Penyerahan POKIR DPRD Polewali Mandar tahun 2019

Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008.— Setelah bersama teman-teman mengfasilitasi Anggota DPRD Polewali Mandar dalam penyusunan Pokok-Pokok Pikiran DPRD yang bersumber dari Hasil Reses, Rapat Dengan Pendapat dengan Organisasi Perangkat Daerah dan Hasil kunjungan Kerja.  Kemudian dibuatkan dokumennya, dikonsultasikan kepada Ketua DPRD Polewali Mandar, di-SK-kan oleh Ketua DPRD.  Saya juga diperintahkan untuk membuatkan Sambutan Ketua DPRD, akhirnya tanggal 1 April 2019 semua Dokumen POKIR  diserahkan oleh Ketua DPRD kepada Wakil Bupati Polewali Mandar, dalam acara  Musrenbang Kabupaten, diselenggarakan di Ruang Polewali Pemda Polewali Mandar.

IMG-20190401-WA0020

Penyerahan Dokumen  Pokok-Pokok Pikiran DPRD Polewali Mandar dari Ketua DPRD Bpk. Fariduddin Wahid Kepada Wakil Bupati Bpk. Nasir Rahmat. pada acara Musrenbang Kabupaten Polewali Mandar tgl 1 April 2019

SambutanKetua DPRD Polewali Mandar Dalam rangka Penyerahan Pokok-Pokok Pikiran DPRD pada Musrenbang Kabupaten Polewali Mandar 1 April 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

  • Gubernur Propinsi Sulawesi Barat yang
  • Bapak Bupati Polewali Mandar  yang terhormat,
  • Bapak Wakil Bupati Polewali Mandar yang terhormat,
  • Para Staf Ahli Bupati Polewali Mandar yang saya hormati,
  • Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Polewali Mandar yang saya hormati,
  • Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar yang terhormat,
  • Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar yang saya Hormati,
  • Para Asisten Sekda dan Pimpinan OPD Se Kabupaten Polewali Mandar yang Kami hormati,
  • Serta Para undangan yang sama berbahagia

Puji Syukur senangtiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat Limpahan Rahmat dan Karunianya, kita mempunyai kesempatan bersilaturahmi dan berkumpul ditempat ini dalam rangka pelaksanaan  Musrenbang Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2019, untuk penyusunan RKPD tahunan sekaligus dalam rangka penyusunan RPJMD tahun 2019-2024.

Musrembang kabupaten adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ditingkat Kabupaten guna memantangkan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Polewali Mandar yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh rancangan Rencana Kerja Satuan Perangkat Desa, Hasil Forum SKPD dengan cara meninjau keserasian antara seluruh rancangan Renja SKPD yang hasilnya digunakan untuk pemutahiran Rancangan RKPD dengan merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sementara di susun.

Musrenbang Kabupatena adalah Salah satu arena proses pengambilan keputusan secara partisipatif dalam kebijakan daerah, merupakan arena strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan  pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan 3 pilar pemerintah, yaitu pemerintah daerah eksekutif dan Legislatif, kalangan masyarakat dan kalangan swasta

Bapak/ibu/saudara/saudari peserta Musrenbang yang saya hormati.

DPRD sebagai lembaga legislatif, turut berpartispasi  dalam proses perencanaan pembangunan daerah melalui mengajuan Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Polewali Mandar ini disusun dengan maksud menjabarkan tugas dan fungsi DPRD dalam Proses Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah setiap tahunnya.

Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Polewali Mandar disusun berdasarkan daftar permasalahan pembangunan Daerah yang diperoleh DPRD dari rapat hasil penyerapan aspirasi melalui reses dan atau risalah rapat dengar pendapat dengan mitra kerja Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Polewali Mandar dan hasil kunjungan kerja Dewan.

Secara garis besar permasalahan pembangunan per bidang penyelenggaraan pembangunan Daerah Kabupaten Polewali Mandar yang disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Polewali Mandar tanggal 1 Maret 2019 tentang Penyampaian Hasil Reses dalam rangka penyusunan Penelaaan Pokok-Pokok Pikiran DPRD dapat disebutkan sebagai berikut :

  1. Bidang Pemerintahan

 Pemerintahan yang baik (good government) yang diharapkan oleh masyarakat bukan karena banyaknya penghargaan yang diperoleh pemerintah tetapi masyarakat lebih membutuhkan pelayanan prima pada seluruh instansi pemerintah. Kelengkapan dokumen kependudukan menjadi hak massyarakat yang harus dipenuhi oleh pemerintah dengan pelayanan yang prima.

  1. Bidang Ekonomi dan Keuangan

Urat nadi perekonomian Kabupaten Polewali Mandar masih didominasi dari sector pertanian/perkebunan dan perdagangan, sehingga energy dan sumber daya yang dimiliki oleh daerah ini harus dapat dimanfaatkan dan dikelola oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Polewali Mandar.

  1. Bidang Pembangunan Infrastrukur

Pembangunan infrastruktur jalan, sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan adalah sebuah tanggung jawab pemerintah yang harus segera dilaksanakan dan berkeadilan. Pembangunan infrastruktur diharapkan tidak terpusat disatu wilayah saja misalnya di perkotaan tetapi pembangunan di wilayah pelosok/pegunungan juga harus mendapat porsi yang besar untuk memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

  1. Bidang kesejahteraan Rakyat

Pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan adalah hak asasi setiap manusia sehingga pemerintah bertanggung jawab untuk memenuhi hak-hak masyaraakat. Sarama dan parsarana pendidikan dan kesehatan harus dapat dinikmati seluruh warga Polewali Mandar baik di perkotaan mapun di pedesaan. Jangan ada ketimpangan seperti sekarang ini, anak-anak di pelosok/pedesaan harus berjuang dengan keras untuk bersekolah, pelayanan dan fasilitas kesehatan yang sangat tidak memuaskan, bangunan-bangunan rumah ibdah yang sangat sederhana yang memerlukan perhatian pemerintah secara khusus.

Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Polewali Mandar, dirumuskan dalam daftar permasalahan pembangunan termasuk usulan program kegiatan dan rekomendasi.  Yang akan kami serahkan kepada kepada Panitia untuk menjadi bagian strategis dalam forum musyawarah perumusan perencanaan pembangunan kabupaten ini.

Bapak/ibu/saudara saudari peserta Musrenbangyang saya hormati

Penempatan Pokok-Pokok Pikiran DPRD sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 86 tahun 2017, tentang Tata Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, adalah Hasil telaahan pokok-pokok pikiran DPRD dirumuskan dalam daftar permasalahan, yang kemudian diolah menjadi daftar usulan program kegiatan Pokok-Pokok Pikiran DPRD tahun 2019 dan juga sebagai bahan dalam penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD 2019-2024 Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar Terpilih.

Harapan saya dalam Musrenbang Kabupaten ini adalah, tiga pilar utama yaitu pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif), masyarakat dan kalangan swasta, agar secara partisipatif  dapat menempatkan usulan-usulan program dan kegiatan secara kolaboratif, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh semua kepentingan yang terlibat.

Selamat berpartisipasi dalam Musrenbang Kabupaten, semoga dapat menghasilkan yang terbaik, untuk pembangunan Daerah Kabupaten Polewali Mandar RKPD 2020 dan Penyempurnaan Draf Awal RPJMD 2019-2024

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Polewali, 1 April 2019

KETUA DPRD KABUPATEN POLEWALI MANDA

FARIDUDDIN WAHID

Kerja-kerja menfasilitasi DPRD Polewali Mandar dalam Penyediaan Dokumen Pokok-Pokok Pikiran Dewan ini merupakan salah satu capaian indikator kinerja Sekretariat DPRD  tahun 2019.

Berikut saya lampirkan Dokumen Pokok-Pokok Pikiran DPRD  Kabupaten Polewali Mandar untuk RKPD tahun 2020 dan Penyempurnaan Dreaf Awal RPJMD Kabupaten Polewali Mandar 2019-2024, Download  berikut : Dokumen Pokok-Pokok Pikiran DPRD Polewali Mandar tahun 2019

 ***

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

3 Responses to Penyerahan POKIR DPRD Polewali Mandar tahun 2019

  1. Putri says:

    Assalamu’alaikum Pak Arsad,

    Perkenalkan Saya Putri. Mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Skripsi saya terkait dengan Pokir DPRD dan Kabupaten Polewali Mandar menjadi salah satu objek penelitian.
    Pak Arsyad yang baik, untuk Pokir DPRD Polewali Mandar tahun 2017 – 2018 apakah ada file nya juga pak? Kalau ada bolehkan saya meminta bantuan Pak Arsyad untuk berkenan berbagi file nya kepada saya?

    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    Salam,
    Putri

    Arali2008 menjawab
    Iya ada. Silakan di download. Di dibagian akhir dari setiap tulisan saya.

  2. Waalaikum salaaam
    Alhamdulillah dinda permatasari dapat lulus CPNS Epidemiologi Kesehatan . Selamat yac.

    Saya perna menjabat Kasubag Perencanaan dan Informasi dan punya staf yang arahkan untuk tetap konsisten dengan jabatan epidemiologi kesehatan ahlinya. Point-point kredit fungsional sebagaimana yang tertuang dalam pedoman fungsional epidemiologi. Dengan mudah dapat diperoleh pada bagian perencanaan dan infomasih ini. Terutama pada bagian pengelolaan datanya kesehatan.

    Yaaa… silakan pelajari tugas-tugasnya dan kemudian komfersikan dalam point-point kredit jagung epidnya

  3. assalammu’alaikum.

    Pak Araly, perkenalkan Saya yulia, CPNS Dinkes Kab. Lampung Selatan.

    Sebelumnya, saya mau mngucapkan terima kasih banyak pak untuk ilmu yg ada di blognya. Banyak hal yg saya bs pelajari, terutama keilmuan di bidang epidemiolog kesehatan shg Qodarullah sy diterima sbg cpns di lampung.

    Saya mau konsultasi pak, Saya kan masuk CPNS dg pintu Epidemiolog Kesehatan Ahli Pertama. Nah, ternyata Saya difungsikan di bagian Subbag.Perencanaan dan Informasi. Terkait, dengan Jabfung Saya sbg Epidemiolog Kesehatan bagaimana ya Pak?

    Mohon bimbingan dan pencerahannya ya pak. Terima kasih banyak

    On Thu, 4 Apr 2019 10:25 am Arali2008. Opini dari Fakta Empiris, wrote:

    > Arsad Rahim Ali posted: “Polewali Mandar Sulawesi Barat, @arali2008.— > Setelah mengfasilitasi Anggota DPRD Polewali Mandar dalam penyusunan > Pokok-Pokok Pikiran DPRD yang bersumber dari Hasil Reses, Rapat Dengan > Pendapat dengan Organisasi Perangkat Daerah dan Kunjungan Kerja. Kemu” >

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: