Bedah Anggaran Kesehatan APBD Polman 2008-2009

Polewali Mandar Sulawesi Berat— Mustahil mengharapkan anggaran kesehatan 15 % dan anggaran pendidikan 20 % dari ABPD  Kabupaten Polewali Mandar tahun 2009, karena sebagian besar anggaran APBD Kabupaten Polewali Mandar yaitu 63 % atau 301 milyar dari 475 milyar proyeksi anggaran tahun 2009 diperuntukkan untuk belanja tidak langsung, sisanya 174 milyar hanya untuk belanja langsung. Yang mungkin bisa adalah 15 % dan 20 % dari anggaran belanja langsung, Demikian beberapa hasil workshop prospek APBD 2008 dan RAPBD 2009 Kab. Polewali Mandar menuju Pro Poor Budgeting dalam Konteks penerapan MDG’ di hotel Ratih Polewali Selasa 14 Oktober 2008.

Workshop ini diselenggarakan oleh Jaringan Jurnalistik MDG’s (JJM) dengan forum Komunikasi Praktisi Media Nasional (FKPMN), dan Duta Besar PBB untuk MDG’s dengan peserta anggota legislatif, eksekutif, media, LSM, Akademisi, Swasta dan toko masyarakat wilayah kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat, saya sindiri diundang sebagai peserta mewakili bagian pada kantor Pencegahan dan Pemberantasan penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar.

Ada tiga opsi untuk dapat mencapai anggaran pendidikan 20 % dan Anggaran Kesehatan 15% sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 45. Pertama Belanja tidak langsung gaji dikembalikan ke Pusat dalam pengertian tidak masuk dalam bantang tubuh DAU ABPD atau ditanggung langsung oleh Pemerintah Pusat sehinggga 100 % Anggaran DAU dapat diperuntukkan untuk belanja langsung dan 85 %nya dapat diperuntukkan untuk belanja publik tapi apakah opsi pertama ini bisa, semuanya tergantung kebijakan pemerintah pusat yang tentunya masih membutuhkan kajian  terlebih dahulu.

Opsi Kedua adalah presentase tersebut diambil dari alokasi belanja langsung, sehingga kalau anggaran kesehatan dapat mencapai 15 % ditahun 2008, anggaran pendidikan masih harus dinaikan dari 11 % menjadi 20% seperti yang terlihat pada APBD 2008, untuk tahun anggran 2009 ini dapat dapat disepakati 20 % dan 15 % anggaran pendidikan dan kesehatan serta 85 %nya dari belanja langsung dapat diperuntukkan sebagai belanja publik. Jadi dengan anggaran belanja langsung sebesar 174 milyar maka anggaran kesehatan sekitar  26 miliyar dan anggaran pendidikan sekitar 35 milyar serta   sisanya 113 milyar dapat diperuntukan untuk anggaran dibidang pembangunan perekonomian. Memang sangat sedikit tapi inilah konsekwesnisnya bila kita telah sepakat ingin melaksanakan amanat UUD 45, yang terpenting adalah  anggaran belanja langsung tersebut 85 %nya dapat diperuntukan untuk  belanja publik atau belanja yang langsung berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat bukan sebaliknya belanja langsung presentase terbesarnya masuk pada belanja langsung aparat pemerintah.

Dan opsi yang Ketiga adalah Pencarian sumber-sumber pendapatan baru, tetapi yang ketiga ini sangat sulit diaplikasikan karena pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Polewali Mandar hanya berkisar 15-20 milyar pertahunnya. Sehingga peserta workshop hanya menyepakati opsi kedua.

Selanjutnya apakah opsi kedua ini dapat direaliasikan pada pengganggaran kabupaten Polewali Mandar tahun 2009, semua tergantung pada tiap-tiap kecerdasan penyusun anggaran baik pada setiap SKPD dan Pemda Kabupaten Polewali Mandar, dan yang terpenting harus terus dikawal oleh Jaringan Jurnalistik MDG’s (JJM) dengan forum Komunikasi Praktisi Media Nasional (FKPMN) agar apa yang dihasil dari workshop tidak menjadi seremonia belaka sebagaimana pertemuan lainnya yang tidak ada tindak lanjutnya.

—————————————————————–

Baca juga tulisan terkait :

  1. Dibalik Pengadaan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  2. Anggaran Operasional Kesehatan di Puskesmas dan Jaringannya
  3. Anggaran JAMKESMAS adalah Uangnya Orang Miskin
  4. Siap Di Fungsikan” Anggaran Jamkesmas Puskesmas di Polewali Mandar
  5. Musrenbang antara Kebutuhan, Keinginan dan Proses Perencanaan Program SKPD
  6. Standart Harga Alat Kesehatan Puskesmas tahun 2009
  7. Dana GF-ATM tersendat, Cakupan CDR TB-Paru turun dratis.

————————————————————————
Kenal  lebih jauh tentang situs blog ini :

Logo @arali2008Blog-situs dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di tingkat kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan Gambaran Hasil Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia.

Blog situs dari Blog ini adalah pengantar dari DAFTAR ISI blog @arali2008 atau dalam bahasa WEBnya adalah SITEMAP — peta situs —- adalah daftar tulisan (post) dan halaman (page) yang ada pada blog @arali2008. Daftar Tulisan (post) dan halaman (page) tersebut dapat ditunjukkan dibawah ini.

——————————–——————————————————–———————–—————————-

HOME

Home adalah halaman yang berisikan berbagai artikel atau tulisan yang baru diterbitkan atau yang telah terbit pada hari-hari sebelumnya, halaman Home ini juga menunjukkan sejauhmana blog @arali2008 terupdate, bisa per hari, per minggu atau perbulannya atau sama sekali tidak ter update. Halaman HOME ini terdistribusi pada kategori dan tag seperti yang terlihat pada sidebar. baca selengkapnya…….

PENGANTAR BLOG

Pengantar blog ditulis untuk memudahkan pengunjung mengerti tentang maksud dan tujuan penulisan artikel-artikel atau tulisan-tulisan yang ada dalam blog @arali2008 blog seorang profesional epidemiologi gizi dan kesehatan. ——Kata profesional disini ditujukkan hanya semata-mata ingin menyajikan yang terbaik kepada setiap pengunjung,——— baca selengkapnya …….

@arali2008

Arali2008 adalah Arsad Rahim Ali, Pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Ditahun 2008 —– tepatnya tanggal 29 Februari 2008——- mencoba bergabung dengan para Blogger WordPress.com. Seorang pemerhati Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia Bagian Tengah, Berupa Opini dari Fakta Empiris. Baca selengkapnya….

 

NARASI dari @arali2008

Narasi dari arali2008 adalah tulisan yang disusun secara kronologis, suatu cerita non fiksi —-berdasarkan data dan fakta empiris terhadap tulisan atau -artikel dari arali2008 selama setahun — merupakan refleksi pekerjaan penulis (saya) sebagai seorang yang bekerja secara MANDIRI sebagai seorang fungsional (Pemerhati) masalah epidemiologi gizi dan kesehatan ahli, baca Selengkapnya di halaman NARASI2008 dan NARASI2009

DOWNLOAD

Download di siapkan khusus bagi anda yang ingin membaca atau menggunakan beberapa hasil kajian penulis, pedoman-pedoman umum dari Depatemen Kesehatan RI, Hasil penelitian yang pernah penulis lakukan dan beberapa analisis lainnya yang sengaja kami ambil dari berbagai sumber. Baca selengkapnya……

Ke POLEWALI MANDAR

Karena banyak orang yang kesulitan untuk ke Polewali Mandar. Anda juga mungkin mau atau kesulitan ke Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat, Anda juga kesulitan dalam hal transportasi, berikut ini data-data yang Anda bisa ambil untuk memperlancar perjalanan Anda. Baca selengkapnya…….

My Award

My Award atau Award for @arali2008 adalah penghargaan, yang diberikan oleh orang-orang atau kelompok orang atau institusi kepada Blog @arali2008 yang menurut penilaian (review) blog dinilai layak sebagai alternatif dari media konvensional ataupun media online journalisme profesional, semua ada pada blog @arali2008. Baca Selengkapnya……

Autobiografi Penulis

Autobiografi Penulis adalah Riwayat Hidup Penulis yang Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971, oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali. Dan beberapa riwayat lainnya misalnya saja tentang silsilah keluarga @arali2008, dan keterangan lainnya tentang pendidikan formal dan non formal Baca Selengkapnya…….

Keluarga Penulis

Keluarga penulis adalah AFI,ABI, IFA dan NUNU serta Istriku Tercinta adalah halaman keluargaku, sengaja ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga. Baca Selengkapnya…….

Kantor Penulis

Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Dengan Alamat Kantor Jalan Haji Andi Depu Nomor 2 Polewali. Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998, kodepos 91313 Baca Selengkapnya………..

opini dari fakta empiris

———————–———-————-———–———–——

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: