Pelayanan Prima Mengutamakan Kebutuhan Klien

Polewali Mandar Sulawesi Barat.–Tulisan dengan Judul Pelayanan Prima Mengutamakan Kebutuhan Klien ini sebenarnya sudah lama tersimpan dalam my laptop, judul sebenarnya adalah Pelayanan Prima, setelah saya membacanya kembali, saya teringat kembali ketika tulisan ini —-dalam bentuk PowerPoint—– saya buat, ketika itu pimpinan saya, dr.H. Achmad Azis.M.Kes ——– yang sekarang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Barat,——— akan memberikan pengarahan kepada peserta Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan III dilingkup Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar di tahun 2008, yang kebetulan bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. Karena bertempat di Kantornya  Panitia mengharapkan pengarahan dari Sang Kepala Dinas.

dr. H. Achmad Azis M.Kes

Karena dalam bentuk pengarahan, panitia Pelatihan tidak memberikan judul materi, panitia menyerahkan sepenuhnya kepada sang Kepala Dinas Kesehatan yang juga sebagai seorang dokter ini, pada hal dalam beberapa menit lagi jadwal pengarahan (waktu untuk sang kepala Dinas untuk melakukan pengarahan) akan masuk, rupahnya Pimpinan kurang PD (Percaya Diri) kalau pengarahannya tidak dalam bentuk Presentase. Pimpinanku mencoba memanggil penulis, menjelaskan maksudnya ” dalam 15 menit saya akan tampil memberikan pengarahan pada Pelatihan Prajabatan Golongan III, Coba buatkan saya presentase dalam bentuk PowerPoint dengan judul Pelayanan Prima” Kata sang Kepala Dinas.

Sebagai seorang staf yang selalu mempersiapkan presentase sang Pimpinan, bagi penulis ini tidak terlalu sulit,  tetapi  dengan waktu 15 menit —– sudah masuk hitungan 14 menit—- dan belum adanya bahan sudah harus siap cukup memusingkan juga penulis, tetapi sebagai  seorang bawahan dan tidak ingin mengecewakan pimpinan, saya (penulis) langsung mengatakan “yach Dok” —- panggilan yang biasa saya lakukan pada sang Pimpinan——

Kuambil laptopku, on dan langsung mencoba melihat data penyimpanan, kurang lebih satu menit waktu yang kubutuhkan untuk membuka-buka file laptopku, membingungkan karena file tentang pelayanan prima ternyata tidak ada dalam laptopku —— waktu masuk dalam hitungan 13 menit lagi Pimpinan akan presentase—– Sambil mencari lemari buku diruang kerjaku, kubuka lembaran baru (new) Microsoft PowerPoint dan langsung kutulis “PELAYANAN PRIMA”

Di lemari buku diruang kerjaku, saya hanya dapat copian 15 lembar tulisan tentang Pelayanan Prima, saya hanya mengambil subtansinya dan menghubungkannya dengan peserta pelatihan Projabatan Golongan III Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dan kemudian saya tulisan slide berikutnya pada microsoft PowerPoint “Pelayanan Prima merupakan wujud komitmen pemerintah mengabdi kepada negara dan masyarakat” dan begitu banyak uraian tentang pelayanan yang sukses, dimulai dari perbaikan sistem dan peningkatan SDM (sumber daya manusia)”.

Slide berikutnya tinggal saya tambahan aturan-aturan perundangan  dengan fokus perbaikan sistem dan  beberapa permasasalahan Sumber Daya Manusia yang kurang bertanggung-jawab, kurang pengetahuan, belum profesional dan belum optimal melaksanakan tugasnya.

Dan kemudian slide berikutnya Permasalahan Pelayanan Prima  yang dapat mengakibatkan  VISI dan MISI belum jelas karena dalam pelayanan prima selalu saja ditemukan  Sumber Daya Manusia yang belum profesional, Sarana dan Prasarana belum memadai, tidak ditunjang dengan  Kelembagaan yang memadai, dan  Kebijakan serta birokrasi berbelit-belit.

Waktu sudah masuk 8 menit lagi, bahan untuk slide-slide berikutnya sudah tidak ada lagi. Saya mencoba merenung  dan  mengeluarkan suatu pertanyaan “Apa sebenarnya Pelayanan Prima itu” pertanyaan ini  sekaligus juga  tulisan untuk slide berikutnya.

Pikiranku mulai terbuka, kutulis pengertian pelayanan prima secara bebas  (Definis bebas Pelayanan Prima)

  • Pelayanan Prima Adalah layanan yang diberikan seseorang kepada clien sesuai dengan standar pelayanan* (minimal/maksimal) ditambah dengan satu atau dua pelayanan yang dituntut/dibutuhkan oleh clien dan mampu diberikan oleh pemberi pelayanan.

*Standar Pelayanan adalah ukuran kualitas yang dipakai sebagai patokan dalam memberikan pelayanan contoh pelayanan penerimaan telepon. Standarnya telepon diangkat pada waktu pertama mendering Intinya pelayanan prima itu mengutamakan kebutuhan  Klien.

dan selanjutnya uraian-uraian secara sederhana penulis tentang pelayanan prima Anda bisa lihat pada tampilan view on slideshare dibawah ini.

Setelah kuperlihatkan pada pimpinan, sang dokter hanya mengatakan  yach! bagus, panitia pelatihan prajabatan Golongan III Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2008  Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar menghadap dan mempersilakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar  untuk dapat memberikan pengarahan  peserta.

Pengarahan berjalan lancar, sang kepala Dinas mencoba mengabung Pengalaman Empirisnya dalam pelayanan prima  khususnya pelayanan kesehatan dengan  slide yang penulis buat, memberikan pemahaman yang jelas kepada peserta sebagai calon pelayanan masyarakat yang siap untuk bekerja.

Baca juga tulisan terkait

  1. Pentingnya Logical framework –Kerangka Kerja Logis – Dalam Penyelenggaraan Program
  2. Stakeholder, istilah apakah itu ?
  3. Status Pelayanan RSUD Polewali Mandar.
  4. Pengetahuan dan Skill Epidemiolog (Seorang Epidemiologi)
  5. Citra Pelayanan Prima Puskesmas Wonomulyo
  6. Selamat Jalan BKKBN Polewali Mandar
  7. Keterampilan Fasilitasi Bagi Kader Kesehatan Masyarakat
  8. Mengenang Kegiatan Integrasi Pendidikan dan Kesehatan 15 Januari 2004
  9. Pelayanan Posyandu di Kelompok PAUD, Tantangan dan Peluang
  10. Tentang Kesehatan Masyarakat

—————————————————————————————————————————————-

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemilogi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat.

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

2 Responses to Pelayanan Prima Mengutamakan Kebutuhan Klien

  1. Ping-balik: penghemat bbm motor

  2. Nurdin Sele says:

    Menurut saya, pelayanan prima adalah yang penting anda puas walaupun saya lemas ^–^
    Pelayanan prima adalah salah satu materi yang saya ajarkan pada diklat prajab maupun pim pada badan diklat sultra.
    Pak Arsad, saya tertarik dengan tampilan slideshare pada WP yang menampilkan powerpoint. Kalau saya ingin menampilkan slideshare tersebut dalam wp saya bagaimana caranya. Saya memiliki banyak powerpoint dalam pembelajaran dan ingin berbagi.
    Saya menunggu info selanjutnya dari tulisan bapak.

    arali2008 menjawab
    cara menampilkan slideshare di blog wordpress.com adalah tulisan yang sudah tampil di slideshare pada bagian atasnya ada tombol embed kemudian akan muncul tulisan htmlnya, tekan copy baru kemudian paste pada halaman tulisan (postingan) html.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: