Ns. Budiyanto : Program Study Ilmu Keperawatan FK-UNHAS

Polewali Mandar Sulawesi Barat.– Informasi ini sebenarnya disampaikan oleh Nr Budianto, seorang pria Polewali Mandar  yang mengabdikan dirinya di FK-UH Program Study Keperawatan, melalui Komentar pada Halaman SiteMap blog @arali2008 dan sepertinya perlu saya jawab dalam bentuk postingan. Ada tiga hal yang saya perlu komentari, Pertama; terima kasih kalau blog saya menginspirasi  generasi muda Polewali Mandar untuk mengabdi dan menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya untuk kelak bisa di aplikasikan kepada masyarakat saat kembali ke kampung halamannya. Kedua; blog @arali2008 bukannya tidak menginformasikan  kegiatan STIKES BIGES Polewali Mandar, kemudian juga tentang  artikel tentang keperawatan  termasuk  beberapa informasi tentang profil Kepala Jaga+Perawat Jaga pada Ruang Rawat Inap Badan RSUD PoLewali, council( komite) keperawatan dan lain-lain sebagaimana yang disebutkan Adinda Nr Budiyanto. Blog saya ini hanya berisikan hal-hal yang berhubungan dengan aktifitas kedinasan saya, yaitu sebagai  fungsional epidemilogi gizi dan kesehatan seperti yang tersaji pada PENGANTAR blog ini. Dan tanggapan saya yang Ketiga adalah Saya sebagai Alummni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM-UNHAS), kuranglah bijak kalau saya mengabaikan almamaterku untuk tidak memposting  Informasi dari Ns. Budiyanto Tentang Program Study Ilmu Keperawatan FK-UNHAS, apalagi ketika Kuliah atau tepatnya KKN Profesi Kesehatan (mahasiswa kedokteran Umum, Kedokteran Gigi,  Keperawatan, kesehatan masyarakat,  dan MIPA-farmasi)  ——–saya merasa bagian dari mereka——– yang bertepatan dengan Dies Natalis UNHAS ke 50 tahun 2006, saya ditunjuk oleh teman-teman sebagai Koordinator Kabupaten pada KKN Tersebut untuk Kabupaten Takalar.

Selengkapnya Isi Suratnya —-komentarnya—- sebagai berikut

“Assalamu Alaikum Kanda, tulisannya sangat bagus dan menginspiratif kami ( genersi Muda Kesehatan) untuk mengabdi dan menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya untuk kelak bisa di aplikasikan kepada masyarakat saat kembali ke kampung halaman kita (Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat). Tapi (maaf sebelumnya) kenapa dalam artikel-artikelnya Kakanda tidak ada INFORMASIatau  ARTIKEL yang mengulas  tentang Profesi Ners ( Perawat ) misalnya seminar keperawatan, kegiatan Baksos  (Bakti Sosial) STIKES BIGES dan aktivitas Jurim (Juru Imunisasi) dan gimana profil Kepala Jaga+Perawat Jaga pada Ruang Rawat Inap Badan RSUD PoLewali, council( komite) keperawatan dan LINK-LINK yang bisa mengembangkan potensi SDM PERAWAT di Polewali, seperti : adakah Anggaran untuk pelatihan EMERGENCY NURSING ( untuk NERS ) BTCLS-BCLS untuk perawat ( D3 ) dan beasiswa untuk lanjut ke S1 Kep+Profesi NERS ( Ns ) sedangkan Kakanda punya LINK dengan UNHAS, dan di UNHAS ada PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN yang berada di FAKULTAS KEDOKTERAN. Demikian Jaya dan sejahteralah Selalu  POLMAN MALLA’BIQ..” Demikian komentar Ns. Budiyanto.

Nr Budiyanto juga mengirimkan Profil  Kampus Keperawatan yang Qualified versi BAN DIKTI dan International Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) sebagai berikut :

Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Pendahuluan. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (PSIK FK-UNHAS) mulai aktif diselenggarakan pada bulan Juli 2000 berdasarkan Surat Keputusan pendirian Program Studi nomor 236/DIKTI/Kep/1999. Pada akhir tahun 2005 telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 022/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2005, dan saat ini telah menghasilkan 667 lulusan Ners.

VISInya. PSIK FK-UNHAS menjadi pusat pendidikan tenaga keperawatan yang handal dalam pendidikan dan riset keperawatan dengan alumni yang mampu bersaing secara global

Tujuan Pendidikan. PSIK FK-UNHAS bertujuan untuk mendidik peserta didik agar mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam :

  1. Berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah secara ilmiah dengan sikap dan perilaku professional yang tangguh ditatanan pelayanan kesehatan, serta senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya.
  2. Melakukan penelitian untuk memfasilitasi terwujudnya pelayanan keperawatan berbasis evidence.
  3. Membantu penyesaian masalah kesehatan masyarakat, dengan memberikan pelayanan secara langsung, mandiri, dan bertanggung jawab kepada individu, keluarga, dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah dan etika keperawatan.
  4. Berperan secara aktif dalam mendidik dan melatih calon dan tenaga keperawatan dalam berbagai program pendidikan tenaga keperawatan dan tenaga kesehatan lainnya.
  5. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, terbuka untuk menerima perubahan dan senantiasa berorientasi ke masa depan

Sistem Pendidikan, terdiri dua tahap dalam satu paket yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, yaitu tahap  pertama Akademik, dengan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan  Tahap Kedua Profesi, dengan gelar Ners (Ns)

Kurikulum, dibagi berdasarkan program dan tahap pendidikan, yaitu: Program A (Reguler) Tahap Akademik: 144 SKS (8 semister). Tahap Profesi: 25 SKS (2 semister). Program B (Non Reguler) Tahap Akademik: 64 SKS (3 semister). Tahap Profesi: 25 SKS (2 semister)

Lahan Praktek Profesi Ners.  Setelah melalui program akademik, mahasiswa akan melalakukan praktek profesi di RS Dr. Wahidin Sudirohusodo, BPRS Labuang Baji, BPRS Dadi, RS Pelamonia, RS Ibnu Sina, RSIA St. Khadijah, BPRS Syech Yusuf, Panti Werda Gau Mabaji dan Puskesmas Jumpandang Baru

Daerah Binaan Puskesmas. PSIK FK UNHAS bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Universitas Hyogo Jepang membentuk daerah binaan PERKESMAS (Keperawatan Kesehatan Komunitas) di seluruh Kabupaten Sulawesi Selatan.

Pimpinan

  1. Dekan    : Prof. dr. Irawan Yusuf, Ph.D
  2. PD I       : Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, M.Sc, Sp. GK
  3. PD II      : Dr. dr. Irfan Idris, M.Kes
  4. PD III     : Prof. Dr. dr. Andi Asadul Islam, Sp. BS
  5. PD IV     : dr. Machmud Ghaznawie, Ph.D, Sp. PA
  6. Ketua Program  : Dr. dr. Ilhamjaya Patellongi, M.Kes
  7. Sekretaris Program : Dra. Werna Nontji, SKp.,M.Kep

 

Staf Pengajar. Staf pengajar terdiri dari dosen PSIK lulusan dalam dan luar negeri. Ditambah pengajar dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, serta staf pengajar dari Institusi Pendidikan Departemen Kesehatan.

opini dari fakta empiris

NERS REGULER

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI)

 

Program Ners Reguler. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) merupakan Fakultas Ilmu Keperawatan pertama di Indonesia, menyelenggarakan pendidikan keperawatan Strata-1 (Ners), Strata-2 dan Spesialis. Tujuan Pendidikan Ners, agar peserta didik mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap keperawatan profesional yang mampu:

  1. Melaksanakan profesi keperawatan secara akuntabel dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan Pancasila, khususnya pelayanan dan/atau asuhan keperawatan dasar sampai dengan tingkat kerumitan tertentu secara mandiri kepada individu, keluarga, dan komunitas berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan.
  2. Mengelola pelayanan keperawatan profesional tingkat rendah secara bertanggung jawab dan menunjukkan sikap kepemimpinan.
  3. Mengelola kegiatan penelitian keperawatan dasar dan terapan yang sederhana dan menggunakan hasil penelitian serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan/asuhan keperawatan.
  4. Berperan serta secara aktif dalam mendidik dan melatih calon perawat dan tenaga keperawatan, serta turut berperan dalan berbagai program pendidikan tenaga kesehatan lain.
  5. Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesional.
  6. Memelihara dan mengembangkan kepribadian serta sikap yang sesuai dengan etika keperawatan dalam melaksanakan profesinya.
  7. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, terbuka untuk menerima perubahan, serta berorientasi ke masa depan.

Program Pendidikan Sarjana Keperawatan terdiri dari 2 jalur, yaitu program reguler dan ekstensi. Program Reguler adalah jenis program pendidikan di FIK UI yang menerima mahasiswa melalui jalur PPKB atau SNMPTN, yang berasal dari lulusan SMU. Mahasiswa wajib mengikuti seluruh tahap program pendidikan Ners yang terdiri atas tahap akademik dan tahap profesi.

Tahap program akademik dijadwalkan dalam 8 semester dengan beban studi 144 sks untuk mata kuliah wajib ditambah minimal 2 sks mata kuliah pilihan. Sedangkan tahap profesi dijadwalkan selama kurang lebih 42 minggu dengan beban studi 25 sks. Setelah menyelesaikan tahap akademik, mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan berhak memperoleh gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Selanjutnya mahasiswa wajib melaksanakan Kepaniteraan yang merupakan persyaratan untuk mengikuti tahap profesi. Setelah mahasiswa menyelesaikan tahap profesi, mahasiswa akan diwisuda dan wajib mengikuti Angkat Sumpah serta berhak memperoleh gelar Ners (Ns.) dan akan diakui sebagai perawat profesional (Professional Nurse).

Program Ekstensi

Mahasiswa wajib mengikuti seluruh tahap Program Pendidikan Ners yaitu tahap Program Akademik dan Program Profesi. Pada tahap program akademik memiliki beban studi sebesar 72 sks untuk mata kuliah wajib ditambah dengan minimal 2 sks mata kuliah pilihan yang dijadwalkan dalam 4 semester. Sedangkan tahap profesi dijadwalkan kurang lebih 42 minggu dengan beban studi 25 sks. Setelah menyelesaikan tahap akademik, mahasiswa dapat mengikuti wisuda dan berhak memperoleh gelar Sarjana Keperwatan (S.Kep). Setelah mahasiswa menyelesaikan tahap Profesi, mahasiswa akan diwisuda dan wajib mengikuti Angkat Sumpah serta berhak memperoleh gelar Ners (Ns.) dan akan diakui sebagai perawat profesional (Professional Nurse).

Tempat dan Waktu Perkuliahan
Bertempat di kampus FIK UI Depok
Hari: Senin – Jum’at
Ekstensi Pagi : 08.00 – 15.00 WIB
Ekstensi Sore : 15.00 – 21.00 WIB

Persyaratan Masuk Program Sarjana Ekstensi

  1. Syarat umum sesuai UI
  2. Lulusan SMU/Aliyah Jurusan IPA/A1/A2
  3. Lulusan Akper/D-3 Keperawatan
  4. Pengalaman kerja minimal 1 (satu) tahun dalam bidang keperawatan
  5. Tidak buta warna

————————————————————————————————————–

Demikian Informasi dari Ns. Budiyanto Tentang komentar blog saya juga tentang Study Ilmu Keperawatan pada Fakultas Kedokteran UNHAS dan Universitas Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi generasi muda, penerus Cita-Cita Bangsa atau mereka yang telah bekerja/ tidak bekerja mempunyai pendidikan keperawatan Diploma Tiga, ingin melanjutkan pendidiknnya ke Jejang yang lebih tinggi, saya ucapkan salam dan terima kasih, semoga sukses selalu.

——————————————oooOOO000———-———————-—-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

49 Responses to Ns. Budiyanto : Program Study Ilmu Keperawatan FK-UNHAS

  1. Imelda says:

    Minta Contack person yg bisa di hub dong…
    ( no Hp ) tlg infokan jadwal pendaftarannya. Mksh

  2. umi says:

    Saya cari kontak yg bisa d hubungi tp tdk ad.. Ini alamatnya atau bukan ya ? http://unhas.ac.id/keperawatan/id/
    Boleh infokan k saya kontak pengelola S1 Keperawatan ?

  3. arali2008 menjawab
    bisa?! untuk mempermudah silakan hubungan bagian pengelola S1 Kperawatan

  4. umi says:

    Maaf mau tanya, saya lulusan D3 keperawatan poltekkes ternate tahun 2016 blm ad pengalaman kerja boleh lanjut S1 keperawatan d unhas ?

  5. Ayra says:

    assalamualaikum wr wb.
    maaf, mau tanya pak.
    apa bisa melanjutkan program profesi nersnya di Unhas tapi S.kep nya dari institusi lain?

  6. Farman says:

    Maaf pak…mau nanya apa bisa saya dari STIKES S1 Keperawatan Puangrimagalatung Sengkang semester 2 berencana pindah di S1 Keperawatan UNHAS.Apakah itu bisa atau tidak.klw bisa apa saya persyaratannya…thanks….

    arali2008 menjawab
    tidak bisa

  7. dahlan says:

    Assalamu alaikum, adik saya D3 keperawataningin ambil Tubel ke Unhas gimana carax, mah ksh

  8. Firaun says:

    mat malam, kapan umumkan hasil tes jalur kerjasama 2015?

  9. bernadeth jessi wahyuni says:

    sy dri D3 keperawatan dan belum pux pengalaman kerja ingin lnjut ke s1 dan ners di unhas untuk tahun 2015 , apakah bisa??? dan kalo bisa kapan bisa mulai mendaftarx?? trimaksih sebelumnya…

  10. roynal ribani says:

    mau nax k’ kapan pendaftaran s2 keperawatan unhas dibuka uk tahun 2015 ..???

  11. merlin timbang says:

    assalamualaikum da salam sejahtera.. saya mahasisiwa dari UNIVERSITAS KLABAT, sudah semester 7 .program S1 KEP. rencana mau lanjut NERS di unhas boleh nda?

  12. dadi hamdani says:

    saya lulusan S1 keperawatan, apakah ada program khusus bagi lulusan S1 kepewatan yang ingin melanjutkan ke S1 kedokteran umum?

  13. arya says:

    aslkum mas, saya senang dengan postingnya, dan bila mas punya salinan SK kemendikbud yang terbaru tentang pencantuman gelar profesi dan akademik untuk perawat S1,boleh dong saya minta? atas bantuannya saya ucapkan trimakasih banyak sebelumnya mas,

  14. Masyitah says:

    Untuk tahun ini pendaftarannya program ekstensi keperawatan sdh buka ka?

    arali2008
    Saya sekarang sibuk di Kabupaten, berita dan informasi tentang pendaftarannya program ekstensi keperawatan kurang saya pantau lagi

  15. tidak sepaket. S1 dulu diselesaikan sebagai sarjana ada wisudahnya, kemudian kalau mau dilanjutkan dengan program NERS, kalau sudah dapat diwisuda lagi.

  16. Ass saya mau tnya Kak, dri blog yg sya bca kka bhas ttng UI program ekstensi! Sya mau tau lbih lengkap lagi, oh ya ka sya lulusan D3kprwtan, sya udah pnya pnglaman kerja 1thun, S1+program nurse itu sepaket ka? Atau gmna? Mohon infonyaa

  17. Alfin N says:

    Assalamualaikum…
    mau nanya,di UNHAS terima calon mahasiswa yg dari SMK jurusn keperawatan tidak ??

    arali2008 menjawab
    untuk S1 Keperawatan menerima tamatan SMA dan sederajat termasuk SMK.

  18. Yulia says:

    Salam sejahtera..
    nama saya Yulia, saya lulusan S1 keperawatan.
    saya mau tanya, apakah saya bisa melnjutkan pendidikan S2 di UNHAS??
    karena saya lulusan dari institusi yang berbeda.
    kalau bisa boleh tahu syaratnya apa” saja..

    Terima Kasih

    arali2008 menjawab
    Sangat bisa … pendaftaran dan syarat dapt dilihat di sini http://www.pasca.unhas.ac.id

  19. chya says:

    assalamualaikum..
    sya cma mau tanya kpan trbka pndaftaran psik unhas yg program b.?

  20. idha says:

    Mw nanya nih kpn mulai dibuka pendftrn S2 keperawatan & apakah sdh ada jurusan yg baru dibuka spt KMB (kprwtn medikal bdh)???

    arali2008 menjawab
    Buka webnya pasca sarjana unhas : http://pasca.unhas.ac.id/index.php

  21. amk.ichal@yahoo.co.id says:

    banh kapan ya pengumuman penerimaan psik unhas nerb B 2012. coz aku dah mendaftar n ikut ujian tp gak tau hasilnya…

  22. assalamualaikum …. :

    pengumuman s1 ners B kapan keluar kah ????

  23. okee … di tunggu yach …. ::

  24. elis prawati says:

    assalamualaikum,,,
    Sy elis,,,maaf cmn mau tanya kapn yah ada pengumuman untuk s1 ners b..trimss

  25. Assalamualaikum ….::

    aku cman mau tanya ….. pengumuman s1 keperawatan ners B kapan ya ???

    arali2008 menjawab
    SABAAAAR nanti juga keluar…

  26. achil says:

    UNHAS adalah universitas terbaik di indonesia timur tapi bisa menerima mahasiswa yg pakai IJZAH PALSU( ujian smu tidak lulus ). PERSOALAN perlu di teliti adalah jurusan yg di ambil oleh siswa tersebut KEBIDANAN( SOAL NYAWA pesakit kalau dia bertugas otomatis tidak terjamin).

    Apa komen bpk mengenai hal ini ?????????…………….

    arali2008 menjawab
    itu si tidak dibenarkan…lapor saja ke yang berwewenangn

  27. gursing says:

    kak mau nanya….
    klo s.kep dr universitas lain, blh gak ambl Nersnya di UNHAS….
    Tp aq ud krj honor gt di Dinkes…………………..
    trus klo blh apa syaratnya…
    n klo gak blh, alasannya???

    arali2008 menjawab
    untuk sementara unhas belum menerima program NERS dari S.kep perguruan tinggi lainnya… untuk jelasnya anda bisa tanyakan di perguruan tinggi asal Gursing yangakan merekomendasikan nersnya harus dimana…

  28. kiki says:

    apakah harus masih perawan yg bisa masuk?
    gi mana kalau sdh tdk?
    apakah tidak d terima….

    arali2008 menjawab
    yang perawan ataupun tidak perawan tetap diterima…..

  29. willy ndoen says:

    salam florence…. ini dengan Willy. terima kasih untuk semua posting tentang S1 Keperawatan… saya ingin menanyakan mengenai jadwal pendaftaran untuk program Ekstensi S1 Keperawatan Hasanudin, karena saya ingin melanjutkan studi ke jenjang S1 Keperawatan.. terima kasih

  30. Abia says:

    ka..saya mau tanya..kapan pendaftaran keperawatan UNHAS Dibuka??? saya dr KALTIM ka..tlong kasih infonya ya..oea dan biayanya berapa??? mksh….

  31. Adeline Sthevany Mangiri says:

    selamat malam.. mw tanya kak, kapan pendaftaran kelas ekstensi S1 FIK UI 2012 dibuka? tolong infox. mksh..

  32. hikmah says:

    Assalamu’allaikum war, wab..
    k’ mw nanya nih.. aq lulusan D3 keperawatan sudh bekerja,di salah satu puskesmas yg ada di daerahq. aq mw ingin melanjutkn S1 keperwatan skalian Ners nya.. apa sj k’ persyaratan’y untuk yg sudh kerja sepertiq.. klo untuk pendftaran kuliahnya thn depan kpn ya k’.., dan mohon info untuk biaya pendidikn’y. (hikmah 🙂

    arali2008 menjawab
    yang sudah bekerja bisa langsung konfirmasi ke Dinas Kesehatannnya…semua tahapan sudah ada dan format-format yang harus diisi, sumber pendanaan dan universitas yang membuka S1 keperawatan Ners salah satunya Universitas Hasanuddin Makassar dan UI Jakarta.
    Biasanya kalau mau cepat langsung ke Universitas yang ditujuh dengan sumber biaya sendiri dan kemudian proses kedinasan nanti diurus belakangan sesuai dengan tahapan yang berlaku di kantor Dinas Kesehatannya

  33. din says:

    ass,, apakah unhas menerima pndaftaran untk yg lnjut program profesi ners dari institusi lain? Bagaimana jika izajah s1 dan profesi ners berbeda institusi, apakah tidak apa2 untuk bekerja ataupun lanjut s2?
    Mhon jwabannya.. trimakasih.,

    arali2008 menjawab
    Untuk sementara unhas tidak menerima pendaftaran lanjut program profesi dari institusi lain. tidak ada masalah izajah s1 dan profesi ners berbeda institusi untuk melanjutnya S2.

  34. pary08 says:

    TERIMA KASIH SBLUMNYA………..

    NAMA SAYA PARIANTO ALUMNI DARI STIKes BINA GENERASI POLEWALI MANDAR, saya anya ingin bertanya apakah bisa klau alumni dari institusi lain ingin mengambil program profesi khususnya ilmu keperawatan di Unhas……..

    assalamu alaikum wr.wb

    arali2008 menjawab
    untuk saat ini UNHAS belum menerima tapi beberapa Perguruan Tinggi Stikes di makassar bisa menerima tamatan stikes dari perguruan lain untuk mengikuti ners. adek bisa tanya di kampus alumninya.

  35. Ns.Budiyanto says:

    Aslmu Alaikum Wr.Wb..
    Terima Kasih yang tak terhingga adik haturkan ke kanda ARALY yang telah mempostingkan informasi2 yang telah adinda postingkan ke blog kanda…

    Buat teman sejawat ku yang sangat bersemangat guna mengembangkan keilmuannya,, sedikit info dari saya ttg PSIK FK UH..

    Selama saya kuliah disana,,Program NERS B(mhn maaf kanda) tidak di buka sore dan 3 kali seminggu,,kami kuliah dari pagi jam 08.00 sampai jam 14.00,,

    Untuk Nurmadia ayo semangat,,saya seperti dinda..saya juga daftar hanya bermodalkan ijazah,semangat,Niat pengabdian,secuil ilmu dan Do’a..
    Dan Alhamdlah saya bs kuliah di kampus impian saya ini(UNHAS),walau setelah batal ke UI karena ortu tidak berkenan dan juga karena dana tuk hidup dan kuliah di IBUKOTA sangat lah tinggi..

    Kuliah disini bener2 membuat sangat semakin semangat menjalani hari2 sebagai perawat,,dozen2x sangat ber-Qualitas (international Quality),apalagi sarana dan prasarananya…dan dalam program risetnya PSIK FK UH telah bekerja sama dengan JAPAN(JICA)

    jangan dengar orang lain,ga ada salahnya mencoba..

    Dan…Alhamdulillah Sekarang saya telah melewati tahap Akademik (Gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) telah di tangan),sekarang (mulai bulan feb 2011 lalu) saya dah memasuki Tahap PROFESI NERS,tuk gelar Ns=Ners yang menjadikan kita bisa nantinya Bermitra dengan Tim Medis lain…

    Ditahap ini:tidak seperti yang saya bayangkan(spt wkt sy D3) yang waktu praktek dulu banyak tindakan yang tidak boleh kami lakukan karena keterbatasan ilmu dan bukan wewenang,Sedang pada tahap Profesi Ners(di baca ners bukan nurse),sangat banyak ilmu2 baru yang saya dapatkan apalagi sempat bareng dines dengan kanda “RN”(Register Ners) jebolan dari Amerika,saya banyak belajar dari beliau mulai dari ajaran bagaimana membalancekan Koqnitif and Skill…bener2 pengalaman yang Luar biasa.

    Belum lagi berpraktik di ICU,CVCU,NICU,luka bakar care,infection centre dan ruangan2 yang merupakan Hight Care…membuat saya merasa kecil..ternyata ilmu yang saya dapat di bangku kuliah (tahap akademik=S.Kep) sangat masih sedikit dari apa yang saya dapat di tahap profesi Ners(Ns) saat ini…

    Demikian secuil informasi dari pengalaman saya kuliah dan praktik di bawah Naungan ALMAMATER PSIK FK UNHAS,semoga dapat bermanfaat…Terima Kasih

  36. maria rahayu says:

    selamat malam…shallom…
    Hidup memang penuh pilihan…
    terkadang kita harus merelakan sesuatu utk sesuatu…

    saya hanya ingin berbagi sedikit cerita.
    sy org luar pulau Sulawesi..dan saya sebenarnya sdh bekerja.
    tapi karena sy ingin sekali melanjutkan pendidikan sy ke jenjang yang lebih tinggi,maka sy memilih utk mengikuti test di PSIK unhas dan merelakan pekerjaan sya.
    sy tdk bisa mengambil cuti krena sy masih THL. tapi sy tdk merasa kecewa. krn sy tahu Tuhan sdh mengatur jalanku.sy ingin menjalaninya saja..dan saya berharap saya bisa diterima di PSIK Unhas ….Amin..

    terima kasih kanda atas semua infonya…
    kira2, kapan ya pengumuman hasil test NERS B yg ujiannya dilaksanakan tggl 14-16 Juni 2011 ni ya?GBU

  37. edi bambang says:

    ass…sampai kapan terbuka kanda?

    @arali2008 menjawab
    informasi yang jelas adalah langsung berhubungan dengan bagian Panitia penerimaan langsung di Kampus FK-UNHAS

  38. edi bambang says:

    ass…kanda sampai blan brapa pendaftaranx..mkasih?

  39. Pendaftaran dari D3 keperawatan ke jenjang S1 itu menggunakan jalur khusus, pendaftarannya sekarang sudah dimulai April-mei ini, silakan berhubungan langsung dengan bagian Fakultas Kedokteran UNHAS…

  40. musniar says:

    dan juga kapan terbuka pendaftarannya untuk s1 unhas….??????????????

  41. musniar says:

    kanda saya lulusan D3 keperawatan dan belum kerja, mw bertanya bagaimana cara pendaftarannya untuk s1 keperawatannya ,,,?????? apa harus mendaftar melalui SMPTN,,,,??????????? atau langsung mendaftar di bagian keperawatan??????????????…………tolong di balas…………….makasih sebelumnya………………..

  42. Ns.Budiyanto says:

    Aslamu Alaikum Kanda,,, Coming Soon…Skilas info untuk Adik2 SMA-sederajat dan temen2 dari D3 keperawatan yang ingin Melanjutkan pendidikan ke Jenjang S1 Kep+Ners=Ns (sebutan Gelar tk Profesi Perawat),,InsyaALLAH Bulan April Ini FK UNHAS akan membuka Pendaftran Baru…Selanjutnya Nanti sy Infokan Kembali..Terima Kasih Banyak Kanda Arali…..

  43. Ns.Budiyanto says:

    Aslkum kanda…Mhn Mf sebelum nya…Sya ingin memberikan informasi bahwa Prodi Keperawatan FK UNHAS akan Mengadakan 1st International health and Nursing Conference pada tanggal 30 april s/d 01 Mei 2011, Situs nya silahkan Klik : http://med.unhas.ac.id/inhsc2011/ atau langsung klik saja disini terima kasih kanda..

    arali2008 menjawab
    OK

  44. IKA says:

    assalamu alaikum wr.wb.
    kak sy mau nanya kpn terbuka pendaftaran tuk program ekstensi?
    trma ksh atas jwbanx

    arali2008 menjawab
    biasanya bersamaan atau seminggu setelah penerimaan reguler

  45. tha-tha says:

    k mau tanya kalau sarjana keperawatannya ambil di uneversitas lain, dan profesinya ambil nurse di UNHAS, bisa apa tidak kak?

    arali2008 menjawab
    kalau ada kerja sama bisa saja……dan biasanya universitas lainnya yang tha-tha maksud belum bisa menyelenggarakan nurse biasanya sudah ada kerja sama dengan universitas yang ada nurse.

  46. vie says:

    Kak kalo untuk program nurs (Ns) saja di UNHAS ada tidak?terima kasih

    arali2008 menjawab
    Sarjananya dengan Ns di Unhas sudah merupakan satu paket, tetapi biasanya kalau banyak peminatnya UNHAS bisa menfasilitasinya. Coba saja jalan-jalan di UNHAS program study Keperawatan distu banyak informasi yang terupdate bisa didapat.

  47. Nurmadia Syam says:

    Semangat keperawatan !!!

    Sy senang sekali bs menemukan informasi ttg Program Studi keperawatan di Unhas. Sy lulusan D3 keperawatan dan sgt ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Saat ini sy sedang berdomisili di luar negeri untuk mengais-ngais rejeki agar bs menabung dan kuliah.

    Hanya sj belum percaya diri … katanya kuliah Keperawatan di UH itu mahal ya? Trus, ada pula beberapa seleksi untuk peminat jurusan ekstensi yg sy dengar memprioritaskan calon mahasiswa yg bekerja di rumah sakit elite dan py penghasilan tetap. (ini dr sumber yg tdk sy ragukan kebenarannya)

    Maaf, kl boleh scr gambalang mgkin sy ingin mengungkapkan kekhawatiran sy. Setelah kembali ke tanah air, otomatis sy akan masuk daftar pengangguran baru di Mkssr. Ketika sy mendaftar ke program ekstensi ini, apa itu akan jd bahan penilaian yg mempengaruhi kelulusan sy?

    Terima kasih untuk kebijaksanaan kanda jika berkenan menjawab kekhawatiran sy..

    arali2008 menjawab
    apa yang saudara Nurmadia Syam khawatirkan, tidaklah demikian. ekstensi (yang sekarang disebut reguler sore) memang diperuntukan bagi yang sudah kerja, tetapi bukan berarti menolak yang tidak kerja, yang membedakan cuma cara masuknya, kalau yang sudah kerja masuk melalui kerja sama dengan dengan tempat kerjanya masing-masing (UH dengan Kantor dimana calon mahasiswa bekerja), yang tidak kerja langsung saja mendaftar di kampus, kemudian ikuti ujian bersama-sama yang sudah kerja, kalau lulus baru kemudian masuk pada pembayaran-pembayaran dan seterusnya kuliah satu paket langsung dengan profesinya.

  48. suryadi says:

    tetap semangat kak,n smpai jumpa nanti polman

  49. Ns.Budiyanto says:

    Aslkum kanda…
    Beribu trima kasih adinda haturkan,atas apa yang telah kanda sematkan untuk pengembangan generasi fungsional kita (profesi perawat),kanda telah mempostingkan artikel dan informasi yang adinda berikan,guna untuk menjadikan generasi keperawatan berkembang dan semakin mumpuni dalam ilmu nantinya di perhelatan dunia kerja, demikian pula dalam mengaplikasikan ilmunya pada masyarakat kita tentunya.
    Wah sangat lah bijak nian kanda ini dalam berlaku,kanda ingin sekali adinda berkenalan langsung dan melakukan share dengan kanda yang telah lama berkiprah di dunia kesehatan.
    Mohon maaf jika adinda salah dan semoga kanda di beri limpahan kesehatan agar selalu menjadi pionir di antara kami yang baru meretas hidup dan memulai membhaktikan diri pada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: