Pengendalian Program Penanggulangan Kemiskinan di Polewali Mandar

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008.– Saya diamanatkan untuk mengendalikan program pembangunan di Kabupaten Polewali Mandar berdasarkan indicator yang telah ditetapkan dalam RPJMD tahun 2019-2023 Kabupaten Polewali Mandar. Salah satau Indikator yang menjadi sasaran pengendalian dalan setiap capaian-capaiannnya adalah Indikator Kemiskinan. Metode analisis yang saya gunakan adalah Trend Analysis dan Forecasting. Yang saya ambil dari Buku Pedoman Tehnis Pengganggaran Pro Anak Kerja sama Unicef dengan Kementerian PPN/Bappenas dan difasilitasi oleh Universitas Diponegoro Semerang.

Dalam Pengendalian saya melihat capaian lima tahun terakhir, target capaian yang harus dieksekusi pada tahun pelaksanaan dan target-target untuk lima tahun kedepan. Bukan itu saja saya juga mencoba men-forecasting, capaian lima tahun kedepan berdasarkan pola capaian lima tahun sebelumnya.

Data saya kumpulkan, kemudian melihat pola yang terjadi :

  • Melihat trend yang terjadi, kalau harus turun ya harus turun. Kalau harus naik yang harus naik. Bukan seharusnya turun mala naik,
  • Melihat siklus kerja yang biasa dilakukan, agar antisipasi segera bisa dilakukan
  • Melihat gerakan intervensi dan Inovasi yang dilakukan terhadap perubahan yang terjadi serta
  • Melihat ketidak aturan yang terjadi, dikendalikan agar menjadi teratur

Saya lakukan semua ini untuk menyediaan pernyataan-pernyataan KEPUTUSAN DAN KEBIJAKAN yang bisa dipertanggungjawabkan berdasarkan data dan fakta serta pola yang terjadi guna menghasilkan bentuk INTERVENSI YANG TEPAT DALAM PENANGGGULANGAN KEMISKINAN DI POLEWALI MANDAR.

Sajian data, pola yang terbentuk dan apa yang harus diputuskan dan dibijaksanai. Semua dapat terlihat pada Gambar Grafik yang sajikan:

Keputusan dan Kebijakan Garis Kemiskinan

Dalam Buku Pedoman Tehnis Pengganggaran Pro Anak Kerja sama Unicef dengan Kementerian PPN/Bappenas dan difasilitasi oleh Universitas Diponegoro Semerang, dan diuji cobakan pada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar ditahun 2012. Disebukan Trend analysis adalah aplikasi dari analisis regresi sederhana di mana data yang dianalisis adalah data time series dan variabel bebasnya adalah variabel waktu (t). Data yang dianalisis mengandung komponen waktu, yaitu

  1. Trend Sekuler (Seculer Trend = T): Yaitu Gerakan jangka panjang yang mempunyai kecenderungan menuju satu arah.
  2. Siklis (Cyclical Variation = S): yaitu Gerakan jangka panjang yang mempunyai unsur siklis: expansion, peak, contraction, rough atau gerakan berayun naik dan turun di sekitar nilai rata-rata (normal) dan berlangsung dalam periode tidak teratur (lebih dari 1 tahun)
  3. Variasi Musiman (Seasonal Variation =V): Yaitu Gerakan jangka pendek (periodenya kurang dari satu tahun) berulang teratur dari tahun ke tahun
  4. Efek Random (Irregular Movement = R): Gerakan bersifat acak, mendadak dan tidak dapat diprediksi sebelumnya. Gerakan ini diabaikan pengaruhnya, karena jika shock / fluctuation ini didistribusikan secara merata pada periode studi akan menghasilkan kondisi yang normal

Trend Analysis ini disebutkan juga salah satu teknik analisis deret waktu yang dapat digunakan sebagai instrument monitoring, forecasting, evaluasi program, dan analisis kebijakan.

  1. Menggambarkan pola keseluruhan perubahan suatu indikator (sosial) sepanjang waktu
  2. Membandingkan indikator sosial dari satu periode dengan periode lainnya
  3. Membandingkan indikator sosial dari satu area geografis dengan geografis yang lain
  4. Membandingkan indikator sosial antara populasi yang satu dengan populasi yang lain.
  5. Membuat proyeksi ke depan atau memforecast

Demikianlah salah satu metode analisis yang saya gunakan  dalam melaksanaan tugas pengendalian capaian-capaian indikator  RPJMD Kabupaten Polewali Mandar yaitu Trend Analysis dan Forecasting. Semoga bermanfaat.

 –

Blogger @arali2008

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi, Kesehatan dan Sosial
di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang Arsad Rahim Ali
Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati -----OPINI DARI FAKTA EMPIRIS----seputar masalah epidemiologi gizi, kesehatan dan Pembangunan Kabupaten di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: