Baru, 20 Mobil Puskesmas

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Mobil Puskesmas itu melaju dengan cepatnya menuju Rumah Sakit Umum Polewali, Mobil Puskesmas itu sedang merujuk Pasien ibu Hamil yang akan melahirkan, setelah penanganan di tingkat dasar tidak memungkinkan dilakukan oleh Puskesmas, ibu hamil tersebut berhasil di tolong oleh dokter spesialis kandungan, sang ibu berhasil melahirkan dengan selamat, bayinya  sehat dan normal. Itu adalah salah satu Mobil Puskesmas Baru, pengadaan tahun lalu, yang berhasil melaksanakan fungsinya,  Penulis lakukan proses pengadaannya di tahun 2013-2015. Baru, 20 Mobil Puskesmas untuk 20 Puskesmas di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat.

mobil Puskesmas Keliling

Pengadaan tahun 2014 dengan sumber dana APBN TP tahun 2014, sebanyak 3 unit

Ya, mobil Puskesmas yang digunakan untuk merujuk ibu hamil tersebut  telah melaksanakan tugasnya dengan baik, Mobil Puskesmas itu adalah mobil baru,  dari 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, semua telah mempunyai Mobil Puskesmas Baru (Bc. Mobil Puskesmas Keliling).

bagian dalam mobil puskesmas keliling

Bagian Dalam Mobil Puskesmas Keliling (Standar)

BARU, 20 MOBIL PUSKESMAS ini berawal dari hasil usulan musrembang kecamatan dan Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat dan hasil survei penulis tentang tindak lanjut usulan pengadaan mobil Puskesmas Keliling pada 20 Puskesmas, disimpulkan bahwa 20 Puskesmas yang mempunyai mobil Puskesmas keliling sudah berusia diatas  15 tahun dan sudah tidak layak untuk digunakan sebagai operasional layanan puskesmas keliling, termasuk juga untuk rujukan ke tingkat pelayanan lanjutan ( Bc. Rumah Sakit Umum Polewali Mandar).

Rencana pengadaan mobil Puskesmas kelilingpun dibuat untuk 20 Puskesmas sehingga permasalahan pengadaan mobil puskesmas baru untuk 10 tahun kedepan bukan merupakan prioritas lagi.

Maksud dan Tujuan pengadaan mobil puskesmas baru adalah Menyediakan mobil baru puskesmas keliling menggantikan Mobil puskesmas kelilingnya yang sudah berusia diatas 15 tahun.

Sumber pendanaan dalam program dan kegiatannya adalah

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dirjen Bina Upaya Kesehatan cq Dinas Kesehatan  Kabupaten Polewali Mandar
  2. Program Pembinaan Upaya Kesehatan, Hasil (Outcome) adalah Meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar dan rujukan serta pelayanan kefarmasian yang berkualitas bagi masyarakat.
  3. Nama Kegiatan Pembinaan Upaya Kesehatan Dasar.
  4. Indikator Kinerja Kegiatan  Jumlah Puskesmas yang memenuhi standar pelayanan kesehatan primer. Jenis Keluaran (output) Pengadaan Puskesmas Keliling Roda 20 Unit.

Karena ketersediaan dana yang terbatas Pengadaan 20 mobil Puskesmas keliling ini dilakukan 3 tahap yaitu

  1. Tahap pertama Pengadaan akhir tahun 2013 dengan sumber dana APBN TP 2013 sebanyak 9 Unit,
  2. Tahap kedua Pengadaan tahun 2014 dengan sumber dana APBN TP tahun 2014, sebanyak 3 unit dan
  3. Dan Tahap Ketiga Pengadaan tahun 2015 dengan sumber dana DAK tahun 2015 sebanyak 5 unit dan Pengadaan DAK Tambahan 2015, sebanyak 6 unit
  4. Jumlah 23 Unit, 20 unit Untuk 20 Puskesmas dan 3 unit diperuntukan untuk Rumah Sakit Baru yang sedang di Bangun di tahun 2016.

Pengadaan 20 Puskesmas baru ini, telah selesai ditahun 2015, tahun 2016 dan sampai 10 tahun kedepan, bukan lagi masalah dalam pelayanan kesehatan keliling dan rujukan, pemanfaatnya sesuai yang telah dikonsepkan untuk 10 tahun ke depan.

Penerima manfaat dari pengadaan kendaraan khusus mobil Puskesmas keliling dialokasikan untuk 20 Puskesmas karena : 1) SDM Kesehatan yang akan melakukan kegiatan puskesmas keliling. 2) Puskesmas akan mengembangan kegiatan Puskesmas Keliling berupa kegiatan kuratif, promotif, preventif dan rehabilitasi pada wilayah-wilayah desa, dusun atau lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya. 3) Sasaran populasi dari kegiatan puskesmas keliling adalah Pasien kunjungan rawat jalan yang didiagnose perlu rawat inap, terutama masyarakat miskin dan jauh dari jangkauan  rujukan ke  RSUD Polewali Mandar serta masyarakat yang membutuhkan kegiatan protektif-preventif dan promotif. (Sumber TOR Pengadaan Mobil Puskesmas Keliling 2014-2015)

Rencana dibuat sesuatu strategis pelaksanaan sesuai ketentuan dalam Peraturan Presiden no 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa.

Strategis pelaksanaannya di mulai dari penyusunan Metode Pelaksanaan; 1) Pengadaan Kendaraan Khusus Mobil Puskesmas Keliling dilakukan dengan pemilihan E- Catalog dan menggunakan perjanjian Kontrak. Dan 2) Pencairannya dana didasarkan  pada ketentuan Penggunaan Anggaran Negara dan Perjanjian Kontrak-SPK. Metode pengadaan : Kendaraan Khusus Mobil Puskesmas keliling dilakukan dengan penunjukkan langsung  dari hasil pemilihan E-Catalog dan penggunaannya langsung diserahkan Puskesmas yang telah ditentukan. Tahapan Kegiatan 1) Persiapan : Rapat persiapan  pengadaan kendaraan khusus mobil puskesmas keliling  ditetapkan  dengan Surat Keputusan  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar. 2) Pelaksanaan :  Dilaksanakan oleh penyedia yang ditunjuk berdasarkan pemilihan E-Catalog pengadaan mobil Puskesmas Keliling. Dan 3) Evaluasi : Laporan  Realisasi fisik dan anggaran pengadaan mobil puskesmas keliling dan pengawasan Dinas Kesehatan yang tertuang dalam berita acara evaluasi.

akhirnya 20 mobil Puskesmas Baru

Berpose di di Depan Mobil Puskemsas Baru, Akhirnya 20 puskesmas punya mobil baru menggantikan yang sudah tua. “saya tidak perlu pikir lagi untuk pengadaan mobil 10 tahun ke depan”

20 Mobil baru Puskesmas Keliling dan 3 unit diperuntukan untuk Rumah Sakit Baru yang sedang di Bangun, adalah cacatan khusus keberhasilan penulis. Dimulai dari penyusunan perencanaan, pengadaannya dan penyerahannya ke Puskesmas Ya. Selamat bekerja, Semoga mobil Puskesmas Keliling digunakan sesuai Fungsinya.


Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Iklan

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: