Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Seksualitas Anak SMP

Polewali Mandar Sulawesi Barat.@arali2008— Tulisan ini sebenarnya diterbitkan bersamaan dengan hari  AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2010. Namun baru sekarang diterbitkan, judulnya berupa pesan pengetahuan Kesehatan Reproduksi Seksualitas  untuk Anak-Anak Remaja SMP termasuk juga anak-anak SMA. Sengaja di dibuat  judul ini karena sasaran impuk dari penularan AIDS adalah anak-anak SMP dan SMA dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab terhadap anak sebagai  penerus cita-cita bangsa. Judul ini juga untuk  membendung target kata kunci (Target Keyword) Anak Remaja SMP pada SEO (Search Engine Optimization) tepatnya mesin pencari Internet Misalnya Google dan Yahoo, yang apabila  menampilkan kata kunci Anak SMP, maka yang muncul diurutan pertama adalah  Anak SMP, dengan website yang berisi tampilan-tampilan yang hanya wajar dilihat oleh orang dewasa.

Jika Anda adalah anak SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan Juga anak SMA ( Sekolah Menengah Atas) atau orang tua dari mereka. Cobalah baca tulisan  ini dengan baik-baik, FAHAMI DENGAN BAIK DAN BENAR ORGAN REPRODUKSI SEKSUALITAS ANDA.

Alkisah !?“seorang remaja  yang baru saja jatuh cinta ala romeo dan juliet (Personal Factor). mencoba melakukan hubungan sex untuk pertamakali dan merasakan kenikmatan tampa ada perhatian keluarga (Faktor Penunjang), kemudian oleh temannya mengajaknya untuk melakukan yang kedua kalinya (Factor pencetus), ia kemudian  lebih intensif dan kuat untuk menikmati hidup barunya.”

Kisah tersebut sudah sangat banyak terjadi di zaman sekarang ini. Kisah tersebut seharusnya tidak boleh terjadi di Negara yang kita sebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ——- Negara  yang penduduknya taat beragama dan mempunyai budaya yang tinggi——- Kalau kita mempunyai sedikit saja pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi Seksualitas dan mampu menempatkan pada fungsinya, kasus tersebut bisa dicegah. Karena Jika anda setuju dengan kasus  tersebut  maka anda akan berakhir dengan gambar seperti dibawah ini

Sebelum terjadi. Wahai anak SMP dan SMA sebagai personal faktor, Orang Tua Anda  sebagai faktor penunjang dan Orang-orang disekitar Anda sebagai faktor pencetus, mengertilah seksualitas dari putra-putri generasi muda penerus cita-cita bangsa. Karena seksualitas itu adalah alat reproduksi. Gunakanlah sesuai dengan fungsinya. Tapi, Anda wahai anak SMP dan SMA tentunya belum tahu “apakah itu seksualitas sebagai alat reproduksi?”. Jangan sampai digunakan seperti kasus diatas. Anda wahai Anak SMP dan Juga SMA sebagai personal faktor. Anda harus mengerti kesehatan reproduksi seksualitas yang anda punyai.

Manusia adalah makhluk reproduksi, maka Anda adalah makhluk Seksual. Semua yang berhubungan dengan manusia sebagai makhluk seksual, baik dalam emosi, kepribadian dan sikap. Seksual artinya reproduksi, maka jagalah kesehatan reproduksi Anda, agar nantinya Anda punya status kelangsungan hidup yang baik,  itu loo ! …keturunan yang baik-baik.

Kesehatan reproduksi adalah kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi. Sehat tidak hanya bebas penyakit atau bebas dari kecatatan, namun juga sehat secara mental, sosial, dan cultural.

Intinya, wahai anak SMP dan SMA mengertilah seksualitas Anda. Kenalilah organ-organ reproduksi. Mengertilah Puberitas  dan masa remaja Anda. Dan Lakukanlah kenal-dikenal laki-laki dan perempuan (pacaran gitu loh!) dengan cara yang bertanggung jawab.

Bila Anda wahai Anak SMP dan SMA dengan jenis kelamin laki-laki, Fahamilah organ reproduksi  seksualitas Anda, pelajarilah dengan seksama bagian-bagiannya, karena setiap bagian mempunyai fungsi yang saling kait mengait dalam satu kesatuan alat reproduksi, untuk Anda gunakan kelak sebagai reproduksi turunan Anda—– Ingat ! bukan untuk fungsi yang lainnya misalnya hubungan seks bebas——– Inilah gambar alat reproduksi seksualitas Anda.

Ingat!

Hubungan Seks bukan untuk Anda,

Karena hubungan seks hanya berlaku

bagi mereka yang telah nikah.

Dan Bila Anda wahai anak SMP dan SMA dengan jenis Kelamin Perempuan. Sama seperti juga lelaki.  Fahamilah organ reproduksi seksualitas Anda, pelajarilah dengan seksama bagian-bagiannya, karena setiap bagian mempunyai fungsi yang saling kait mengait dalam satu kesatuan alat reproduksi, untuk Anda gunakan kelak untuk reproduksi turunan Anda—– Ingat ! bukan untuk fungsi yang lainnya misalnya hubungan seks bebas——–Inilah Gambar Alat Reproduksi Seksualitas Anda.

Setelah Anda Melihat  Gambar Alat Reproduksi Seksualitas Anda — baik laki maupun perempuan—Anda harus mengerti dengan benar apa itu Seks. Karena seks pada dasarnya adalah

  1. Jenis Kelamin Anda
  2. Reproduksi seksual  Anda
  3. Organ Seks  Anda
  4. Rangsangan  atau Gairah Seksual Anda
  5. Hubungan Seks bukan untuk Anda, Karena hubungan seks hanya berlaku bagi mereka yang telah nikah.

Ingat!  Sekali Lagi

Hubungan Seks bukan untuk Anda,

Karena hubungan seks hanya berlaku

bagi mereka yang telah nikah.

Dasar dari seks ini, wahai anak SMP dan SMA akan dimengerti ketika Anda mulai Puberitas, Jika Anda Perempuan wahai anak SMP dan SMA maka puberitas dimulai ketika anda  haid (menstruasi), itu artinya alat reproduksi anda  mulai berfungsi, Yakinlah bahwa Anda telah masuk pada masa puberitas.

Masuk pada masa puberitas artinya Anda telah jelas jenis kelaminya, telah jelas fungsi  reproduksi Anda,  telah jelas organ seks anda. Oleh karenanya Anda telah mempunyai rangsangan dan gairah hidup sebagai generasi muda penerus cita-cita bangsa.  Katakanlah ! “Saya Seorang Lelaki  Muda” —- suit-suiiiit gagahnya—- jikalau Anda Seorang Lelaki,  atau “Saya seorang Wanita Muda”, ——suit-suiiit cantiknya—— jikalau Anda seorang Wanita, Siap menerima tongkat estafet, Penerus Cita-Cita Bangsa.

Jika anda laki-laki wahai anak SMP dan SMA maka puberitas dimulai ketika Anda mengalami MIMPI BASAH yang menunjukkan organ reproduksi anda telah berfungsi, Anda lelaki sangat senang kalau melihat wanita cantik. Yakinlah bahwa Anda telah masuk pada masa puberitas.

Kalau sudah demikian maka Anda wahai anak SMP dan SMA laki-laki maupun perempuan, ingin selalu dekat-dekat, pacaran gitu loh! Ingin selalu mengenal-dikenal lawan jenis, sehingga ada kesepakatan untuk saling mengenal dan dikenal, pacaran gitu loh! Namanya. Maka pacaranlah dengan cara bertanggung jawab. Caranya

  1. Tidak melakukan hubungan seks artinya janganlah saling menghubungkan organ-organ kelamin anda. Karena itu adalah pekerjaan orang-orang yang sudah nikah.
  2. Tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Artinya janganlah jadikan pacaran dengan mengorbankan pekerjaan utama Anda dan Janganlah sampai orang tua anda kecewa dengan keadaan pacaran Anda.
  3. Saling menghormati dan menghargai tubuh dan perasaan pihak lain.

Karena konsekwensi pacaran yang tidak bertanggung jawab adalah Kehamilan yang tidak diinginkan (KTD). Karena ketika anda hamil atau menghamili maka akan berdampak pada Pertumbuhan fisik Anda yang sementara berlangsung maka akan terganggu, Keadaan Psikologis yang tidak siap untuk mengasuh/mendidik anak, dan  keadaan Sosial anda  yang putus sekolah dan selalu terkucilkan ( Kasihan kan…!?)

Konsekwensi lainnya jika Anda tidak hamil  adalah Anda sangat beresiko menderita Infeksi Menular Seksual (IMS)  yaitu infeksi yang menyerang organ seksual anda. Ingat ! Bersamaan dengan perubahan seksualitas, Anda harus menjaga  kebersihan dan kesehatan alat reproduksi  Anda, Itulah tugas Anda untuk menjaga status kelangsungan hidup di Dunia ini.

Hati-hati dengan pelecehan  seksual dan pemerkosaan, karena banyak orang yang tidak bermoral ——termasuk teman Anda Loh!—— yang akan selalu menggangu status reproduksi seksualitas Anda yang masih mekar-mekarnya —-seperti bunga mawar merah yang sementara mekar dan orang ingin selalu mau memetiknya —– Hati-hatilah dengan orang-orang tersebut walaupun itu adalah teman Anda. Caranya mencegah adalah :

  1. Tunjukkan sikap tegas terhadap segala bentuk pelecehan seksual
  2. Selalu bersikap waspada dan tidak memberikan peluang
  3. Jangan mudah menerima ajakan bepergian orang tak dikenal atau menginap ditempat yang belum dikenal
  4. Hindari berpergian sendiri, terutama pada malam hari ke tempat-tempat yang rawan
  5. Meminta pertolongan, misalnya berteriak, atau berusaha lari

Ingat ! Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Seksualitas ini Penting loh! untuk Kamu. Jadilah Anak SMP dan Anak SMA yang ceria dan sejahtera—— fisik, jiwa dan sosial, dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis——-. Mempunyai kemauan, kesadaran dan kemampuan untuk  siap  menerima tongkat estafet pembangunan bangsa dan kesejahteraan dari generasi tua.  Karena itulah yang diharapkan Generasi Tuamu. Orang Tuamu.

OK! Hati-hati yach? Anak remaja SMP juga Wahai Anak-Anak SMA. Thank You, Terima Kasih

Baca juga tulisan lainnya

  1. Mama aku mau mati…..!?
  2. Kematian Ibu dan Bayi terjadi disekitar Tenaga Kesehatan
  3. Kebutuhan Gizi Embrio dan Paradigma Baru Perbaikan Gizi Masyarakat
  4. Memaknai Kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia dan Investasi
  5. Mitos dan Kesehatan Masyarakat di Polewali Mandar
  6. Anak dan Hak Anak Memperoleh Pelayanan Kesehatan
  7. Kepedulian pada Persalinan Ibu Masih Sangat Rendah.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: