Mengedit Tulisan dan Menulis Semudah Bernapas

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.— Terus belajar meningkatkan kualitas menulis. Salah satu caranya adalah belajar dari kelas online alineaku (KMO BASIC BATCH 33) dengan bimbingan langsung dari Pak Cahyadi Takariawan. Bagi penulis ini merupakan bagian dari pengembangan kualitas menulis dalam program literasi. Dalam web blog ini dikategorikan sebagai pembangunan bidang pendidikan dalam pembangunan daerah.

Nonton video materi 4 Mengedit Tulisan dan materi 5 Menulis Semudah Bernapa. dari Pak Cahyadi Takariawan dan juga membaca-baca tugas sahabat tertulis tertanggal 20 Juni 2020

Mengedit Tulisan

Inilah tulisan sebagai tanggapan dan komentar tugas menulis pada kelas online alineaku bahwa dalam dunia tulis menulis harus ada Editing Tulisan, saya menyebutnya E-7 (bc. E-Tujuh). Apakah E-tujuh itu?

E7 (E-Tujuh) adalah singkatan dari

  1. Edit isi (pesan)
  2. Edit gaya bahasa
  3. Edit kosa kata
  4. Edit paragraf
  5. Edit sistematika tulisan
  6. Edit tanda baca
  7. Edit Akhir secara menyeluruh

EDIT ISI. Setiap tulisan ada pesan yang akan disampaikan, pesan tersebut harus dapat dipastikan sampai kepada pembaca secara utuh, baik dan benar serta dapat dipertanggung jawabkan.

EDIT PESAN. Untuk memastikan isi pesan telah dibuat dengan gaya bahasa —konsisten-nyambung dan nyaman — Dan dengan EDIT KOSA KATA, Menempakan dengan arti yang benar dan baik setiap kosa kata yang tidak berulang dan tidak bertele-tele.

Kosa kata yang membentuk kalimat, dan beberapa kalimat membentuk paragraf – tidak pendek dan tidak panjang — ada tertulis makna pesan, dan terbaca dalam satuan kesempatan. Itulah EDIT KOSA KATA

Demikian EDIT PARAGRAF, membaca dan melihat paragraf berikutnya, “paragraf yang tidak pendek dan tidak panjang, ada tertulis makna pesan dan terbaca dalam satuan kesempatan”. antar paragraf harus konsisten, nyambung dan nyaman, sehingga makna pesan dalam setiap paragraf akan membentuk satu kesatuan makna pesan.

Paragraf-paragraf tersebut akan membentuk sub bagian tulisan, kemudian membentuk sub bagian tulisan berikutnya, hingga akhirnya menjadi bagian tulisan, sistimatika tulisan yang dibuat sebelumnya dapat kembali diedit, memastikan satu kesatuan makna pesan secara keseluruhan telah konsisten nyambung dan nyaman dibaca oleh pembaca, dengan cara EDITING TANDA BACA, jangan sampai hanya karena salah atau keliru dalam menempatkan tanda baca makna pesan yang akan disampaikan oleh penulis bisa bias alias memiliki makna lain.

Demikian bagian-bagian tulisan akan membentuk draf satu artikel atau makalah atau bisa jadi sebuah draf buku, EDITING AKHIR dengan membaca dan melihat kembali secara keseluruhan untuk memastikan kerja-kerja tulis menulis terhadap pesan kehidupan yang tertulis sudah layak untuk diterbitkan.

Menulis Semudah Berbapas

Menulis tidak perlu melibatkan pikiran, ketelitian dan kehati-hatian, Mudahkan menulis semudah bernapas, semudah berkata-kata kemudian tuliskan, jangan disertai dengan editing. karena editing itu adalah aktifitas yang membutuhkan waktu yang lebih banyak dari waktu menulis.

Jika menulis semudah bernapas maka mengedit tulisan selalu ya butuh pemikiran, ketelitian dan kehati-hatian. Menulis berbeda dengan mengedit demikian berbeda pula dengan menerbitkannya.

Ada tugas yang diberikan pak Cahyadi untuk Latihan menulis dengan lancar, cepat, semudah bernapas dan semudah berkata-kata diantaranya:

  1. Latihan menulis seharian kegiatan kemarin,
  2. Latihan menulis Rencana kegiatan hari esok
  3. Latihan menulis dari buku yang baca. Dibaca dan dimengerti bukunya dan tulisan kembali isinya
  4. Latihan menulis dari bacaan artikel, dibaca dan mengerti dan tulis kembali isinya.
  5. Latihan menulis dari forum pertemuan yang diikuti, menyimak pertemuan dan tulis isi topik materinya.
  6. Latihan menulis dari cerita yang didengar. Nginap ceritanya dan tulis kembali ceritanya
  7. Latihan menulis dari nonton film. Menonton dan tulis inti cerita filmnya.
  8. Latihan menulis dari riwayat hidup diri sendiri atau orang lainya yang ditahu. Gali riwayat hidup dan tuliskan.
  9. Latihan menulis dari pasangan hidup atau pengalaman hidup. Ingat yang paling berkesan dan tulis.
  10. Latihan menulis dari kesulitan dalam menulis.
  11. Dan atau latihan menulis dari selain point 1 -10 diatas.

“Tulislah terus jangan berpikir!?, karena berpikir adalah pekerjaan editing, tapi menulis terus semudah bernapas semudah berkata-kata adalah aktifitas tersendiri, Kalau masih kesulitan dalam menulis, maka solusi terakhir adalah gunakan metode BRT = Bicara-Rekam Dan Transkip kemudian tulis kembali transkipnya.

Menulislah semudah bernapas, jangan sambil mengedit. Selesaikan dulu tulisan, baru kemudian masuk pada tahapan editing.

_______

Sumber Tulisan,  Cahyadi Takariawan, “Video materi 4 Mengedit Tulisan” dan ‘Video materi 5 “Menulis Semudah Bernapas”  yang ditonton penulis pada  20 Juni 2020. Dan memberikan review pembelajaran pada kelas online  yang penulis ikuti.

***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: