Rancangan Disiplin Protokol Kesehatan Covid19

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Telah dikeluarkan Peraturan Bupati Polewali Mandar nomor 32 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid19. Demikian Gubernur Sulawesi Barat telah juga mengeluarkan peraturan yang sama sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disiase19.

20200917_101730-1Dari tinjauan ilmu perilaku kesehatan pada dasarnya yang diinginkan dari peraturan tersebut adalah peningkatan disiplin dan penegakan hukum terhadap perubahan perilaku dari perilaku yang diinginkan yaitu adanya disiplin protokol kesehatan covid19.
Karena saat ini lagi masa sosialisasi peraturan sebelum dilakukan penegakan hukumnya, berikut saya membuat rancangan sederhana disiplin protokol kesehatan covid19 yang akan saya dan keluarga gunakan dan juga teman-teman sebagai bentuk partisipasi saya terhadap upaya pemerintah dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran covid19. Dengan menggunakan formula yang biasa digunakan dalam promosi kesehatan yangdiambil dalam ilmu Sosial Marketing yaitu 4P+C (Product, Place, Price, Promotion and Customers).
Product, yang dijabarkan dari Disiplin protokol kesehatan covid19 adalah Perilaku patuh dan tunduk pada protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid19, dan atau juga perilaku taat untuk tidak tertular dan menularkan covid19.
Place, dijabarkan pada tempat-tempat yang memungkinkan terjadinya penularan dan penyebaran covid19, Adalah
  1. Wilayah Klaster penderita Covid19,
  2. Tempat-tempat umum yang memungkinkan seseorang tertular dan menularkan covid19. Misalnya Rumah Sakit, Pasar dan tempat yang memungkinkan terjadinya penularan.
Data civid19 sulawesi barat
Customer, adalah mereka yang beresiko tertular dan menularkan covid19 baik induvidu atau kelompok usaha dan pengelola fasilitas umum untuk disiplin dalam Protokol Kesehatan covid19 atau dengan panduan disiplinnya meliputi ; “Jaga kontak dan Jaga Jarak. Pakai masker, cuci tangan. Dan memastikan diri bersih dan sehat serta memiliki daya tahan tubuh yang prima”.
Price, Biaya yang digunakan dalam penerapan disiplin protokol kesehatan adalah swadaya individu dan masyarakat dan biaya dari pemerintah.
Promotion atau sosialisasinya dirancang terhadap perubahan perilaku dari tidak disiplin protokol kesehatan covid19 menjadi disiplin protokol kesehatan covid19. Dirumuskan dengan Pesan promosi, “Terapkan disiplin protokol kesehatan covid19, Agar anda atau pelaku usaha-fasilias umum tidak dikenahkan sanksi hukum.”

“Terapkan disiplin protokol kesehatan covid19, Agar anda atau pelaku usaha-fasilias umum tidak dikenahkan sanksi hukum.”

Indiktor Keberhasilan, penting untuk menilai tingkat keberhasilan sosialisasi maka perlu dilakukan dengan survey cepat untuk mengetahui tingkat keberhasilan sosialisasi disiplin protokol kesehatan dengan menghitung jumlah orang yang disiplin pada Protokol Kesehatan covid19 dibagi dengan jumlah keseluruhan orang yang diberlakukan disiplin protokol kesehatan covid19 di kali 100.
Foto disiplin protokol kesehatan covid19
Hasil presentase survei disiplin protokol kesehatan covid19 setidaknya dapat memberikan tiga gambaran :
  1. Gambaran mereka yang dikenakan sanksi hukum
  2. Gambaran besarnya kemungkinan terjadinya penularan covid19
  3. Gambaran keberhasilan sosialisasi peraturan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan covid19.
Demikian rancangan Disiplin Protokol Kesehatan Covid19 dibuat untuk digunakan dalam menghadapi suasana pandemi covid19 atas diberlakukannya Instruksi Presiden RI peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan covid19.

 –

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

One Response to Rancangan Disiplin Protokol Kesehatan Covid19

  1. herbalidoc says:

    Tapi anehnya, sekaligus alhamdulillah juga karena sampai saat ini di wilayah desa / kelurahan, kecamatan, bahkan wilayah kabupaten tempat Saya tinggal belum ada kasus pasien yang positif covid-19. Mudah2an bencana wabah ini akan segera berakhir secepatnya, karena sudah banyak sekali dampak kerugian yang ditimbulkan semenjak adanya wabah ini, khususnya di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: