Usulan Pembangunan RS Pratama Balanipa

Polewali Mandar Sulawesi Barat@arali2008.–  Bupati Polewali Mandar (Bpk. Ali Baal Masdar) memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Ibu drg. Nurwan Katta, MARS untuk membuat permohonan usulan pembangunan Rumah Sakit Pratama Balanipa. Melalui bagian perencanaan Dinas Kesehatan surat permohonanpun dibuat.  Oleh ibu Nurwan Katta yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur RSUD Polewali, terasa kurang lengkap permohonan usulan pembangunan rumah sakit  yang ditujuhkan kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia hanya sebuah lembar surat saja, diperlukan lampiran kajian pembangunan rumah sakit baru guna mendukung surat permohonan ini.

Bahwa dalam rangka pemerataan dan peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan kondisi keterbatasan penyebaran jumlah sarana pelayanan kesehatan masyarakat, dan masih tingginya angka kesakitan serta tingginya angka kematian ibu dan anak yang memerlukan perhatian dan peningkatan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat.

Berdasarkan hasil kajian pengembangan Rumah Sakit di Polewali Mandar  diantaranya Pelayanan kesehatan di RSUD Polewali menunjukkan bahwa  RSU Polewali  belum dapat memberikan Pelayanan Rumah Sakit secara paripurna (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) bagi setiap pasiennya yang membutuhkan rawat inap, merupakan satu alasan terpenting perlu dibangunkannya Rumah Sakit Baru di Polewali Mandar, terutama wilayah Balanipa yang akan dikembangkan menjadi  satu Daerah Otonomi Baru di Propinsi Sulawesi Barat.

Dengan dasar pertimbangan sebagaimana tersebut diatas, maka dengan ini kami usulkan rencana pengembangan/ pembangunan Rumah Sakit Baru  sebagai Rumah Sakit Pratama melalui Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Bidang Kesehatan Tahun Anggaran  2013. Guna mendukung surat  permohonan kami lampirkan pula hasil kajian pengembangan Rumah Sakit di Wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan bilamana diterima maka kami akan segera menyiapkan proposal beserta data-data pendukung lainnya. Demikian disampaikan atas perhatian dan bantuannya diucapkan terima kasih.

Adalah draf surat  penyempurnaan yang dilakukan oleh penulis sebagai pengantar permohonan usulan pembangunan rumah sakit pratama Balanipa. Lampirannya berupa kajian, ditulis berdasarkan Undang-Undang nomor 44 tahun  2012 tentang rumah sakit pasal 9 disebutkan  “Hasil kajian  kebutuhan penyelenggaran Rumah Sakit harus didasarkan pada study kelayakan dengan menggunakan prinsip pemerataan pelayanan, efesiensi dan efektifitas serta demografi “

Propinsi Sulawesi Barat terbentuk berdasarkan UU no 26 tahun 2004 tentang pembentukan Propinsi Sulawesi Barat, yang terdiri dari 5 Kabupaten. merupakan Propinsi  yang dikenal dengan  tujuh aliran sungai, mempunyai wilayah daratan  rendah yang luas dan subur  serta  wilayah pegunungan yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA)yang belum terolah.

Polewali Mandar adalah salah satu Kabupaten di Sulawesi Barat mempunyai luas 2.022.30 km2  berada diwilayah selatan propinsi Sulawesi Barat yang berbatasan langsung dengan kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan, sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Mamasa dan Mamuju serta sebelah  barat berbatasan dengan Kabupaten Majene. Masyarakatnya terdiri dari berbagai etnik (Mandar, Jawa, Bugis, Pattae, Makassar, Mamasa dll). dengan jumlah keseluruhan (jumlah penduduk tahun 2012 ) sebanyak 409.648 jiwa dengan  anggota keluarga miskin sebanyak 138.913 jiwa ( + 30%).

Presentase keluarga miskin yang cukup besar inilah yang menjadi masalah utama  dalam pembangunan  daerah diwilayah ini. Kemandirian masyarakat terutama keluarga miskin untuk mencapai kesejahteraan  sebagai tujuan  akhir dari pembangunan masih sangat tertinggal walaupun dibandingkan dengan 4 kabupaten lainnya di Propinsi Sulawsei Barat, Kabupaten ini masih merupakan  yang terbaik.

     Salah satu masalah kemandirian masyarakat untuk mencapai kesejahteraan adalah kemandirian sehat yang masih sangat jauh dari yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari salah satu indikator kesehatan yaitu akses terhadap sarana pelayanan kesehatan rujukan. Status Rumah Sakit Umum Daerah Polewali yang letaknya sangat strategis sebagai pusat rujukan pasien  antar Kabupaten di wilayah Propinsi Sulawesi Barat merupakan pusat rujukan sebelum dirujuk ke Rumah Sakit diwilayah Makassar Propinsi Sulawesi Selatan.

Data kesakitan dan kematian di RUSD Polewali  menunjukkan bahwa Angka kematian (diatas 46  per 1000 pasien ) dan kesakitan (bertambah 25 % pertahunnya) terhadap kunjungan pasien rawat jalan dan inap, serta  hubungan antara Pemanfaatan Tempat Tidur (BOR= 74.%), Rerata Perawatan (ALOS= 5 hari) dan Interval tempat tidur yang tidak digunakan (TOI = 2 hari ), merupakan masalah di RSUD Polewali tahun 2012. Penyebab masalah ini  sedikit demi sedikit telah dikurangi dengan  adanya peralatan medik dan penunjang serta sarana prasarana gedung, dan di tahun 2013 RSUD Polewali dengan SK Bupati telah dikembangkan menjadi RSUD dengan BLUD bertahap dengan biaya operasional sebesar Rp. 12 milyar.

 Solusi yang ditawarkan oleh pemerintah daerah untuk pengembangan Rumah Sakit yang dapat melayani masyarakat secara umum adalah Adanya Rumah Sakit Daerah Pratama  yang berkedudukan di wilayah Pambusang Kecamatan Balanipa yang mempunyai  sarana dan prasarana, termasuk standar operasional prosedurnya serta Sumber Daya Manusianya, menjadi Rumah Sakit Alternatif  pilihan masyarakat selain RSUD- BLUD Polewali  dalam pelayanan kesehatan.

Konsepnya Pembangunan Rumah Sakit Pratama Balanipa adalah

The CONCEPT

 Sesuai dengan Permenkes RI No. 920/Menkes/Per/XIII1986, maka perbandingan dengan luas tanah dengan luas lantai bangunan adalah 1,5 : 1,  untuk bangunan tidak bertingkat dan bertingkat.

 Lokasi rumah sakit yang akan dikembangkan  akan menempati lokasi  yang ada saat ini telah tersedia dan berada di Polewali Mandar  yaitu Wilayah Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar dengan luas 20.000 M2 (2 Hektar ),  lokasi yang cukup luas disediakan dengan pertimbangan  untuk tetap  menyediakan  ruang terbuka hijau serta untuk meningkatkan kenyamanan ruang maka pengembangan juga diarahkan secara vertikal.

 Rumah Sakit Pratama yang akan dikembangkan adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan spesialis dasar  yang akan memberikan pelayanan kelas 3 atau setara untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan gawat darurat, pelayanan rawat jalan, dan rawat inap serta pelayanan penunjang lainnya.

 Tujuan

Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Polewali Mandar Sulawesi Barat bertujuan yang menjamin ketersediaan sarana pelayanan kesehatan  yang bermutu, serta meningkatkan akses dan cakupan pelayanan kesehatan pada masyarakat, terutama wilayah Balanipa yang akan dikembangkan menjadi  satu Daerah Otonomi Baru di Propinsi Sulawesi Barat.

Nama

Rumah Sakit Pratama Balanipa Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat

Design Concept

Rumah Sakit Pratama dengan Pelayanan Paripurna 30 Tempat Tidur Kab. Polewali Mandar   Propinsi Sulawesi Barat

Hubungan  Pemanfaatan Tempat Tidur (BOR), Rerata Perawatan (ALOS) dan Interval tempat tidur yang tidak digunakan (TOI).  Di RSU Polewali tahun 2012 menunjukan bahwa RSU Polewali tidak mampu memaksimalkan pemanfaatan/penggunaan tempat tidur (BOR rendah) untuk pelayanan perawatan (waktu perawatan kurang) tidak mengganggu interval penggunaan tempat tidur, disimpulkan RSUD Polewali lebih menekankan efisensi dari pada mutu Artinya sebagaimana yang diamanatkan UU Rumah Sakit nomor 44 tahun 2009  RSU Polewali  belum dapat memberikan Pelayanan Rumah Sakit secara paripurna (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) bagi setiap pasiennya yang membutuhkan rawat inap. Merupakan satu alasan terpenting perlu dibangunkannya Rumah Sakit Baru di Polewali Mandar.

Semoga pembangunan Rumah Sakit ini dapat terwujud, dan dengan sendirinya dapat membantu RSUD Polewali meningkatkan status kesehatan diwilayah Kabupaten Polewali Mandar khususnya dan Propinsi Sulawesi Barat pada umumnya.

SELENGKAPNYA : KAJIAN TENTANG PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PRATAMA BALANIPA DAPAT DI DOWNLOAD : Kajian perlunya adanya RS Pratama BALANIPA

Baca juga tulisan terkait

  1. Bisakah Rumah Sakit Swasta dibangun dan berkembang di Polewali Mandar ?
  2. Di Selasar Gedung RSUD Polewali Saya Berjalan.
  3. Pelayanan Kesehatan Gratis dan Peningkatan Pendapatan
  4. Benarkah membangun infrastruktur mempercepat pengentasan kemiskinan?

—————————————————————————–

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

4 Responses to Usulan Pembangunan RS Pratama Balanipa

  1. Budiawan Thanro mengatakan:

    Dear Pak Arsad,
    mohon info no hape Bapak…. saya mau kenalan lebih dekat dengan Bapak.
    Terima Kasih…

  2. Tambrauw mengatakan:

    Apakah anda bisa membantu kami dari Pemerintah KAbupaten Tambrauw untuk menyusun Proposal RSP Tambrauw?

  3. sari mengatakan:

    bisakah bapak kirimkan ke kami proposal usulan rumah sakit pratama dari peralatan yg diperlukan, konsep bangunan dsb yang terkait dengan pembangunan rumah sakit pratama,, karena rencananya kami membangun rumah sakit pratama tapi belum tahu konsep rumah sakit pratama.. terima kasih

    arali2008 menjawab
    saya kirim powerpoint yach via emailnya

  4. Gali mengatakan:

    terus menulis kawan, go-go-go

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: