Disanggah di ULP Polewali Mandar (bagian 1)

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Perihal kisruh pengadaan cold chain  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar yang di lakukan oleh ULP Polewali Mandar dan telah mendapatkan pertanyaan dari Gabungan Pengusaha Kesehatan Sulawesi Selatan Barat, penulis akhirnya diundang dalam meeting tertutup yang di falitasi asisten 1 Polewali Mandar, dipertemukan dengan PPK, Ketua ULP, Inspektorat, sekretaris Pokja dan pihak-pihak terkait, mereka tidak mau mengakui salah, mereka hanya mengatakan “maaf pa’arsad kita beda pendapat”… dan asisten berkata “ini bukan masalah benar dan salah”, saya pun menjawab “ini masalah integritas, saya sudah bekerja dengan integritas bersih, transparan dan profesional”.

balasan sanggahan bandingTahun 2014 adalah tahun pertama Kabupaten Polewali Mandar  memberlakukan pengadaan barang dan jasa dalam satu unit pengadaan dari semua pengadaan barang dan jasa yang dilakukan setiap SKPD  yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar. Unit Pengadaan itu bernama ”Unit Layanan Pengadaan Polewali Mandar” yang selanjutnya di sebut ”ULP Polewali Mandar”

Dasar dari pembentuk ULP Polewali Mandar ini adalah Keputusan Bupati Polewali Mandar nomor KPTS/027/165/HUK/ tahun 2013 tentang Pengangkatan Kepala, Sekretaris, Anggota Sekretaris dan Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Polewali Mandar. Penulis adalah salah satu anggotanya dan ditunjuk juga sebagai Ketua Kelompok Kerja (pokja) pengadaan barang ( red. Khusus barang kesehatan) untuk  Dinas Kesehatan dan RSUD Polewali Barang.

Berdasarkan surat ini juga, khusus di lingkungan Dinas Kesehatan, penulis di tunjuk oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar dengan nomor 430/08.1/KES tertanggal 18 Februari 2014. Sebagai Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa untuk pengadaan barang/jasa sampai dengan nilai 200 juta rupiah tidak termasuk konstruksi dan jasa konsultansi.

Bahwa untuk pelaksanaan ketentuan pasal 17 ayat (1)  Peraturan Presiden RI  Nomor 70 Tahun 2012, tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah atas Perubahan  Keppres Nomor 80 tahun 2003

Bahwa sehubungan dengan hal tersebut diatas, untuk kelancaran administrasi Pengadaan Barang/jasa dilingkungan  Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran  2014, perlu mengangkat Pejabat Pengadaan Barang/Jasa.

Bahwa Saudara Arsad Rahim Ali, di pandang mampu dan memenuhi syarat untuk melaksanakan tugas sebagai pejabat pengadaan Barang/Jasa di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2014.

Dan Mengingat Keputusan Bupati Polewali Mandar nomor KPTS/027/165/HUK/ tahun 2013 tentang Pengangkatan Kepala, Sekretaris, Anggota Sekretaris dan Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Polewali Mandar.

Memutuskan serta menetapkan : Menunjuk Saudara Arsad Rahim Ali, dalam tugasnya sebagai Pejabat Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar Tahun Anggaran 2014

Menugaskan kepada Pejabat Pengadaan Barang/Jasa tersebut dengan Rincian tugas sebagai berikut

Menyiapkan secara bersama-sama PPK/PPTK dalam penentuan Harga Perkiraan Sendiri (HPS), Menyiapkan dokumen pengadaan, Melakukan penilaian kualifikasi penyedia barang/jasa, Melakukan evaluasi terhadap dokumen penawaran yang masuk, Membuat laporan mengenai proses hasil pengadaan, Menandatangani fakta integritas, Melakukan klarifikasi kepada penyedia barang/jasa apabila ada data atau hal-hal yang dirasakan kurang jelas atau meragukan, Melakukan negosiasi untuk pengadaan barang/jasa dengan metode penunjukan dan pengadaan langsung maupun jasa konsultasi untuk paket pengadaan barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya. Dan Mencari informasi dalam rangka menyakini atau memastikan suatu badan usaha tidak masuk dalam daftar hitam dari instansi pemerintah manapun

Keputusan ini berlaku terhitung mulai tanggal  18 Februari 2014 sampai dengan 31 Desember 2014 dan akan diadakan perbaikan dan perubahan seperlunya apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini. Ditetapkan di Polewali, tanggal 18 Februari 2014, oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar drg. Hj. Nurwan Katta, MARS.

Disanggah di ULP Polewali Mandar

Sebagai ketua Pokja Barang untuk Dinas Kesehatan dan RSUD Polewali, salah satu kegiatan pengadaan yang dilelang adalah Pengadaan Cold Chain, sudah ditetapkan pemenang, karena ada intervensi ada sanggahan yang masuk, mewajibkan saya untuk menjawab sanggahan,  dan ini jawabannya

Surat dari Direktur CV. Berkah Medikindo no. 09/SS.-BM/07/2014  tentang  sanggahan dan permintaan kepada ULP/ panitia untuk  melakukan   evaluasi ulang tentang  Lelang Pengadaan Alat  Kesehatan (Cold  Chain) Dinas Kesehatan kabupaten Polewali  Mandar tahun 2014.

Memperhatikan :

Berita Acara Evaluasi Penawaran Pengadaan Alat Kesehatan (Cold Chain)  no  03/ALT-KSHTN-DINKES/POKJA-PB/ULP/2014. Yang berisi evaluasi data Administrasi, tehnis dan biaya berdasarkan File Penawaran Rhs.

Berita Acara Hasil Pelelangan Pengadaan Alat Kesehatan (Cold Chain)   No. 04/ALT-KSHTN-DINKES/POKJA-PB/ULP/2014 yang berisi evaluasi  data Administrasi, tehnis dan biaya berdasarkan File Penawaran Rhs bagi calon pememang  dan dilanjutkan dengan evaluasi kualifikasi.

Maka dengan ini kami Panitia Pengadaan Alat Kesehatan (Cold Chain) ULP Polewali Mandar, menjelaskan bahwa evaluasi yang dilakukan telah sesuai dengan :

Peppres 70/2012 sistem 1 file atau amplop. Standar Dokumen Pengadaan Secara Elektronik  pengadaan barang lelang elektronik yang dikeluarkan oleh LKPP. Buku Manual SPSE v. 3.5 Panitia yang dikeluarkan LKPP-LPSE.

Balasan Sanggahan : Bahwa sangahan saudara sebagaimana point pertama  yang berbunyi “Kami telah melampirkan Jaminan Penawaran di Lampiran Data Kualifikasi, dimana dalam aturan ITE (info teknologi dalam LPSE) dan Peppres 70/2012 sistem 1 file atau amplop. (Maka semua file Rhs di download dan enskrip semua) lalu di evaluasi”

Panitia menjelaskan sbb

Semua file Rhs di download dan enskrip semua  dengan aplikasi Apendo Panitia  3.1.2 . zip. Part, telah dilakukan panitia sebagai bahan evaluasi Admintrasi, tehnis dan harga, didalamnya tidak di temukan surat jaminan penawaran sebagai bahan evaluasi administrasi.

Sangahan Saudara yang mengatakan  telah dilampirkan di data kualifikasi, secara elektronik tender, tidak bisa dipertanggungkan, Karena Evaluasi Kualifikasi Elektronik baru bisa dibuka secara otomatis elektronik tender, sebagai berikut

Jika telah dilakukan evaluasi administrasi, Berikutnya evaluasi tehnis tidak bisa dibuka jika evaluasi adminsitrasi belum terisi, Berikutnya, evaluasi biaya tidak bisa terbuka jika evaluasi tehnis belum terisi, selanjuntnya dibuka  atau di download  tidak otomatis terlihat  tetapi mengunakan software aplikasi Apendo Panitia  3.1.2 . zip.  Sebagaimana yang telah dipersyaratkan. Evaluasi kualifikasi tidak bisa dibuka jika administasi, tehnis dan biaya belum terisi. Dan yang SANGAT PENTING DIKETAHUI, bahwa upload jaminan penawaran pada file Kualifikasi tidak di persyaratkan panitia  sebagaimana syarat kualifikasi elektronik.

Bahwa  sangahan saudara  sebagaimana penjelasan tersebut, Secara Administrasi Elektornik Tender dapat kami pertanggung jawabkan dan semua telah terekam dalam  SUMMARY REPORT sebagai bentuk pertanggung jawaban panitia.

KESIMPULAN ; Proses evaluasi yang dilakukan panitia telah sesuai prosedur sebagaimana peraturan yang ada, Sangahan Direktur CV. Berkah Medikindo dinyatakan Jaminan Penawaran yang telah di upload di data kualifikasi  tidak dapat dipertanggungkan  atau tidak terlihat pada File Penawaran  Rhs  yang dapat dibuka dengan software aplikasi Apendo Panitia  3.1.2 . zip. Proses lelang tetap berlanjut sesuai jadwal yang telah tentukan.

Balasan sanggahan ini tidak memuaskan penyanggah, sanggahan bandingpun dilayangkan ….bersambung.

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Perihal Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: