Usulan Anggaran Tugas Pembantuan T. A 2015

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.   Pergi ke Mamuju ibu kota Provinsi Sulawesi Barat untuk melakukan finalisasi desk usulan anggaran tugas pembantuan tahun 2015, “Insya Allah, tahun 2015 Kabupaten Polewali Mandar akan membangun Rumah Sakit Pratama 50 Tempat Tidur” Jawaban penulis ketika rekan kerja di Bappeda Polewali Mandar menelepon penulis saat menjelang pemberangkatan,  “ sekarang berada dimana ?”.

opini dari fakta empiris

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan E-Planning Program dan Kegiatan Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tanngal 13-15 Maret 2014, di Mamuju, dimana beritanya penulis publikasikan di website Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar

Mamuju,.– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar drg. Hj. Nurwan Katta, MARS dan Bagian Perencanaan dan Pelaporannya sdr Arsad Rahim Ali, bersama dengan staf dan pimpinan dinkes kabupaten dan Rumah Sakit  se Propinsi Sulbar, mulai dari tanggal 13-15 Maret 2014 bertempat di Grand Mutiara Hotel dan Convention Mumuju, mengikuti Pertemuan E-Planning Program dan Kegiatan Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dan Narasumber dari dirjen BUK Kemenkes RI.

Dalam pertemuan ini dibahas ha-hal sebagai berikut

  1. Penjelasan dan penyusunan program dan kegiatan Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun anggaran 2015 melalui jaringan E_Planning
  2. Penjelasan dan realisasi program dan kegiatan fisik dan keuangan anggaran APBN Tugas Pembatuan dan Dana Alokasi Khusus  tahun anggaran 2013 melalui jaringan E_MONEV
  3. Penjelasan program dan kegiatan yang ada pada BUK Kemenkes RI yaitu Program dan kegiatan pelayanan kesehatan dasar, Rujukan dan alat kesehatan.

Output dari kegiatan ini adalah  Hasil Desk Rancangan program dan kegiatan BUK Kemenkes RI tahun Anggaran 2015 yang tertuangkan dalam lembaran yang telah disepakati pada Jaringan E-Planning of line tahun anggaran 2015.

lembar E-Monev dan E-Planning on line

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah pertemuan finalisasi dalam lembaran yang telah disepakati pada Jaringan E-Planning of line tahun anggaran 2015 tanggal 20 Maret 2014 menjadi E-Planning Online (dari gambar dari warna merah menjadi warna hijau) bersama lampirannya diantaranya Surat pengantar, Surat Keterangan, TOR, RAB, dan Data pendukung lainnya. Hasil dari kegiatan ini PAGU ANGGARAN INDIKATIF KESEHATAN Provinsi Sulawesi Barat cq BUK Kemenkes RI tahun 2015. (admin) 

sumber http://dinkes.polewalimandakab.go.id Pertemuan E_Planning Program dan Kegiatan BUK Kemenkes RI T-A 2015

Selanjutnya Pada tanggal 21 maret 2014 hari Jumat penulis selesai juga menyerahkan finalisasi usulan E-Planning-nya, ditujukkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat sebagai perpanjangan Pusat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,  dengan perihal surat Usulan Anggran Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2015, ditanda tangani oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (drg. Hj. Nurwan Katta, MARS) dan diketahui oleh Bupati Polewali Mandar (Andi Ibrahim Masdar).

Isi Surat sebagai berikut :

DASAR : Hasil pelaksanaan desk pada pertemuan Penyusunan Laporan  E-Planning Program Bina Upaya Kesehatan Tahun Anggaran 2015 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, tanggal 13-15 Maret 2015 di Mamuju. Telah dihasilkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Usulan Kegiatan Tahun Anggaran 2015 Program Bina Upaya Kesehatan, APBN-TP Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Bahwa Usulan hasil point (1) diatas adalah kegiatan yang sangat prioritas dalam pembangunan kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2015 dan tertuang dalam Renja tahun 2015 dan RPJMD Kabupaten Polewali Mandar tahun 2014-2019.

USULAN :  Usulan Paket Pengadaan Kegiatan Tahun Anggaran 2015 Program Bina Upaya Kesehatan, APBN-TP Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tersebut :

  1. Pembangunan Rumah Sakit Pratama 50 TT dengan uraian; Pembangunan Gedung RS Pratama 50 TT sebanyak 1 Unit, Paket Alat Kesehatan RS Pratama 50 TT sebanyak 1 Paket. Dan Ambulance Transport untuk RS Pratama 50 TT sebanyak 2 Unit
  2. Rehabilitasi Gedung Pelayanan (Puskesmas Rawat Inap) 4 Paket dilengkapi dengan Pengadaan alat kesehatan  berupa : Set peralatan laboratorium 4 set, Set peralatan perawatan 4 set Dan Set peralatan bedah minor dan gawat darurat 4 set
  3. Pengadaan Kendaraan khusus Mobil Puskesmas keliling 5 Paket

Demikian surat keterangan ini dibuat, atas perhatian dan bantuannya diucapkan terima kasih. Ditanda tangani oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar (drg. Hj. Nurwan Katta, MARS) dan diketahui oleh Bupati Polewali Mandar (Andi Ibrahim Masdar)

Isi berkas lampiran surat ini adalah

  1. Surat Keterangan Bupati Polewali Mandar yang menerangkan bahwa kegiatan yang diusulkan adalah prioritas dan biaya operasional dan pemeliharaan kegiatan-kegiatan pembangunan kesehatan akan ditanggung melalui dana APBD tiap tahunnya.
  2. Lembar E-Planning yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  3. Back up E-Planning of line yang nanti oleh DInas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat beserta dengan  Back up 6 Kabupaten Lainnya termasuk rumah sakit akan di E-Planning On Line menjadi usulan Propinsi.
  4. TOR (term of Refrenci)  masing-masing usulan yang berisi dasar-dasar peraturan, gambaran umum usulan, penerima manfaat, metode dan waktu pelaksanaan, sumber dan besarnya biaya.
  5. Lembar Hasil Desk  yang telah ditanda tangani oleh  Tim Desk Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat
  6. Lembar Berita Acara Hasil Desk yang  ditanda tangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar
  7. Data pendukung lainnya berupa data keadaan sarana kesehatan kabupaten Polewali Mandar tahun 2013

Usulan Anggaran Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2015  Program dan Kegiatan Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia via Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat, sebelum ditetapkan secara definitif terlebih dahulu akan berproses, yang secara garis besarnya melalui tiga tahap yaitu ditetapkan nilai PAGU Indikatifnya, PAGU Sementara dan PAGU Definitif  APBN -TP Anggaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015.

Semoga dapat terealisasi, demi pembangunan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar dan kelak hasilnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Polewali Mandar yang setinggi-tingginya.

Baca jugas tulisan terkait

  1. Usulan Pembangunan RS Pratama Balanipa
  2. Desk APBN-P tahun 2013 Paket Pengadaan Alat Kesehatan
  3. Perencanaan Kegiatan Program BOK Tahun 2014

————————————-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: