

  2. Klocki Lego mengatakan:

    I recently came across your web site and have been reading along. I thought I would leave my very first comment. Nice blog. I will keep visiting this website very frequently.

  3. Moises Creasy mengatakan:

    considerable post you occupy

  4. Pasang Iklan mengatakan:

    pada bulan haji seperti ini.
    negara yang paling ramai dikunjungi adalah negara arab saudi sana
    dimana kiblat umat islam berada disana, yaitu ka’bah.

    bnyak umat islam yang mampu menjalankan rukun islam yang ke 5 ini.
    dilihat dari segi peningkatan pelayanan pada umat haji asal Indonesia,
    tahun ini pelayanan yang dirasakan umat islam asal indonesia meningkat.
    soal konsumsi serta penginapan yang mereka tempati sudah cukup standart,
    walaupun masih banyak kekurangannya.
    kekurangan ini kita bisa wajarkan, karena panitia masih saja terus membenahi pelayanan yang mereka layani.

    semoga saja tahun depan pelayanan haji yang akan diberikan oleh pemerintah bisa lebih membaik lagi.
    apalagi kabarnya ongkos naik haji tahun depan akan dinaikan.
    ini dikarenakan penginapan yang akan ditemapati oleh para jama’ah asal indonesia berada lebih dekat.

    semoga para jema’ah yang melaksanakan haji tahun ini dihadikan haji yang mabrur dan selamat sampai kembali ke Indonesia.

    Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: