Selamat Jalan BKKBN Polewali Mandar

Selamat Jalan BKKBN Polewali MandarPolewali Mandar Sulawesi Barat.@arali2008— Pada tahun 2005 Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar di merger dengan BKKBN sebagai konsekwensi di dekonsentrasikan Badan Koordinasi  Keluarga  Berencana Nasional (BKKBN) oleh Pemerintah pusat dan lemahnya posisi strategis Dinas Kesehatan pada awal-awal desentralisasi atau otonomi daerah mulai diberlakukan.  Namun sangat disayangkan pada tahun 2008 sebagai konsekuensi dari penerapan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI ) Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, BKKBN Kabupaten Polewali Mandar harus dipisahkan lagi dengan Dinas Kesehatan. Demikian diungkapkan dr H Achmad Azis M.Kes Kepala  Dinas Kesehatan Keluarga Berencana Kabupaten Polewali Mandar (Pol-Man) di ruang kerjanya.

Dinas Kesehatan dan KB Sesuai SK Bupati nomor 14 tahun 2006 disebutkan bahwa kedudukan dari Dinas Kesehatan dan keluarga Berencana merupakan unsur pelaksaksana Pemerintah Kabupaten di bidang kesehatan dan keluarga berencana. Dinas dipimpin oleh seorang kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dua tahun merger pembangunan kesehatan dan keluarga berencana bergerak dengan cepat, menjadikan indikator Indonesia sehat sebagai target Kabupaten sehat, hal ini ditandai dengan diterimanya penghargaan dari Presiden Republik Indonesia “Manggala Karya Bakti Husada” sebagai penghargaan tertinggi dalam pembangunan kesehatan dan pengharggaan “Manggala Karya Kencana” sebagai penghargaan tertinggi dalam pembangunan keluarga berencana.

Perpisahan dua instansi yang sebelumnya dalam posisi yang lemah dan bergabung menjadi kekuatan besar guna mempercepat pembangunan kesehatan, kependudukan dan keluarga berencana, membuat masing-masing dinas harus merombak kembali visinya. Di mana visi sebelumnya adalah terwujudnya kemandirian sehat dan kemandirian keluarga pada masyarakat Polewali Mandar berdasarkan agama dan nilai-nilai budaya.

Makna dari Visi tersebut diatas adalah gambaran komitmen dari dinas kesehatan dan keluaraga berencana beserta seluruh jajarannya yang lebih mengupayakan kemandirian sehat dan kemandirian keluarga pada masyarakat dalam menangani persoalan kesehatan dan keluarga berencana sesuai dengan agama dan nilai-nilai budaya ‘Sipamandar’.

Di awal desentralisasi visi ini dibuat dan dirancang untuk dapat dicapai di tahun 2005, yaitu terwujudnya kemandirian sehat pada masyarakat Polewali Mandar berdasarkan agama dan nilai-nilai budaya.

Namun setelah di merger dengan BKKBN dan karena kompleksitas permasalahan kesehatan dan keluarga berencana yang dihadapi begitu besar dan rumit, maka sejak tahun 2006 kemandirian sehat ditambahan dengan kemandirian keluarga dan penentuan batas waktu dihilangkan. Namun demikian tidak dicantumkannya batas waktu ini tidak berarti berubah makna yang terkandung di dalamnya.

Demikian juga dengan penambahan kemandirian keluarga sebagai penyesuaian dari visi BKKBN pusat yaitu Seluruh Keluarga Ikut KB yang dapat diartikan adanya kemandirian keluarga untuk ber KB merupakan konsekwensi dari di mergernya Dinas Kesehatan dan BKKBN Kabupaten.

Entah alasan apa BKKBN harus bergabung dengan Pemberdayaan Perempuan, Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat menjadi satu Dinas, walaupun pada dasarnya masih sangat kuat untuk tetap menyatu. Yang jelas Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar mempunyai alasan tertentu yang dampaknya dapat kita lihat nanti.

Untuk Dinas Kesehatan yang akan berdiri sendiri setelah melewati masa-masa sulit diawal desentraslisasi sudah cukup kuat untuk bergerak sendiri, bahkan akan lebih cepat untuk mencapai indikator-indikator pembangunan kesehatan Nasional menjadi target yang harus dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar di tahun 2010, yaitu terwujudnya keadaan sehat jasmani, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap masyarakat Polewali Mandar hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Baca juga tulisan lainnya

  1. Up Date Data Dasar Puskesmas Batupanga Kecamatan Luyo
  2. Belum Ada Kesamaan Persepsi Struktur Dinas Kesehatan Polewali Mandar
  3. Selamat Hari Jadi Polewali Mandar ke 51
  4. Selamat Datang Para Haji Baru Polewali Mandar tahun 2010
  5. Dari Drama HKN’46; Keadaan Sosial Budaya Kesehatan Polewali Mandar
  6. Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni HKN ke 46 Polewali Mandar
  7. Puskesmas Pekkabata Kecamatan Polewali
  8. Sejarah Perkembangan dan Ruang Lingkup Ilmu Gizi
  9. Up Date Puskesmas Binuang
  10. Bed Occupancy Rate (BOR) dan Pengembangan Rumah Sakit Di Sulawesi Barat.
  11. Puskesmas Polewali
  12. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar tahun 2009
  13. Laporan Status Gizi dan Pemantauan Pertumbuhan Balita.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Identitas penulis baca di :

  • Autobiografi Penulis Penulis Lahir di Buton Sulawesi Tenggara, 19 Januari 1971,  oleh orang tua diberi nama Arsad Rahim Ali.
  • Keluarga Penulis AFI,ABI dan IFA serta Istriku Tercinta adalah keluargaku, sengaja  ditunjukkan disini karena inilah keluargaku, apa yang penulis tulis dalam blog ini merupakan bagian dari keluarga.
  • Kantor Penulis DINAS KESEHATAN KAB. POLEWALI MANDAR PROPINSI SULWESI BARAT Alamat Jalan Andi Depu Nomor 2 Polewali Telpon 0428-2410997 Fax 0428-2410998 Email : dinkespolewali@gmail.com

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: