Selamat! 10 tahun usia blogku, 10 tahun Blogger Nasional

10 tahun bersama wordpress

Ucapan Selamat Dari Tim WordPress.com

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.— Hari ini, Hari Sumpah Pemuda (28 Oktober 2017). Selamat untuk para Pemuda yang mengisi hari mudanya dengan semangat kepemudaan.

Salah satu semangat kepemudaan adalah selalu menulis, tetapi hasil penelitian menyimpulkan, tidak semua pemuda, kisah semangat kepemudaannya tertulis, dikenang oleh masyarakat dan sejarah.

Kemarin Hari Blogger Nasional, perayaan para penulis yang memiliki platform content management system (CMA) yang dapat mempubilkasikan tulisan atau gambar melalui jaringan internet. Salah satu wadah untuk menulis berbagai kisah daripada pemuda. Wahai pemuda tulis kisahmu agar dikenang oleh masyarakat dan sejarah.

Saya bukan pemuda lagi, tetapi saya punya blog untuk menulis. Sepuluh tahun lalu  tepatnya tanggal 27 Oktober 2007 , ketika saya menyaksikan acara TV, tersajikan berita Pesta Blogger, yang kemudian dicanangkan sebagai Hari Blogger Nasional oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Negri Indonesia, waktu itu dijabat oleh Muhammad Nuh.

Bersamaan dengan itu karena kebutuhan perlu adanya web site kantor (Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar), serta adanya pelatihan tehnis yang ditugaskan kantor, mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan, ditugaskan merancang website kantor Dinas Kesehatan dengan melibatkan pihak ke tiga, dan saya juga adanya keinginan memiliki blog pribadi meramaikan pencananganan Hari Blogger Nasional yang ditetapkan tanggal 27 Oktober 2007.

Saya kemudian mencoba ikut-ikutan untuk membuat blog dengan platform content management system (CMA) yang diberi nama “wordpress” belajar secara otodidak, diselah-selah kerja sebagai sebagai Tenaga Kesehatan Fungsional Epidemiologi Kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, tanggal 29 Februari 2008, akhirnya blog saya  dengan tagline Arali2008. Opini dari Fakta Empiris Epidemiologi Gizi dan Kesehatan di Polewali Mandar Sulawesi Barat Indonesia, lahir di dunia maya.

Tidak terasa  10 tahun berlalu sudah 27 Oktober 2007 – 27 Oktober 2017, bersamaan dengan usia blogger saya yang sebentar lagi akan berusia 10 tahun, saya ucapkan selamat Hari Blogger Nasional, terima kasih kepada tim wordpress.com yang telah mengucapkan, “Selamat merayakan bersama wordpress.com ! Anda mendaftar di wordpress.com 10 tahun yang lalu, terima kasih telah mengudara bersama kami, pertahankan blogging yang baik tersebut”.

Hari BloggerSatu alasan utama saya membuat blog adalah tuntutan kerja-kerja kedinasan mengharuskan membuat laporan kegiatan sebagai bentuk pertanggung jawaban secara pribadi, keluarga, bermasyarakat dan bangsa dan bernegara, setelah selesai kerja hanya tersimpan secara konvesional dalam bentuk lembaran kertas, yang kemudian di simpan di gudang, dua sampai tiga tahun kemudian hilang  dimakan rayap, padahal didalamnya banyak kisah yang perlu dikenang dan menjadi bahan pelajaran.

Dengan ilmu Epidemiologi Kesehatan dan sedikit ilmu jurnalis yang dipelajari ketika mengikuti pelatihan Sistem Informasi Kesehatan, laporan-laporan kegiatan kemudian dikemas dalam sajian bentuk makalah, artikel atau sejenisnya dan tentu dalam bentuk berita, setelah di edit  satu dua kali, kemudian di publis dalam blog.

Disamping alasan utama, mengubah laporan kedinasan menjadi suatu berita atau artikel atau makalah. Paling tidak, saya tidak dimasukan dalam kelompok orang-orang  dari masyarakat dan sejarah sebagai orang yang tidak menulis.

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis,
ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah..”

– Pramoedya Ananta Toer

Paling tidak berbagai artikel ataupun makalah yang tersajikan secara ilmiah di dunia tulis menulis, sering kutemukan nama saya Arsad Rahim Ali, pada daftar-daftar pustaka dalam laporan atau karya tulis ilmiah para mahasiswa kesehatan setingkat Diploma III maupun Sarjana bahkan mungkin juga para calon-calon magister seperti salah satu kutipan daftar pustaka dibawah ini, Ketika Depkes RI belum mengeluarkan Pedoman Pengelolaan Program Puskesmas, Penulis mencoba membuat pedomannya dan mengajarkannya pada para pelaksana gizi Puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar.

daftar pustaka 1

Tulisanku tentang Musrenbang Kecamatan, integrasi PNPM Mandiri Pedesan juga menjadi salah satu sumber Regional Dynamics In A Decentralized Indonesia dalam Indonesia Update Series College of Asia and The Pasific The Australian Nasional University 2014. Yang terdeteksi  pada catatan kaki gambar dibawah ini.

11193394_10204191318567887_5572855984953159610_n

Yang jelas saya bukan orang pandai untuk menulis, pengetahuan saya hanya setingkat Kabupaten, setidaknya saya adalah seorang blogger, di Hari Blogger Nasional mempunyai harapan kedepannya, terus menulis secara bebas, tentang apa saja menulis secara bebas, tidak hanya dari sudut pandang seorang pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar, yang focus memberikan gambaran hasil pembangunan juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia, tetapi menulis juga kisah-kisah kehidupan selama hidup di dunia.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Selamat Hari Blogger Nasional. 
10 tahun usia blogku 10 tahun Blogger Nasional 
27 Oktober 2007 – 27 Oktober 2017.

Jakarta, 28 Oktober 2017.

  —

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan kemasyarakatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: