Ranperda Penyelenggaraan Ketahanan Pangan diarahkan untuk Membentuk Badan Ketahanan Pangan Daerah.

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.—Perbedaan pandangan antara pansus II DPRD dengan Perwakilan Pemerintah Daerah kabupaten Polewali Mandar  tentang pembahasan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan Daerah akhirnya ditemukan titik temu.

Rancangan Perda tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan Daerah yang diserahkan oleh eksekutif ke DPRD dikonsiderasikan dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Paerah. Bagian lampiran tentang pembagian urusan pemerintahan konkuren antara pemerintah pusat dan daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota. Dimana urusan pemerintahan kabupaten khususnya urusan kewenangan yang berhhubungan dengan ketahanan pangan adalah :

  1. Penyediaan dan penyaluran pangan pokok atau pangan lainnya sesuai kebutuhan daerah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan
  2. pengelolaan cadangan pangan daerah dan cadangan pangan desa
  3. penentuan harga minimum daerah untuk pangan lokal yang tidak ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dan
  4. pelaksanaan pencapaian target konsumsi pangan perkapita per tahun sesuai dengan angka kecukupan gizi

Terungkap ketika Bpk Hamzah Syamsudin sekretaris Pansus II DPRD Polewali Mandar mempertanyakan, maksud dan tujuan akhir dari adanya perda, “Sebenarnya apa tujuan akhir dari dibentuknya rancangan perda ini!?”,  dijawab oleh Bpk Sarja Staf Ahli Bupati Polewali Mandar bidang Hukum menjawab, “bahwa tujuan akhir dari pembentukan rancangan perda penyelenggaraan ketahanan pangan ini adalah membentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tehnis yaitu Badan Ketahanan Pangan Daerah, yang nantinya akan menyelenggarakan pembangunan ketahanan pangan”

Baca juga  Kaji Banding Ranperda Penyelenggaraan Ketahanan Pangan

Pansus II DPRD Kabupaten Polewali Mandar, melihatnya dari konsideran UU pangan no 18 tahun 2012 dan Peraturan Pemerintah No 17 tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi.  Menjelaskan amanat pembuatan perda cadangan pangan itu yaitu Pasal 20  PP no 17 tahun 2015, ayat (1) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten/Kota diatur dengan peraturan daerah kabupaten/kota.

foto pansus 11

Foto bersama setelah Rapat Final Pansus II DPRD dengan Tim OPD yang dipimpin oleh Bpk Sarja Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintah Daerah Polewali Mandar. Pembahasan Ranperda Penyelenggaraan Ketahanan Pangan. Selasa 14 Agustus 2018.

Hasil rapat akhirnya disepakati pansus II DPRD dengan Perwakilan Pemerintah Daerah kabupaten Polewali Mandar terhadap pembahasan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan Daerah sebagai berikut :

  • PERTAMA, bahwa rancangan peraturan daerah tentang peneyelenggaraan ketahanan pangan daerah kabaupaten polewali mandar adalah rancangan perda yang bersifat perda atributif yaitu pemerintah daerah mempunyai kewenangan dan kekuasaan dalam membuat peraturan daerahnya terhadap kewenangan yang belum tertuang dalam lembaran peraturan daerah kabupaten polewali mandar.
  • KEDUA, disepakati secara bersama antara pansus ii dprd polewali mandar dengan pemerintah daerah polewali mandar bahwa rancangan perda tentang penyelenggaran ketahanan pangan layak untuk dijadikan peraturan daerah kabupaten polewali mandar
  • KETIGA, bahwa, dengan disetujui dan ditetapkannya rancangan peraturan daerah menjadi peraturan daerah tentang penyelenggaraan ketahanan pangan daerah kabupaten polewali mandar, agar segera menjabarkan lebih lanjut sebagaimana proses pembahasan pembentukan peraturan daerah  komisi ii dprd dan pemerintah daerah kabupaten polewali mandar yaitu
    1. segera mempersiapkan peraturan bupati tentang pembentukan organisasi perangkat daerah (OPD) tehnis yaitu badan ketahanan pangan daerah kabupaten polewali mandar. dan keputusan bupati yang terkait dengan pelaksanaan secara tehnis tentang penyelenggaraan ketahanan pangan daerah.
    2. segera ditindak lanjuti peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi,  diamanatkan juga sebagaimana tertuang dalam pasal 20 ayat 1 (satu) penyelenggaraan cadangan pangan pemerintah sebagai perda delegatif, yang penyusunannya tidak membutuhkan naskah akademik lagi dan mengingat daerah polewali mandar sebagai lumbung pangan diwilayah provinsi sulawesi barat, perlu disediakan peraturan daerah tentang penyelenggaraan cadangan pangan.

baca juga Hubungan Status Gizi dengan Ketersediaan Pangan

Kesepakatan ini kemudian dijadilan laporan pansus II DPRD Polewali Mandar pada Rapat Gabungan antar Pansus 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Polewali Mandar hari ini Rabu tanggal 15 Agustus 2018 yaitu

  1. Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan
  2. Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Sampah
  3. Rancangan Peraturan Daerah tentang Kearsipan.

Hasil Rapat Gabungan mencatat sebagai rekomendasi setiap Fraksi untuk memberikan penekanan bahwa pemerintah daerah pasca ditetapkannya Ranperda menjadi Perda Penyelenggaraan Ketahanan Pangan, untuk segera membentuk Badan Ketahanan Pangan Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penekanan dilakukan karena pada saat pembentukan organisasi perangkat Daerah terbaru —- amanat PP no 18 tahunb 2016 tentang Perangkat Daerah sebagaimana yang dimanatkan dalam UU nomo 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah —- di tahun 2017, direkomendasi oleh DPRD Polewali Mandar  sebagai rekomendasi hasil pansus, untuk membentuk Badan Ketahanan Pangan Daerah tidak diakomodir oleh  tim  khusus yang ditugaskan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Polewali Mandar.

Besoknya, Hari Kamis tanggal 16 Agustus 2018, penekanan ini akan akan disampaikan pada rapat paripurna DPRD Polewali Mandar yang akan dihadiri Bupati dan Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar untuk mendengarkan pandangan 8 fraksi terhadap 3 Ranperda yang diserahkan oleh Eksekutif, Rapat Internal DPRD mencatat semua fraksi akan menyetujui ketiga Ranperda Tersebut.

Selamat terbentuknya Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan. Dan yang terpenting adalah terbentuknya Badan Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Polewali Mandar, satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat yang tidak memiliki OPD Badan Ketahanan pangan, daerah yang dikenal sebagai lumbung padi diwilayah Sulwesi Barat.

Berikut juga penulis mengupload Peraturan Pemerintah nomor 17 tqahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi, sebagai turunan dari adanya Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang ketahanan pangan. Termasuk juga Perda Tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan yang telah di miliki oleh Provinsi DI Jogjakarta, silakan download dibawah ini.

  1. Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi
  2. Undang Undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan
  3. Perda Provinsi DI Jogjakarta  nomor 4 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan

 —

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: